Cut Carbo: Hidup Sehat Tanpa Beban

Cut Carbo: Hidup Sehat Tanpa Beban

 

Kalau resolusi tahunan itu bisa bicara, pasti akan ngomong: “Tiap tahun wacana mulu buat hidup sehat”.

Kalau sepatu lari di rumah bisa ngomong, bakal mengeluh jarang-jarang dipakai buat olahraga, cuma jadi pajangan saja.

Iya, seperti itulah yang terjadi sepanjang tahun, sepanjang bulan, dan sepanjang hari. Hidup sehat menjadi wacana yang “kalau ingat” langsung dijalani, tapi lebih banyak lupanya, sehingga tak terealisasi.

Duh, padahal usia sudah lebih dari 40 tahun, masa nggak ada perubahan dalam gaya hidup ya.

 

Perkara Hidup Sehat Ibu Rumah Tangga

Menjadi ibu rumah tangga, kegiatan seabrek, rasanya nggak berhenti-henti datang dan selesainya. Pagi, mengantarkan tiga anak ke sekolah yang berbeda. Balik ke rumah, beberes rumah dan mengerjakan beberapa pekerjaan pesanan.

Siang sampai sore, beredar di jalan (hehehehe), menjemput anak-anak dari sekolah dan mengantar ke tempat les/ekstrakurikuler.

 

Cut Carbo: Hidup Sehat Tanpa Beban

 

Capek? Pastinya. Kalau udah capek banget, rasanya pengen nangis, pengen marah. Terus berujung jadi uring-uringan, marah nggak juntrungan sama anak-anak.

Ngeluh ke suami, malah disaranin buat olahraga dan mulai hidup sehat dengan mengatur pola makan, biar badan sehat dan fit.

Haduh, apa nggak ada solusi yang lain ya. Wong capek kok malah disuruh olahraga? Apa nggak tambah capek?

Hai come on, sudah masuk middle aged, masa nggak mau ada perubahan hidup?

ย Life begins at fourty, yes?

Nggak pengen apa, mendampingi anak-anak sampai mereka sukses, menikah, punya anak dan Insya Allah cucu.

Nggak senang apa, walau udah usia 40 tahun lebih, tetap stay young and healthy?

 

Yuk, Mulai Hidup Sehat dengan Cut Carbo!

Melakukan perubahan buat diri sendiri memang susah banget. Banyak godaannya. Banyak alasannya.

Itu menjadi tantangan tersendiri buat Life Changing Moment kita. Dan, demi anak, apa pun harus kita lakukan, yes?

Saya sih memulainya pelan-pelan. Target untuk hidup sehat saya lakukan dengan mengurangi makanan karbo atau CUT CARBO!

CUT CARBOย ini sih terinspirasi dari apa yang dilakukan Ringgo Agus dan Sabai Dieter. Sering mantengin Instagram pasangan selebriti Indonesia ini. Mereka punya channel Youtube, Pesan untuk Bjorka, yang salah satu episodenya tentang upaya Ringgo dalam mengatasi berat badannya yang sudah termasuk kategori obesitas level 1.

Di Pesan Bjorka itu, Ringgo berharap dengan melakukan program Cut the Carbs bersama dengan SOYJOY, ia bisa mendampingi Bjorka hingga dewasa.

Tonton deh Pesan Bjorka di Youtube, bisa menginspirasi kita untuk berubah lho.

 

Menikah dan punya anak memang bisa mengubah hidup kita ya.

Hal lainnya yang membuat saya untuk melakukan hidup sehat, takut banget kalau terjangkit penyakit diabetes.

Apalagi, diabetes menjadi salah satu penyakit yang menjadi pemicu kematian tertinggi di Indonesia.ย Duh, amit-amit, jangan sampai ya ๐Ÿ™

Nggak usah tunggu tahun depan atau menjadi resolusi tahun depan, dari sekarang kita harus mengubah gaya hidup untuk lebih sehat.

 

Begini Planning Mulai Hidup Sehat

Plan atau rencana saya adalah melakukan Diet Karbo atau CUT CARBO, yaituย mengurangi karbohidrat.

Sumber yang tinggi karbohidratnya kan ada beberapa macem tuh seperti; nasi, kentang, mie, roti, umbi-umbian, dan beberapa lainnya.

Sebaiknya makanan yang tinggi karbo nggak dimakan bersamaan supaya nggak kelebihan karbo, atau makan salah satunya saja dengan porsi yang pas.

Biasanya nih kebiasaan kita suka makan nasi dicampur dengan mie. Padahal mie itu sudah karbo, yang namanya orang Indonesia, memang nggak sah kalau belum makan nasi ๐Ÿ™‚

Coba bayangan kalau menu makanan kita seperti ini:

Cut Carbo: Hidup Sehat Tanpa Beban

 

Berat banget kan karbonya?

Di Program CUT CARBOย ini, pola makan yang saya ubah adalah 2 (dua) jam sebelum makan besar, saya mengonsumsi SOYJOY, untuk mengurangi porsi karbohidrat harian.

Soyjoy adalah makanan terbuat dari kedelai kaya akan serat dan protein, yang kalau dicerna perlahan oleh tubuh bisa mengontrol nafsu makan dan membantu mengurangi porsi karbo atau Cut Carbo. Selain itu soyjoy adalah snack yang LOW GI (Glikemik Indeks/Glycemic Index, skala atau angka yang diberikan pada makanan tertentu berdasarkan kecepatan makanan dalam meningkatkan kadar gula darah).

Kalau makanan kadar GI tinggi, itu bisa memicu penyakit diabetes mellitus. Dan saya mau menghindari diabetes itu, apalagi punya pengalaman dengan adik kandung yang meninggal dunia karena selama 10 tahun menderita diabetes. Padahal dia kurus lho. Jadi belum tentu orang dengan badan kurus itu sehat. Bisa jadi komposisi badannya kurang seimbang, karena banyak kadar lemaknya yang memicu menjadi diabetes.

Apalagi saya yang berat badannya nggak karuan begini. Duh, jauh-jauh deh penyakit.

 

Gimana hasilnya menjalani program CUT CARBO ini?

Kalau selama ini kan saya suka banget tuh sama ngemil, nah makan SOYJOY dua jam sebelum makan besar itu, lumayan mengurangi nafsu makan.

Plus disiplin deh. Karena usia sudah lebih dari 40 tahun, saya menjaga pola makan 5 kali sehari:

  • 3 kali makan berat dengan porsi nasi dikurangi,
  • dan 2 kali snacking SOYJOY 2 jam sebelum makan.

 

Cut Carbo: Hidup Sehat Tanpa Beban

 

Banyak minum air putih juga, setidaknya minum air putih bisa bikin perut kenyang, menurut saya lho ya.

Keuntungan lainnya dengan Cut Carboย ini, menurut penelitian terbukti lebih efektif mengurangi berat badan dibandingkan dengan diet rendah lemak.

Penelitian menunjukkan,ย mengurangi konsumsi karbohidrat sederhana seperti nasi, mie, makanan dari tepung-tepungan,ย tetapi tetap mengonsumsi karbohidrat kompleks seperti kedelai atau makanan dengan kandungan serat tinggi, dapat menurunkan berat badan secara bermakna sampai dengan dua tahun.

Ingin Hidup Sehat tanpa Beban? Yuk mulai dari sekarang mengurangi makanan berkarbohidrat tinggi. Coba deh ikut Program Cut the Carbs dengan SOYJOY 2 Jam sebelum makan.

Sahabat Blogger punya pengalaman tentang mengurangi makanan berkarbohidrat atau melakukan Diet Karbo?

Atau ingin hidup sehat demi buah hati tercinta?

Sharing ya, berbagi pengalaman kita ๐Ÿ™‚

By Indah Julianti Sibarani

Fulltime mom Penulis Cerita Bacaan Anak Blogger Co Founder Kumpulan Emak Blogger (KEB)

37 comments

  1. tanda2nya apa ya mak kalo kena diabetes, soalnya saya seneng karbo dan manis2 tapi badan seginiii aja dan ga enak gitu, jadi agak takut juga nih

  2. Duh pengen banget cut carbo. Padahal aku makan paling 1-2x sehari. Makan nasinya paling sekali aja. Tapi ngemilnya itu yg susah,dihilangkan huhuhu.

    Makasih pencerahannya Mak indah :”)

  3. Adududuhhh, makasiiih “tamparan” sayangnyaaaa makpuuuh ๐Ÿ™‚

    Aku sekarang jg ngurangin karbo banget nget. Pengin SEHAT SENTOSA amiiiin

  4. Dulu aku terkenal bgt suka nasi. Dan suka disuruh ngabisin nasinya orang2 kalau lagi makan bareng. Entahlah, pokoknya nasiadalah nasi *yaiya*. Eh maksudnya enak dan nikmat.

    Tp semenjak hamil agak mulai berkurang. Tiba2 relasi dengan nasi menurun huhu. Yah, anggap saja sebuah jalan positif untuk blajar mengurangi karbo.

    Eh tapi kok jadi sedih kalo inget ๐Ÿ™

  5. Mba.. Aku ingin diet carbo tapi kok rasanya susah konsisten ya.. Kalo nggak makan nasi lemes nya minta ampun.. Pernah bikin aturan nggak makan malem pake nasi. Cuma tahan 3 hari lalu aku balik lagi kayak normal hahaa

  6. Kalau aku yang tak pelajari itu tidak boleh terlalu banyak dalam hal apa aja. Salah satunya jug ngindari diabetes

    *ambil soyjoy punya makpuh

  7. Wah aku ya juga udah lama cut carbo, makan pasti nasinya dikit, lauknya yang banyak … tp beda hal lah ya, kl pesennya nasi goreng wakakak …

    1. Benar Amel, aku juga ngerasain, kalau pagi udah sarapan nasi nih, jam 9 itu udah ngantuk banget. Makanya berusaha sarapan pagi dengan buah-buahan ๐Ÿ™‚

  8. aku juga lg mulai diet karbo makpuh, meneruskan kbiasaann sebelum hamil. cuma hari ini tadi masak sayur lodeh lauknya tempe mendoan…biasanya satu centong jadi 2,5…duh Gustii ^^

    1. Hahahahahaha, tempe mendoan itu emang ya, racunnya kuat banget, aku juga suka nyerah kalau lihat tempe mendoan ๐Ÿ™‚

  9. Belum pernah diet karbo si Mak, cuma makan nasi 3x sehari dan emang ga suka ngemil jd agak aman nih. Btw aku suka soyjoy soalnya enak ๐Ÿ™‚

  10. Makannya 2 jam sblm mkn besar ya mak? He he aku sih kalau soyjoy asal pengen ya makan aja,,aplgi ada yg coklat skrg,,enak soalnya,,

  11. Cut karbo simple diriku bari kurangi jatah nasi ajah mak, alhamdullilah cek darah kemarin, gula darah masih normal.
    Hehehe

  12. Hahahhaa..ngakak dulu ahh…
    Jadi cuma wancana…dilakukan kalo lagi inget ya Mak?

    Aku ingin sehat, aku ingin mendampingi anak kemana mana, makanya mulai menjalani pola hidup sehat setahunan ini semenjak kenal salah satu klinik kecantikam di Bandung.

    Mengurangi karbo, kurangi kopi ckp segelas/hr, dll nya.
    Biar badan stabil, sehat dan.cantik eeaa
    Meski awalnya lemes, tapi sudah terbiasa sekarang,

    Nah kalo soyjoy aku emang suka konsumsi, suka naro beberapa bungkus di motor buat cemilan kalo laper di jalan hahahaa. Cuma baru tau , lebih baik dikonsumsi 2 jam sebelom makan nerat. Baiklah aku cobaaa…

    1. Setuju…biar bisa dampingi anak sampai kita tua ya ๐Ÿ™‚ iya, dua jam sebelum makan snacking soyjoy biar terasa hasilnya ๐Ÿ™‚

  13. toss mak Indah, aku juga dari dulu #cutcarbo cuma resolusi tiap awal tahu aja, abis itu lupa, hihihi, makanya ini mau seriusan ngurangin karbo demi kesehatan …

  14. Mbak Indaaaah. Kalo saya baru minggu ini mulai aktif cut Carbo setelah ikut acara blogger gathering salah satu perusahaan asuransi. Ngeri banget memang diabetes ini. Saya perbanyak makan sayur, buah dan aktivitas fisik Mbak. Makasih ya remindernya. Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan ya Mbak.

  15. Usiaku masih jauh banget dari usia mba, meski casing keliatan mungil tapi perutku ga bisa di manipulasi bergelambir, makanku juga banyak y ampun pengen stay young & healthy tapi masih sulit mba xixixi..
    Pengen coba deh resep mba makan soyjoy keliatannya kayak b*ng2 y mba makanya ku kira itu cemilan snack biasa hahaha

Leave a comment

Your email address will not be published.