Blog Parenting di Indonesia yang Sering Dikunjungi

by Jun 1, 2020Inspirasi35 comments

Berkunjung atau istilah dalam dunia blog yaitu BlogWalking, lalu meninggalkan komentar di blogpost yang dibaca, punya sensasi tersendiri. Selain suka membaca cerita-cerita yang ditulis, saya juga senang mempelajari gaya menulis pemilik blog. Siapa tahu bisa disontek kan gaya menulisnya. Hahahaha, canda ya, bercanda, jangan diambil hati. Gaya menulis itu bisa memberikan efek lho untuk pembacanya. Kalau menulisnya asyik, pembaca seakan ikut dalam cerita tersebut, larut dalam perasaan. Banyak blog yang sudah dikunjungi, tapi enggak semua memang saya tinggalkan komentar (karena BW pakai HP/Gadget, suka malas ngetiknya). Dari banyak blog yang disambangi, yang rutin saya baca adalah blog parenting di Indonesia, terutama blog yang dikelola bloger member Kumpulan Emak Blogger (KEB).

 

Blog Parenting di Indonesia yang Sering Dikunjungi

9 Blog Parenting di Indonesia Member Kumpulan Emak Blogger

Sepanjang saya ngeblog dari tahun 2003 (hampir 17 tahun, sweet seventeen nih), hal yang paling saya sukai adalah berkunjung ke blog Sahabat Bloger, baik yang saya kenal secara pribadi, komunitas atau hasil browsing dan direkomendasikan oleh WordPress.

Ada banyak blog parenting di Indonesia. Dari rekomendasi WordPress saja, sering banget saya mendapat link-link blog bertag keluarga atau family. Di Facebook Group KEB sendiri, setiap hari Rabu, member diperkenankan untuk sharing blog updatenya yang bertema Parenting dan Lifestyle. Kata para pakar SEO, salah satu niche blog favorit itu adalah parenting. Apalagi parenting yang bertema khusus, misalnya tentang anak berkebutuhan khusus, tentang pengasuhan anak balita atau anak menjelang remaja.

Terinspirasi dari rekomendasi WordPress itu, saya pun terniat ingin berbagi tentang blog-blog yang menginspirasi kalau sedang blogwalking. Sebenarnya sih juga karena mentok ide mau ngepost cerita apa biar blog indahjulianti ini tetap update. Insya Allah, tiap awal bulan mau rutin berbagi tentang blog yang suka dikunjungi. Siapa tahu pembaca blog ini, jadi ikutan terinspirasi juga. Di awal bulan Juni ini, saya mau berbagi cerita tentang 9 blog parenting emak blogger, yang saya suka gaya menulis dan berceritanya, yang menginspirasi saya sampai bolak balik mampir.

Kok member Emak Blogger sih? Karena memang saya aktif di komunitas itu, dan saya nggak perlu repot-repot cari link buat dibaca, karena mereka sering berbagi cerita di Group Facebook dan WhatsApp Group (WAG) KEB. Lagi pula, saya orangnya tipe malas repot, selagi sudah ada di depan mata, tinggal eksekusi saja tho.

Disclaimer dulu ah. Blog yang saya sering kunjungi ini, benar-benar dikelola secara personal/perorangan, bukan blog kelompok atau semacam portal berita. 9 Blog Parenting di Indonesia ini versi saya lho ya. Urutannya bukan berdasarkan ranking favorit, ya karena itu yang terlintas pertama di pikiran saya, lalu pikiran berlanjut ke blog-blog yang terlintas berikutnya. Kenapa 9? Biar besok-besok nulis lagi tentang bloger parenting lainnya, biar blognya update.

https://www.yenisovia.com/

Sudah sering melihat Yeni sharing update blognya di FB Group KEB, kadang baca sekilas. Namun baru di postingan berjudul Bunga untuk Mama, saya mengharu biru membacanya. Larut dalam rangkaian kalimat yang bikin hati tertohok, dan jujur setelah membaca postingan itu, mata saya berkaca-kaca, teringat almarhumah Mama. Di postingan itu, Yeni menceritakan sebagian perjalanan hidupnya, yang lagi-lagi membuat haru. Jujur lho, dulu sebelum aktif ngeblog, saya merasa hidup susah itu hanya di cerita-cerita sinetron. Walau orangtua saya bukan orang yang kaya raya, tapi Alhamdulillah masa kecil saya jarang alami kesusahan.

Dari membaca postingan itu, saya jadi sering berkunjung ke blognya Yeni, yang juga seorang praktisi parenting anak berkebutuhan khusus. Sebagian besar postingan Yeni tentang parenting dan ada kategori tersendiri tentang anak berkebutuhan khusus. Dari blog Yeni, saya banyak belajar tentang ABK ini.

Apa yang disukai dari blog parenting ala Yeni? Blogpostnya detail. Walau tulisannya panjang, membacanya tidak membosankan. Oh ya, saya bukan tipe fast reader, seenggak menariknya suatu blogpost, saya berusaha menuntaskan membacanya jika sudah berkunjung ke blog itu.

Yeni sepertinya paham, kalau pembaca blognya bisa “mati” bosan kalau disuguhi kalimat-kalimat panjang dan teknis. Makanya, tiap paragraf tulisannya tidak sepanjang jalan kenangan. Tiap paragraf sepertinya hasil kesimpulan Yeni tentang tema yang dibahasnya. Menarik.

https://www.catatansiemak.com/

Blognya Mak Siti Hairul. Umi dari 6 orang anak, praktisi homeschooling. Enam anaknya diajarin sendiri lho sama Mak Irul. Pernah ya, saya berkunjung ke rumah Mak Irul bersama Lusi Trisnasari, menengok anak keenamnya yang baru lahir. Saya dan Lusi kagum dengan ketangguhan Mak Irul mengurus sendiri anak-anaknya. Saya saja yang punya anak tiga masih mengandalkan Si Bude untuk bantu mengurus rumah dan anak-anak. Kata Mak Irul, selama ada internet, asyik-asyik saja ngurus anak sendirian (sesekali dibantu suaminya kalau nggak tugas ke luar kota atau luar negeri).

Bisa gila saya kalau nggak ada internet. Internet itu buat browsing segala hal tentang homeschooling, upgrade wawasan, dan paling penting buat saya ngeblog.”ย 

Tema besar blog Mak Irul fokus di parenting. Walau sekarang sudah disambi-sambi dengan sponsored post tapi enggak menghilangkan benang merah niche blonya (parenting). Mak Irul ini sudah bergabung dengan KEB sejak tahun 2012, makanya saya tahu banget perkembangan menulisnya, yang makin lama makin enak dibacanya.

 

Blog Parenting di Indonesia yang Sering Dikunjungi

https://www.bundanameera.com/

Blog yang dikelola oleh Herva Yulyanti, seorang working mom’s yang tinggal di Bandung, Jawa Barat.ย Bunda dari Neyna dan Rayi. Saya sukaย postingan Anakku Bukanlah Aku dan Aku Bukanlah Anakku. Bercerita tentang bagaimana orang tua yang tak disadari sering membebani anak-anaknya dengan obsesi diri sendiri. Berharap kemampuan anak yang setara dengannya, karena pada masa kecil, di usia anak, kemampuan kita berlebih. Tapi kita lupa, anak bukanlah kita. Anak punya kelebihan sendiri, yang bisa jadi kelebihannya tidak sama dengan orangtuanya.

Blogpost yang tak terlupakan buat saya, karena jadi pengingat juga kalau suka membebani anak dengan hal-hal yang tidak disukai mereka.

https://www.kekenaima.com/

Blog parenting yang dikelola oleh Myra Anastasia ini pasti sudah dikenal sejagat bloger lah ya. Bloger panutan. Saya mengenalnya hampir sepanjang kesukaan saya di dunia blog. Sebelum berkumpul bersama di Komunitas Emak Blogger, kami sudah sering saling berkunjung, blogwalking. Zaman sama-sama blog gratisan. Tapi Myra Anastasia lebih duluan mengganti blognya ke self hosting/TLD.ย 

Dulu (dan sampai sekarang sih), blognya Myra Anastasia ini bisa dibilang seleb blog. Selain sering dikunjungi sama bloger-bloger, lingkaran pertemanan bloger Bunda dari Keke dan Naima ini, merupakan seleb blog seperti Arman Tjandrawijaya, Pakde Abdul Cholik, Lidya Fitrian, Imelda Coutrier, Jumialely, Nyonya Sepatu, Nchie Hanie dan para dedengkot Warung Blogger.

Sahabat Bloger kenal dengan nama-nama di atas atau masih ingat? Kalau enggak kenal berarti umurnya masih muda, hahahaha.

Dari dulu, blog Kekenaima sudah bercerita tentang pola pengasuhan kedua anaknya. Paling senang membaca cerita tentang kesukaan mereka traveling. Pernah loh satu keluarga ini, ayah bunda dan dua anak, naik gunung bareng. Awesome kan.

https://www.echaimutenan.com/

Bloger yang saya kenal dari Echa masih belum menikah, menikah, punya anak satu, sampai sekarang pakai hijab dan anaknya jadi tiga orang, laki-laki semua. Dari dulu, Echa itu orangnya terniat kalau bikin sesuatu. Misalnya nih, bikin pernak pernik, itu benar-benar serius dipikirin idenya, tampilannya, sampai hasil jadinya. Begitu pun dengan blognya.

Blognya Echa tuh berkembang banget. Sekarang fokusnya memang blog family, dan tiap blogpostnya tuh mesti ada infografis atau image’s yang dikerjakan Echa sendiri. Sentuhan personal Echa terlihat banget dalam setiap konten postnya. Kalau baca postingannya, serasa mengenang kembali saat masih anak masih kecil-kecil, tapi ogah balik lagi ke masa itu, hehehe.

https://www.nurrochma.com/

Pemilik Blog, Nur Rochma tinggal di Tuban, Jawa Timur, adalah seorang ibu dengan tiga anak laki-laki. Sering saya kunjungi, sebagai pelengkap cerita hidup saya yang punya tiga anak perempuan. Ibaratnya, cerita tiga anak perempuan ada di blog saya, cerita tentang tiga anak anak laki-laki, baca deh blognya Mbak Nur Rochma ini.

Blogpost yang saya suka baca itu cerita tentang kegiatan anak-anaknya belajar, terutama di sekolah dan keterlibatan Mbak Nur di sekolah, ikut aktif di Group Wali Murid.

 

Blog Sering Dikunjungi

https://www.helenamantra.com/

Di blog Helena Mantra ini, saya belajar banyak tentang mamah-mamah muda masa kini, ibu-ibu zaman now. Dan ternyata, jauh banget perbedaan zaman saya jadi ibu muda dengan sekarang ini. Blog Helena juga banyak membahas tentang homeschooling usia dini.

Blogpostnya detail dan fokus pada tema yang dibahas. Oh ya meski parenting yang dibahas diselaraskan dengan religi yang dianut pemilik blog, jangan khawatir nggak bisa dibaca yang lainnya. Helena mengemas tulisannya secara soft, rapi dan mudah dipahami.

https://www.momtraveler.com/ dan https://ajakanak.com/

Dua blog ini niche khususnya memang bukan parenting, tetapi traveling. Tapi, karena hampir sebagian besar traveling yang dilakukan bersama anak-anaknya, dan diselipkan juga tip-tip tentang traveling bersama anak, bisa dibilang tema parentingnya khusus yaitu traveling parenting. Ya bisa-bisaan saya sih itu ๐Ÿ™‚

Blog Momtraveler dikelola oleh Muna Sungkar, seorang dosen yang hobby traveling bersama kedua putri tercintanya, Nadia dan Keumala.

Nah, kalau blog ajakanak.com ini, baru beberapa bulan ini sering saya kunjungi. Postingan-postingannya menarik, serasa baca artikel di media cetak (suratkabar). Wajar sih, karena pemilik blog yaitu Marlia Yossie, pernah menjadi jurnalis dan mantan produser di salah satu stasiun televisi nasional.

Seluruh cerita traveling termasuk review yang ada di blog merupakan pengalaman pribadi keluarga petualang ini. Karena perjalanan atau traveling sering dilakukan bersama anak-anaknya, jadi bisa tahu banyak apa yang harus dilakukan jika bepergian bersama keluarga.

***

Itu deh, sembilan blog parenting di Indonesia yang enak dibaca, menambah wawasan dan bisa jadi inspirasi juga siapa tahu ada cerita yang sama. Oh ya, blog-blog ini adalah blog yang rutin diupdate ya. Ada yang tiap hari update, ada yang perminggu updatenya. Bukan blog yang hari ini update, tiga bulan lagi baru posting, itu pun postingan berbayar.

 

<a href="https://indahjulianti.com/author/indahjuli/" target="_self">Indah Julianti Sibarani</a>

Indah Julianti Sibarani

Fulltime mom Penulis Cerita Bacaan Anak Blogger Co Founder Kumpulan Emak Blogger (KEB)

YOU MAY ALSO LIKE

35 Comments

  1. Keke Naima

    Huaaaa ada blog saya *tutup mukaaa* Terima kasih banyak, Maaak!

    Kalau baca nama-nama blog yang ditulis itu, saya berasa jadi paling sepuh. Etapi, untungnya ada mak Irul, ding. Walaupun mak Irul masih punya anak kecil, tapi anaknya juga udah ada yang remaja hihihi

    Reply
  2. eka fl

    assalamualaikum,
    makasih bunda referensinya, saya jadi merasa jadi debu debu jentikan jari thanos liat hebatnya emak-emak ini, tapi jadi kepacu semangat juga buat terus nulis

    Reply
  3. Nunung

    Seringnya mampir ke blognya Mbak Myra dan Mbak Herva. Baru beberapa kali mampir ke Mbak Yeni Sovia dan sepertinya blognya menarik. 9 blog parenting diatas pernah dikunjungi kecuali ke ajakanak.com belum pernah mampir.

    Reply
  4. Eni Martini

    Dari referensi blog di atas aku suka nyimak punya echa karena designnya menarik klo bikin pernik tulisan pun. Teeus Helena ide kreatifitas edukatif ke anak bikin salut deh.

    Reply
  5. bundadzakiyyah

    Blogger parenting yang disebutkan Mak Injul juga sering saya kunjungi, Terutama teh Yeni yang udah pernah saya temui orangnya di Bandung. Selain tulisannya orangnya juga humble ^_^

    Reply
  6. Naqiyyah Syam

    senang banget baca link blog blogger parenting di atas ya, aku sendiri suka mampir ke blog di atas. happy dapat banyak ilmu baru deh

    Reply
  7. umimami

    makpuh saya juga suka berkunjung ke blog blog di atas, tiap blog nya walau sama sama parenting gaya tulisannya beda, sekalian saya belajar ^_^

    Reply
  8. indah nuria

    aku suka mampir ke semua blog di atas makpuuuh. Bahkan masih rutin BW hehehe. Setuju bahwa mereka punya niche parenting yang menyenangkan untuk dibaca. Dengan Chie apalagi, walaupun ngga selalu menjejak tapi sering main ke tempat mama Kenai karena anak kita hampir sebaya. Mak Irul, Muna, Herva, dan yang lain jugaaaa. Psst, aku kenaal dan tau lhooo seleb blogger – blogger (lawaas) itu hehehe. Berarti aku udah tua juga ya huaahaha.

    Reply
    • Indah Julianti Sibarani

      Hahahaha, toss dulu kita, sesama tua ya. Kangen ya dengan para blogger lawas itu.

      Reply
  9. Wiwied Widya

    Kayaknya daku sudah pernah ngunjungin semuanya deh. Paling sering ya ke kekenaima, bundanameera dan echaimutenan. Apalagi selama masa pandemi gini makin banyak waktu buat browsing, makin rajin deh.

    Reply
  10. Rina Susanti

    Duh paragraf terakhir ngena banget…akuh, begitu update postingan berbayar atau lomba heuheu *tutupmuka pake panci*

    Reply
    • Indah Julianti Sibarani

      Hahaha, santai, banyak kok blogger yang seperti itu, dirimu tak sendiri.

      Reply
  11. Echaimutenan

    Ya ampun adaaaaa kuuu
    Terhuraaaaa. Makasih banyak makpuhh
    Yang penting semoga kita terus bisa nulis apapun niche kesukaan kitaaaa ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

    Laaapppyu

    Reply
  12. Nathalia DP

    Memang mantap semua blogger parenting yang disebutin mak injul di atas, seru dan menginspirasi…

    Reply
  13. Ira duniabiza

    Wohoo kalau ini emang blog2 panutan.. suka belajar dari mba myra , mba muna dan mba echa.. mba irul untuk ngintip2 hs.. mba helena, mba herva, dan mba rochma salut dan suka dengan semangatnya, ulasannnya kece dan jernih.. mba yeni dulu serinh mampir, tulisannya lengkap.. suka semua.. love love.. big love juga dgn semua emak2 member KEB yg masih setia ngeblog dgn berbagai cerita dan latar belakangnya..

    Reply
    • Indah Julianti Sibarani

      Ira juga panutanku nih, postingan-postingannya yang lomba blog, selalu kusuka bacanya, kagum dirimu karena sering menang lomba blog.

      Reply
  14. Sri Widiyastuti

    Wah, makasih Makpuh, jadi tahu beberapa blog teman teman yang temanya parenting. saya juga niche parenting tapi ga banyak sih, jadi semangat buat menulis ttg parenting nih ๐Ÿ™‚

    Reply
  15. Ririe Khayan

    Alhamdulillah, dari delapan blog parenting yang menjadi member KEB ini, 7 diantaranya sudah cukup familiar, hanya http://www.yenisovia.com ini yang (sepertinya) belum saya kunjungi. Yang paling familiar, tentu saja blognya Mak Irul.

    Reply
  16. Sulis

    Hampir semuanya pernah mampir di blog2 tadi, termasuk blognya MB irul.
    Yu
    Btw, pas sekamar (event blogger) di hotel Jayakarta aku smpe nanya2 lho mba sama MB irul…gimana handle 6 anak, di rumah pula. Lha anakku dua aja..kadang aku mumet klo dah pada rebutan tv, rebutan jajanan (padahal belinya juga udah masing2 dapat..cuma habisnya aja yang nggak bareng)…๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

    Ini semenjak Corona…aku jarang update juga๐Ÿคญ

    Reply
  17. Firsty Ukhti Molyndi

    kalo aku karena bellom punya anak kali ya, jadi nggak trll demen sama tema2 parenting. aku lebih suka maen2 ke blog IT

    Reply
  18. Momtraveler

    Masyaallah aku terharu banget ikutan nyempil diantara blogger2 kece panutan semua orang. Masih harus banyak belajar dr para suhu2 blogger termasuk mbak indah juga. Semoga selalu bisa menginspirasi banyak orang spt dirimu mbak. Btw kalo lagi galau masalah per Abege-an aku selalu ke blog mbak indah buat nambah2 ilmu

    Reply
  19. ewafebri

    Wooooow… Hampir 17 tahun mbak ? Luar biasa bisa bertahan konsisten selama itu.

    Kadang saya ada masa dimana mager gak ketulungan buat nulis, apalagi blogwalking. Tapi kalo inget pingin ngumpulin duit adsense, jadi semangat lagi. Hahaha…

    Mungkin Blogwalking yang jarang saya lakukan belakangan ini. Kalo menulis masih aman pake model schedule. Jadi pas mood digeber nulis. Stock buat kalo lagi males. Hihi..

    By the way, terima kasih buat link listnya. Saya jadi punya banyak referensi untuk belajar ngeblog.

    Reply
  20. Nurul Sufitri

    Kalau mau tau urusan bayi bisa baca blog mbak Herva. Kalau kepo sama balita mampir deh ke tulisan bunda Yeni. Aku kan punya 2 anak Abg jadi cocok sama mbak Myra. Semua ulasannya bagus jd kita berbagi pengalaman parenting deh.

    Reply
  21. Elly Nurul

    Dari kesembilan blog parenting diatas, baru 7 bog yang saya pernah kunjungi.. dan memang setuju banget sama ringkasan dari masing masing blognya, punya ciri khas masing masing dan konsisten menulis atau mengupdate blognya ya.. semoga pemilik kesembilan blog parenting diatas diberikan kesehatan dan mulai bermunculan blog parenting lainnya yang menginspirasi ya..

    Reply
  22. Ophi Ziadah

    Waah itu emang blog para emak Blogger yg keren emang makpuh
    Masing2 punya gaya penulisan yg khas dan tema parenting yg jg khas…

    Reply
  23. Dedew

    Wah, rekomendasi blognya memang keren semua Mbak Indjul, aku suka baca blog Echa walaupun panjang tapi enak dibaca karena mengalir, tampilannya pun apik..

    Reply
  24. Efi Fitriyyah

    Aku suka baca postingan semuanya blogger yang Makpuh sebutin. Kalau sama Myra paling sering komen-komenan di FB dan twitter. Kalau diniatin nyari suka susah dan keburu bingung mau baca punya siapa. Untungnya ada WAG KEB ya hihihi. Blogwalk emang perlu energi ekstra karena kalau tulisannya bosenin kasian sama yang baca udah luangin waktunya

    Reply
  25. Siti hairul

    Duuh makasih makpuh ada blogku di tulisan itu. Meskipun ga pede sebenarnya dengan sebutan blogger parenting. Jadoel pisan euy gaya mengasuhku hahahahaha

    Reply
  26. NurulRahma

    Semua blog yg makpuh sebutkan daku sukaaakkk
    Selain itu, favoritku: gracemelia.com dan fitriariyanti.com
    IndahJulianti.com tentu saja dooongg

    Reply
  27. April Hamsa

    Sepertinya aku sering juga mengunjungi blog2 itu krn sering tukeran link buat BW xixixi ๐Ÿ˜€
    Penutup artikelnya makjleb bingit maaakk ๐Ÿ˜€ Selama di rumah aja ini emang kudu dimanfaatkan sebaik mungkin yaa. BTW ngobrolin blog parenting dulu aku suka keluarganugraha blognya mbak Astri Merianti yg kakaknya Maia itu, dulu kyke juga member KEB jg, tapi sepertinya skrng udah jarang apdet, beliau skrng suknya apdet medsos dan YT. Satu lagi suka The Pradonos sayang blognya dishutdown T.T. Yg tersisa blog mas Arma Tjandrawidjaja skrng, lbh banyak apdet soal putrinya yg jd penyanyi ๐Ÿ˜€

    Reply
  28. lendyagasshi

    Aah…aku seneng banget sama semua blog yang Makpuh tulis di atas. Paling salut sama kak Irul yaa..
    Update blog plus anak-anak HS. Tapi tulisannya gak pernah seadanya.
    Kak Echa, kak Helena, teh Herva, kak Myr, kak Yeni, kak Nurrohma.
    Semuanya mama keren nan kece.

    Reply
  29. Helena

    Makpuuuuh, demi apa ada Helenamantra di situ. Ya Allah … ga salah ini?

    Aku baca daftar di atas sambil iya … iya … Sama nih aku sering mampir ke blognya Mbak Yeni, Myra, Herva, Irul, dkk lha trus ada namaku nyempil.

    Makasih yaa Mak Injul. Semoga bermanfaat curhatanku lalala yeyeye ini.

    Reply
    • lendyagasshi

      Nyempil…
      Perlu di hi-lite ceunah…makpuh.
      Hehhee…laaf yu, Mama Helen.

      Reply
  30. Elisabeth Murni

    Aku termasuk yang jarang banget blogwalking ke blog-blog parenting mbak. Dari 9 blogger yg disebutkan Mbak Indah baru berkunjung ke beberapa aja hehehe. Ebetewe aku tau lho blogger2 lawas macam Pakdhe Cholik dan Mbak Imelda Coutrier. Duluuu banget pas aku masih remaja *ceilaaaah suka baca-baca blog mereka ahahaha.

    Reply
    • Indah Julianti Sibarani

      Hahahaha, remaja ting ting ya.
      Sayangnya Pakdhe Cholik sudah enggak ke blog.
      Kalau kak Imelda, jarang FB-an lagi, jadi suka miss kalau ada update blognya.

      Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to Blog via Email

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Arsip

Categories