Icip-icip Sushi

Teman saya, Kiky, pekerja merangkap mahasiswi itu, suka sekali dengan makanan khas Negeri Matahari Terbit, Jepang. Salah satunya adalah sushi. Beberapa kali, dia mengajak saya untuk makan sushi, namun hanya sesekali saya terima, karena buat saya, sushi tidak mengenyangkan.

Menurut Wikipedia, sushi adalah makanan khas Jepang, yang terdiri dari nasi yang dimasak (shari), yang dikombinasikan dengan bahan lainnya (neta). Neta yang umumnya adalah makanan laut (ikan-ikanan).

Seperti yang saya baca dari berbagai postingan blognya Kak Imelda, banyak peristiwa penting yang menghidangkan sushi sebagai menu utamanya. Misalnya saja kebiasaan makan sushi gulung malu-malu pada Hari Setsubun. Foto-foto sushi di blog kak Imelda mengundang selera, dan kesukaan Kiky terhadap makanan itu membuat saya penasaran ingin tahu seberapa enaknya sushi menyushi itu.

Kesempatan menikmati sushi sepuas-puasnya datang melalui undangan Ina, teman blogger di Kopdar Jakarta, untuk mencoba berbagai menu sushi di restoran Sushi Groove di Sudirman, Citywalk, Jakarta, pada hari Jumat, 29 April lalu. Rupanya, restoran sushi itu sedang mengadakan acara panel food tasting menu untuk teman-teman blogger.

Dalam acara itu, ada 12 menu sushi yang disajikan. Yang semuanya harus dicicipi, untuk mengetahui bagaimana rasanya, penyajiannya, cukup tidak porsinya, dan penampilan sushi itu menarik atau tidak.

Pertama kali yang dihidangkan ada tiga jenis sushi, yaitu Mango Megumi Roll, Saboro Chicken Roll, dan Shibuya Roll.

shibuya roll

Β 

mango megumi roll

saboro chicken roll

Saat memakan Mango Megumi, buah mangga di campuran salmon terasa segar, ditambah dengan siraman krim kejunya, membuat sushi ini menjadi salah satu favorit saya. Penampilannya juga mengundang selera. Tak salah, sushi ini menjadi pilihan pertama yang disajikan.

Rasanya ingin tambah satu potong lagi sushi Mango Megumi. Tapi berhasil diredam, saat melihat penampilan sushi kedua, Saboro Chicken. Sushi yang isinya terdiri dari kani salad, tuna dan alpukat yang segar. Saat pertama kali mengunyah, irisan alpukat dalam gulungan tuna dan salad, menambah manis rasa sushi tersebut. Menu ketiga ditutup dengan mencicipi Shibuya Roll. Sushi yang digulung dengan tuna segar, udang, dan unagi yang lezat membuat tempura terasa renyah. Nikmat!

Belum juga selesai mencicipi ketiga menu pertama, sushi gelombang kedua datang berturut-turut. Aligator Roll, Unamon Roll, dan Firefly Roll. Penampilan ketiga sushi tersebut membuat lidah berdecak untuk segera melahapnya. Hmmm, pasti lebih nikmat lagi, pikir saya.

Aligator (kiri) Unamon (kanan)

Firefly Roll

Tiga sushi dengan rasa pedas, asam dan manis. Sushi rasa pedas pertama adalah Firefly Roll, sushi dengan campuran ebi tempura, salmon dan tuna. Sementara Aligator, paduan tempura gindara yang crunchy yang disiram dengan saus manis pedas, diatasnya ditaburi potongan alpukat, terasa segar di lidah. Sementara, salmon dengan bumbu uangi, dan kani tempura roll diatasnya, membuat Unamon Roll, lumayan enak dinikmati.

Setelah meminum teh ocha dingin, saya lalu melanjutkan menyantap enam jenis sushi lainnya yang disajikan oleh Sushi Groove. Keenam sushi itu adalah Deep Forest Roll, Angry Bird Roll, Devil Tuna Roll, Black Pearl Roll, Salmon Mentai Roll, dan Pirate’s Roll.

Pirate's (kiri) Angry Bird (tengah) Firefly (kanan)

Devil Tuna Roll

Deep Forest (cocok buat yang vegetarian)

Salmon Mentai, yummy!

Black Pearl hasil pembantaian

Yang jelas, saya sampai begah memakan ke-12 sushi tersebut, padahal cuma satu atau dua potong tiap jenisnya. Dan, baru kali ini saya merasa kenyang karena makan sushi. Dari 12 jenis sushi yang disajikan, saya senang melahap Mango Megumi, Black Pearl, Salmon Mentai, dan Aligator Roll. Jadi, Ky, gue mau lagi deh ditraktir sushi di Kiyadon πŸ™‚

ps:

sebagian foto adalah hasil bidikan Yusman Firmansyah (@umenumen)

21 Comments

  1. maag Herbal August 2, 2016
  2. sikiky May 7, 2011
    • Kronis July 24, 2016
  3. edratna May 7, 2011
  4. zee May 5, 2011
  5. wiwikwae May 5, 2011
  6. fitrimelinda May 4, 2011
  7. Zippy May 4, 2011
  8. guru rusydi May 4, 2011
  9. joe May 4, 2011
  10. uraeka May 4, 2011
  11. PetzLuvNeiz May 4, 2011
  12. fairyteeth May 4, 2011
  13. Anjari's Planet May 4, 2011
  14. de May 4, 2011
  15. Kuda Putih May 4, 2011
  16. Vicky Laurentina May 4, 2011
  17. monda May 4, 2011
  18. Biidu May 4, 2011
  19. Ikkyu_san May 4, 2011
  20. arman May 4, 2011

Leave a Reply