Homi Coffee and Space: Ngopi Enak Sambil Kerja

by Jul 23, 2019Review24 comments

“Di Yogyakarta ada nggak, tempat ngopi enak yang bisa disambi ngerjain kerjaan plus ngobrol-ngobrol seru bareng teman kerja?” tanya daku kepada Nasirullah Sitam, blogger asal Karimun Jawa yang menetap dan bekerja di Yogyakarta dan kukenal sejak masih tinggal di Jakarta. “Ada banyak. Salah satunya Homi Coffee and Space,” jawab Sitam. 

 

Homi Coffee and Space: Ngopi Enak Sambil Kerja

Photo by Aqied

“Lokasinya juga nggak jauh dari sekolahnya Tio,” jelas Sitam lebih lanjut. “Sekitar 10 menitan naik motor ke sekolah Tio”.

Waini, ucap daku dalam hati. Urusan anak, terutama antar jemput sekolah, memang nggak bisa daku telantarin begitu saja. Syarat dari Mas Iwan kalau daku mau “Me Time”, berkomunitas atau kumpul-kumpul sama teman-teman, urusan anak harus nomor satu. Harus beres, nggak pakai drama, silakan deh bersenang-senang. Gitu titahnya. 

 

Homi Coffee and Space

Begitulah, akhirnya daku berkunjung ke Homi Coffee and Space yang berlokasi di Jalan Kenari 7, Demangan Baru, Yogyakarta. 

Demangan Baru ini hampir setiap hari kerja saya lewati. Pagi dan sore, antar jemput anak-anak ke dan dari sekolah. Dan Homi Coffee di Kenari ini bisa dicapai dari Jalan Solo (jalan utama di wilayah perkotaan Yogyakarta), dan Jalan Affandi, Gejayan. Ancer-ancer buat penunjuk arah sih, sekolah dan semacam warung Ayam Olive – Bakmi Panda. 

 

Gampang kok dicari lokasinya Homi Coffee and Space ini, karena terletak di pinggir jalan dan plang bernama Homi, terpampang jelas.  Bentuknya seperti rumah biasa sih, di antara ruko-ruko yang bertebaran di kiri dan kanannya. Nggak perlu bersusah payah cari parkir motor atau mobil di Homi, karena areal parkirnya lumayan luas.

Setelah memarkirkan kendaraan, ada dua pintu masuk ke Homi. Pintu dari smoking area dan pintu yang langsung menuju ke bar coffee. Di Homi, ada ada tiga bagian ruangan, yang semuanya nyaman buat ditempati sambil bekerja atau bikin laporan tugas kuliah. 

 

Ruang pertama versi daku, ini kursi dan mejanya memang disesuaikan untuk bekerja atau bikin tugas berkelompok. Ruangan yang kedua, lebih santai, karena kursinya sofa (yang bisa bikin ngantuk, cocok buat malas-malasan), dengan meja yang tetap disesuaikan untuk bekerja/ngetik atau menulis.

Nah, ruangan yang ketiga ini semacam working space mini, dengan model kubikel untuk satu orang/single. Di ruangan ini nyaman kalau lagi mau kerja serius tanpa digangggu obrolan dengan teman-teman. Ruangan ini paling diminati para mahasiswa yang bikin skripsi atau pekerja yang dikejar deadline report mingguan.

Ngopi Enak Sambil Kerja di Homi Coffee and Space

Buat daku yang suka kerja di kafe sambil nungguin anak pulang sekolah, Homi Coffee ini, salah satu tempat kerja dan ngopi yang asyik di Kota Yogyakarta. Nggak hanya tempatnya yang lumayan luas, tempat parkirnya cukup motor dan mobil, suasananya juga nyaman, nggak terlalu ramai dengan suara, walau pun di jam-jam sibuk atau ramai seperti di malam hari. Cocoklah buat para pekerja atau mahasiswa yang ingin bekerja dengan serius. 

Ambience atau suasana tempatnya sudah asyik, makan minumnya gimana? Percuma aja tempatnya asyik kalau makanan atau minumannya (terutama kopinya ya, secara Homi itu tempat ngopi), so so atau biasa aja, nggak ada yang bikin kita buat balik lagi ke tempat tersebut, ya kan?

Kalau kopinya, seperti yang dijelaskan founder Homi Coffee and Space, standar kopi seperti di tempat ngopi lainnya di Yogyakarta, seperti Espresso, Coffee Latte, Americano atau Caramel Latte, Vietnam Drip dan manual brew lainnya.  

Yang menjadi signaturenya adalah Ice Coffee yaitu Es Kopi Homi, Pick a Corn, Choco Banana. 

Untuk non kopi, ada Purple Sweet dan aneka teh seperti Blue Yuzu, Minty Blue. Sedangkan minuman segarnya ada Freshly Blossom dan Sparkling Yuzu. 

Kalau makanan dan cemilan, jangan lupa mencoba Manuk Nom, yang katanya adalah makanan favorit raja-raja Yogyakarta (Sri Sultan Hamengkubuwono).  Oh ya, di sini ada juga makanan beratnya lho, seperti Beef Rolade Blackpepper, Chicken Grill atau Salted Egg, yang endeus. 

 

Gimana dengan harga kopi, makanan dan minuman lainnya? 

Kalau Sahabat Blogger memang hanya ingin sekedar ngumpul-ngumpul, nongkrong tanpa beban, ya memang harus mengeluarkan uang ekstra. Harga yang diberlakukan di Homi Coffee and Space sih standar ya, berkisar dari mulai Rp 18 ribuan hingga yang paling mahal itu dengan harga sekitar Rp 30 ribuan. Cukuplah, uang saku mahasiswa pasti lumayan ya. 

Nah, kalau Sahabat Blogger itu pekerja paruh waktu seperti daku, saat memutuskan ke Homi, pastikan satu pekerjaan atau dua pekerjaan selesai dikerjakan, sehingga bayaran yang diterima sepadan dengan pengeluaran kita saat kerja dan ngopi enak di Homi Coffee and Space. 

Oh ya, jangan khawatir dengan koneksi internet di Homi. Dari beberapa kali daku bekerja di tempat ngopi yang berdiri sejak tahun 2018 ini, jarang banget ngedrop. Koneksi inetnya turah-turah dan stabil. Pernah lho, ada mahasiswa yang ngerjain laporan sambil nonton drama Korea di Homi. 

Untuk suatu tempat kumpul atau kerja semacam Homi Coffee and Space ini, koneksi internet memang menjadi keunggulan kalau mau ramai dikunjungi dan pangsa pasarnya para mahasiswa dan pekerja. 

Ini yang dipikirkan Fika sebagai founder Homi. “Saat melihat wajah customer yang nggak asyik dengan koneksi internet di Homi, langsung saya perbaiki, tingkatkan demi kepuasan pelanggan.” 

Masalah kenyamanan customer memang menjadi target Homi. Selain tempat, makan minum enak, koneksi internet mumpuni, untuk ibadah pelanggan juga dipikirkan oleh Homi. Menurut daku, musholla di Homi ini cukup untuk lima orang sholat berjamaah. Disediakan banyak mukena dan sarung, untuk yang nggak membawa perlengkapan sholatnya. 

Toiletnya juga dipisah antara laki-laki dan perempuan, dan pastinya bersih. Bisa sambil berkaca juga lho di toiletnya, siapa tahu mau merapikan atau menyisir rambut, touch up make, atau merapikan hijab. 

Nah, buat Sahabat Blogger atau pembaca blog www.indahjulianti.com, jika ingin bekerja sambil ngopi enak dan ngobrol seru bersama teman-teman, datang deh ke Homi Coffee and Space di Jalan Kenari 7, Demangan Baru, Yogyakarta. 

Kalau sudah datang, jangan lupa foto-foto ya, karena apa pun peristiwa yang terjadi pada kita, abadikan menjadi moment yang tak terlupakan 🙂

ps: foto-foto sebagian milik Aqied dan Ardian Kusuma

Homi Coffee Instagram: https://www.instagram.com/homi.coffee/

 

<a href="https://indahjulianti.com/author/indahjuli/" target="_self">Indah Julianti Sibarani</a>

Indah Julianti Sibarani

Fulltime mom Penulis Cerita Bacaan Anak Blogger Co Founder Kumpulan Emak Blogger (KEB)

YOU MAY ALSO LIKE

Mengadang Pusaran, Kisah Perempuan dalam Kekangan Zaman

Mengadang Pusaran, Kisah Perempuan dalam Kekangan Zaman

Sedikit cerita. Saya terlahir sebagai anak pertama dari lima bersaudara, dengan urutan tiga perempuan pertama, lalu anak keempat dan kelima adalah laki-laki. Terlahir dari orang tua suku Batak yang kuat memegang adat meski kami tinggal di ibukota negara, Jakarta....

read more
Gudang Kopi Jogja, Feeling Like Home

Gudang Kopi Jogja, Feeling Like Home

"Selamat datang!" Ucapan yang saya terima sesaat setelah membuka pintu kaca dengan logo mirip cangkir kopi, kala pertama kali berkunjung ke Gudang Kopi Jogja, salah satu gerai, tempat ngopi yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta.     Ucapan ceria yang...

read more

24 Comments

  1. Fanny F Nila

    seringnya kalo nyari temoat nongkrong, aku fokus ama rasa kopinya ato makanan di sana :D. jarang sih aku pake fasilitas wifinya. jd klo suatu cafe itu kopinya enak, walopun wifi ga ada ato super lemot, pasti bakal ttp aku datangin 🙂 . Kalo memang rasa minuman dan makanannya enak, trus koneksi wifi lancar jaya, itu bonus namanya :D. Tapi serius, aku baru minta pasword wifi kalo bener2 butuh aja. :D. ttp lbh seneng pke koneksi sendiri 🙂

    Reply
  2. Bety Kristianto

    Wuaa aku kudet Mba Indah… Belum pernah ke sini euy! Padahal kantor suami deket banget di jalan Beo hehe. Kayaknya nice ya tempatnya. Tapi kalo bawa rombongan sirkus gimana? Kids friendly nggak ya?

    Reply
  3. Uniek Kaswarganti

    Makin banyak tempat ngopi yang sekaligus nyaman untuk bekerja ya mba. Aku belum pernah nih nyobain duduk me time sambil garap kerjaan di tempat begini. Boleh juga ya dicoba untuk penyegaran, enggak ngetik di rumah melulu sambil liatin cucian menggunung 🙂

    Reply
  4. Grandys

    Aku kalo seharian d coffe shop yaitu td makpuh pastikan selesai jangan sampe merugi karena pengeluaran untuk ngopi nya aja udah berapa haha. Yg bikin kepikiran itu kalo pergi nya sendiri lalu duduk sendiri, saat waktu solat suka bingung harus nitip barang nya gimana hehe. Btw, bakmi panda dan ayam olive i miss youuuu hei wkwk

    Reply
  5. Naqiyyah Syam

    Tempanya kece banget ya adem ini kayaknya lokasinya keren. Kalau duduk ngopi sambil ngetik seru ini ya. Insya Allah bisa bikin buku lagi deh

    Reply
  6. Rach Alida Bahaweres

    Maaak, ajak aku dong kalau ke sini. Bagus banget tempatnya dan bikin aku bakalan betah nih kerja disini

    Reply
  7. April Hamsa

    Aku dah lama nih gak kerja di kafe 😀
    Soalnya msh jarang menemui yang ramah anak. tapi sesekali escape kyknya enak. Itu lokasinya kyknya nyaman banget ya mak Injul 😀
    Seperti namanya kyknya homi banget 😀

    Reply
  8. Aulia Rizky W

    ih enak banget tempatnya! bener2 enjoy buat kerja ya, soalnya ada kursi yg depannya colokan trs mejanya cocok bgt buat leptopan. lah ini mah bikin betah kerja di cafe haha

    Reply
  9. Ima satrianto

    Wah tempatnya asik ya kak Indah, cocok untuk mengobati rindu akan kafe dengan bau khas kopinya. Coba masih sekolah, aku pasti lewat Homi ini, karena menuju SMA 8 pasti lewat sini.

    Reply
  10. Nia K. Haryanto

    Walah iya, kayak namanya nih kafe. Homy! Nyaman kayak di rumah. Tapinya pasti lebih bisa dipakai kerja. Gak ada interupsi anak yang bentar-bentar minta ini dan itu. Kalo lagi dikejar dedlen, asyiknya di tempat kayak gini. 😀

    Reply
  11. lendyagasshi

    Nah…cucoks buatku ini, makpuh..
    Ngerjain blogpost sambil download drama Korea.
    Uuuwuw~

    Reply
  12. Atisatya Arifin

    Wah kalau cafe-nya seperti ini pasti betah yaa berlama-lama. Kayanya asyik juga nih untuk tempat bertapa menyelesaikan deadline tulisan. Apalagi harga2nya terjangkau juga.

    Reply
  13. Ratna Kirana

    Cozy ya tempatnya, musholla nya juga bersih, nyaman kalau nongki di sini. Boleh juga kalau ke Yogya mampir hehe..

    Reply
  14. Cilya

    Di Yogya banyak juga ya tempat-tempat yg cozy, baik itu cafe or resto. Homi Cafee ini saja namanya sudah homi, feels like home suasananya dan kopi nya itu yg buat penasaran

    Reply
  15. vebby

    nyaman banget tempat ngopi cantiknya mbak .. skrg banyak ya kedai kopi yg nyamn banget buat kerja ot sekedar duduk-duduk gitu hihi

    Reply
  16. Andiyani

    Rencananya Agustus nanti aku mau ke Yogya mba. Temen ada yang nikahan, wiken sih. Bisalaj diajakin mampirhahaha

    Reply
  17. FIRSTY UKHTI MOLYNDI

    Keren nih tempatnya. Sesuai kayak namanya homy yg artinya nyaman seperti di rumah. Ada kafenya pula, kerja jd gak suntuk deh..

    Reply
  18. FIRSTY UKHTI MOLYNDI

    Keren nih tempatnya. Sesuai kayak namanya homy yg artinya nyaman seperti di rumah. Ada kafenya pula, kerja jd gak suntuk deh

    Reply
  19. Tori

    Sering main ke jogja tapi ak ga tau tempat ngopi ini mbak, tmpatnya nyaman juga ya. Apalagi ada tmpat buat ibadah jg. Next time mau kesana jg deh.

    Reply
  20. maya rumi

    seneng banget kalau ada tempat nongkrong dan ngopi yang juga mikirin tempat ibadah yang mumpuni untuk pengunjung apalagi kalau nongkrong dan ngopi itu bisa berjam-jam. jadi makin betah deh dengan kopi atau pilihan makanan dan minuman yang enak-enak

    Reply
  21. winda - dajourneys.com

    tempatnya keliatan cozy banget ya mbak 🙂 emang sekarang tu yang dicari cafe yang tempatnya nyaman buat kerja plus wiffi yang kenceng hahahaaa

    Reply
  22. adi pradana

    Banyak colokan listriknya ya, jadi tak perlu khawatir lowbet kalo nongkrong lama2 di tempat ini.

    Reply
  23. Luella Artistry

    Wah ini sih keliatan banget tempat nya cozy. Enak dipake buat nongkrong sama temen. Atau beresin kerjaan di laptop. Makasih info nya..

    Reply
  24. Nasirullah Sitam

    Salah satu tempat semedi sejak kedai ini berdiri. Saking sering ke sini, biasanya beberapa kali digratisi sama barista atau ownernya. Kalau mau enak ke sini buat kerja ya pastinya menjelang siang hahahahahah

    Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to Blog via Email

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Arsip

Categories