Jualan Buku di Avana Social Commerce

by Mar 26, 2020Inspirasi50 comments

Sebagai penulis buku, yang paling menggembirakan adalah terbit buku baru. Tiap tahun ada buku baru terbit. Tapi, buku sudah terbit, enggak bisa ongkang-ongkang kaki, enggak bisa duduk manis terima buku tanpa promosi biar banyak yang beli, siapa tahu cetak ulang dan royalti berlimpah. Promosi nggak hanya sekedar promosi tetapi kalau bisa sambil jualan buku juga. Dan zaman sekarang ini, nggak mesti punya bangunan toko untuk jualan. Era digital lebih familiar dengan belanja online. Belanja via website atau social commerce dengan memanfaatkan media sosial yang kita miliki seperti Instagram dan Facebook. Sahabat Blogger ada yang tahu social commerce? Daku sih lagi niat jualan di salah satu social commerce yaitu Avana Social Commerce.

 

Jualan Buku di Avana Social Commerce

 

Kenapa Jualan Buku di Avana Social Commerce?

Salah satu keinginan atau impian daku yang belum tercapai sampai sekarang adalah berjualan, punya warung atau toko. Jadi ingat, di masa kecil, daku paling senang ikut almarhum Mama ke pasar atau ke warung. Bahkan, cerita Mama dulu, umur 4 tahunan gitu, ku sudah bisa disuruh mama ke warung untuk belanja (dengan membawa kertas belanjaan, tentunya). Dan kalau sudah di warung, bisa lama karena keasyikan mengamati orang yang hilir mudik ke warung dan kagum sama kegiatan bapak/ibu pemilik warung.

Cerita Mama juga, kalau anak-anak saat ditanya cita-citanya jadi apa dan jawab mau jadi dokter, presiden, insinyur, kalau daku dengan mantap bilang: mau jadi ibu warung (yang punya warung). Yang kuinget sih, ada tante yang tertawa mendengar cita-citaku dan bilang: kalau punya warung ya enggak usah sekolah tinggi-tinggi. Kamu pengen cepat jadi orang kaya ya.

Dulu sih belum paham sama omongan orang seperti itu. Ku tetap asyik dengan cita-cita itu sampai sekolah dasar. Apalagi ketika abang sepupu yang tinggal di rumah masa kecil di Tomang, Jakarta Barat, membuka persewaan komik yang dimiliki di teras depan rumah. Tentu saja daku semangat membantu. Kadang dikasih uang sama abang, trus disimpan buat beli buku atau komik lagi.

Seiring berjalannya waktu dan daku menemukan hobby yang asyik seperti menulis, dan alih-alih ingin menjadi pewaris almarhum Bapak yang sempat menjadi wartawan suratkabar, setelah menyelesaikan kuliah Jurnalistik, daku malah jadi wartawan, penulis dan lalu yang paling sering dilakukan itu sekarang adalah jadi blogger tempo-tempo. Tempo-tempo rajin update blog, tempo-tempo malas ngeblog.

Gimana cita-cita ingin punya warung? Masih tetap dong. Sudah ngobrol juga sama Mas Iwan kalau suatu saat beliau pensiun, bagaimana kalau kita buka warung atau yang agak millenial dikit, punya kafe. Mas Iwan sih setuju saja dengan keinginanku, malah sudah suruh untuk merencanakan dengan detail sambil kita nabung dananya.

Tapi kok dipikir-pikir lama juga ya terkumpul dana untuk membangun warung itu. Sementara keinginan untuk berjualan semakin menggebu terutama keinginan untuk berjualan buku-buku yang daku tulis. Terpikir deh untuk berjualan online.

Jualan Buku di Avana Social Commerce

 

Awalnya ingin membuat website toko online untuk buku. Tapi batal karena daku orangnya angin-anginan. Moody. Ngeblog saja suka-suka nulisnya, enggak rutin. Website terlalu ribet buatku. Iseng ngobrol sama teman blogger, dia menyarankan untuk berjualan di e-commerce. Lagi-lagi mentok karena ya itu daku bukan yang rajin mantengin website.

“Yang paling sering kamu pantengin apa,” tanya teman blogger itu.

“Media sosial. Twitter, Facebook dan Instagram,” kataku sambil tertawa.

“Ya kenapa nggak coba jualan di social commerce saja,” ucap sang teman.

Social Commerce apanya e-commerce? Mohon maaf, daku kurang familiar dengan istilah itu.

Teman lalu menyarankan daku untuk cari tahu sendiri apa, bagaimana dan social commerce apa yang cocok buatku. “Biar pinter,” tandas temanku.

Googling sana sini, dan berakhir di pengumuman lomba blog (blog competition) yang diadakan oleh Avana Social Commerce. Wah menarik nih, pikirku. Bisa jualan sekaligus ikutan lomba blognya, Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui. Siapa tahu kan rezeki menang blog competitionnya, bisa nambah modal buat jualan.

Dari laman AVANA Indonesia, dijelaskan kalau Avana adalah social commerce platform yang mempermudah pengusaha, pelaku UKM, dan UMKM untuk berjualan online dengan memanfaatkan media sosial miliknya seperti Facebook, Messenger dan Instagram.

Jualan Buku di Avana Social Commerce

Cocok nih, pikirku. Karena mayoritas teman-teman daku aktif di Facebook dan Instagram, kalau daku berjualan di Avana Social Commerce, yang mau membeli enggak perlu keluar dari akun Facebook atau Instagram mereka untuk bertransaksi seperti pemesanan dan pembayaran.

Begitu pun dengan kita sebagai pemilik store, enggak ribet proses loginnya selama akun Facebook dan Googlenya aktif, Tinggal login dengan memilih satu satunya.

Oh ya, kalau kita ingin jadi penjual di Avana, ada tiga toko online yang bisa dimanfaatkan, yaitu :

  • Webstore (kelebihannya: menampilkan harga, promosi, kategori produk hingga melakukan chekout di tempat. Ada dua tema website yang bisa dipilih yaitu: tampilan biasa dan landing page.
  • Facebook Store; toko online Facebook Page, yang sudah terintegrasi ke webstore. Di Facebook Store tidak punya tema seperti webstore.
  • Yang ketiga ini adalah Messenger Store yang memberdayakan fasilitas chatting untuk berjualan. Kalau aplikasi messenger dipakai untuk broadcast message, kalau Messenger Store bisa jadi katalog bisnis online. Di sini juga bisa chekout.

Mau tahu lebih jelas tentang Avana Social Commerce Indonesia  nih ada fitur-fiturnya yang menarik untuk dikulik lebih jauh,

 

Sambil ngulik Avana Social Commerce ini, buat Sahabat Blogger, jangan lupa untuk ikutan blog competitionnya. Mumpung deadline lombanya masih sampai tanggal 5 April 2020. Hadiahnya uang tunai dan Avana Advance Plan. Lumayan kan.

 

<a href="https://indahjulianti.com/author/indahjuli/" target="_self">Indah Julianti Sibarani</a>

Indah Julianti Sibarani

Fulltime mom Penulis Cerita Bacaan Anak Blogger Co Founder Kumpulan Emak Blogger (KEB)

YOU MAY ALSO LIKE

50 Comments

  1. irwin

    Wah ternyata ada lombanya toh,, pantes banyak yang ngulas

    Reply
    • Indah Julianti Sibarani

      Iya ada lomba blognya, tapi sudah tutup tanggal 5 April lalu.

      Reply
  2. Noorma

    Semoga laris manis ya ..jualan apa aja di avana emang mantul sekali ya mak Injul. Mak Injul apa kabar mak?

    Reply
    • Indah Julianti Sibarani

      Kabar baik, Alhamdulillah. Terima kasih doanya 🙂

      Reply
  3. Sri Widiyastuti

    Makasih makpuh, akhirnya aku terinspirasi jualan bukuku juga di Avana. Nyetok buku tapi aku kok ga begitu pandai jualan gitunya hihi sebaiknya mmg punya tempat jualan online.

    Reply
  4. Ade UFi

    Wah jadi tertarik deh sama info lomba blog avana nih, Makpuh. Coba ah saya cari tau infonya. Siapa tau sempet bisa ikutan.

    Reply
  5. novaviolita

    paket lengkap AVANA ya..ku piki cuma jualan fashion aja..bahu-baju gitu..
    jadi pengen jualan disini

    Reply
  6. April Hamsa

    Daftar cuma satu platform tapi dapat tiga toko online sekaligus ya mak, enak kyknya nih jualan pakai platform Avana 😀
    Pengen juga nih jdnya jualan online lagi. DUlu aku jualan juga soalnya 😀
    Kalau buat UKM2 kyknya emang butuh ya platform jualan kek gini.

    Reply
  7. Leyla Imtichanah

    Wah kece nih platformnya buat yang mau bisnis online ya. Apalagi di tengah wabah Corona ini. Mending jualan online aja, lebih aman.

    Reply
  8. Liswanti

    Jualan apa saja di Avana ini bisa ya mak, aku pengen nih belajar jualan souvenir nikahan lagi. Dah lama banget ga pernah jualan.

    Reply
  9. Sara Neyrhiza

    Avana ini membantu banget ya kalau mau jualan online. Aku sempat ngecek gitu, biayanya start 8000/ day. Sebenernya ini lumayan tinggi juga. Kira2 ada paketan gitu nggak mbak? Jadi buat yang pemula bisa pilih yang affordable price dulu sambil lihat cash flow bisnisnya

    Reply
  10. Echaimutenan

    Aku lagi nyoba trialnya makpuh. Kerasa banget penjualan ini berkurang banget soale :”(
    Sapa tau avana bisa bikin nambah daya beli

    Reply
  11. Diah Agustina Wulandari

    Aku baru tau nih mbak tentang AVANA, dari yang aku baca, bakalan membantu banget ya mbak buat orang-orang yang mau memulainya berjualan online

    Reply
  12. Nia Haryanto

    Jujur baru tahu Social Commerce dari AVANA ini. Dan wow, banyak ya keunggulannya dibandingin toko online biasa atau marketplace. Bikin praktis penjual dan pembeli. Aku penasaran kepengen nyoba belanja deh di AVANA ini.

    Reply
  13. Ririe

    Oo jadi ecommerce ini terintegrasi dengan skun sosmed ? Jadi untuk mengelolanya bisa lebih santuy karena sekalian mantengin sosmed ya.

    Sudah lama pengen berjualan online tp merasa terkendala utk mengelolanya, mantengin toko online setiap saat.

    Reply
  14. Jiah

    Avana kekinian banget ya, Mak. Jadi cita-cita jadi juragan warung tetap terwujud dengan bentuk warung online. Mantap sekali ini

    Reply
  15. Dedew

    Dari beberapa hari lihat ulasan Avana, asli aku pengen coba jualan buku lagi Mbak, tahun ini aku kan jualan lagi tapi blognya udah digusur hehe jadi masih jualan via WA dan IG…

    Reply
  16. @mirasahid

    AVANA. Namanya udah diingat. Aku jadi penasaran kaya gimana bentuknya. Nanti coba ta utak-atik sekalian kenalan. Siapa tau jodoh, ehe 😀

    Reply
  17. Arenga Indonesia Palm Sugar

    Sejauh ini yang paling menarik Avana ini: “Karena mayoritas teman-teman daku aktif di Facebook dan Instagram, kalau daku berjualan di Avana Social Commerce, yang mau membeli enggak perlu keluar dari akun Facebook atau Instagram mereka untuk bertransaksi seperti pemesanan dan pembayaran.”
    Market place yang lain kan belum ada yang kayak gini. Praktis banget, menghemat waktu

    Reply
  18. Tuty Queen

    Aku juga baru tau mak ada social commerce Avana ini, cocok banget nih jadi pengen jualan juga secara kita memang banyak interaksi nya di sosial media ya

    Reply
  19. NurulRahma

    Social commerce ini konsepnya apik bgt ya. Kudu lebih dipopulerkan lagi! Thanks God ada AVANA. Jadinya para online shop/seller bisa banget berdagang dgn lebih gampiiillll!
    Banyak temenku para owner Online Shop yg tertarik bgt join AVANA.
    Anti ribet ribet club!

    Reply
  20. Caroline Adenan

    Pengen coba deh jualan di AVANA, karena toko online aku udah mati soalnya domainnya. jadi jualannya cuma di ecoomerce aja.
    pengen coba yg webstorenya nih. siapa tau cuan 🙂

    Reply
  21. Ruli retno

    Wah saran yang bagus nih mbak, aku lagi belajar juga mau nulis buku. Nanti jadi pengen nyoba promosi di avana juga. Doain aja ada yg mau nerima naskahku hihihi

    Reply
  22. fania surya

    semakin banyak e-commerce aku jadi pengen jualan juga nih. buat ladang penghasilan. tapi masih bingung mau jual barang apa. apalagi jualnya lewat sosial media ya.

    Reply
  23. sitatur rohmah

    makin banyak market place nih yang bikin kita makin punya banyak pilihan baik penjual maupun pembeli. rasanya makin ngonline aja kita nih ya

    Reply
  24. Khairiah

    wah happening banget yaa jualan di Avana, kalau aku jual produk kesehatan dan kecantikan disitu berarti bisa juga yaa seperti kalung kesehatan?

    Reply
  25. ipung.net

    mantap mbak bukunya.. saya sudah pesan heheh.. sippp

    Reply
  26. Tammy

    Ingin punya warung ternyata bukan cuma saya yang memimpikan. Walau kerap trial and error tapi ya tetep ga bikin kapok ahahaaa..

    Reply
    • Indah Julianti Sibarani

      Wah Tammy juga ingin punya warung ya, toss dulu.
      Aku baru mau coba di Avana nih 🙂

      Reply
  27. Rosanna Simanjuntak

    Hahaha, langsung ngakak poll pas ampai di sini:

    “… blogger tempo-tempo. Tempo-tempo rajin update blog, tempo-tempo malas ngeblog.”

    Btw,
    Aku sudah coba free trial AVANA, Mak.
    Fitur Auto reply-nya itu, keren abis.
    Bisa langsung menjawab kalau ada pertanyaan dari pelanggan.

    Mak, sudah cobakah?

    Reply
    • Indah Julianti Sibarani

      Sama, aku pun coba yang free trialnya Avana. Makanya jadi pengen jualan buku 🙂

      Reply
  28. Priyani Kurniasari

    Hehe, kapan waktu anakku juga cerita pengen punya warung di rumah. Katanya mau ngelayani pembelinya sendiri gitu. Betewe, Avana memudahkan banget ya mbak, apalagi kalau udah punya toko di Facebook store, jadi mikir aku mau jualan apa ya? Kerajinan dari flanel bisa kali ya

    Reply
    • Indah Julianti Sibarani

      Bisa kok jualan kerajinan flanel di Avana. Segala produk bisa. Ayo jualan di Avana Social Commerce, mbak Priyani 🙂

      Reply
  29. Uli

    Avana menambah ramai peluang bisnis online. Makasih ulasannya mbak ntr kalau mau buka olshop bisa nyiba avana

    Reply
    • Indah Julianti Sibarani

      Sama-sama ya, sekalian ikutan lomba blognya juga 🙂

      Reply
  30. Fenni Bungsu

    Jadi pengen menerbitkan buku lagi terus jual lewat Avana. Soalnya waktu buku yang sebelumnya terbit belum kenalan sana Avana. Yes ah tandain dulu, bila nantinya mau jual produk menarik lewat Avana

    Reply
    • Indah Julianti Sibarani

      Toss dulu, sama juga jualan bukunya 🙂

      Reply
  31. Naqiyyah Syam

    Siap-siap mau jualan buku juga nih di AVANA semoga nanti sukses soalnya memudahkan banget ya. Aku udah nyoba masuk, semoga nanti bisa difokuskan hehe…

    Reply
    • Indah Julianti Sibarani

      Hihihihi, buat kita yang penulis buku juga, memang pas Avana Social Commerce ini.

      Reply
  32. Maria

    Hihihi jadi ingat, waktu anakku sering diajak ke warung, dia pingin punya warung
    Waktu guru barunya cantik, dia berubah pingin jadi guru dst
    Eniwei Avana ini solutif banget, mempermudah mereka yang pingin jualan di medsos

    Reply
    • Indah Julianti Sibarani

      Bener, Ambu, ini solusi buat yang aktif di media sosial.

      Reply
  33. Susindra

    Fitur lengkap, dapat 3 toko sekaligus. Avana itu antara baik banget dan kreaif banget, apa bedanya coba. Saya jadi pengen punya, nih

    Reply
    • Indah Julianti Sibarani

      Ayo dicoba Mbak Susi, buat jualan ukiran Jepara 🙂

      Reply
  34. Sani

    Seba digit gini dengan badirnya Avana Social Commerce tentu makin memudahkan dna milenial ya hehe
    Sukses,semoga bisa membantu kebutuhan masyarakat luas

    Reply
    • Indah Julianti Sibarani

      Nah bener, Avana Social Commerce cocok buat kaum millenial yang aktif di media sosial.

      Reply
      • Nurul Fitri Fatkhani

        Apalagi kaum millenial senang yang praktis dan simple. Dengan Avana mereka akan sangat terbantu ya, Mbak

        Reply
  35. Lasmicika

    Wah, menarik nih. Satu lagi market place jualan lewat media sosial. Betul ya, teknologi sudah seharusnya makin mendukung kehidupan dan perekonomian. Biar makin bermanfaat bermedsosnya.

    Reply
    • Indah Julianti Sibarani

      yup betul, apalagi sekarang kekuatan medsos itu benar-benar memengaruhi.

      Reply
  36. Leha barqa

    Avana Social Commerce ini lengkap bgt dgn fitur-fitur yang menarik. Bertransaksi nya juga mudah bisa melalui akun Facebook ajh. Sapa hayooo yg ga tertarik ma Avana ini.

    Reply
    • Indah Julianti Sibarani

      Biar akun Facebook kita bermanfaat mak Leha, nggak sekadar curhat.

      Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to Blog via Email

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Arsip

Categories