Memilih Jajanan Sehat untuk Anak

by Dec 10, 2015Kesehatan, Review27 comments

Memilih jajanan sehat untuk anak itu susah susah gampang. Apalagi jajanan yang ada di sekolah. Tanpa disadari, jajanan yang mereka beli bisa berakibat buruk untuk kesehatan mereka.

Seperti beberapa waktu yang lalu, yang terjadi pada anak saya yang nomor dua, Kayla. Dia jatuh sakit selama hampir satu minggu, badannya panas tinggi, perutnya sakit dan muntah-muntah, walau sudah dikasih obat penurun panas. Di hari kedua, saya membawanya ke dokter.

Dari hasil pemeriksaan dokter, Kayla terkena gejala amandel dan radang lambung. Penyebabnya, makan yang tidak teratur, tidak bersih, dan sehat!

Kok bisa? Kata saya dalam hati. Saya selalu memperhatikan apa yang dimakan anak-anak baik di rumah mau pun yang dibawa ke sekolah sebagai bekal. Saya pun menginterogasinya kenapa bisa lambungnya meradang dan amandelnya sakit.

Awalnya, Kayla cuma bilang karena sakit biasa, dia memang suka malas makan kalau malam hari. Ia merasa badannya sudah gemuk. Lucu juga, anak kecil masih 10 tahun, sudah takut kegemukan. Tapi saya yakin bukan itu alasan sebenarnya. Korek-korek, akhirnya terbongkar juga, kalau pulang sekolah, Kayla suka ikutan teman-temannya jajan di luar sekolah.

 

Jajan sembarangan!

Gimana tidak sakit lambungnya?

Kesal juga, apalagi untuk urusan makanan, saya berusaha memenuhi kebutuhan anak-anak dengan 4 sehat 5 sempurna itu. Bekal anak-anak ke sekolah saya usahakan dibuat sendiri di rumah. Dan kalau jajan, saya hanya membolehkan Kayla jajan jajanan sehat di kantin sekolah.

Seperti ini misalnya, Kayla dan Tiominar itu kan suka makanan yang berbentuk mie atau pasta. Keinginannya Kayla, setiap hari makan mie, setiap hari makan spagheti. Entah itu mie rebus, mie goreng, spagheti bolognaise atau apa pun itulah yang penting enak dimakan.

Kalau untuk mie, saya suka beli mie telur atau mie basah yang ada di pasar, dan untuk mie instant saya memilih MIGELAS, kebetulan Kayla dan Tio juga suka. MIGELAS itu mie nya tidak terlalu besar, pas banget porsinya buat anak-anak. MIGELAS juga tidak mengandung tambahan MSG, jadi saya ngerasa aman memberikan MIGELAS untuk anak-anak.

migelas

Kenapa MIGELAS?

Selain mudah dan cepat penyajiannya, kandungan kalori MIGELAS lebih rendah untuk umumnya mie instan, yaitu 110kkal dan rendah lemak, lebih rendah dari jajanan seperti keripik ciki dan lainnya, sehingga cocok sebagai jajanan sehat anak-anak di rumah.

Yang utamanya MIGELAS tidak mengandung tambahan Monosodium Glutamat atau MSG di komposisinya dan kandungan natriumnya juga rendah. Nah tau kan, natrium itu kan garam, MSG juga garam, kalau kebanyakan nanti bisa kena penyakit macem-macem pas udah dewasa. Jadi sebaiknya dihindari deh makanan yang ber-MSG dan yang garamnya tinggi.

Awal berkenalan dengan MIGELAS sih karena iklannya yang menyebutkan mie tanpa MSG, mie sehat untuk keluarga dan kemasannya praktis untuk dibawa kemana-mana. Ibaratnya, kalau dalam perjalanan, masukkan ke dalam tas juga muat.

Penasaran dengan mie sehat ini, saya lalu beli dan memberikannya untuk Tio dan Kayla, saat mereka minta makan mie. Anak-anak sih suka MIGELAS dengan rasa Ayam Bawang, Soto Ayam dan Bakso Sapi.

Kadang, kalau lagi terburu-buru dan tidak sempat membuatkan sarapan, solusinya adalah MIGELAS ini. Masaknya tidak sampai 3 menit.

 

Cara Memasak MIGELAS:

  • Rebus air hingga mendidih
  • Tuang MIGELAS ke dalam mug atau gelas
  • Beri air panas dan diamkan selama 3 menit, hingga MIGELAS matang.
  • Oh ya, jangan lupa masukkan bumbunya ya biar sedap
  • Atau kalau saya, suka menambahkan dengan bakso atau sosis.
  • MIGELAS siap disantap dengan nikmat

Kadang, saya juga membuatkan bekal sekolah mereka dengan MIGELAS, yang dipadu dengan sosis, seperti jajanan yang dijual di sekolah itu. Tio dan Kayla sih senang makan MIGELAS ini. Kadang nggak cukup satu, kalau mereka lagi lapar banget.

Mau coba? Beli di warung atau minimarket juga ada. Harganya murah kok. Dari pada anak jajan yang tidak sehat, lebih baik kita pilihkan sendiri jajanan mereka.

Oh ya, MIGELAS juga komit dengan jajanan sehat untuk anak-anak di sekolah. Beberapa waktu lalu seperti yang saya baca di artikel ini http:/ /goo.gl/iwgzbw, MIGELAS bersama BPOM menggelar seminar ‘Cermati Kandungan Nutrisi Jajanan Anak’ untuk 400 guru sekolah dasar di Jakarta. Dalam seminar tersebut, para guru diedukasi mengenai pentingnya jajanan sehat di sekolah, dibandingkan dengan jajanan berbahaya yang beredar saat ini.

migelas2

Mengapa MIGELAS menyelenggarakan seminar yang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan DKI Jakarta itu? Selain edukasi tentang mi instan yang bebas MSG dan bahan pengawet, MIGELAS mendukung peran guru sebagai panutan siswa dalam memilih jajanan sekolah yang sehat dan tepat.

Memang sih, jajanan yang beraneka ragam yang murah dan menarik itu menjadi favorit anak-anak, tapi kebersihan dan keamanannya belum tentu terjaga. Dan kita, orangtua yang harus peduli. Orangtua harus mengecek apakah jajanan anak itu mengandung zat pewarna, MSG, atau menggunakan pengawet.

 

Dari artikel di http://goo.gl/iwgzbw , ada tips memilih jajanan sehat di sekolah. Berikut tipsnya:

  • Pastikan membeli jajanan di tempat bersih dan terhindar dari sinar matahari langsung, debu, hujan, serta asap kendaraan bermotor.
  • Hindari membeli jajanan yang dibungkus dengan kertas bekas apalagi koran karena tintanya akan mengkontaminasi makanan dan bisa menyebabkan keracunan.
  • Mengedukasi Anak untuk tidak memilih makanan yang terpapar debu dan dihinggapi lalat. Pilih makanan dengan kemasan tertutup yang bersih atau disajikan oleh penjual yang juga menjaga kebersihan, misalnya memakai tutup kepala dan mengambil makanan dengan sendok atau sarung tangan plastik.
  • Ingatkan si kecil untuk tidak memilih makanan yang gosong karena bisa menjadi pemicu kanker dan kerusakan ginjal.
  • Ingatkan anak untuk tidak membeli makanan yang terlalu gurih atau berwarna mencolok karena bisa jadi makanan tersebut mengandung bahan-bahan berbahaya.

Sahabat Blogger yang punya anak, sudah lebih memperhatikan jajanan anak di sekolah?

Sahabat Blogger yang punya anak, memperbolehkan anaknya jajan di sekolah?

Apa juga memperhatikan asupan gizi untuk jajan sehat anak-anak?

Yuk bersama-sama, kita lebih peduli dengan memilih dan memberikan jajanan sehat untuk anak-anak kita.

 

<a href="https://indahjulianti.com/author/indahjuli/" target="_self">Indah Julianti Sibarani</a>

Indah Julianti Sibarani

Fulltime mom Penulis Cerita Bacaan Anak Blogger Co Founder Kumpulan Emak Blogger (KEB)

YOU MAY ALSO LIKE

Mengadang Pusaran, Kisah Perempuan dalam Kekangan Zaman

Mengadang Pusaran, Kisah Perempuan dalam Kekangan Zaman

Sedikit cerita. Saya terlahir sebagai anak pertama dari lima bersaudara, dengan urutan tiga perempuan pertama, lalu anak keempat dan kelima adalah laki-laki. Terlahir dari orang tua suku Batak yang kuat memegang adat meski kami tinggal di ibukota negara, Jakarta....

read more
Homi Coffee and Space: Ngopi Enak Sambil Kerja

Homi Coffee and Space: Ngopi Enak Sambil Kerja

“Di Yogyakarta ada nggak, tempat ngopi enak yang bisa disambi ngerjain kerjaan plus ngobrol-ngobrol seru bareng teman kerja?” tanya daku kepada Nasirullah Sitam, blogger asal Karimun Jawa yang menetap dan bekerja di Yogyakarta dan kukenal sejak masih tinggal di...

read more

27 Comments

  1. Cyber situation

    ngeri kalau makanan udah dicampur bahan kimia mah..

    Reply
  2. beritajualbeli

    Makasih mba untuk sharenya,., Alhamdulillah istri saya jarang jajan diluar, lebih baik bikin jajan sendiri untuk anak kami

    Reply
  3. aizeindra

    dulu mamakku juga sering stock mie gelas dirumah, kadang kalo anak anaknya males makan nasi, opsinya ya makan mie gelas

    Reply
  4. yusuf

    memang perlu diperhatikan jajanan anak…

    Reply
  5. Ety Abdoel

    Masalah emak-emak sejagad nih. Saya suak berdebat saya nyediain aanak-anak nggak mau. Maunya yang lain padahal menurutku nggak sehat. Emaknya harus panjang akal.

    Reply
  6. Rush

    mie Gelas enak sihh,, hanya saja butuh 3 porsi untuk saya. hehehe..

    Reply
  7. fanny fristhika nila

    sering banget liat iklannya, tp aku sndiri blm prnh nyicipin sih rasa mie gelas ini… Tapi utk jajanan Fylly aku jg ga mw sembarangan kok mba.. sebisa mungkin ya ga beli di tempat yg aku anggab kotor.. tp ya itu, aku sbnrnya ga bs jamin juga dia bnr2 patuh -__-.. selama ini sih blm prnh sakit yg krn jajanan ga sehat sih..

    Reply
  8. primastuti satrianto

    wah baru tau kalau migelas tanpa MSG, bisa borong migelas nii.. saya penyuka mie instant mak..

    Reply
  9. Blogger Galau

    Mie gelas…. jangan kan anak2, saya yg udah gede jg masih suka tuh hahahha. Rasanya nikmat pake banget

    Reply
  10. mira

    Nampak enak.. Jadi kepengen beli. 🙂

    Reply
  11. RedCarra

    Kaylaaaa… Ayo kita nongkrong lagi aja di Legend yukkkk 😆

    Reply
  12. Orin

    Kaylaaaa, bagi dong mi gelasnyaaa hihihi

    Reply
  13. Inda Chakim

    kesukaan aku nih, migelas.. 🙂

    Reply
  14. Anis Hidayah

    Kudu hati – hati nie,,,, tapi nggak hanya untuk anak mbak,,, yang dewasa juga mau kok Mie gelas 🙂

    Reply
  15. Isnuansa

    Belom belanja stok migelas lagi, Mbak. Kalau dilempar ke mari, diterima dengan senang hatiii~

    Reply
  16. sistalisius

    Dulu waktu kecil saya sering banget makan ini, kalo dulu mah cuma 1 atau 2 udah cukup. Tapi sekarang udah gede kaya gini 2 aja juga gak cukup. Sekarang ganti ke porsi yang lebih banyak.
    Makasih udah share 😀

    Reply
  17. Anggarani Ahliah Citra

    Iya, di sekolah ampun2 deh jajanannya. Biasanya sih langsung aku ajak pulang terus aku cariin jajanan yang lebih sehat.

    Reply
  18. Inayah

    bukan cuma buat anak kayaknya mbak. soalnya di laci kerjakku juga ada. cocok lah buat karyawan yang kadang tiba-tiba laper

    Reply
    • indahjuli

      Hehehe, gampang juga nyeduhnya ya 🙂

      Reply
  19. linasasmita.com

    Lumayan sih buat sarapan kalao lagi burur-buru mbak

    Reply
    • indahjuli

      betul, Lina 🙂
      Jadi andalan banget ya.

      Reply
  20. HM Zwan

    ngeri juga kalo lihat jajanan di luar sekolah sekarang ini ya mak,gara2 lihat di tv jadi takut sendiri saya..
    aku suka mi gelasss,praktis,rasanya khas…sulu kalo makan ini selalu pake pilus hehehe

    Reply
    • indahjuli

      Samaaa 🙂
      Anak-anak juga suka makan MIGELAS ini pakai pilus, katanya nikmat 😀

      Reply
  21. cumilebay

    Kalo 1 biji kurang kenyang, jadi mesti 2 porsi hehehe

    Reply
    • indahjuli

      Untukmu 2 MIGELAS ya, Cumi 😀

      Reply
  22. Ria M Fasha

    Memang kudu selektif ya mak memilih jajanan
    anakku belum sekolah skarang, tapi diusahain belajar masak biar bisa ngurangi jajan hehe

    Reply
    • indahjuli

      Setuju, Ria.
      Untuk menjaga kesehatan anak sebaiknya bekal dari rumah sih 🙂

      Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to Blog via Email

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Arsip

Categories