Sewa Apartemen: Alternatif Akomodasi Liburan Lebih Terjangkau

Sewa Apartemen: Alternatif Akomodasi Liburan Lebih Terjangkau

Sebentar lagi liburan! Mau liburan ke mana? Ada yang domisili luar Jakarta, dan pengin liburan ke Jakarta enggak? Wuih, asyik bener! Pas banget, liburan Lebaran di Jakarta biasanya bebas macet kan? Sudah booking tiketnya belum? Sudah mikirin akomodasinya belum? Mau nginep di mana? Hotel, atau sewa apartemen aja?

 

Sewa Apartemen: Alternatif Akomodasi Liburan Lebih Terjangkau

Ha? Liburan sewa apartemen?

Iya, belum tahu ya, sekarang ada apartemen yang bisa disewa harian seperti hotel? Bisa lebih murah tapi dapat fasilitas hotel bintang banyak lo! Lokasinya bisa di pusat kota lagi. Lagi pula kalau di peak season seperti liburan Lebaran nanti, hotel-hotel udah banyak yang full-booked sejak jauh-jauh hari. Kalau apartemen, siapa tahu nih, masih banyak yang kosong.

Iya seriusan ini. Makanya, coba deh, dipertimbangkan. Kan tiket transportasinya sekarang sudah mahal, makanya kita mesti cari akal buat bisa liburan dengan tetap hemat tapi dari pos yang lain. Dari akomodasinya,  misalnya.

Seperti yang saya lakukan untuk rencana Lebaran tahun ini. Kali ini, kami akan ke Jakarta. Berlebaran sekalian liburan, mumpung anak-anak libur sekolah.

Sebenarnya, Jakarta itu kota tempat saya bertumbuh. Seperti yang pernah saya ceritakan di blogpost tentang kepindahan kami ke Yogyakarta. Jadi, bisa dibilang liburan ke Jakarta ini sekaligus pulang kampung saya dan anak-anak yang lahir di Jakarta. Sayangnya, kami sudah tidak punya rumah lagi di Jakarta, dan adik-adik saya pun sudah bertebaran ke berbagai penjuru, tidak tinggal di Jakarta.

Ada sih saudara, tapi rasanya enggak enak ya kalau berlama-lama tinggal di rumah saudara. Lebih enak tempat sendiri. Sewa apartemen, solusinya.

Apa saja  sih yang perlu dipersiapkan dan dipikirkan untuk sewa apartemen selama masa liburan nanti.

 

5 Hal Lain yang Harus Dilakukan dan Dipertimbangkan Sebelum Memutuskan Sewa Apartemen

1. Bujet

Yes, bujet adalah hal pertama yang mesti dipertimbangkan kalau mau liburan yah. Mempertimbangkan untuk menyewa apartemen, meski lebih terjangkau, ya tetep mesti hitung-hitung dulu. Eh tapi kalau dibandingkan dengan hotel, sewa apartemen ini lebih banyak untungnya lo. Salah satunya, kadang kita masih boleh menawar harga sewanya lagi. Apalagi kalau misal kita mau tinggal lebih lama. Di hotel mana ada tawar-tawaran harga?

Sudah ketemu bujet kita, baru deh kita mulai mencari apartemen untuk dibooking, supaya dapat ditinggali selama liburan nanti.

 

Sewa Apartemen: Alternatif Akomodasi Liburan Lebih Terjangkau

2. Cari online aja

Nah, untungnya zaman sekarang teknologi sudah sangat maju dan bisa banget dimanfaatkan untuk membantu kelancaran hidup.

Begitu juga kalau mau liburan. Mau cari hotel atau cari apartemen, lebih mudah dilakukan secara online. Menurut survei, 4 dari 5 wisatawan dewasa ini menemukan akomodasi liburannya melalui lapak online lo.

Jadi, kalau sudah tahu berapa bujetnya, maka sekarang saatnya berburu apartemen yang pas dengan bujetnya. Sewa apartemen di Traveloka  bisa jadi salah satu pilihan. Banyak apartemen di lokasi-lokasi strategis yang bisa dipilih.

 

3. Pikirkan kebutuhan dulu

Hal berikutnya yang harus dipikirkan adalah butuhnya apa saja sih selama liburan nanti? Apakah mau sendirian atau ajak keluarga?

Pentingkan kenyamanan dulu. Ini saran sih. Apalagi kalau liburannya bareng keluarga, dengan anak-anak yang masih kecil.

Jadi, butuh kamar yang bagaimana? Dapur seperti apa? Apakah butuh jaminan keamanan yang lebih?

 

Sewa Apartemen: Alternatif Akomodasi Liburan Lebih Terjangkau

 

4. Cek fasilitas dan lokasi sebelum sewa apartemen

Sudah tahu kebutuhannya apa saja, lalu coba cek fasilitas yang disediakan oleh masing-masing apartemen yang disewakan. Standar sih biasanya ada fasilitas Wifi, front desk 24/7, AC, lift, dan beberapa fasilitas lain. Ada yang punya kolam renang, ada yang enggak. Ada yang menyediakan kamar hanya untuk 2 orang, ada yang 3 orang lebih.

Cermati dan cari yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan ya, karena ini ada hubungannya dengan kenyamanan kita juga nanti.

Cek juga lokasinya. Apakah dekat dengan lokasi yang menarik untuk dikunjungi? Dekat dengan tempat makan? Biasanya sih, restoran juga termasuk dalam fasilitas yang disediakan oleh apartemen. Tapi yah, siapa tahu pengin makan di luar aja kan? Kalau dekat dengan tempat-tempat makan yang asyik kan oke juga tuh.

 

5. Taati aturan

Nah, kadang satu apartemen dengan lainnya itu punya aturan sendiri-sendiri. Bahkan pemilik apartemen satu sama lain juga bisa berbeda karakternya. Kita mesti tahu nih, aturannya kayak apa.

Ada pemilik apartemen yang minta DP dulu di awal, misalnya 50%. Pelunasan akan dilakukan sembari serah terima kunci. Ada pemilik apartemen yang minta udah langsung lunas. Ada juga pemilik apartemen yang minta deposit tambahan, sebagai jaminan jika ada kerusakan atau kehilangan. Deposit ini akan dikembalikan kok nantinya, kalau memang nggak ada yang rusak saat kita akan meninggalkan apartemen.

Jangan lupa juga untuk menyiapkan identitas diri. Kalau ini ya aturan wajiblah ya. Di mana-mana kalau mau menginap pasti dimintain kartu identitas. Makanya harus disiapkan sejak awal.

Sewa Apartemen: Alternatif Akomodasi Liburan Lebih Terjangkau

Aturan standar yang lain adalah kita wajib menjaga ketenangan dan ketertiban selama sewa apartemen tersebut. Kan banyak penghuni lainnya juga yang harus dijaga kenyamanannya.

Nah itu 5 hal yang harus dipertimbangkan dalam mengambil keputusan untuk sewa apartemen, terutama kalau mau liburan bareng keluarga dalam jangka waktu yang lama.

Selain lebih hemat, dalam hal privacy, sewa apartemen itu lebih terjaga. Anak-anak mau lari-larian ke sana kemari, main sampai ruangan seperti kapal pecah, nggak ada yang merasa keberatan, karena di ruangan sendiri. Paling mamaknya yang sakit kepala, hehehe.

By Indah Julianti Sibarani

Fulltime mom Penulis Cerita Bacaan Anak Blogger Co Founder Kumpulan Emak Blogger (KEB)

30 comments

  1. belakangan, sebelum coronces sih, aku juga lebih suka sewa apartemen, sudahlah harga lebih murah buat rame2 dan bisa masak, jadi hemat juga di segi konsumsi hehehe aliran hemat garis keras 😀

  2. Ada temen yang nyewain kamar apartemennya juga lewat situs booking online..Ternyata sekarang emang lagi musim sistem konsinyasi seperti ini. Asyik lagi kalau apartemennya punya fasilitas lengkap..bisa betah berlama-lama

  3. Sewa apartemen sekarang jadi pilihan tepat buat keluarga ya… apalagi kalo apartemennya full fasilitas.. semakin betah kalo bawa bocah..

  4. Kalau bawa rombongan banyak gitu emang kayanya lebih ekonomis apartemen dibanding hotel ya, barangkali. Aku belum pernah sewa apartemen untuk keluarga sih mak karena masih keluarga kecil hanya bertigaan saja. Satu kamar hotel masih muat. Next kalau bawa rombongan keluarga besar barulah kuberpikir sewa apartemen, wow bisa online ya sekarang, makin gampang!

  5. Iya ya, kalo liburan agak lamaan, enaknya mending di apartemen gitu. Di sodara mah gak enak. Aku juga minggu depan mau ke Jakarta, semingguan gitu. Kayaknya pas deh kalo sewa apartemen. Lebih bebas. Cari-cari a di Traveloka. Sekalian lihat harganya. Mana tahu menarik. Bisa bikin akomodasi ke tempat2 yang bakal dituju jadi lebih murah.

  6. Kalau pergi berdua aja, nginep hotel cukuplah. Begitu udah beranak pinak apalagi bawa keluarga besar, apartemen lebih terjangkau dengan jumlah kamar yang banyak. Bisa masak pula di sana.

  7. Makasih buat tipsnya, Mak
    Kalau liburan ke Jakarta dan ramai-ramai gini enaknya emang sewa apartemen aja biar enggak ribet. Buat beberapa waktu lumayan hemat budget daripada hotel

  8. Wah iya ya, kalau liburan ke jakarta dengan paket sekekuarga lengkap semacam saya (5 orang), anak-anak sudah pada besar, dihitung-hitung biaya nginepnya bisa lebih murah kalau sewa apartemen ya. Liburan tapi Bisa berasa feel like home

  9. Oh, ternyata bisa to sewa apartemen.. Bisa lewat traveloka pula. Enak ya mba, sekarang itu tinggal install app, semua sudah ke handle sama traveloka, mulai transport, mo nginep dimana, sampe karcis ke t4 wisata..semua bisa melalui 1 aplikasi

  10. 2x pakai apartemen di Jakarta karena kawinan keponakan biar bisa rame2 ngobrol sama keluarga besar. Tapi pesan sendiri belum pernah. Dipesenin saudara yg di Jakarta.

  11. Semenjak anak-anak besar dan kakinya panjang-panjang kayak emaknya, traveling dah gak bisa satu kamar lagi jadinya harus car family room atau kamar dengan connecting door. Tapi kemudian pas sekali nyoba apartemen kami mulai suka tuh, jadi sekarang lebih memilih stay di apartemen saat liburan terutama jika staycation di Jakarta atau liburan di kota besar. Ketersediaan living room dan pantry selain jumlah kamar yang lebih dari satu bikin betah staycation dan tetap bisa bonding dengan anak-anak dibanding terpisah kamar saat liburan yang bagi kami dihindari. Gak asik kalau gak ngumpul kata suamiku hehehe

  12. Aku belum pernah lihat apartemen apalagi menyewanya, jadi info ini sangat bermanfaat banget Mak. Siapa tahu toh suatu hari nanti aku plesiran ke Jakarta dan butuh sewa tempat. Selama ini tahunya sewa hotel aja, tapi kan beda nanti kalau anak2 sudah besar dan harus menekan bujet juga

  13. Sekarang gancil banget mau sewa apartemen udah ada aplikasinya ya Mak, ga usah gugling random. Kalau pengen masak sendiri, bebas, dan hemat emang terbaik nih milih nginep di apartemen. Tinggal pilih yang sesuai keinginan dan budget ya Mak 😀

  14. Setuju banget buat sewa apartemen aja. Selain bisa masak sendiri, juga anak anak nyaman berasa di rumah tapi dengan sikon jauh beda.
    Iya kalau tanda pengenal juga ada yang menerapkan kudu punya surat nikah loh…

    Btw itu foto foto apartemen nya jadi pengen liat lebih hihi..

  15. Akupun kepikiran sekarang kalo liburan ramean enak sewa apartemen. Kalo bisa yg kamarnya dua. Jadi dua keluarga bisa kumpul. Lebih seru dan lebih murah juga drpada nyewa banyak kamar hotel kuitung2.

  16. Akupum kepikiran sekarang kalo liburan eamean enak sewa apartmen. Kalo bisa yg kamarnya dua. Jadi dua keluarga bisa kumpul. Lebih seru dan lebih murah juga drpada nyewa banyak kamar hotel kuiting2.

  17. Aku belum nyoba sewa apartemen. Suamiku malah kapan hari tak ajak staycation di apartemen karena ada gratisan gak mau. PAdahal mayan banget kan buat refreshing Emak-emak. Btw, ternyata gak ribet juga proses-nya ya. Udah persisi booking hotel aja. Kapan2 kudu direalisasikan nih, apalagi kalau ada gratisan lagi.

  18. Ternyata nyewa apartemen viewnya hampir sama kayak hotel ya mak.. Bahkan lebih bagus.. Cuma kalau nginep di apartement gak dapet makan ya mak.. Kayak di hotel

  19. Libur Lebaran kemarin aku kan main k JKT aselik uenaakk bangett menikmati JKT dlm kondisi super lengang . Sepertinya next time mau ngejajal book apartment aahh. Supaya lebih asyik experience-nya ??

  20. Woahhh enak tuh mbak kalau jalan2 dengan sewa aapartemen rasa hotel, hheee
    Karena biasanya lebih ke staycation ke hotel tiap pergi ke kota tertentu dari luar jabodetabek. Kalau ada sewa apartemen dengan biaya harian, sungguh mantul jiwa tuh hehhee
    TFS yah mbak ^_^

  21. Blom pernah nginep sekeluarga di Apartmeng, pernahnya vuma di joyel. Emang dih jd misah2 gitu tp serubjuga siiih. Maen samper2an klau renang or aktivitas lain. Wlp di hotel teyap aja hrs menjaga etika gak tetiak2 pr pasang bolume tv or radio saenak-e udele dhewe.

  22. Kalo sekeluarga atau ramean emang paling enak sewa villa atau apartemen ya. Kalo sewa hotel harus beberapa kamar malah ribet misah-misah

    1. Nah bener, pertimbangannya kalau misah kamar itu, nggak kepantau deh aktivitas lainnya 🙂

  23. Sebagian orang masih belum banyak yang tahu tentang sewa apartemen saat bepergian. Cenderungnya memesan kamar hotel yang kadang harganya jauh lebih mahal. Kalau bareng keluarga sepertinya opsi menyewa apartemen menarik. Tinggal kita cari tahu informasi terlebih dahulu untuk kapasitas berapa orang.

    1. Bener banget, apalagi kalau kita bepergian dalam jangka waktu yang lama, sewa apartemen itu lebih murah. Karena apartemen itu fasilitasnya sama seperti di rumah sendiri.

Leave a comment

Your email address will not be published.