Kesetiaan untuk Sang Bangau

by Jan 31, 2014Books, Info4 comments

Heaven's Net Is Wide (Kisah Klan Otori, Buku Pertama) Heaven’s Net Is Wide by Lian Hearn

My rating: 4 of 5 stars

 

 

Penerjemah : Meithya Rose Prasetya
Penyunting : Lulu Fitri Rahman
Tata Letak : MAB
Penerbit : PT Matahati
Tebal : 786 halaman
Cetakan : November 2009
Kategori : Novel terjemahan/historical Epic

Berseting masa feodal Jepang, tentang keluarga ksatria seperti : Klan Otori (Negeri Tengah ; kota kastil : Hagi), Klan Seishuu (Persekutuan dari beberapa keluarga tua di Negeri Barat; kota kastil utama : Kumamoto dan Maruyama), Klan Tohan (Negeri Timur; kota kastil : Inuyama), Tribe, dan Hidden.

Tokoh utama dalam buku ini : Otori Shigeru (pewaris klan Otori), Matsuda Shingen (guru Otori Shigeru, mantan pendekar, kepala biara di Terayama), Akane (pelacur terkenal, putri seorang tukang batu), Mori Kiyoshige (sahabat Shigeru), Maruyama Naomi (pemimpin klan Maruyama), Arai Daiichi (pewaris klan Arai di Kumamoto), Iida Sadamu (pewaris klan Tohan, sekaligus musuh bebuyutan Otori Shigeru), Muto Shizuka ( Tribe, kekasih simpanan Arai), Muto Kenji (Ketua Keluarga Muto, sahabat Shigeru), dan Tomasu (Hidden).

Sinopsis :
Otori Shigeru, lahir dan dibesarkan dalam keluarga yang mengagungkan kesetiaan dan kehormatan. Shigeru menyaksikan sendiri bagaimana pengkhianatan bertanggung jawab atas kematian ribuan ksatria Otori dan penurunan posisinya sebagai pewaris klan.

Shigeru menemukan kekuatan dalam pelatihan yang diberikan gurunya, Matsuda Shingen, hubungannya dengan nama-nama misterius Tribe, berbagai pertempuran yang menguji kemampuannya, dan pertemuannya dengan Lady Maruyama, yang hidupnya juga telah dihancurkan oleh musuh besar Otori, Klan Tohan.

Ulasan :
Cinta, kesetiaan, kehormatan, perebutan kekuasaan, pengkhiatan, dan pembunuhan, merupakan hal yang selalu ada dalam kisah-kisah ksatria, seperti novel Heaven’s Net Is Wide ini.

Novel karya penulis wanita Lian Hearn, setebal 786 halaman, merupakan prekuel dari kisah Klan Otori lainnya, yang sudah lebih dulu sukses, seperti Across the Nightingale Floor, Grass for His Pillow, Brilliance of The Moon, dan The Harsh Cry of the Heron.

Dalam novel ini, pembaca dibawa menelusuri kisah kehidupan Otori Shigeru, sebelum menyelamatkan Takeo, pewaris klan Otori selanjutnya.

Diceritakan pula bagaimana terjadinya hubungan antara Lady Maruyama dan Otori Shigeru. Wanita-wanita yang berperan dalam kehidupan Shigeru, terutama wanita yang menjadi penyelamatnya dari bencana.

Meski alur cerita terasa lamban di bab-bab pertama, karena fokus cerita lebih mengarah pada proses pendewasaan Shigeru dan pembelajaran yang diterima Shigeru dari Matsuda Shingen, namun pada bab pertengahan, kisah Shigeru mulai mendebarkan.

Dikisahkan bagaimana Shigeru kehilangan satu persatu orang yang dikasihi dan dicintainya, bagaimana Shigeru kehilangan hak warisnya, dan harus mengikhlaskan diri, Otori dipimpin paman-paman tirinya yang pengkhianat dan pengecut, serta keteguhan dan keyakinannya, akan mampu menghancurkan musuh utamanya, Iida Sadamu.

Hal yang disukai dari novel Heaven’s Net Is Wide ini, adalah penjelasan tentang klan-klan tokoh cerita dan anggota-anggota keluarga, sahabat, pendukung klan, serta wilayah-wilayah kekuasaannya, sehingga mempermudah pembaca mengikuti jalan cerita.Juga tentang kelompok Tribe, yang memiliki keahlian khusus, serta kelompok Hidden, yang merupakan kelompok pemeluk agama Nasrani. Selain itu, terlepas dari penulisnya adalah seorang wanita, peran wanita dalam cerita ini cukup mendominasi, bukan hanya sebagai pelengkap cerita.

View all my reviews >>

<a href="https://indahjulianti.com/author/indahjuli/" target="_self">Indah Julianti Sibarani</a>

Indah Julianti Sibarani

Fulltime mom Penulis Cerita Bacaan Anak Blogger Co Founder Kumpulan Emak Blogger (KEB)

YOU MAY ALSO LIKE

Blog Tour dan Giveaway Love Is 2 Book, Mau?

Blog Tour dan Giveaway Love Is 2 Book, Mau?

  Bahwa cinta tak harus selalu terpancar dari kata-kata “aku mencintaimu”, tetapi justru dari hal-hal yang kita lakukan sehari-hari: makan, menunggu, atau memandanginya saat dia tertidur ~ Puuung Gimana Sahabat Blogger, setujukah dengan ungkapan Puuung di atas?...

read more
Dagadu Baru, Oleh-oleh Khas Jogja

Dagadu Baru, Oleh-oleh Khas Jogja

Banyak yang istimewa di Jogjakarta. Satu di antara keistimewaan itu adalah Dagadu.  Banyak yang baru di Jogja. Begitu pun dengan Dagadu. Dagadu Baru. Seru. Dagadu Baru, Oleh-oleh Khas Jogja.  "Kota adalah sebuah cerita. Sebuah kota adalah rangkai cerita yang tak...

read more

4 Comments

  1. luthfi

    Lumayan menarik kelihatannya

    Reply
  2. Lidya

    penjelasan tentang klan-klan jadi membuat pembaca bisa mengikuti jalan cerita dair buku itu ya mbak

    Reply
  3. ndop

    Aku baca novel setebal 300 halaman bisa habis dalam setahun. Berati novel ini bisa dua tahun!

    Fiuuuh…

    Reply
  4. Salman Faris

    Wah tebal juga ya Mba Injul, hebat uey bisa selesai baca buku dengan bahasa inggris pula 😀

    Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to Blog via Email

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Arsip

Categories