4 Sehat 5 Teratur

by Jun 25, 2014Review16 comments

Beberapa waktu yang lalu, seorang Sahabat Blogger saya, Irma Susanti atau lebih dikenal dengan Irma Senja, diundang ke salah satu televisi swasta, NET TV, untuk hadir di acara Sarah Sechan. Dan, tak disangka di akhir acara mini talkshow tersebut, Irma mendapat smartphone versi terbaru dari salah merek terkenal. Sebenarnya sih bukan masalah dapat gadget mahalnya itu yang ingin saya obrolin, tapi apresiasi terhadap apa yang dilakukan Irma sehingga bisa diundang ke acaranya Sarah Sechan dan mendapat surpraise indah itu.

Saya selalu kagum dengan orang yang konsisten dan fokus terhadap tujuan hidupnya. Irma adalah salah satunya. Sudah banyak yang tahu kalau Irma adalah seorang penyintas, pengidap kanker. Tapi Irma nggak mau berleha-leha dengan sakitnya. Ia terpicu untuk hidup sehat dengan melakukan banyak hal, seperti menjaga makanan, berolah raga dan rutin mengecek kesehatannya, minimal ke dokter setiap bulannya.

Apa yang dilakukan Irma memicu saya untuk melakukan hal yang sama. Apalagi kalau secara garis keturunan, saya itu punya potensi diabetes (adik saya salah seorang penderita diabetes).

Alhamdulillah setelah melalui test hingga saat ini gula darah saya masih normal. Saya masih diberikan kesehatan yang baik. Tetapi, saya nggak mau lalai dengan hal itu, enggak mau menunggu sakit datang hinggap di tubuh, mengutip tulisan Irma di blognya, mari konsisten bertransformasi menjadi lebih sehat.

Yakin sudah bertransformasi menjadi lebih sehat? Insya Allah yakin dan harus.

Apa yang sudah saya lakukan? Sekarang ini sih mencoba berolah raga jalan kaki yang teratur, dan menjaga pola makan yang suka morat marit. Dan yang paling penting bagi saya adalah mengecek kesehatan secara rutin. Enggak perlu ke dokter sih kalau saya, ada yang bisa dilakukan sendiri.

Terkait dengan diabetes yang diderita adik saya, dari hasil seminar kesehatan yang saya ikuti menurut Kementerian Kesehatan pada tahun 2013, penduduk Indonesia dengan usia lebih dari usia 15 tahun yang mengidap diabetes adalah sebanyak 6,9%. Sementara, menurut Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PERKENI) pada tahun 2011 Indonesia telah memasuki epidemi Diabetes Mellitus tipe 2 dengan kecenderungan pada wanita di perkotaan yang berusia 45 – 52 tahun. Ngeri ya.

Supaya saya jangan menjadi salah satu dari kecenderungan itu, saya mengikuti program “4 Sehat 5 Teratur”, yang bertujuan untuk menormalkan kembali aktivitas insulin dan kadar glukosa darah sehingga diharapkan dapat mengurangi terjadinya komplikasi.

Apa sih 4 Sehat 5 Teratur itu? Ini beberapa pointnya:

1)    Edukasi diabetes, agar penderita diabetes terus mencari informasi dan mengetahui perkembangan diabetes, sehingga dapat memahami seluk beluk diabetes beserta cara pengendaliannya

2)    Melakukan aktivitas fisik secara teratur selama 3 sampai 4 kali dalam seminggu, selama 30 menit

3)    Pengaturan pola makan penderita diabetes perlu dijaga dengan konsumsi rendah gula dan tinggi serat agar gula darah menjadi seimbang

4)    Terapi obat atau insulin dengan anjuran dari dokter sesuai dengan kebutuhan penderita diabetes, apakah memerlukan obat oral atau insulin?

5)    Swa-Monitoring Glukosa Darah (SMGD) terstruktur yaitu pemeriksaan gula darah secara mandiri untuk memantau kadar gula darah dalam waktu tertentu.

Dan, swa monitoring SMGD itu saya lakukan dengan pemeriksaan gula darah secara rutin 2 – 3 hari sekali dengan Accu – Chek®, alat monitor untuk mendeteksi kadar gula darah dalam tubuh bagi diabetesi dan non diabetesi. Accu Chek ini dapat digunakan sehari – hari, di mana saja, kapan saja, dan hasil akhirnya akurat yang setara dengan hasil laboratorium.

Accu – Chek® memiliki beberapa keunggulan yaitu mampu menyimpan memori hingga 500 memori, memiliki alarm pengingat tes, tidak menimbulkan rasa nyeri, dan hasil tes dapat disimpan dan dipindahkan ke dalam perangkat komputer.

Accu–Chek® memiliki seperangkat alat yang berisi meter untuk menampilkan hasil, strip untuk mengukur kadar gula darah, dan softclix sebagai alat tembak dari jarum untuk mengeluarkan darah.

Cara pemakaiannya gampang! Yang penting mengikuti sesuai mengikuti petunjuk penggunaan, sehingga target gula darah seperti di bawah ini, Insya Allah tercapai.

Target hasil tes gula darah adalah:

  • Gula darah puasa / sebelum makan → Dibawah 100 mg/dL
  • Gula darah setelah makan → Dibawah 140 mg/dL

Bagaimana saya setelah menggunakan Accu – Chek®?

Alhamdulillah, sekarang sudah lebih canggih mengukur kadar gula darah sendiri. Nggak perlu lagi ke dokter, bisa mengirit jatah beli sepatu dan baju 🙂

Ingin seperti Irma Senja? Yuk bertransformasi hidup menjadi lebih sehat, salah satunya dengan mengukur kadar gula darah sendiri (Swa-Monitoring Glukosa Darah – SMGD). Mau kan?

 

 

 

<a href="https://indahjulianti.com/author/indahjuli/" target="_self">Indah Julianti Sibarani</a>

Indah Julianti Sibarani

Fulltime mom Penulis Cerita Bacaan Anak Blogger Co Founder Kumpulan Emak Blogger (KEB)

YOU MAY ALSO LIKE

Mengadang Pusaran, Kisah Perempuan dalam Kekangan Zaman

Mengadang Pusaran, Kisah Perempuan dalam Kekangan Zaman

Sedikit cerita. Saya terlahir sebagai anak pertama dari lima bersaudara, dengan urutan tiga perempuan pertama, lalu anak keempat dan kelima adalah laki-laki. Terlahir dari orang tua suku Batak yang kuat memegang adat meski kami tinggal di ibukota negara, Jakarta....

read more
Homi Coffee and Space: Ngopi Enak Sambil Kerja

Homi Coffee and Space: Ngopi Enak Sambil Kerja

“Di Yogyakarta ada nggak, tempat ngopi enak yang bisa disambi ngerjain kerjaan plus ngobrol-ngobrol seru bareng teman kerja?” tanya daku kepada Nasirullah Sitam, blogger asal Karimun Jawa yang menetap dan bekerja di Yogyakarta dan kukenal sejak masih tinggal di...

read more

16 Comments

  1. luthfi

    Menjalankan gaya hidup sehat sangat penting, selain menjaga kesehatan juga akan menjauhkan dari berbagai macam resiko penyakit.

    Reply
  2. Nurul Sefty

    mba indah ini bisa aja deh
    mleset mlesetin 5 sehat 5 sempurna jadi 4 sehat 5 teratur
    keren mba 😀

    Reply
    • Indah Julianti

      Hehehe, itu dapat juga 🙂

      Reply
  3. maydina safitri

    beneer banget mak, alat kecil seperti itu emang sangat di perlukan yah, kdang suka lalai klo sehat ehehe 😀

    Reply
    • Indah Julianti

      Yuk, dari sekarang kita peduli dengan kesehatan 🙂

      Reply
  4. liza

    Yuo bener banget mak, salut dengan konsep hidup mak irma. Duh, sekarnag masih muda aja saya udah malas olah raga mak, harus berubah nih. Btw sekarang kita memang sudah dimudahkan dengan kecangihan teknologi seperti alat manual periksa kesehatan, entah itu tensi, gula darah, kolestrol, asam urat, dll. Tapi konsultasi ke dokter juga penting agar kita lebih yakin dengan hasil ya g kita periksa… Hehhehe

    Reply
    • Indah Julianti

      Aih ada dokter yang menyambangi blogku, terima kasih ya.
      Setuju!

      Reply
  5. rahmi

    belum pernah ngecek gula darah aku mak.. iya salut banget sama mak Irma

    Reply
  6. Nokia

    hlayha itu, 4 sehat 5 Teratur sempurna. hehe

    Reply
  7. ida nur Laila

    tulisan pakar memang enak mengalir nggak kerasa iklannya…saluut mak dengan hidup teratur sehatnya. selamat mak Irma Senja…

    Reply
  8. Ade Anita

    Iya sih bener… irma tuh hebat. Karena yang susah itu konsisten dengan sebuah pola yang karena rutin malah jadi berasa membosankan.

    Reply
  9. BlogS of Hariyanto

    yang sering diabaikan adalah mengecek kesehatan secara berkala…sehingga terkadang…baru ketahuan sakit-nya saat sudah stadium akhir……, kesehatan itu sangat utama..jadi tak boleh diabaikan begitu saja…terimakasih sudah berbagi…..
    keep happy blogging always..salam dari Makassar 🙂

    Reply
  10. Lidya

    mau juga punya alat cek seperti itu sendiri. Harganya berapa tuh mbak indah?

    Reply
  11. Ety Abdoel

    Sudah lama nggak ngecek gula darah..makasih sudah diingatkan

    Reply
  12. HM Zwan

    sudah mulai menjaga pola makan,etapi lebih simpel juga ya mak…g perlu ke dokter,cek sendiri di rumah..uwaa mauuuu #eh 😀

    Reply
  13. Oline

    Hahaaa…bukan gadgetnya ya yg dibahas. Tapi pola sehat hidup 🙂
    Berarti kita kudu sering2 aware sama kadar gula kita ya. Kadang kita suka gak aware sama yang beginian. dengan pola makan kita sehari2 …

    Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to Blog via Email

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Arsip

Categories