Mengapa Profil Blogger Penting?

Mengapa Profil Blogger Penting?

 

Jangan anggap enteng kesan pertama, karena hal itu yang menentukan sesuatu bisa berlanjut atau tidak. First impression bisa menjadi pencuri. Tidak hanya untuk orang umumnya, kesan pertama ini berlaku juga bagi blogger yang katanya ingin jadi profesional itu melalui blognya. Itulah Mengapa Profil Blogger Penting, karena untuk mencuri perhatian!

Bagaimana Blogger mencuri perhatian orang yang berkunjung ke blognya?

Selain tulisan yang menarik hati, tentunya rasa ketertarikan kita membaca blog itu adalah karena personal dari penulisnya. Profil Blogger dari blog yang kita kunjungi.

Ibaratnya bertamu, masa kita tidak memperkenalkan diri? Siapa gue, siapa loe, tuh penting banget. Ya, nggak apa situ nggak mau kenal saya, tapi saya butuh mengenal sampeyan yang datang berkunjung ke blog ini πŸ™‚

 

Mengapa Profil Blogger Penting?

Karena kepala ini cenat cenut mengoprek 20 profil blogger yang diminta salah satu klien yang ingin bekerja sama dengan Kumpulan Emak Blogger (KEB). Dari sekian puluh blog yang saya blogwalking, nyaris setengahnya tidak memiliki Profil Blogger yang mumpuni. Padahal nih, di halaman pertama (Home) blognya, menuliskan kalau blognya menerima penawaran kerja sama.

Bolak balik ke tiap halaman, tidak ada profilnya yang menjelaskan kiprahnya sebagai blogger. Kalau pun ada, lebih banyak mengupas tuntas kesehariannya, yang jujur buat saya tuh nggak penting banget.

Lha gimana mau bekerja sama, kalau ke-blogger-annya diraba-raba dalam kegelapan. Situ jualan, tapi product knowledge-nya nggak ada.

Baca tulisan? Nggak semua orang punya waktu banyak untuk membaca tulisan kita secara lengkap. Sebagian besar pengunjung adalah fast reader. Membaca seperlunya dan sekenanya di hati.

Profil Blogger atau bahasa kerennya Tentang Saya, About Me, itu yang diperlukan.

 

Mengapa Profil Blogger Penting?

Biarkan Orang Kenal Kita

Terlepas dari soal kerja sama berdana atau sponsorship, Profil Blogger itu juga penting buat (seperti yang saya tulis di atas paragraf ini) orang tahu siapa kita. Kenal kita sebagai blogger. Kiprah kita di dunia blogging.

Nggak semua ingin tahu tentang kita yang berujung pada uang, siapa tahu ada kerjavsama lainnya, misalnya ngajak makan minum, jalan-jalan atau jadi pembicara di event blogger. Minimal jadi panitia event blogger deh, seperti dulu yang pernah saya lakukan.

Baca Nih: Who Am I on Social Media

Karena banyak yang tidak lengkap profilnya itu, terpaksa dong ya saya mereka-reka.

Minta ke Icoel, katanya dia juga bikin sendiri, hasil ngoprek sendiri. Dengan semena-mena (mentang-mentang ketua), disuruh bikin sendiri. Haeee, capek pangkat 10 dong.

Tapi ya, karena saya baik hati dan tidak sombong (jujurnya sih karena takut ama Icoel), bikinlah profil blogger-blogger itu. Sekalian juga buat database saya, siapa tahu ada ada networking saya yang ingin tahu tentang teman blogger lainnya.

Database Blogger? Iya, saya punya database blogger. Kebetulan, saya suka diminta tolong sama teman-teman agency atau brand yang saya kenal dekat, jika mereka ingin bekerja sama atau mengenal blogger.

Database tersebut berisi profil-profil blogger yang saya ambil dari blog mereka.

 

Beberapa Profil Blogger yang Bisa Disontek

Di beberapa blog, ada yang lengkap banget profilnya, ada yang nggak bertele-tele tapi fokus ke kiprahnya sebagai blogger, ada juga yang sederhana tapi tetap menarik hati.

Seperti misalnya nih, profilnya Lusi Tris. Salut banget sama mamak satu ini. Walau kadang ya, saya suka nggak tahan dengan “keketusannya”, tapi kalau urusan pekerjaan dan blogging, jempol sejempol-jempolnya buat Ibu dari dua anak perempuan remaja ini. TOP BGT! Sila dilihat About Me-nya di sini.

Lalu, ada Carra atau Carolina Ratri yang profilnya profesional sesuai dengan karakternya. Selain tentang blogging, Carra juga menyediakan Portfolio Konten, Grafis dan Ilustrasi. Baca About Me Mommy Ajeng dan Anggit ini nggak bosenin.

Saya juga suka dengan beberapa profil blogger seperti punya:

Oh ya, Mira, Iqbal dan Tika Swastika itu memiliki kesamaan gaya profilnya. Di halaman utama blog mereka (Home), sudah ada profil yang menjelaskan siapa mereka dalam rangkaian kata yang singkat, padat dan jelas.

Kalau untuk versi bahasa Inggris, beberapa Profil Blog yang bisa dijadikan acuan dari blogger:

profilblogger3

Nggak susah kok buat bikin Profil Blogger. Apalagi sekarang ini tersedia banyak template gratisan yang bisa diunduh kalau kita nggak mau capek ngedesain sendiri, atau nggak mau mikir panjang buat merangkai kata yang menarik hati.

 

Bikin Juga Versi Portable

Contoh-contoh Profil Blogger yang saya sebutkan di atas adalah versi webnya. Bagaimana dengan versi portable, versi yang ingin kita kasih ke pihak lain (agency/brand) untuk kerja sama?

Tidak beda jauh dengan versi web. Tapi kalau mau lengkap lagi, bisa dikemas dengan menambahkan:

  • Followers di Sosial Media (Fan Page Facebook, Twitter, Instagram)
  • Niche Blog
  • View atau stats blog
  • atau DA/PA
  • Kolaborasi
  • Komunitas atau Network (yang diikuti)
  • dan info lainnya yang mendukung jualan kita seperti nomor telepon yang bisa dihubungi (WA, LINE atau Telegram), domisili dan sebagainya.

Seperti profil di bawah ini (saya buat dalam versi word, yang nantinya akan saya save dalam pdf atau jpeg):

Mengapa Profil Blogger Penting?

 

Sudah paham kan Mengapa Profil Blogger Penting?

Nah, buat teman-teman blogger yang ingin profesional sebagai blogger, coba deh diperbaiki profilnya. Nggak perlu panjang kali lebar kali tinggi sama dengan luas. Langsung saja poin-poin utama kiprah sebagai blogger.

Nggak penting juga bahasa Inggris yang super kece kalau nggak pada intinya. Kasihan kan pembacanya musti buka Google Translate dulu (kalau ada waktu).

Begitu kira-kira. Siap profesional, harus siap juga meluangkan waktu untuk keprofesionalan tersebut πŸ™‚

By Indah Julianti Sibarani

Fulltime mom Penulis Cerita Bacaan Anak Blogger Co Founder Kumpulan Emak Blogger (KEB)

129 comments

  1. About Me ini memang penting ya mbak Indah. Setidaknya untuk menjelaskan siapa sih blogger di balik blog keceh yang sedang dikunjungi ini.
    Makasih banget tipsnya mbak…. mau benahin about me ah

  2. Wah baru tau ……….. , ternyata gitu caranya, aku kebeneran lagi cari2 dan baca-baca gimana cara bikin profil yang keliatan bagus…. , nice share sis , thanks ya artikelnya bakalan berguna banget nih…….

  3. Baca tulisan Mak Puh, berasa diingetin lagi, kalau about me di blog saya acak adul ga jelas, menye-menye, huwaaaaa *masuk ke goa buat semedi bikin about me*

  4. Mbak Indah, terima kasih sudah menulis Ini.
    Gegara baca artikel Ini, semingguan saya nggak bisa tidur karena bingung lantaran nggak pe-de bikin halaman About Me untuk blog saya.
    Tapi akhirnya saya bikin, dengan bahan-bahan seadanya, berasa bikin curriculum vitae yang saya sendiri eneg ngeliatnya.

    Sekarang saya sudah punya About Me. Dengan statistik yang biasa-biasa aja, tapi terasa lebih jelas daripada sebelumnya.
    Thank you for inspiring. πŸ™‚

  5. Tercerahkan dari kemarin bolak-balik baca apalagi stlh bc thread di grup. Oke makpuh ta belajar dan bikin about me. Jadi coret deh ya hal. About me yv isinya: just ordinary wife hahaha
    Nuwun makpuh

  6. Wah, jadi ngaca nih *ambilcermin
    Tapi aku terinspirasi about me nya mb Carolina Ratri πŸ˜€
    Thanks Mbak Injul, moga bisa ketemu lagi di next event blogger yakk πŸ˜€

  7. Langsung mau ngeberesin about me. Oh ya, Mbak, kalau tulisan yang pernah dimuat di media cetak apa perlu disebutkan satu per satu atau cuma garis besarnya saja? Atau yang disebutkan hanya yang berkaitan dengan blog? Makasih sebelumnya, Mbak πŸ™‚

  8. Waah..baru kepikiran pengen rubah about me page. Eh baca sharing artikelnya Mbak Indah Juli. Aiih, senengnya saya. Thanks Mak, untuk sharing. Ternyata penting ya halaman about me bukan hy sekedar isinya contact.

  9. Saya belum buaaat yang okeh nih :).. Segera deh mak Injul.. Makasih ya pencerahannya πŸ™‚

  10. Saya sudah bikin About Me. Tapi kayaknya ga menarik deh. Hehehe. Kali aja mau mampir sekalian kasih masukan mungkin.

    Oia, mba. Saya mau gabung ke grup KEB gmn cara ya? Saya uda pnh mention ke twitter KEB tp blm ada respon. Mhn info jika berkenan. Trm ksh byk.

    ~Fia
    http://www.fiarevenian.com

  11. Informatif banget..

    Next nya bikin artikel apa aja elemen penting yg harus ada di profil blogger mbak.. Sama apa aja yg harus ditonjolkan oleh blogger di profil nya yg masih minim trafic, kerjasama, ataupun partnership πŸ™‚

  12. Waduhh. Namaku disebut. Makasih Mak. Tapi aku blm pasang di page about me nya. Baru kasih kalo diminta doang hihi. Mau kepoin yang lain ahh. Makasih ya mbak.

  13. Makasih maak Ijul atas wejangannyaaa. Makasih juga udah mention, padahal profil blog aku alakadarnya ajaa.. Kepikiran udh tambahin media kit yg download-able deh..

  14. Makasih, mbaaak… mau juga dikomentarin profilku. Kira2 kurang apa ya… hiks. Main ke dewimafita sari dot kom ya mbak…

  15. Huhu, about me si honeymoon backpacker masih model jadoel banget, wkwkwwk.

    Makasih ilmunya Mbak Injul πŸ™‚

  16. Kemarin sempat ganti templates dan about me belum dimasukin lagi. Ada pages portofolionya juga. Tapi ya gitu belum sempat dimasukin ke layout yang baru. Iyaahh .. belakangan aku blogger yang kurang perhatian sama blognya. Huhuhuhu.. yah, batal deh dilirik sama klien :p

  17. Makasih mak sharingnya, saya juga uda lama nggak update profil :). Sudah lama pengen bikin medi akit, tpai belom pd dan kesampean juga :). Salam kenal mak:)

  18. Makasih ilmunya, makpuh. About me saya kayaknya kepanjangan apa ya? Media kit apa sih mak? *kudet, nggak nyambung, huhu

    Btw makpuh, panjang kali lebar kali tinggi bukannya volume yak? Hhihi, iseng banget komennya

    Makpuh, saya padamuu..

  19. Uda baca ini dari pagi makpuh, trus aku langsung bikin hehe
    Tapi gatau punyaku dah menarik perhatian brand blum ya…pa malah kpanjangan..
    #maklum aku masi bau kencur ngeblog makpuh hahai

  20. Sudah ada tapi belum kumplit makasih ya Mak sdh mengingatkan…..perlu belajar banyak nih πŸ™‚

  21. Bermanfaat sekali ini sharingnya mak puh. About me aku perlu dirombak lagi nih agaknya.. PR besar nih bikin media kit dan rate card.. Walaupun belom ada yg nanyain :’) makasi ilmunya ya makpuh <3

  22. Mak Ijul, saya pernah liat blog orang luar negeri, di blognya bisa langsung dunlut media kit dan rate card. Menurut Mak Ijul gmn? Kalau gampng didunlut bisa diakses semua donk ya, terutama “Harga” hehe malu. Kalau media kit msih oke kali ya πŸ˜€

    1. Kalau di luar negeri, mayoritas professional blogger sudah menyertakan media kit dan ratecard. Puput Utami juga begitu, tapi dia hanya media kit πŸ™‚ nggak masalah sih, lebih terbuka malah. Tapi kita di Indonesia masih suka pekewuh gitu πŸ™‚

  23. aku mah apa atuh cuman blogger abal-abal belum PD yang lebih serius hihihi, tp boleh lah di coba masukannya, saya ada profil di blog tapi gak di home πŸ˜€

    selalu suka mampir ke rumah mak Injul deh banyak ilmunya ^_^

  24. Udah buat media kita untuk disodorin kalo ada tawaran kerja sama Mahpuh. Tapi belum dibuat di blog. Ada PR baru nih, makasih banyak udah diingetin ya… πŸ™‚

  25. Makasih sudah mengingatkan Mak Indah.. dari kemarin2 maaih oret2 about me versi JPEG tapi belum jadi2… hihi…

    Yg about me.. hmm, habis baca ini perlu edit lagi nih punya dunia biza… πŸ™‚

  26. makasih infonya mbak, bisa jadi referensi tambahan bagi blogger pemula kayak saya. Semoga saya bisa ikuti jejak sukses mbak

  27. Namaku disebut-sebut di sini!! aaaak… makasih mbak Indah… aku jadi malu. :)))
    Btw, harus sedetil apa sih menulis portfolio di kolom About Me ini? Kan nggak pengin juga blog jadi kayak CV buat ngelamar kerja… ehehehe..

  28. Saya bikin about Irly belum lama ini, hasil ngikutin petunjuk dari blogger luar negri, ada yang mau bantuin evaluasi gak? Need your advise MakPuh, bisa jadi udah gak kekinian πŸ™‚

  29. Maka aku syuka banget ma tulisan makpuh ini ..bs buat masukan aku..aku harus update about me ku dong…mak klo dicantumin no tlp kdg ada suka yg iseng tuh mak.py jal??dulu tak cantumin jg.

  30. Wooo pantesan pada nongkrongin “about me”ku pagi2. Thanks ya mbakin. Tapi yg ketus siapa ya? Salah orang kayaknya mbak. *pake topeng Dian Sastro

  31. Jadi termotivasi utk bikin juga walopun blm punya pengalaman kerja sama, makasi sharing nya mak Injul

  32. Waduhh,
    Setelah baca posting Mbak Indah yang ini…
    Tampaknya aku harus cepet2 benerin profil juga.
    Siapa tau dilirik Mbak Indah atau tim digital marketing lainnya πŸ˜€

  33. Wooowww,,, membangunkan kembali neh mak, makaasih ya dah ngingetin kadang aku pribadi kalo perpect khawatir orang dikira gmn gt ke kitanya…etapi bener makpuh penting bangeeet ini dah diingetin… *kemana ajaa lu meeet* haha *tjipok

  34. Mak, thank you for writing this post. Such an eye opener. I’ll follow your suggestion πŸ™‚

  35. Tadinya pas baca status Mbak Indah sih malas πŸ˜€
    Tapi pas baca ini, mungkin memang perlu dibuat πŸ™‚
    Makasih banyak, Mbak Indah ^_^

  36. asyiikk, nambah ilmu lagi, makasih, Mak atas infonya πŸ™‚
    di blog saya sudah ada kolom ‘about me’ tapi entah masih kurang entah tidak πŸ˜€
    masih bingung juga mau naruh profil bloggernya di mana? πŸ™

  37. Aku malah about me nya kepanjangan wkwkw. tapi aku rada males sebenare… wong sekarang pv bagus tapi relasi kurang ya percuma hihi piss ya makpuh.. maklum hiatus

  38. Langsung pengen benerin profil blog. Hehehehe.

    Kalau belum punya pengalaman organisasi terkait blog cukup kerja sama dan pengalaman lomba ya, Mak?

    1. Iya, Lia, gak apa-apa, achievment itu sih hanya pendukung, yang utamanya ya:

      – Nama kita
      – Alamat blog
      – Email
      – Social Media
      – Lokasi

  39. dian bikin portopolio gitu kak injul di wordpress.

    tapi justru gak bikin utk yang di dianonasis.com

    eeaaa… makasih banyak ilmunya ini kak…

    mo dirapiin lagi deh..

    tapi mo nanya yang ttg community page view itu… utk semua postingan ya itungannya itu *kayaknya pernah lihat di statistik blog…

    1. iya, Dian, untuk semua postingan, terserah Dian mau ambil yang per bulan atau totally selama blog berjalan πŸ™‚

  40. Huhu haha, Mbak kece nih ilmunya.
    Kadang karena jenisnya personal blog, jadi bingung slash nggak pede mau bikin profil yang kayak apa.
    Postingannya Mbak kali ini mencerahkan banget.
    Thanks ya Mbak! xoxo

  41. Wah, kolom aboutku udah cukup belum yaa :’)
    Saya menulis lengkapnya di media kit Mak. Eh, apa boleh ya media kit dijembrengin di kolom About Me? Atau kalau minta secara pribadi baru dikasih gitu ya Mak? *galau

    1. Kalau media kit dikasih secara pribadi saja, nggak perlu dijembrengin di blog kita πŸ™‚

      Tapi kalau di luar negeri, mayoritas mereka udah bikin di About Me πŸ˜€

  42. Oalaah..yang kayak gini toh maksudnya.
    Baiklah, perbaiki page about me dulu πŸ˜€

    Saya kira yang file pdf/jpeg buat disodorin ke ahensi #eh

    1. Yang versi pdf/jpeg itu ada contohnya saya bikin dalam gambar, coba dibaca tuntas postingannya πŸ™‚

  43. kalau blog yang blm ada achievement nya gmn? apa yg sebaiknya ditulis di about me? terima kasih πŸ™‚

  44. Hmmm, gitu ya Mbak.
    Jadi mikir mau bikin, tapi apa kelebihan saya sebagai blogger ya. Belun apa2 udah minder duluan, hehehe

  45. Aduh aku bingung bikinnua gimana. Dan ditaruh dimana ya profile aku itu? Kalo yang berupa web gitu taruh dimana? Ahhh makpuh.. sungguh aku bingung πŸ˜€
    Aku kira dengan tulisan saja sdh cukup

  46. Wah aku masih blm pede. Hiks. Pv nya masih kecil, follower juga. Aduhhh. Ktanya mau jadi propesional tapi aku blm maju maju nih mak

    1. Hahahaha, about mu mah udah kece badai, Riev πŸ™‚
      Pengen bikin sepertimu, tapi bingung nggak punya portfolio πŸ˜€

Leave a comment

Your email address will not be published.