Simbiosis Mutualisme

by Aug 25, 2008Inspirasi22 comments

Kemarin, saat berbelanja di pasar tradisional dekat rumah, saya terkaget-kaget dengan naiknya harga beberapa kebutuhan pokok. Telur, yang sebelumnya sekilo seharga Rp 14 ribu, naik jadi Rp 15 ribu. Minyak goreng kemasan, dari Rp 11.500 jadi Rp 13 ribu. Belum lagi, bawang, cabe dan teman-temannya.

 

Saat saya complain, si penjual dengan entengnya bilang, “Udah mau puasa Bu, harga-harga pada naik”.

Huh…menyebalkan.

Kenapa sih setiap ada moment-moment penting, harga-harga selalu naik tanpa permisi ???!

Mau puasa harga naik! Mau lebaran naik, natalan, tahun baru, Idul Adha, sampai gaji PNS, selalu jadi alasan. Sampai-sampai saya berpikir, sebenarnya sepanjang masa harga itu naik terus, jarang mau turun.

 

 

Sebenarnya, kenaikan harga juga disebabkan oleh ulah manusia. Ya gimana enggak, contohnya saya ini. Bulan Ramadhan itu akan datang, kira-kira masih seminggu lagi. Tapi diotak saya, sudah tersusun rencana apa-apa saja yang akan saya beli, untuk distok selama bulan Ramadhan.

Bulan puasa yang seharusnya bisa berhemat, tapi pengeluaran malah membengkak. Selama bulan puasa itu, dengan pertimbangan makan hanya dua kali, saat sahur, menu makan yang biasanya dua macam, saya tambahkan menjadi tiga dan kala berbuka, salah satu menu adalah makanan-makanan yang manis seperti kolak.

 

Padahal, tak jarang makanan itu jadi berlebih, karena tidak mungkin termakan semuanya. “Ina, perutku itu cuma satu, aku ngak bisa makan semuanya,” kata anak saya, Lily, yang sudah dua tahun berturut-turut puasa sebulan penuh hingga waktu Maghrib.

Sementara Mas Iwan, makan besar setelah pulang shalat tarawih. Dan tentu saja, karena sudah kenyang dengan makanan pembuka, takaran makan besarnya pun sedikit.

 

Tapi saya tetap tidak kapok. Tetap saja berulang dari tahun ke tahun, seperti kenaikan harga itu. Bisa dibilang simbiosis mutualisme ngak, saling berhubungan dan menguntungkan….hehehehehe

<a href="https://indahjulianti.com/author/indahjuli/" target="_self">Indah Julianti Sibarani</a>

Indah Julianti Sibarani

Fulltime mom Penulis Cerita Bacaan Anak Blogger Co Founder Kumpulan Emak Blogger (KEB)

YOU MAY ALSO LIKE

22 Comments

  1. merahitam

    Aku juga sampai pusing, mbak. Bulan puasa, mestinya berhemat, semuanya malah makin membengkak. Temanku ada yang sampai menghukum dirinya sendiri. Tangannya diikat kuat pakai karet gelang. Kalau dia bisa berhemat, karet itu dilepas. tapi kalau nggak, karet itu bakalan nambah.

    Apa aku mesti kek gitu juga ya?

    Reply
  2. de

    gw baru belanja bulanan kemarin. huaaaa mo nangis rasanya bgitu sampe kasir. Barangnya gak ada yg berubah dr bulan kemarin. Tapi knapa harganya beda jauh. hikssss

    waktunya nyari penghasilan lebih gede nih. Pindah kerja yuk

    Reply
  3. achoey sang khilaf

    jika simbiosis mutualisme terjadi maka itu lebih baik 🙂

    Reply
  4. Tony

    harus hemat dan sabar nih kayaknya 🙂 salam kenal

    Reply
  5. sisesu

    injul, berarti gue yg terlalu cuek kali ya..kalo ramadhan makanan tetep normal2 aja nggak ada kolak2an…karena gue selalu buat menu makanan sesuai kesukaan anak, kitanya ngikut aja biar nggak kerja 2x. hehe…maklum ngga bisa masak dan ngga ada pbt. *alasan*

    eh..tapi kl lebaran masak ketupat dkk kok!!!! (ciaaaat..beladiri)

    Reply
  6. imcw

    Keluhan klasik ibu ibu yang habis belanja di pasar. 🙂

    Reply
  7. IndahJuli

    Meyrinda :
    met puasa juga say, mohon maaf lahir bathin yah.

    Bunda Radith :
    ember..benar banget tuh, jadi susah irit.

    tuteh :
    met lahir bathin juga yah Teh, semoga ibadah puasanya lancar.

    Epho :
    Sama2 Vy, udah balik lagi yah ?

    Jeunglala :
    waks, kamu mah enak say, masih single 🙂

    Ragilduta :
    nyepam, sampah…sampah *jitakragilsampaipitak*

    Ippen :
    makanya hemat dari sekarang

    Dini :
    *Jitak dini sampai pitak*

    Yanti :
    tulisanmu lebih lengkap 🙂

    Frenavit Putra :
    Setuju 🙂

    Reply
  8. Frenavit Putra

    Hmm memang susah kalo harga bahan pokok pada naek…Tapi berhemat itu pun juga penting banget..

    Reply
  9. yanti

    AHA!!!!

    menjelang puasa 2 tahun yg lalu aku pernah juga nulis mirip2 gini. kenapa ya banyak hal2 aneh menjelang puasa, misalnya orang2 pada menimbun makanan. ya menurut hukum permintaan-penawaran mah, pasti harganya jadi naik…

    Reply
  10. Dini

    Iya mbak,semua harga naek,cuma “pisang” doang yg naek turun hihihi

    Reply
  11. Ippen

    grrrrrrrrrrrrhh aaaaaaaaaah.. bener bgt tuh mbak indjul semua pada naik, konon kabarnya Gas elpigi juga naik… gue sebagai bapak rumah tangga pun *cieee… bisa merasakan kenaikannya.. maklum sering nemenin istri belanja juga hehehe

    Reply
  12. ragilduta

    huh..ada satu yang gak bisa “naek’ kalo lagi siang hari di bulan puasa 🙄

    Reply
  13. jeunglala

    Kalo puasa, saya malah jadi maruk. Padahal kalau perut dibiarin kosong mulai subuh sampai maghrib, pasti porsi makannya sedikit. Herannya, ini nggak pernah jadi pelajaran.
    Huh…
    Apa ini excitement yang berlebihan ya Mbak?

    eniwei,
    apapun itu… yang penting puasa dan lebaran adalah one of those unforgetable moments.. jadi selagi masih ada rejeki, mari belanja dan nyetok sebanyak2nya… hahahaha

    Reply
  14. Epho

    Met puasa mbak. Maaf lahir batin ya. Banyak salah ketik 🙂 Ada untungnya dong di sini gak ada yg jual gula merah, jadi nggak usah bikin kolak, padahal pingin *hiks

    Reply
  15. tuteh

    horeee sebentar lagi puasa! :d
    kolak itu pasti tapi biasanya cuma minggu pertama ;p slanjutnya sama kayak Linda = gorengan sama es teh or syrup. lebih OK buat kerongkongan 😀 hehehe…
    harga2 emang naujubileee lonjaknya!

    btw Bunda… itu lanjutan Coins belom ada. di email ku juga nggak ada… piye? 😀

    Reply
  16. Bunda Radith

    Wah…. kl gitu dekat dox, kpn2 bisa buber puasa bareng 🙂
    Btw… emang nyebelin y sm penyakit bangsa kt, niat mo irit jd kebirit-birit dech. he he he

    Reply
  17. meyrinda

    ada lagi mba, LPG tadi udah 75rb huaaa…serem dan horor 😀

    eh mba Indah, kmaren daku da mau tulis nama mba indah loo sbg penerima award hehehe….

    Maaf lahir batin ya mba mau puasa
    mg barakah amien

    Reply
  18. IndahJuli

    Linda :
    gorengan bikin lemak Lin 😀

    Fitra :
    Bikin dong, kan dikau jago masak.

    Zee :
    halah…ibu satu ini 🙂

    Afwan :
    Ntar pulangnya pas lebaran 😀

    Reply
  19. afwan auliyar

    wah…itu dampak dr permintaan yg naek…jd barng harganya jg naek….

    ya… berhemat, mungkin salah satu caranya…

    ya memang terkadng puasa seolah-olah mjd alsan utk menambah menu sana, menu ini…dsb, tp keluarga jg ngak protes2 amat ketika dihidangkan….

    ya…jd ingin pulang …

    Reply
  20. zee

    kayaknya musti nyetok jg nie…

    Reply
  21. Fitra

    Linda ngomong kolak gw jadi pengen kolak tape….nyumm!

    Reply
  22. linda

    wah kalo di rumah, linda ngelarang ibu bikin kolak mbak. buang2 duit karna gak ada yg makan. yg laris manis ya es teh manis sama gorengan deh 😉

    Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to Blog via Email

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Arsip

Categories