Gamma Thohir: Microhydro Power for Indonesia

by Nov 16, 2015Inspirasi, Teknologi12 comments

“Many of life’s failures are people who did not realize how close they were to success when they gave up” – Thomas Alva Edison (Gamma Abdurrahman Thohir Inspiration)

Penampilan Gamma Thohir: Microhydro Power for Indonesia, tidak berbeda dengan anak seusianya, 15 tahun. Tinggi, kurus, suka tersenyum, dan serius mendengarkan orang lain berbicara.

 

Gamma Thohir: Microhydro Power for Indonesia

 

Itu yang tertangkap pandangan saya saat pertama kali bertemu dengan remaja yang bersekolah di Sekolah Global Jaya Bintaro Jaya, kelas 10.

Sekilas tidak ada yang istimewa.

Decak kagum meriuh ketika remaja berambut cepak ini tampil di atas panggung Atamerica membawakan presentasinya. Bukan presentasi yang sembarangan, tetapi presentasi tentang energi. Energi yang lebih ramah lingkungan untuk Indonesia, negeri tercinta.

Di saat anak seusianya memanfaatkan teknologi dengan asyik bersosial media dan hura-hura kegiatan yang ‘tak jelas’, Gamma Thohir memanfaatkan teknologi untuk mengembangan energi ramah lingkungan untuk listrik, agar seluruh rakyat di Indonesia bisa merasakan persamaan dalam pemenuhan listrik.

Dengan santai, Gamma, yang merupakan anak ketiga dari pengusaha Boy Thohir, memaparkan tentang Micro Hydro Power.

 

Mengapa Micro Hydro Power?

Dari pemaparan Gamma dijelaskan, bahwa micro hydro adalah sumber energi yang ramah lingkungan yang relatif lebih mudah dibangun namun mampu menjaga kelestarian alam sekitarnya.

Berbekal itulah, Gamma Thohir berkeinginan membangun Micro Hydro dan meyakini bahwa Micro Hydro bisa menjadi salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhan energi Indonesia.

Yang menarik lagi, Gamma terpicu untuk mengembangkan Micro Hydro Power ini karena ia merasa pembangunan antara desa dan kota tidak berimbang. 

Dan, ketika mendapat tugas dari sekolah untuk mengembangkan proyek pribadi, Gamma memilih proyek Micro Hydro sebagai tugas sekolahnya. Untuk mewujudkannya, ia rela mencari para ahli di bidang ini untuk menimba ilmu.

 

gamma-microhydro2

 

IMG_20151112_135416

Lokasi Proyek

Untuk mewujudkan proyek pribadinya itu, Gamma butuh lokasi atau tempat untuk proyeknya. Adalah Kasepuhan Ciptagelar yang merupakan  salah satu kampung adat yang disebut juga sebagai kasepuhan Banten Kidul, menjadi tempat yang menarik perhatian Gamma.

Desa terpencil masyarakat Kasepuhan Ciptagelar ini terletak di dusun Sukamulya, desa Sinar Resmi, kecamatan Cisolok. Lokasi yang indah di kaki Gunung Halimun.

Dalam surveinya ke Kasepuhan Ciptagelar, Gamma membutuhkan waktu sekitar 9 jam dari Jakarta untuk mencapai lokasinya. Di Kasepuhan Ciptagelar, Gamma berinteraksi dan membaur dengan masyarakat setempat.

“Saya ingin melakukan sesuatu yang bermanfaat untuk masyarakat Ciptagelar. Melalui proyek ini, saya berharap akan semakin banyak masyarakat di desa di sana yang memiliki akses terhadap listrik. Sehingga keberadaan listrik akan ikut menumbuhkan usaha-usaha kecil yang bermanfaat bagi peningkatan ekonomi desa,” ungkap Gamma.

Dijelaskan Gamma, Micro Hydro Power ini cocok untuk daerah pedesaan karena memiliki beberapa keunggulan seperti :

  • sangat ramah lingkungan
  • murah
  • mendorong konservasi hutan
  • mendorong industri kecil di desa
  • perawatannya relatif lebih murah
  • mendorong kelembagaan desa

 

Bercita-cita ingin meraih kesuksesan di bisnis energi seperti ayahnya (yang sukses berkecimpung di industri energi), sejak kecil, Gamma telah menunjukkan ketertarikannya yang besar di bidang energi. Mainan elektronik selalu menjadi sumber rasa ingin tahunya yang besar. Gamma juga sangat terinspirasi terhadap bagaimana Thomas Alva Edison menciptakan bohlam lampu yang telah mengubah dunia.

Kata-kata sang penemu ini selalu terngiang dan memotivasinya untuk mempelajari seluk-beluk mengenai energi. Experimenlah yang membuat Thomas menemukan bola lampu yang menghasilkan energi cahaya.

Terutama ketika mengetahui bahwa tidak semua masyarakat di negaranya tercinta, Indonesia, dapat menikmati penemuan Thomas alva Edison ini, Gamma terpacu untuk berbuat sesuatu. Ia terus mencari informasi di dunia maya mengenai energi.

 

gamma-microhydro1

 

Dukungan Yayasan Adaro Bangun Negeri

Inisiatif Microhydro Power for Indonesia dari Gamma Thohir, menggerakkan Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN) untuk memberikan pendampingan demi keberhasilan proyek ini.

YABN dibentuk Adaro untuk melaksanakan program-program pengembangan masyarakat secara berkelanjutan dan salah satunya memfokuskan programnya pada pengembangan pendidikan terutama bagi generasi muda.

Target Gamma kelahiran Jakarta, 10 Juni 2000 ini, pembangkit micro hydro berkapasitas sekitar 30 – 40 MW akan beroperasi pada bulan Juli 2016. Dalam mewujudkan proyek ini, Gamma sangat terbuka untuk mengikutsertakan banyak pihak terutama teman-teman seusia Gamma untuk menyempurnakan project ini.

Berbagai peluang dapat dilakukan para remaja Indonesia untuk kesuksesan MHI project di antaranya adalah ikut menyebarkan infomasi tentang tujuan luhur dari project ini, ikut berpartisipasi dalam setiap proses baik dalam bentuk sumbangan tenaga saat bergotong royong serta dukungan pemikiran dan ide melalui akun media sosial yang sudah dibuat.

“Kami turut bangga dengan project yang diinisiasi oleh Gamma Thohir yang akan dipersembahkan untuk masyarakat Kasepuhan Ciptagelar. Semoga micro hydro project for Indonesia dapat menginspirasi anak-anak muda lainnya untuk terus belajar dan akhirnya mampu berkontribusi nyata dengan melakukan sesuatu untuk sebuah perubahan yang lebih baik,” ujar Okty Damayanti, dari YABN.

<a href="https://indahjulianti.com/author/indahjuli/" target="_self">Indah Julianti Sibarani</a>

Indah Julianti Sibarani

Fulltime mom Penulis Cerita Bacaan Anak Blogger Co Founder Kumpulan Emak Blogger (KEB)

YOU MAY ALSO LIKE

12 Comments

  1. TITIS AYUNINGSIH

    Anak muda Indonesia yang berkualitas ! Kereeeen

    Reply
  2. Lusi

    Anaknya taipan kok mau susah2 bikin proyek gini ya? Biasanya langsung beli perusahaan.

    Reply
  3. Ririe Khayan

    *speechles*,
    Anak usia 10 tahun, dimana anak-anak seusia gamma lainnya masih lebih suka memilih aktifitas yg just fun (game salahs atunya), tapi Gamma sdh melakukan lompatan kuantum, menghasilkan karya yg pada umumnya dilakaukan oleh tataran mahasiswa (tapi yang serius kuliah).

    Reply
  4. Kang Alee

    Calon mantu yang idal banget neh Mbakyu .
    Inspiratif

    Reply
  5. katon sumargi

    Nah, ini nih yang namanya remaja keren abis,,, lanjutkan,,, sangat inovatif dan inspiratif, saya turut bangga dengan melihat prestasi yang seperti ini.

    Reply
  6. liandamarta.com

    Inspiring bangettt.. Aku selalu takjub dan respect sama anak-anak muda yang keren kayak Gamma ini makpuh. Mudah-mudahan projectnya Gamma bisa bermanfaat, terutama untuk desa-desa yang masih krisis listrik. 🙂

    Reply
  7. Ruli retno

    Mendadak inget2 masa lalu wktu sy umur 15 thn sy menghasilkan apa? Yah sudahlah.. yg ptg ini menginspirasi buat saya ceritakan ke anak saya

    Reply
  8. Idah Ceris

    Ortunya pasti bangga banget ya, Mbak. Anaknya bosa mengikuti jejak Ayah.

    Semoga project bisa terwujuud, Gamma.

    Reply
  9. Hidayah Sulistyowati

    Anak masih belia gini smart banget bisa menciptkan energi baru buat desa. Ikut bangga dan bikin terharu kalo melihat prestasi mereka. Moga banyak yang mendukung prestasi dan kinerja Gamma ini ya mbak 🙂

    Reply
  10. Silviana Noerita

    Jatih hati sama dedek gemets yang mengagumkan ini ♥

    Reply
  11. Sumarti Saelan

    Calon mantu idaman nih makpuh *kabor sebelum ditimpuk* ??????
    Tapi suerr, kagum banget aku

    Reply
  12. Zefy

    Ini nih remaja keren, cung jempol buat gamma

    Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to Blog via Email

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Arsip

Categories