Content Is The King, Marketing Is Queen

by Sep 30, 2015blogging, Social Media41 comments

Sudah enggak asing dengan quote ini kan? Content Is The King!

ContentKing1

Sudah pernah juga bikin postingan tentang Content is the King tapi yang dikaitkan dengan SEO.

Kali ini mau cerita tentang Content Creator yang berhubungan dengan Blogging atau blogger.

Mengapa Content Creator atau Kreator Konten? Beberapa waktu lalu, saya mengikuti satu event gathering blogger dan Team Building Pengurus Kumpulan Emak Blogger (KEB), yang menghadirkan narasumber keren. Keduanya menyebutkan tentang pentingnya Blogger sebagai Content Creator, yang tidak hanya mengandalkan teks di blognya.

Adalah Enda Nasution yang tampil sebagai narasumber di Blogger Seminar Local Heroes, Sabtu, 19 September lalu, yang mengatakan pentingnya blogger sebagai content creator.

“Mengapa blog, blogger sampai sekarang masih dibutuhkan, masih relevan?

Karena, menurut Enda, blog sebagai:

  • Increase Self Confidence
  • Future Content Creator
  • Alternative source of Information

content creator

Blogger sebagai Future Content Creator bisa Mengubah Masa Depan

Blogger harus membuka wawasannya dengan tidak hanya mengandalkan teks tetapi juga konten-konten lainnya, seperti misalnya membuat video.

Memang, untuk itu harus mempunya skill khusus, tapi sebagai blogger harus mau belajar, mau mengembangkan diri. Apalagi, blog adalah alternatif sumber informasi dari media mainstream.

Jika ingin mempunyai penghasilan seperti blogger-blogger di luar negeri, menurut Enda, blogger Indonesia harus bisa menghasilkan konten-konten yang bagus dan menarik.

Nggak beda jauh dengan Enda Nasution yang dikenal juga sebagai Bapak Blogger Indonesia, seorang pekerja digital yang juga blogger, Aldy Terren, yang menjadi narsum di acara Team Building KEB, mengatakan kalau trend blogging ke depannya adalah blog yang dipercantik dengan tampilan video di postingannya.

“Nggak hanya sekedar ngeblog, bikin postingan, tapi juga harus memperhatikan kontennya. Ke depan, orang akan malas baca postingan yang panjang lebar, hanya tulisan. Selain gambar/image, video juga sangat penting untuk mendukung tulisan. Apalagi kalau postingan kita tentang tips atau trik,” jelas Aldy.

Nah, buat Sahabat Blogger yang ingin mempunyai penghasilan dari blognya atau ingin memonitize blog, harus bisa menjadi kreatif konten. Apa saja yang bisa dilakukan blogger untuk blognya?

Bisa disimak 7 Tips for Making Your Blog a Content Marketing Magnet dari Social Media Examiner.

 

picblog

  1. Build a Strong Blogging Foundation to Support Your Content Marketing: pastikan pondasi blog Sahabat Blogger mampu untuk dijadikan content marketing. Misalnya dengan mempunyai domain sendiri. Kalau pun nggak punya domain sendiri atau masih ingin yang gratisan, tak masalah. Pilih saja tema blog secara khusus, misalnya Blog tentang Fotografi Ponsel atau Blog tentang masak-masak. Sekarang lagi ngetrend kan travel blog, food blog atau pun lifestyle blog.
  2. Know Your Audience: Sahabat Blogger harus tahu siapa yang membaca postingan tersebut. Harus punya target pembaca dan untuk apa postingan tersebut dibuat. Untuk mengetahui siapa pembaca blog, bisa dilihat dari statistik atau site stat blog kita.
  3. Develop Your Content Marketing Plan: untuk mencapai target monetize blog, sebaiknya punya perencanaan yang matang dalam konten blog atau postingan yang akan Sahabat Blogger tuliskan.
  4. Optimize Content to Enhance Effectiveness: untuk meningkatkan efektivitas, maksimalkan konten yang Sahabat Blogger buat. Postingan harus bisa menarik minat pembaca. Tidak hanya sekilas membacanya, tetapi juga mengerti apa yang dimaksud atau dijual dalam konten tersebut.
  5. Plan Your Content Promotion: Tidak hanya sekedar membuat tulisan, Sahabat Blogger juga harus mempromosikan postingan di blog. Banyak cara untuk mempromosikan blog kita, salah satunya adalah media sosial. Hari gini Blogger nggak punya Twitter, Facebook, Google Plus, LinkedIn, Path, Pinterest, Line, Whatsapp, duh ke mana saja. Nggak mesti punya semua media sosial, tapi setidaknya punya 3 seperti Facebook, Twitter dan Google Plus.
  6. Allocate Resources to Your Blog:berdayakan foto/images, desain, video, dan konten kreatif lainnya untuk blog Sahabat Blogger.
  7. Track Content Marketing Results: Jangan lupa, setelah keenam tips dilakukan, Sahabat Blogger tentu ingin tahu keberhasilan konten yang dibuat kan? Dengan mengetahui hasil dari konten kreatif yang dibuat, bisa menjadi tolak ukur untuk konten berikutnya. Dengan mengumpulkan hasil, kita akan tahu dimana kekuatan kita sebagai blogger.

Nah, begitu kira-kira kekuatan blog dan blogger sebagai future content creator. Apalagi kalau mengharapkan punya penghasilan dari blognya. Tertarik?

<a href="https://indahjulianti.com/author/indahjuli/" target="_self">Indah Julianti Sibarani</a>

Indah Julianti Sibarani

Fulltime mom Penulis Cerita Bacaan Anak Blogger Co Founder Kumpulan Emak Blogger (KEB)

YOU MAY ALSO LIKE

Blogging with Heart, Masihkah Relevan?

Blogging with Heart, Masihkah Relevan?

Jadi ceritanya, daku ditag Dewi Rieka di Twitter dan Instagram tentang postingan baru di blog Ruang Aksara. Mampirlah daku ke blog Dedew yang banyak membahas tentang tip menulis, baik itu tip menulis untuk buku juga blogging. Ruang Aksara sendiri adalah kelas menulis...

read more
New Template, New Energy. Harapannya

New Template, New Energy. Harapannya

Yas! Akhirnya blog ini punya tampilan baru. New Template, New Energy, harapannya sih gitu. Pengen rajin nulis di blog ini, kan sudah dipercakep rumahnya, Insya Allah makin betah. Sudah lama banget pengen ganti desain template halaman utama blog ini. Dari tahun 2018,...

read more

41 Comments

  1. Lisdha

    Pagi2 sarapan ilmu dari makpuh indah julianti. Saya member unyu2 di keb mak..
    TFS _^_

    Reply
  2. Cuma Ikan Teri

    Raja tanpa Ratu, hidup Mah Perih begitupun sebaliknya. Kalau boleh menambahkan selain marketing lewat sosmed, ada juga yang cukup penting untuk menambah traffic blog dengan mensubmit artikel kita lewat forum seperti kaskus, viva dll. Cukup bagus untuk SEO dan pastinya blog kita semakin dikenal tapi jangan terlalu sering nanti malah dianggap ‘spam’ hehehe

    Reply
  3. @nurulrahma

    Makpuh, tengkyu banget dgn pencerahannya lewat postingan ini yah 🙂

    Reply
  4. mas into

    Kayaknya poin-poin di atas merupakan pondasi awal yang harus dimiliki kalau ingin sukses jadi blogger. Suka dengan judulnya juga 😀 membuat konten bagus saja tidak cukup harus ada upaya untuk mempromosikan konten yang telah dibuat ke banyak orang. Cara paling mudah ya lewat sosial media.

    Reply
  5. Juki

    Konten itu adalah raja, tepat sekali (Hanya konten yg berkualitas yang mampu memikat banyak pengunjung)
    Marketing adalah rtu, tepat sekali (Ibarat pepatah, dibalik pria (Raja) yang sukses, terdapat istri (ratu) yang hebat dibelakangnya)

    Reply
  6. Fahmi

    Konten itu penting sekai, tapi dengan marketing, konten bisa jadi lebih optimal 😀

    Reply
  7. cara mengatasi hernia

    postingannya bagus mak, tapi aku baru menyadarinya bahwa ngeblog bisa mengahasilkan , sayah kira yang menghasilkan tu blog yang dipake jualan

    Reply
  8. yozidahfilputra

    Bagaimanapun konten memang adalah raja ya mbak, lebih baik lagi jika kita optimasi dengan teknik SEO yang bagus 🙂

    Reply
  9. Inda Chakim

    belajar belajar dan belajar
    haphaphap
    tengkiu makpuh 🙂

    Reply
  10. Indah Nuria Savitri

    betul maaak…content is the king, walaupun dipoles sana siniii hehee.. tapi memang itu tidak cukup, marketing juga harus joss yaaa 🙂

    Reply
  11. Emak Gaoel

    Kece bener ini postingan. Btw, udah lama aku pengen ketemu sama Mas Enda, belum jodoh aja 🙁

    Reply
  12. Nunung Yuni A

    Waah jadi pengin bikin gambar-gambar di blog mak injoel. Tapi belum ngerti caranya nih.

    Reply
  13. Lusi

    Princesss akyuuu ya :))

    Reply
  14. Choirul Huda

    Saya setuju banget dengan quote ini:
    “blog adalah alternatif sumber informasi dari media mainstream”

    saat ini, blog, bisa jadi penyeimbang ketika artikel di media mainstream udah condong ke kiri atau kanan
    *just opinion 🙂

    Reply
  15. Idah Ceris

    Musti mulai belajar bikin video yg agak2 serius, ya. 😀

    Reply
  16. HM Zwan

    PR banget nih bikin dan naruh video di blog,belum pernah soalnya hehehe…makasih makpuh sharingnya,sangat bermanfaat^^

    Reply
  17. cputriarty

    artikel Bunda Injul sangat informatif sekali.. Langsung bikin semangat dan melek tehnologi terutama bikin video untuk postingan. Semoga saya bisa belajar sebaik mungkin 🙂

    Reply
  18. Lianny Hendrawati

    Wah masih perlu banyak berbenah nih aku, membuat foto tampil menarik masih gaptek, tambah lagi video. Aku harus belajar keras nih. Makasih sharingnya mak Injul 🙂

    Reply
  19. Catcilku

    Sudah terpikir buat video tapi msh blm sreg muncul di jagad maya 🙂

    Reply
  20. julie

    yang sangat menarik buat aku itu di poin kedua kak Know your audience sebab marketing people terutama product manager atau brand manager akan mencari tau market audiencenya media baik itu media mainstream atau digital media.
    sejauh ini aku sangat sulit menemukan blogger-blogger yang mampu memberikan proven bahwa market audiencenya berada di level premium

    Reply
  21. yayu arundina

    ckckckck… menarik makpuh. peerku makin banyak nih. long life education ini teh yaa. hayu ah semangat para emaks, lets goh

    Reply
  22. Emakmbolang

    Selama ini hanya mengandalkan foto, belum sempat bikin Video 🙂

    Reply
  23. cumilebay.com

    Aku mesti belajar bikin video nich biar tampilan blog gw makin yahud hahaha

    Reply
  24. Aireni

    waaahhhh…masih perlu banyak belajar lagi neh

    Reply
  25. Aireni

    waaaahhh…masih perlu banyak belajar lagi neh

    Reply
  26. Hidayah Sulistyowati

    Aku baru sekali nyisipin video, karena sesuai dg isi artikel sih mbak.
    Trus yang no 7 itu juga sering aku lakukan, dan bisa dijadikan acuan nulis artikel berikutnya, hehe… Makasih sharingnya mbak Indah 😀

    Reply
  27. tetty hermawati

    Wah harus mulai ngulik bikin video ya dari sekarang 🙂

    Reply
  28. Arinta Adiningtyas

    belum pernah bikin video. wah, harus mulai belajar nih…gaptek harus dilawan. makasih mak sharingnya.. 🙂

    Reply
  29. handdriati

    siaaaap mak indah…laksanaken…
    aku masih belum siap menjamah youtube nih, lebih ke gak ada yg bantuin ngrekam dan blm punya alat rekamnya hiks…. 🙁

    tfs ya mak 🙂

    Reply
    • sutopo

      menggunakan fastone capture mbak handrriati…
      lebih enak xixixi filenya juga gak terlalu besar saat di upload

      Reply
  30. Lidya

    mmulai belajar buat video ah supaya lebih cantik

    Reply
  31. dani

    Makasih ilmunya Mbak Indah. Kereeen.

    Reply
  32. Ei

    Waduuuuhhh meskipun udah lebih dari 10 tahun ngeblig, tapi rasanya masih jauuuuhhh banget buat bikin blog jadi marketing magnet. Tapi tujuan utama ngeblog sih bua share pengalaman or pikiran yg mudah2an bisa bermanfaa buat orang lain. Monetise blognya semoga berproses walaupun pelan2 hehehe.

    Reply
  33. Molly

    Aku bakal inget2 semua ini n langsung dipraktekkin deh.. . Masih belajar bikin video tapi blm pede ditampilin di blog.. hiks.

    Reply
  34. Rahayu Pawitri

    Ijin aku cetak ya, Makpuh, biar ga mudah lupa

    Reply
  35. Maya Siswadi

    Waahhh masih banyak peernya. Perlu di Bookmark ini.
    Bikin konten yang menarik. Cateeeett!!

    Reply
  36. dwina

    Makasih infonya, mba Indah. Aku musti bljr bnyk.nih. Aku ga bisa2 bikin video yg bagus. Trus kl pun udah bs bikin, ga ngerti cara resize spy cepat kl pasang d blog dan di buka org.

    Reply
  37. Indri Noor

    wah, berarti PR-ku masih banyak banget ya makpuh *belajar lagiii*

    Reply
  38. ophi ziadah

    Waah mantep banget infonya makpuh.
    Lalu saya harus ambil nafas dalam dan memghembuskannya pelan. Baru belajar bikin gambar yg rada kece…lg mau move on ke infografik dan masih mental teruss… loadingnya lama… Nah sekarang bikin video…
    Sudah banyak juga yg keren dan maju kayak gt. Kepingiiiin bisa *bangeeet
    Tp kok yaa susah bgt menaikkan kecepatan dan ram hihihi

    Reply
  39. Efi Fitriyyah

    Nah, PR terbesarku nih ada 3. Bikin foto yang bagus infografis yang kece dan pengen bisa bikin video di youtube. No pain, no gain ya, Makpuh. Ga ada usaha mah adios amigos, yuk dadah yuk babay hehehe

    Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to Blog via Email

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Arsip

Categories