Abon Jambrong, Teman Makan dari Jakarta

Abon Jambrong, Teman Makan dari Jakarta

Urusan masak memasak buat saya memang butuh rasa ikhlas tingkat tinggi untuk melakukannya. Bukan karena malas, tapi lebih ke selera makan anak-anak yang susah-susah gampang.

Susah karena anak-anak sukanya hanya makanan itu-itu saja. Misalnya; ayam goreng, rendang daging, sop iga, teri sambal balado, plus opor ayam. Udah itu saja. Gampangnya ya karena bukan kategori makanan yang masaknya ruwet 🙂

Tapi ya itu, jadi mentok buat masak macam-macam. Dibikinin sayur bobor nih. Yang diabisin cuma kuahnya saja, sementara sayurannya tak tersentuh sama sekali. Dimasakkin ayam ala ala ayam Thailad gitu. Bukannya dimakan malah dikomen: ih, rasanya aneh.

Sebel sih, tapi mau gimana lagi, anak-anak memang seperti itu bukan. Lebih baik makan menurut selera mereka, dari pada enggak makan sama sekali. Pusing kan? Eh ya, penting diingat, yang masak Bude lho ya, saya cuma ngatur-ngatur makan apa hari ini. Gitu saja.

 

Kadang nih, kalau mentok anak-anak mau makan pakai lauk apa, cara gampang adalah kasih abon sebagai teman makan. Yup, anak-anak suka abon apalagi kalau nasinya panas. Selama ini memang abon daging sapi yang kami konsumsi. Nah, sekarang ini ada teman makan baru yaitu Abon Jambrong Unia.

Dapat dari mana? Kebetulan ada Sahabat Blogger yang memberikannya pada saya saat berkunjung ke Jakarta beberapa waktu lalu. Yup, Abon Jambrong Unia ini dikenal salah satu Oleh-oleh Khas Jakarta.

Bagaimana rasanya?

Yang jelas anak-anak makannya lahap. Ditaburi di atas nasi yang panas, dalam sekejap nasi ludes tandas, tanpa sisa. Oh ya, anak-anak lebih suka Abon Jambrong Unia yang original, karena mereka tidak terlalu suka pedas.

Berbeda dengan abon yang biasa dijual di pasar, warung, dan supermarket yang terbuat dari daging sapi dan berasa manis. Abon Jambrong Unia terbuat dari ikan jambrong yang diolah bersama bawang, cabe dan rempah-rempah lainnya. Tanpa pengawet dan MSG. Rasanya : gurih-asin, dan pedas.

Walau yang dimakan anak-anak, abon yang original bukan extra pedas, tapi rasanya tetap gurih.

Jambrong itu apa ya?

Jambrong adalah ikan yang banyak terdapat di perairan Depok. Dan salut buat owner Abon Jambrong Unia ini yang ingin mengangkat olahan ikan jambrong ini menjadi variasi baru oleh-oleh Jakarta.

Sahabat Blogger yang tinggal di Jakarta bisa lho menjadikan ini alternatif oleh-oleh buat teman/sahabat/keluarga yang tinggal di luar Jakarta. Makanan ini praktis, mudah dibawa-bawa, cocok untuk pelengkap makan siang di kantor, backpeker atau anak kost yang suka kebingungan mau makan apa 🙂

Kalau minat bisa telpon/sms/whatsapp ke nomor 081283624325, pin BB : Pin BB : 7D9A0603

Abon Jambrong Unia berat 250 gram, tahan selama 1 bulan dengan tanpa pengawet. Beli minimal 10 pack abon, dapat diskon 15 % lho. Menarik kan.

Info lebih lengkap tentang Abon Jambrong, makanan sehat tanpa MSG dan pengawet ini bisa dibaca di www.abonjambrongunia.wordpress.com atau follow twitter @abon_jambrong dan Facebook Fan Page Abon Jambrong Original Unia.

By Indah Julianti Sibarani

Fulltime mom Penulis Cerita Bacaan Anak Blogger Co Founder Kumpulan Emak Blogger (KEB)

27 comments

  1. Baru dengar ada yg namanya ikan jambrong…
    Bisa online order kaahhh? Apa bisa dikirim ke luar kota juga…? Berapa minum ordernya?

  2. Ehmm, baru dengar nih ikan Jambrong, bener bangets makpuh, ownernya kece mengangkat yang khas dan unik dari daerah kita, jadi pengen…

  3. Waduh, saya belum sarapan dan tiba-tiba aroma abon seperti terendus keluar dari monitor 🙁
    sepertinya kalo udah begini harus lanjut pesen nih, hihihi.. Sukses bikin saya ngiler…

  4. Wah, uenak sekali Mak. Apalagi buat anak pesantren. 😀 Coba kalo Taruli juga dikasih sangu ini, pasti seneng 😀

  5. wow, ada di Jakartanya Mana tuh Mbak? Alternatif makananya enak selain abon yang biasanya. Harganya, oia langsung saja ke lin WPnya

  6. kirain jambrong itu apa gitu mak,ternyata ikan ya..baru tahu hahaha.aish,kayaknya enak nih pake nasi anget2 makannya ^^

  7. enak banget abon jambrong ini, aku udah pernah makan dikirim mak susi gegara menang GA…nagih banget deh mak rasanya..ada ori dan pedesnya 🙂

Leave a comment

Your email address will not be published.