Skala Prioritas ala Mompreneur Kartika Nugmalia

by Jun 16, 2016blogging, Emak Blogger, KEB20 comments

Tak kenal maka tak sayang. Tak kenal maka ta’aruf. Berkenalanlah. Kenalan dengan Kartika Nugmalia yuk!

Salah satu cara berkenalan adalah melalui media blog. Yup, blog itu sekarang bisa menjadi media untuk mengenal seseorang, terutama orang yang ingin kita ajak silaturahmi atau siapa tahu bisa menjadi teman dekat. Iya kan?

Begitu pun dengan sekelompok blogger perempuan yang berdomisili di Daerah Istimewa Yogyakarta, Solo, dan sekitarnya. Berawal dari bergabung dan saling mengenal di Komunitas Emak Blogger (KEB), lalu nyemplung di Group WA, agar saling mengenal dan menjalin silaturahmi, maka digaungkanlah suatu kegiatan bertajuk Arisan Blog.

Namanya arisan, ya pasti dikocok dong ya. Begitu juga dengan Arisan Blog Emak Blogger Yogyakarta. Tiap bulan selalu dikocok dan ada pemenangnya. Dan, yang akan saya perkenalkan di blog ini adalah pemenang Arisan Blog bulan Mei yaitu Kartika Nugmalia atau akrab dipanggil Aya.

Arisan Blog Yogya: Cerita Manda

Kenalan dengan Kartika Nugmalia si Mompreneur

Saya mengenal Aya pertama kali lewat permintaan menjadi teman di Facebook darinya tahun 2015 lalu. Iya, saya baru mengenal Aya 🙂

Sejak itu, saya sering membaca status-status Facebooknya, namun belum berinteraksi satu sama lain. Begitu pun ketika saya bergabung di Group WA Emak Blogger Jogja. Seperti juga saya, Aya juga termasuk yang sesekali berinteraksi dengan keriuhan di sana. Kalau ada yang heboh terutama soal blogging, baru kami ikut berinteraksi. Hahahaha, namanya juga perempuan ya, suka dengan kehebohan.

Di Arisan Ilmu dengan narasumber Carolina Ratri, barulah saya mengenal lebih dekat dengan Aya. Ternyata eh ternyata, perempuan yang memiliki tiga anak ini, cantik, imut dan langsing. Bikin irilah 🙂 (btw, di group WA BCJ itu banyak perempuan cantiknya, sesuailah dengan nama groupnya….hihihi)

Yang menarik lagi nih dari sosok Aya, dia itu termasuk blogger yang rajin belajar. Nyaris di setiap event Arisan Ilmu Yogyakarta, ada sosoknya. Begitu pun saat workshop kolaborasi Rocking Mama dan Kumpulan Emak Blogger (KEB), Aya ikut belajar content viral dengan narasumber Ollie Salsabella itu. Nggak tanggung-tanggung, Aya membawa buah hati tercintanya yang baru berusia 5 bulan (kala itu), yaitu Aisha.

Begitu pun saat Arisan Ilmu dengan narasumber Pungki Prayitno, Aisha pun diajak Aya untuk belajar tentang Social Media Admin. Photo yang saya jadikan title blog itu, saat Aisha tertidur menunggui bunda tercintanya belajar 🙂

 

Skala Prioritas ala Mompreneur Kartika Nugmalia

 

Skala Prioritas Ala Kartika Nugmalia

Bicara tentang Aisha, saat ini menjadi fokus utama perhatian Aya di antara kesibukan lainnya sebagai mompreneur, yaitu Gold Director di Oriflame dan sebagai penulis blog My Violetya.

Menurut Aya dalam percakapan via Whatsapp mengenai kesibukannya mengurus anak, Oriflame dan ngeblog:

“Nah, bagian ditanya begini nih… Bingung jawabnya. Hehe. Kalau sekarang, aku pakai skala prioritas, Mak. Saat ini yang jadi prioritas masih anak anak. Pastinya terapi dan urusan ke dokter itu jadi yang utama. Kalau Oriflame sama blognya bisa dikerjain pas malem malem, kalo Aisha bisa tidur awal (which is jaraaaaaang :D). Tapi kalau buat Oriflame, mau nggak mau ya dicari cariin waktu juga, Mak.”

Yep, anak-anak memang menjadi skala prioritas utama Kartika Nugmalia. Apalagi dua dari tiga buah hatinya memerlukan konsentrasi dan perhatian penuh. Shoji mengalami Speech Delay dan Aisha karena dugaan TORCH, mengalami apa yang disebut dengan Global Developmental Delay.

Apa itu Speech Delay dan Global Development Delay, silakan berkunjung ke blog Aya ya. Jangan lupa sediakan tissue, siapa tahu mata berkaca-kaca saat membacanya.

Dari cerita-cerita yang ditulisnya di blog My Violetya, kita akan tahu bagaimana perkembangan Aisha dan Shoji, buah hatinya.

 

Cerita Aya

Cerita yang membuat haru dan kagum dengan perjuangannya yang tak kenal kata menyerah.

Seperti yang ditulisnya dalam satu status Facebooknya yang sangat saya suka dan saya kutip sebagian untuk blog title, seperti ini:

ANAK ADALAH REJEKI
————————————-

Seperti biasa
Sepulang dari Masjid, selalu dapet oleh oleh cerita dari ayah Ryan Salfarino

Jadi kali ini beliau sempet ngobrol ngobrol sama Ust. Rahmanto seusai tarawih.

Ust. Rahmanto punya 4 putra. Yang pertama kondisinya seperti Shoji. Anak kedua dan ketiga sehat, namun anak ke empat mikrosefali dengan gangguan pendengaran berat. Bilal (nama anak itu) juga pernah operasi tengkorak (kurang tau detilnya, tapi untuk treatment mikrosefalinya katanya). Kata Ust. Rahmanto Bilal terserang virus TORCH, kalau nggak salah rubella dan CMV

Beliau bilang sudah sampai habis habisan segala biaya untuk Bilal yang saat ini 4 tahun. Sekarang Bilal sudah mampu berjalan sekitar 5 langkah.

Tapi, kata beliau, sejak kehadiran Bilal, ada saja rejeki untuk keluarga beliau. Kalau dipikir pikir, sebagai ustadz penghasilannya tidak bisa dibilang “lebih”. Rejeki yang datang dari usaha istri yang dikelola dari rumah pun kian maju.

MasyaAllah
Segala ujian yang datang dari Allah, pasti sudah disiapkan juga kunci jawabannya untuk kita.
Bersama kesulitan selalu ada kemudahan
InsyaAllah gak perlu khawatir dengan segala sesuatunya.
Allah hanya ingin kita taat, tidak pernah putus asa dari-Nya.
Buat seorang ustadz, beliau sendiri bilang pasti tidak mudah.
Apalagi untuk kami yang baru belajar berhijrah.
Sungguh Allah mempertemukan kami dengan orang orang untuk menggali hikmah. Hikmah dari semua ujian yang diberikan oleh-Nya

Semoga kami istiqomah menjaga sabar
Ada Allah yang Mahabesar

‪#‎RenunganRamadhan‬

 

Skala Prioritas ala Mompreneur Kartika Nugmalia

 

Kartika Nugmalia atau Aya, perempuan kelahiran Yogyakarta, yang juga pernah menjadi guru TK karena kecintaannya pada anak-anak, adalah sosok blogger juga mompreneur yang patut diacungi jempol.

Di era masa kini, menjadi perempuan itu memang harus mumpuni dalam segala hal, namun tak melupakan kodratnya sebagai perempuan. Dan seperti yang saya ceritakan di atas, tetap harus ada skala prioritas. Ada yang mau mencontoh Skala Prioritas ala Mompreneur Aya?

<a href="https://indahjulianti.com/author/indahjuli/" target="_self">Indah Julianti Sibarani</a>

Indah Julianti Sibarani

Fulltime mom Penulis Cerita Bacaan Anak Blogger Co Founder Kumpulan Emak Blogger (KEB)

YOU MAY ALSO LIKE

Blogging with Heart, Masihkah Relevan?

Blogging with Heart, Masihkah Relevan?

Jadi ceritanya, daku ditag Dewi Rieka di Twitter dan Instagram tentang postingan baru di blog Ruang Aksara. Mampirlah daku ke blog Dedew yang banyak membahas tentang tip menulis, baik itu tip menulis untuk buku juga blogging. Ruang Aksara sendiri adalah kelas menulis...

read more
New Template, New Energy. Harapannya

New Template, New Energy. Harapannya

Yas! Akhirnya blog ini punya tampilan baru. New Template, New Energy, harapannya sih gitu. Pengen rajin nulis di blog ini, kan sudah dipercakep rumahnya, Insya Allah makin betah. Sudah lama banget pengen ganti desain template halaman utama blog ini. Dari tahun 2018,...

read more

20 Comments

  1. Nurul Fitri Fatkhani

    Mba Aya, hebat ya… rajin menuntut ilmu, bersilaturahmi bersama anak-anaknya. Dede Aisha lucu sekaliii …gemesin, deh!

    Reply
    • indahjuli

      Mulianya seorang ibu ya Nurul, harus bisa multitasking 🙂

      Reply
  2. makruf

    Sskrang jadi tahu dan mikir….
    Menikah, lalu punya anak…
    Ahaha… berat rasanya ngurus keluarga.. ngurus anak dan istri termasuk masalah masalah yg akan datang.

    Tpi untunglah, menikah dan segala aktivitasnya adalah ibadah. Apapun yg terjadi, itu sudah jalan hidup.

    Reply
    • indahjuli

      Yup betul sekali Makruf, menikah atau berumahtangga itu ibadah, memiliki anak adalah anugerah terindah 🙂

      Reply
  3. prih

    Melalui blogging ikutan mengagumi mompreuneur Aya via postingan Mak Injul. Terima kasih mbak.

    Reply
    • indahjuli

      Sama-sama, ayo ikutan komunitas blogger, biar lebih banyak lagi kenal blogger 🙂

      Reply
  4. Irawati Hamid

    salut sama Mba Aya yang bisa sukses lewat Oriflame *jempol*
    saya juga member oriflame tapi malasnya minta ampun, huhuhu jadi malu deh 🙁

    Reply
    • indahjuli

      Hahahaha, belajar sama Aya 🙂
      Tapi daku lihat dirimu ikutan Jafra juga ya.

      Reply
  5. bundashidqi_lia

    salut dgn mbak Aya. Mmg dlm kondisi apapun anak-anak yg utama. Aku pun begitu, impian kdg disisihkan dulu demi anak2, atau bahkan kuajak semua biar tau kerjaan emaknya hehe

    Reply
    • indahjuli

      Benar, Lia, aku pun begitu, masih berat sama anak-anak, apalagi sejak tinggal di Yogya ini, udah nggak terpikir lagi deh mau eksis 😀

      Reply
  6. Ira guslina

    Wah dek aisha nya cantik. Beruntung sekali punya mama yg hebat kayak Mba Aya… cantik rajin ikut kegiatan dan silaturahmi pula…:-)

    Reply
    • indahjuli

      Aamiin, Aamiin, semoga Aya yang membaca komentar-komentar di sini, lebih terpacu lagi buat seluruh aktivitasnya 🙂

      Reply
  7. Inayah

    Benar mba…dalam kondisi apapun…kita harus komit sama priotitas sebab kalau maksa dikerjain semua malah bisa jadi ga maksimal

    Reply
    • indahjuli

      Nah, sepakat sama dirimu, Inayah 🙂
      Tetap harus ada prioritas biar nggak kebablasan.

      Reply
  8. rita asmaraningsih

    Taaruf saat ini mulai ngetrend ya Mba.. Banyak yang menjalaninya dan ini sesuai dengan anjuran agama…

    Reply
    • indahjuli

      Benar, Rita, dan manfaatnya banyak kok ya 🙂

      Reply
  9. Cumilebay

    Tak kenal maka ta’aruf lah. Aku mau di ta’arufin ama siapa ??? Menunggu nich biar kenal hua hua

    Reply
    • Dian farida

      Lha ini kok komennya baper?hehe. Saya ada 6 orang teman perempuan yang masih single nih..bersedia di taarufin?=)

      Reply
      • cumilebay

        Waksssssss mak jul ……… gimana nich ??? kupinang dengan Bismillah atau Assalamu’alaikum trus kaburrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr

        Reply
        • indahjuli

          hihihihihi *numpangketawasajalah*

          Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to Blog via Email

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Arsip

Categories