Dongeng Sebelum Tidur

by Mar 14, 2011Inspirasi, Keseharian25 comments

 

Dongeng sebelum tidur,

ceritakan yang indah biar ‘ku terlelap

Dongeng sebelum tidur,

mimpikan diriku, mimpikan yang indah

Aneka banyak cerita, ceritakanlah semua hingga ku terlelap

Reffrain lagu Wayang berjudul Dongeng ๐Ÿ™‚

Masihkah teman-teman membacakan dongeng Si Kancil Mencuri Timun ? Atau dongeng Sleeping Beauty? Timun Mas? Bawang Merah Bawang Putih? Siput dan Kancil ? Naga Raksasa? dan kisah-kisah dongeng HC Andersen yang terkenal, kepada anak-anak sebagai penghantar tidur mereka?

Kalau saya, jujur sudah tidak pernah lagi membacakan dongeng-dongeng seperti itu. Pertama, karena yang dua anak yang lebih besar sudah bisa membaca buku sendiri (walaupun sesekali Kayla masih minta dibacain, kalau melihat saya membacakan cerita untuk adiknya), yang kedua : saat ini banyak alternatif bacaan, nggak hanya buku bacaan anak tetapi juga majalah dan televisi, tentu saja ๐Ÿ˜€

Lagi pula, di sekolah (saat TK), anak-anak sudah didongengkan oleh guru-gurunya, tinggal orangtua yang menjadi penampung pertanyaaan, kalau ada yang dirasa janggal oleh anak-anak.

Lalu ada pertanyaan, apakah dongeng jaman dulu masih layak dibacakan kepada anak-anak? Mengingat dongeng jaman dulu ada yang bercerita tentang sihir-sihir, tokoh antagonis yang terlalu berlebihan keburukannya dibuat, atau memaksakan pesan moral lewat cerita-cerita.

Diskusi mengenai rekonstruksi dongeng di milis yang saya ikuti, cukup menarik, karena banyak yang mengatakan dongeng perlu direkonstruksi, sementara penulis terkenal Mas Donatus A. Nugroho mengatakan :Dongeng itu ibarat layang-layang. Biarpun kita sudah punya pesawat terbang, naik gantole atau bermain aeromodeling, masih saja kita akan merindukan memainkan layang-layang.

Sementara teman yang lain, Sokat Rachman : Dongeng adalah dongeng. Silakan menulis ulang sesuai dengan aslinya atau disesuaikan dengan angle kreatif masing-masing penulis. Tetap yang baik, memang. Semua tokoh baik adalah cantik dan tampan. Sebab untuk pembuat cerita, cantik dan tampan bukan sekedar gambaran fisik, tapi juga gambaran sikap “tokoh2 baik itu.” Seperti pada wayang yang dibedakan dengan warna hitam dan merah pada wajahnya untuk menggambarkan perilaku tiap wayang. Asal tujuannya sama : Menghibur anak! Bukan memenuhinya dengan muatan yang malah memberatkan pembaca cerita.

Menarik kan? kalau saya mengutip pendapat penulis novel Narnia, CS Lewis : โ€œDongeng tidak mengajarkan kepada anak bahwa naga itu ada. Anak-anak sudah tahu bahwa naga itu ada. Dongeng mengajarkan kepada anak, bahwa naga bisa ditaklukkanโ€.

Bagaimana teman-teman?

<a href="https://indahjulianti.com/author/indahjuli/" target="_self">Indah Julianti Sibarani</a>

Indah Julianti Sibarani

Fulltime mom Penulis Cerita Bacaan Anak Blogger Co Founder Kumpulan Emak Blogger (KEB)

YOU MAY ALSO LIKE

25 Comments

  1. dini+hadian>

    hmmm,hari gni anak” gk zaman nyeritain dongeng anak tapi yg lagi ng-trend skrg anak”lbih ska ma critta cinta romantizz

    Reply
  2. edratna

    Saat anak-anak masih kecil, saya selalu menyempatkan waktu untuk mendongeng pada mereka sebagai pengantar tidur, karena bisa menyelipkan pesan-pesan pada mereka.

    Reply
  3. Apikecil

    Aku suka banget sama lagunya Wayang yang ini..
    saya punya cita2 mbak, nanti kalau sudah punya anak saya akan membacakannya sebuah dongeng sebelum dia tidur..
    doakan ya Mbak,hehehe

    Reply
  4. Mbah Jiwo

    Saya dulu ketika masih kecil juga didongenin. Sampai hafal, begitu ibu saya ambil buku dongeng, begitu saya tahu bahwa ia akan menidurkan saya.

    Tapi itu terkenang sampai skrg.

    Salam hangat mbak dari malang.

    Mbah Jiwo. 0856 4960 8915

    Reply
  5. bundadontworry

    sudah gak pernah mendongen lagi utk anak2, krn mereka sudah besar2 InJul ๐Ÿ™‚
    dulu, sewaktu kecil bunda selalu mendongeng, terutama ketika mau tidur.
    hanya utk mengasah imajinasi mereka saja, dan syukur2 bisa mengambil hikmah yg ada dlm dongeng itu.
    Sampai sekarang , mereka masih ingat, dan bilang, bagaimana bahagianya ketika dulu didongengi oleh bundanya ๐Ÿ™‚
    salam

    Reply
  6. Jumialely

    baru saja bilang ke Guru bahasa Indonesia, kenapa buku dongeng yang ini terbuang begitu saja ya, (di perpustakaan) padahal aku paling suka baca ini loh bu

    Katanya : pengaruh sinetron dan televisi anak-anak tak lagi mendengarkan dongeng

    Miris

    Reply
    • IndahJuli

      Miris memang, pengaruh televisi susah-susah gampang dihindarinya.

      Reply
  7. pakde Cholik

    Dongeng ya memang dongeng tetapi memang ada pelajaran dan hikmah dari setiap dongeng.

    Dengan hormat saya mengundang anda untuk mengikuti Pagelaran Kecubung 3 Warna. Kontes ini berbentuk menulis cerita bersambung yang dilakukan oleh satu kelompok/grup yang terdiri dari 3 orang.

    Nah silahkan ajak 2 orang sahabat untuk bergabung dengan nak Indah.
    Silahkan melihat-lihat ketentuan dan syaratnya di newblogcamp.com.

    Hadiahnya sih tidak seberapa, tetapi sensasinya itu lho yang luar biasa.

    Ditunggu yooo….

    Salam hangat dari Surabaya

    Reply
    • IndahJuli

      Insya Allah, mau ikut. Terima kasih sudah diberitahu, Pakde.

      Reply
  8. Dwi Pacitan

    dongeng sebelum tidru,, hmm inget pas waktu kecil

    Reply
  9. uDed

    Satu atau dua tahun lalu, anak-anak masih suka di ceritain si Kancil, tapi sekarang mereka sudah capek ngerjain tugas-tugasnya. Sampai di tempat tidur langsung blesss…terlelap….

    Reply
    • Indahjuli

      Hihihi, semakin besar punya kemauan sendiri.
      terima kasih sudah berkunjung.

      Reply
  10. arman

    iya menurut gua sih gpp lah.. namanya juga dongeng kan… emang fiktif dan aneh2… ๐Ÿ˜€
    itu untuk meningkatkan imajinasi lho…

    Reply
    • Indahjuli

      Setuju, dongeng untuk meningkatkan imajinasi, dan perlu rekonstruksi ya ๐Ÿ˜€

      Reply
  11. monda

    Udah nggak ndongeng lagi, kan udah gede he..he.. Dulu bacakan cerita kisah yg nyata2 aja, spt buku Mengapa harus menghemat air, buku tentang satwa, kalau dongeng senangnya malahan Pooh aja.

    Reply
    • Indahjuli

      hahaha, anak-anak sudah besar, sudah baca sendiri ya Kak.
      Anak saya juga sukanya dongeng barbie ๐Ÿ™‚

      Reply
  12. nh18

    Dongeng mengajarkan kepada anak, bahwa naga bisa ditaklukkan …

    saya suka statement ini

    Salam saya

    (saya dengar sebaiknya tidak menceritakan mengenai Dongeng Kancil mencuri timun … karena ini mengajarkan anak untuk licik)(ini katanya lho)
    (hehehe)

    Reply
    • Indahjuli

      Saya juga dengar itu, Pak NH.
      Makanya sekarang Kancil dan Timun jarang didongengkan lagi di sekolah ๐Ÿ™‚

      Reply
  13. indobrad

    jaman saya kecil dulu, Oma saya bolak-balik menceritakan kisah Kancil yang Nakal dengan berbagai versi dan pengembangan. Oma memang tukang cerita yang hebat! hehehehe

    Reply
    • Indahjuli

      Wow, senangnya Brad kecil ๐Ÿ™‚
      Orang dulu memang kreatif ya.

      Reply
  14. Ikkyu_san

    wah anak-anakku tidak mau tidur kalau tidak didongengi. Kadang kakaknya mendongengi adiknya, kadang gantian tapi pasti berakhir dgn tertawa. Kalau bukan saya yang dongengi mrk tidak bisa tidur ๐Ÿ˜€

    bacaannya? Picture book yang begitu beragam di sini

    EM

    Reply
    • Indahjuli

      Iya, saya sering baca postingan kak Imel tentang dongeng sebelum tidur ๐Ÿ™‚
      di Jepang, picture booknya bagus-bagus ya.

      Reply
  15. dinot

    Quote ” Dongeng mengajarkan kepada anak, bahwa naga bisa ditaklukkanโ€.
    Setuju mbak in

    Reply
    • Indahjuli

      Thanks, Din.
      Masih dongengin buat 2 R ?

      Reply
      • eM

        dongengin aq juga doong.. **siap-2 dengerin..

        >>btw “rumah” kita cat nya sama.. ๐Ÿ™‚

        Reply

Trackbacks/Pingbacks

  1. Dongeng Sebelum Tidur | Cerita Cita Cinta - Website Kumpulan Dongeng - [...] Dongeng selengkapnya: Dongeng Sebelum Tidur | Cerita Cita Cinta [...]

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to Blog via Email

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Arsip

Categories