Usia 40 Tahun Jangan Mager, Lakukan Hobi Ini Yuk!

by May 10, 2019Gaya Hidup3 comments

Usia 40 tahun, tua atau muda? Tergantung kita melihatnya dari sudut mana? Tapi bukan berarti di usia 40 tahun itu kita hanya mager aja. Ada banyak sekali hal yang bisa kita lakukan, di antaranya menekuni hobi.

Hobi juga sudah enggak sembarang hobi. Sudah baca kan, beberapa gejala yang terjadi pada tubuh begitu kita memasuki usia 40 tahun? Yes, ada beberapa yang memang butuh untuk diperhatikan sih, memang. Terutama soal kesehatan.

 

Usia 40 Tahun Jangan Mager, Lakukan Hobi Ini

Jombang Trip

Nah, berikut ada beberapa hobi yang cocok dilakukan oleh teman-teman yang mulai masuk usia 40 tahun nih. Ada 11 hobi nih, yang cocok. Bukannya yang di luar 11 hobi ini nggak cocok juga sih. Tapi kesebelas hobi berikut kalau dilakukan nih, akan membuat kita lebih sehat, jiwa dan raga.

Soalnya ya tahu sendirilah ya, usia 40 tahun itu sudah bukan waktunya lagi cuma hura-hura “nyakitin” badan. Di usia segini tuh, kita mesti punya hobi yang berfaedah, yang bikin badan sehat atau paling nggak pikiran jernihlah. Tau sendiri, salah satu gejala yang bisa muncul itu adalah menurunnya daya ingat.

Makanya, boleh saja sih punya banyak hobi. Tapi coba deh, punyai juga salah satu dari hobi berikut ini.

 

11 Hobi yang cocok dilakukan oleh yang sudah masuk usia 40 tahun

1. Berkebun

Sekarang kan zamannya makan bahan makanan organik nih. Sayuran organik, telur organik, buah organik, dan lainnya. Lagi pula ingat lo, daya tahan tubuh kita kan bisa naik turun seenak jidatnya sendiri. Makanya, mesti dijaga dengan banyak-banyak mengonsumsi buah dan sayur.

Yang paling oke ya buah dan sayur yang ditanam sendiri di kebun kita. Eh, zaman sekarang kita nggak harus punya lahan luas untuk berkebun lo. Yang rumahnya mungil dengan lahan terbatas juga bisa. Kita bisa bikin taman vertikal, atau mungkin bikin hidroponik.

Coba tanam mulai dari yang mudah-mudah dulu, seperti cabai, tomat, dan sebangsanya. Memang butuh usaha untuk berbuah, tapi mana ada sih yang langsung instan menghasilkan? Nggak ada kan?

 

2. Crafting

Inget nggak–buat para mamak nih yang sudah punya anak–dulu mungkin kita sering ajak anak-anak untuk crafting. Tujuannya supaya otot motoriknya terlatih dengan baik.

Nih, sekarang, crafting juga menjadi hobi yang disarankan untuk dilakukan oleh kita yang masuk usia 40 tahun, demi melatih fokus. Karena kita sekarang lebih sering gagal fokus.

 

3. Fotografi

Fotografi juga bisa melatih kita untuk tetap fokus. Apalagi kalau pakainya kamera DSLR. Pokoknya yang ada pengaturan manualnya. Lumayan juga buat melatih mata–selain pikiran–agar tetap fokus.

Selain fokus, fotografi juga bagus untuk melatih sense of art kita melalui coba-coba berbagai teknik dan komposisi. Kalau mau hunting foto, kita juga jadi bergerak secara aktif kan? Nggak terlalu ekstrem, tapi bikin nggak mager juga.

 

Usia 40 Tahun Jangan Mager, Lakukan Hobi Ini

Explore Kotagede

4. Catur

Nah, catur sudah jelas bisa banget untuk melatih otak agar selalu bekerja semestinya. Awas lo, kita semua nih bisa berisiko mengidap demensia. Demensia sekarang bahkan sudah mulai menyerang mereka yang berusia 30 tahun.

Selain catur, isi TTS juga bisa jadi latihan otak yang baik lo. Jadikanlah dua jenis olahraga otak ini sebagai hobi, jika memang menyukai kegiatan ini. Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan.

 

5. Menulis

Nah, kalau yang ini, teman-teman bloger sudah pasti punya hobi ini. Ya kan? Meski sekarang sudah zamannya ngevlog atau podcast, tapi menulis sih tetap jadi aktivitas utama bloger.

Menulis ini sudah nggak perlu lagilah dijelaskan manfaatnya yah? Sudah banyak pasti yang sudah merasakan manfaat dari hobi menulis, nggak hanya mereka yang masuk usia 40 tahun saja.

 

6. Melukis

Hobi melukis bisa membawa banyak manfaat, dari mulai kegiatan yang merelaksasi sehingga menghilangkan stres, sampai melatih fokus dan juga kreativitas. Cocok banget buat yang usia 40 tahun.

Merasa nggak gape melukis, tapi pengin mencoba melukis? Bisa aja. Coba deh doodling. Mungkin kalau melukis sih masih ada pakem-pakemnya ya, yang sebenarnya juga nggak harus-harus banget dipatuhi semua. Tapi kalau doodling, wah, kita boleh bebas saja menggores garis, bikin gambar, pakai warna.

 

7. Belajar bahasa baru

Kita-kita nih yang tadinya masih berusia 20 – 30 tahun, pasti sukanya alesan aja kalau disuruh belajar bahasa baru kan? Kalau nggak kepepet, pasti belajar bahasa baru ini bakalan jadi prioritas terakhir.

Di usia 40 tahun, kan biasanya kita juga sudah nggak sibuk-sibuk amat. Seharusnya sih bisa membuat waktu untuk sekadar belajar bahasa baru. Coba deh, mulailah dari memperlancar bahasa Inggrisnya. Terus, mungkin belajar bahasa Korea, caranya ya sambil nonton drama Korea. Asyik banget kan, sudah sambil melakukan hobi nonton drakor, sekalian belajar bahasanya deh.

Yang suka nonton Bollywood, bisa sekalian belajar bahasa India. Yang suka dorama, sekalian belajar bahasa Jepang.

 

Usia 40 Tahun Jangan Mager, Lakukan Hobi Ini

Karikatur by Tanti Amelia

8. Yoga

Buat jaga kesehatan di usia 40 tahun, kita nggak harus olahraga yang berat-berat kok, meski “ancaman” kesehatannya makin menakutkan. Bahkan sekadar jalan-jalan sekitar rumah di pagi hari aja, itu sudah cukup sebenarnya.

Tapi coba, tekuni hobi yoga. Konon, katanya yoga ini bisa mengobati stres, membuat kita jadi lebih tenang, dan bagus untuk melatih konsentrasi juga. Nggak perlu gabung ke kelas yoga dulu juga nggak apa-apa. Kita kan bisa latihan via Youtube?

 

9. Memasak

Yang biasanya jajan-jajan cantik, atau mau praktisnya saja pesan layan antar online kalau mau makan, cobain untuk menjajal hobi memasak.

Kan kita harus makan makanan yang lebih sehat kan ya? Sudah petik bahan-bahannya dari kebun sendiri, sekarang dimasak sendiri juga. Hobi yang menyehatkan untuk kita yang masuk usia 40 tahun kan?

 

10. Handlettering/kaligrafi

Ini hampir sama dengan melukis atau doodling sih sifatnya. Relaksasi, sekaligus mengasah konsentrasi dan kreativitas.

Kalau belum bisa tapi pengin coba hobi handlettering ini, di Pinterest ada lo template-template yang bisa didownload gratis. Terus kita tinggal ikuti saja garis-garisnya. Lalu diselesaikan ala kita sendiri; warnanya, atau ditambah ornamen-ornamen apalah. Cukup mudah kok.

 

11. Golf

Nah, buat para bapak nih, yang sudah masuk usia 40 tahun, konon olahraga golf akan dapat banyak memberikan manfaat sehat untuk tubuh. Mulai dari bikin kita nggak mager, sampai melatih fokus dan konsentrasi.

Buat emak-emaknya gimana? Ya boleh saja, ikutan golf. Ini sebenarnya kan olahraga unisex ya? Hanya saja memang penggemarnya kebanyakan para pria. Tapi boleh kalau mau ikut mendalami hobi yang sehat ini.

 

Nah, jadi gimana nih, Sahabat Blogger? Sudah punya salah satu atau beberapa hobi di atas belum? Kalau sudah, ya tinggal ditekuni lagi biar makin mahir. Yang belum, bisa mulai pilih dan mulai dilakukan. Yang penting, mulai dulu. Nanti gimanalah sambil jalan.

Yang penting sehat, dan bahagia.

<a href="https://indahjulianti.com/author/indahjuli/" target="_self">Indah Julianti Sibarani</a>

Indah Julianti Sibarani

Fulltime mom Penulis Cerita Bacaan Anak Blogger Co Founder Kumpulan Emak Blogger (KEB)

YOU MAY ALSO LIKE

Merawat Wajah di Usia 45 Tahun Demi Glowing Skin 2020

Merawat Wajah di Usia 45 Tahun Demi Glowing Skin 2020

Ceritanya, daku dapat tawaran untuk review produk perawatan wajah  di Instagram. Kaget juga dapat tawaran itu, secara ya, bukan beauty blogger dan jarang juga ekspose tentang bagaimana merawat wajah di usia 45 tahun lebih  biar kulit bersinar, glowing skin ever...

read more
Gejala Tubuh Masuk Usia 40 Tahun

Gejala Tubuh Masuk Usia 40 Tahun

Dear perempuan-perempuan yang sudah memasuki usia 40 tahun, sudah minum/makan suplemen apa hari ini? Saya dong, subuh tadi minum air putih satu gelas dan dua sendok madu. Lalu setelah sarapan sekitar pukul 08.00 WIB, minum Vitamin K dan B12, setengah jam kemudian...

read more

3 Comments

  1. Widyanti Yuliandari

    Mbak, berkali-kali aku baca tulisan Mbak Injul dalam tema usia 40, kok kaya baru ngeh ya aku. Bahwa bagi banyak orang usia ini semacam rada nyeremin gitu. Mungkin aku terlalu sering melihat sosok2 guru nutrisi di sekelilingku. Kaya biasa aja mereka di usia bahkan di atas 50. Aktivitasnya sama aja dg yg 20 an

    Reply
  2. Efi Fitriyyah

    Aku mau ngulik lagi origami, motret dan belajar bahasa baru. Huehehe jangan diketawain ah Makpuh. Aku pernah belajar bahasa Jepang meski basic doang. Sekarang udah pada lupa. Mau direfresh dan tingkatin lagi. Mumpung awal taun, moodnya lagi bagus

    Reply
  3. nur rochma

    Kalau suka fotografi kudu belajar yang manual ya. Berat, mak. Kebiasaan nih apa-apa pengen praktis.

    Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to Blog via Email

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Arsip

Categories