Unfollow My Blog!

Tulisan ini terinspirasi dari postingan di group Facebook yang saya ikuti.

****

Seorang teman blogger bertanya bagaimana caranya meng-unfollow blog yang dulu diikuti, karena di dashboardnya sekarang banyak bermunculan blog-blog tidak senonoh. Dia sudah melakukan klik unfollow belum tidak berhasil, unable connected, dan masih menerima notifikasi blog itu.

Memfollow blog yang kita rasa menarik dan memberikan banyak informasi bukan sesuatu yang baru di dunia blogging, dan kalau buat saya, blog difollow oleh blogger lain sesuatu hal yang membanggakan dan berterima kasih kepada blogger yang setia mengikuti apa yang ada di blog saya.

Lalu bagaimana kalau ternyata blog yang kita ikuti/follow, ternyata mengganggu buat si pemilik blog?

Teman blogger yang lain bercerita kalau dia memfollow blog salah satu penulis beken di Indonesia. Dan kini ia bermasalah dengan follow blog itu, karena ternyata si penulis beken merasa terganggu akibat notifikasi yang masuk ke emailnya. Menurut si penulis beken, setiap teman blogger tersebut update blognya, posting tulisan baru, notifikasinya masuk ke email si penulis. Si penulis beken lalu minta agar teman blogger itu meng-unfollow blognya.

Teman blogger saya itu meminta maaf dan melaksanakan permintaan si penulis beken itu, untuk unfollow, namun sepertinya gagal. Sehingga si penulis beken itu pun uring-uringan.

Secara logika, kalau kita memfollow satu blog, notifikasi yang ada atau dikirim ke email kita adalah notifikasi dari blog yang kita ikuti/follow. Bukan notifikasi dari kita yang mengikuti/follow ke pemilik blog yang kita ikuti/following.

Kecuali, kalau si penulis beken itu juga mem-follow blog teman blogger saya itu, pasti dia akan mendapat notifikasi ke emailnya. Jadi, saling follow memfollow blog.

Menurut saya, aneh juga kalau kita nggak memfollow blog, tapi notifikasi blog update datang atau masuk ke email kita. Setahu saya dan sudah sering memfollow blog orang dan blog saya difollow blogger lainnya, saat subcribe tidak ada notifikasi yang menyatakan kalau saya memfollow blog akan mengirimkan email notifikasi blog update saya ke following blog. Kalau blog saya difollow blogger, hanya pertama kali semacam pemberitahuan kalau blog saya sudah difollow oleh blogger lainnya. Begitu bukan?

Negatif thinking jadinya, si penulis beken itu lebay. Masa sih blog difollow memberikan masalah buatnya? CMIIW, kalau pun ada email notifikasi, kan bisa ya kita mengatur (manage) kalau tidak ingin menerima notifikasi. Sepertinya Google atau WordPress sudah membuat gampang blogger untuk mengunakan fasilitasnya.

Kenapa musti uring-uringan? Dirimu penulis beken lho, nanti jadi berkurang penggemarnya karena nggak bisa berbesar hati.

Follow, Following atau unfollow sebenarnya hal yang biasa, nggak perlulah terlalu lebay.

Buat blogger yang difollow blognya sama blogger lain, suatu keberuntungan atau kebanggaan tersendiri lho, karena blog kita ternyata menarik hati yang memfollow.

Kalau kemudian blog kita diunfollow, yah nggak apa-apa juga, berarti blog kita sudah tidak menarik hati lagi. Dan kalau saya sih, jadi pelajaran berharga, mungkin blog saya terlalu lebay atau seperti yang diungkapkan teman saya di atas, blognya memuat content-contet tak senonoh, atau bisa jadi blognya tiba-tiba berubah menjadi blog jualan semata.

Oh ya, menurut Kristen Duke, salah seorang lifestyle blogger dan salah satu photografer blog terkenal dari Austin Texas, Amerika Serikat:

I blog because I love to share,

I love the community,

I love the feedback,

and I love the drive it gives me to do projects on my list.

So, ketika kita ngeblog, kita harus sudah siap dengan segala hal, termasuk menerima email notifikasi bertubi-tubi. Tinggal hapus, gampang kan 🙂

Ayo dong follow blog saya, karena bukan penulis beken, saya janji nggak marah deh kalau ada email notifikasi.

By Indah Julianti Sibarani

Fulltime mom Penulis Cerita Bacaan Anak Blogger Co Founder Kumpulan Emak Blogger (KEB)

40 comments

  1. Itu kayaknya perkara si penulis beken itu rajin utak atik atau terima beres aja sih hehehe…

    Blogku yang sekarang belum follow blog siapa2 dan belum difollow juga. Masih bebenah template soalnya. Ntar kalau udah ok baru follow2.

  2. wahahhahah kok lucu ya. biasanya yg dapet notif kan yg mem-follow, lah kalo ga ngapa2in kenapa juga dapet notif? itu bloggernya gaptek kali, mak. wkwkkwkkw ajarin, deh. whahhahh jadi pengen ngakak2 tengah malem 😀

  3. Iya agak aneh ya mbak Indah. Setahuku kalo blog blogspot dan wordpress notifikasi hanya muncul bagi yang memfollow saja.

    Dan… ya ampun itu penulis kok sebegitu santainya minta orang unfollow blog dia. Kesannya gimanaaa gitu. 🙂

    *kangen MP*

  4. biasanya folow memfolow memang jadi masalah kalo sudah ga pengen baca tulisan yang difolow. tapi emmang notifikasi masuk cuma kalo kita folow blog itu ya, mak. kalo ga ya kosongan, hehe 😀

  5. Hahahahahha.. berarti penulis itu belum siap beken atau belum siap ngeblog ?
    Saya baru tahu ada yang merasa terganggu dgn notifikasi2 tersebut…

  6. Sabar Mak…:) Penulis songong begitu gak awet orbitnya…xixixi… Aku belom memfollow blog sapa2 nih..xixixi jadi BW nya acak aja…ato pantau lwt twitter..

  7. waah…klo boleh tau penulis beken itu siapa mba..??jgn2 sama lagi ama penulis beken yg juga sempet bikin heboh di fb karena sombong…

  8. Waaaaah suka sama tulisannya Kristen Duke! Itu kali yah yang sedang kita lakukan sekarang ini, Bund 😛 #PerangPostinganBlog tanpa tendensi 😀 hahahah yang mau update, silahkan share untuk nyatakan berperang, yang di tengah jalan mandek ya nggak pa pa hihihihi kan niatnya berbagi.

    Btw saya sendiri sebenarnya difollow oleh 34 blogger di blog yang GenduD itu, sedangkan di blog lain nyaris tak ada followers dan saya sendiri nyaris nggak pernah follow blog lain wkwkwkwkwk bukan karena tidak mau, tapi karena tidak terbiasa 😀

    1. Hehehe, ntar kalaua sudah dapat namanya kukasih tau, dan kita datangi blognya ramai-ramai mau nggak Ade Anita ? :)))

  9. Hehe.. manggut2 baca komentar2 di atas. Semoga aja si penulis beken segera menemukan cara menghilangkan notifikasi yang mengganggu itu. 🙂

    1. Setuju, Kaka Akin, dan harus mau belajar tentang teknologi ngeblog biar tidak gaptek 🙂
      Thanks sudah berkunjung ya.

  10. Met malam mba,

    Saya jadi penasaran, siapa sih sang penulis keren yg merasa terganggu itu ya?
    Saya pribadi banyak memfollow blog, tapi tidak mengaktifkan fitur notifikasi emailnya. Itu kan cuma pilihan yg gampang saja menggunakannya. Tinggal di check atau un-check di setting blognya si penulis keren itu.

    Bagi saya, untuk mengetahui posting2 baru dari blog-blog yang saya follow itu, saya menggunakan rss reader. Saya sekarang menggunakan aplikasi feedly, yang dipasang di browser chrome saya dan di install di android saya. Hal yang sangat memudahkan dibanding berkunjung ke satu persatu blog yg saya follow.

    Tetap ngeblog mba. Saya suka dengan tulisan-tulisan mba di blog.

    Salam,

    1. Wah tersanjung dipuji Pak Titik Asa, terima kasih terima kasih 🙂
      Setuju, Pak Asa, follow blog itu memudahkan kita untuk membaca blog teman-teman atau blog yang kita favoritkan.
      Mungkin penulis beken tersebut gaptek, seperti kata Ade Anita semoga segera menemukan solusinya 🙂

  11. he heh,,endingnya capcus mak indah,,kalo aku difollow bnyk orang sih aku akan lbh semangat nulis biar gak nyesel yg follow,,jd tmbah bnyk ilmunya,, 🙂

    1. Bunda Aisykha, setuju sekali dengan pendapatnya 🙂
      Semakin banyak kita follow blog, semakin banyak ilmu yang didapat, ya kan?

  12. Ada pesan sponsornya di akhir tulisan…. 😀

    Lah ya itu, saya sependapat sama Mak Indah Juli: sesewriter yang follow kok sesewriter yang keki kalo dikirimin email. Itu pan aneh. 😀 Kalo pun sesewriter gak pengen diganggu, ya sesewriter harus unfollow sendiri gitu kan, ya. Sepertinya … sesewriter gaptek. *plak*

    1. Hahahaha, Mak @Octa bisa saja, tahu aja kalau blogku butuh difollow 🙂
      Yuk, mari kita plak penulis itu. thanks sudah berkunjung ya.

  13. hah, lebay amat itu penulis nya yak hehehe
    selain sombong kynya doi jg gaptek mgkn, mosok gegara di follow blog nya dia bs nerima update blog yg mem-follow dia, mgkn dia dlu ga sengaja folbek jg x yah hehehe

    1. Sepertinya salah setting dia 🙂
      mungkin maksudnya mau setting menerima permintaan follow dari teman blogger itu, eh malah ngefolbek 😀

  14. hahah…..obrolan kita tadi lsg loncing yaa….wkwk, ternyata peringatan dia supaya saya unfollow blog nya ga cuma muncul di email, tp dia ninggalin jejaknya jg di blog saya, sayang nya komentar dia di blog ga saya publish, jd pd ga bisa lihat siapa org nya ahaha, tadinya mau saya publish, tp ntar takutnya saya dimarah lg deh…xixi. Kebingungan yg kedua adlh, saya mem follow dia dr thn 2009, atas anjuran tmn saya, supaya bisa belajar nulis, karena saya mulai aktif nulis thn 2009, dan si penulis tsb emang beken bgt wktu itu. Tapi anehnya knp dia bru marah2nya skrg yak?? ah…bingung deh. skrg saya udah bolak-balik cri tau caranya un follow blog dia, tp gagal mulu….heu heu.

    1. hehehehe, maaf ya nggak ijin darimu, abis gemes membaca ceritamu, kalau tahu siapa penulis beken itu rasanya pengen membully 😀

  15. wah kakak, mungkin krna sya pengguna blogspot ya, jadi blm pernah mengalami kebanjiran email notifikasi (atau karna ga pernah ngecek ya? wkwkwk) 😀

  16. Kalo follow blog sih ga akan masuk email, masuknya ke reader yg di dalam dashboard blog itu. Kalo ada update blog masuk ke email berarti dia follow blog via email. Kalo mo ga masuk yaa unsubscriber linknya diklik trus di unsubscribe.

    Gitu aja rempong… penulis beken tapi gaptek kali 😛 wkwkwkwkwk…

    Aku udah follow tapi di feedreader. XD

  17. Kalau aku, semua akun socmed aku setting tidak ada notifikasi, kecuali status FB yg aku komen atau twitter mention, spy gak terlalu sibuk krn email-ku semua popup di BB. Notifikasi via email jg aku off-kan. Penulis beken itu pasti gaptek yg tinggi hati, instead of tanya caranya, mendingan memarahi orang yg berhubungan dengannya.

  18. Follow blogmu, Mbak? Malas ah! Hihihi….!
    Tapi aku sesalu setia mengunjungi blogmu, koq, walaupun gak selalu meninggalkan komentar ^_^

  19. saya terlalu banyak notifikasi dari facebook nih. dan notifikasi blog tidak ada hanya tertera lewat akun saja. Salamat pagi mba Indah. 🙂

  20. saya jarang ngebuka email, baru akhir2 ini saja saya buka. abisnya dulu terlalu banyak notifikasi dari FB. tapi skarang jarang dpt notifikasi dari FB, ga masalah buka email.

  21. namanya juga penulis beken mbak, mungkin dia nggak sudi kali ya dapet notif dari blogger biasa. atau mungkin juga karena dia terkenal jadi banyak banget email yg masuk, trus ditambah lg sm email notif blog itu, jadinya dia merasa terganggu karena BBnya bunyi terus. bisa jadi kayak gitu juga…
    tapi kayaknya dia salah setting, harusnya yg dapet email notif cuma si subscriber, bukan si blogger yang blognya disubscribe

    1. Nah, sepertinya itu salah setting mungkin ya 🙂
      Btw, aku baru mampir blogmu dan dapat ilmu baru, hihihi telat ya.
      Thanks sudah sharing ilmu2 wordpress yang keren ya.

      1. Hihi… Iya, sama2 mbak Indah. Seneng deh blogku bisa bermanfaat juga. Keep blogging mbak. Aku suka postingan2 mbak Indah.

Leave a comment

Your email address will not be published.