Keliling Indonesia Naik Kereta Api? Bisa Dong

Keliling Indonesia Naik Kereta Api? Bisa Dong

Hola Sahabat Blogger dan pembaca setia  blog Cerita Cita Cinta, Coretan Indah Juli, ada yang berencana untuk liburan keliling Indonesia, atau sedang melakukan perjalanan ke beberapa tempat di nusantara tercinta ini? Kalau rencana liburan atau bepergian gitu, transportasinya pakai apa sih? Mobil, bus, kereta api atau pesawat terbang. Kalau daku, pilihan nomor satu naik kereta api lah,  tiada yang lain. 

 

Keliling Indonesia Naik Kereta Api? Bisa Dong
Keliling Indonesia Naik Kereta Api?

Teman-teman dekat atau yang mengenal daku dengan baik, sudah pasti tahulah ya, selama ada kereta api di tempat yang akan kudatangi, pasti jadi pilihan nomor satu. Naik pesawat terbang, bus atau mobil itu, kalau nggak terpaksa atau kepepet banget butuh transportasinya. 

 

Naik Kereta Api

Seperti saat mudik Lebaran 2019 ke Jakarta yang lalu, kami sekeluarga, pergi pulangnya menggunakan Kereta Api Taksaka jurusan Yogyakarta – Jakarta (PP). Alhamdulillah, nggak kena harga yang mahal, karena sudah direncanakan jauh hari sebelum puasa, pemesanan tiket kereta api pun dilakukan sebulan sebelum keberangkatan. 

Nah, kalau Sahabat Blogger atau pembaca setia blog ini, ingin melakukan perjalanan ke beberapa tempat atau traveling  ke destinasi wisata keren di nusantara, bisa kok transportasinya dengan kereta api. Pembelian tiketnya pun sudah nggak ribet lagi. So, ingin keliling Indonesia naik kereta? Pesan tiketnya sekarang! 

Sesuka itu menggunakan transportasi kereta api? 

Ya gitu deh, sejak merasakan betapa nyamannya naik kereta api, apalagi sekarang PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) berbenah terus dan berusaha memberikan service/pelayanan yang mumpuni kepada penikmat/pelanggan kereta api Indonesia, ku mantap naik kereta api ke mana pun kaki melangkah di kala liburan atau traveling. 

 

Keliling Indonesia Naik Kereta Api? Bisa Dong
Stasiun Yogyakarta

Apalagi kalau perjalanan di malam hari nih, kereta api pilihanku, walau ada yang bilang perjalanannya lebih lama dari pesawat terbang, ku bodo amat (kecuali kepepet dan ngejar waktu ya). Perjalanan lama itu bisa kupakai untuk tidur dan istirahat, biar sampai di tujuan, bisa fresh. 

Lagi pula, dengan kereta api lebih nyaman lah dibandingkan dengan naik bus atau mobil, yang bisa terkena macet lalu lintas, plus lampu merah yang kadang waktu berhentinya lama bikin bete. 

 

Keliling Indonesia Naik Kereta Api?

Sekarang itu, mau ke mana tujuan perjalanan kita, bisa menggunakan kereta api sebagai transportasi. Rute atau area yang dilalui kereta api ke mana saja, bisa dicek juga di website yang menjual tiket kereta api Indonesia secara online.

Daku sih sudah punya langganan pesan tiket kereta api online, bahkan sudah unduh aplikasi burung biru itu biar memudahkan. Kalau kita pesan tiket kereta api secara online, selain cepat dan mudah, harganya juga bisa kita sesuaikan dengan budget atau anggaran perjalanan kita.

Seperti waktu Mas Iwan ke Sumatera Utara di perjalanan dinasnya. Selain menggunakan kereta api dari Kualanamu, mas Iwan coba naik kereta api dari Medan ke Tebing Tinggi. Dan ternyata asyik.

Yang seru juga, dengan transportasi kereta api itu bisa janjian jam keberangkatan dengan teman-teman walau berbeda stasiun keberangkatan. Seperti yang pernah daku lakukan menghadiri pernikahan teman dekat, Ragil dan Beby di Kuningan, Jawa Barat.

 

Keliling Indonesia Naik Kereta Api

 

Daku janjian berangkat di hari yang sama dengan De dan Kiky, ke Cirebonnya. Daku berangkat dari Stasiun Yogyakarta, sedangkan De dan Kiky, berangkat dari Stasiun Gambir, Jakarta. Memang sih daku duluan yang berangkat dari Yogya, untuk menyesuaikan jam kedatangan atau sampainya mereka di Stasiun Cirebon, Jawa Barat.

Pulang dari Kuningan pun begitu. Sama-sama dari Stasiun Cirebon, tapi berbeda tujuan/arah pulang. Daku berpisah dengan De dan Kiky di peron Stasiun Cirebon. Perjalanan ke Cirebon dengan naik kereta menghadiri pernikahan sahabat baik, tak terlupakan sampai sekarang.

 

Kereta Api Selalu Jadi Pilihan

Kalau bisa dibilang ya, sebagian besar perjalanan saya ke wilayah atau daerah lain, sebagian besar dilakukan dengan kereta api. Apalagi kalau ada acara atau mau nyekar ke makam Bapak, Mama dan Bulan, pasti deh naik kereta api.  Begitu pun kalau janjian ketemuan sama Mas Iwan di Jakarta, daku pasti naik kereta api.

Sahabat Blogger dan pembaca setia www.indahjulianti.com, punya cerita tentang perjalanan dengan Kereta Api?  Indonesia atau sudah pernah keliling Indonesia naik kereta? Pesan kereta api Indonesia tiketnya di mana?

By Indah Julianti Sibarani

Fulltime mom Penulis Cerita Bacaan Anak Blogger Co Founder Kumpulan Emak Blogger (KEB)

29 comments

  1. jujurnya aku memang blm prnh naik KA di Indonesia. sedih sih, di LN malah sering. Tapi udh bikin plan mb, aps cuti ntr kalo jd ke Surabaya pgn pake KA yg prioritas itu… ngeliat foto2 nya dan cerita temen2 udh kayak naik pesawat kls bisnis seat nya. hrg juga terjangkau banget :D. semoga deh bisa kesampaian thn ini. berharap banget sih indonesia nanti bisa punya Shinkansen dari ujung barat sampai timur, kayak di Jepang. kan enak biaya bisa lbh murah tp ttp nyaman

  2. Sebenarnya kulebih nyaman naik kereta buat traveling dibanding pesawat, hanya kadang ada beberapa kota yang mungkin aku kurang paham rute keretanya ya makpuh. Alhamdulillah, sekaran kereta udah bisa keliling Indonesia

  3. aku waktu masih kecil baru sering naik kereta mbak, habis perjalanan dari banyuwangi mau ke surabaya selalu naik kereta sampe surabaya senengnya bukan main, dulu sukanya keretanya tempat duduknya gede, biasanya aku dulu tidur sama mama pas disamping kursi pake koran aja sungguh pengalaman yang nostalgic

  4. Aku jadi kangen deh jalan-jalan pakai kereta. Udah lama ngga travelling keluar kota. Pernah satu gerbong isinya sekeluarga waktu ke Malang karena mau mantu. Seru deh.

  5. aku pecinta naik kereta api maak, udah lama jug nih gak melakukan perjalanan naik kereta api. biasanya kalau pengen liburan tipis-tipis pilih naik kereta api ke surabaya, anak-anak sudah seneng banget

  6. Kita samaan mbak. Aku selalu naik kereta api, mau perjalanan bisnis ataupun liburan. Soalnya selain nyaman, pemandangan yg di lewatin kereta tuh adem banget. Jadi makin nempel ma kereta.

  7. Aku suka naik kereta api, walau ya belum keliling Indonesia sih hehe, paling ya rute Jakarta-Jatim yg terjauh 😀
    Enaknya biayanya murah dan bisa menikmati jalan, namun emang gak secepat kalau naik pesawat ya mak. Aku mbayangin kalau Indonesia punya kereta api cepat kyk Jepang gmn ya? haha

  8. Aku menikmati sekali naik Kereta Api kalau mau ke Bandung dan Cirebon. Pernah sampai Purwokerto juga. Suka lihat pemandangan nya, dan naik Kereta itu juga nyaman lho ..

  9. Asyik ya kak…karena dah direncanakan jd bs berburu tiket kereta api dg mudah. Mudik Jogja Jakarta sekeluarga bukan lagi masalah.

  10. Baca tulisan mak Indah aku jadi kangen sekali Yogyakarta, bahkan aku selalu bilang sama suamiku “pindah Yogya yuk?”. Aku juga termasuk salah satu yang suka naik kereta kalau keluar kota. Namun baru sebatas pulau Jawa saja, nanti insya Allah September aku ke Yogya lagi dan sudah bilang sama anakku kita naik kereta aja.

  11. aku juga suka naik kereta api walau sebatas pergi bandung – jakarta, cuma 3 jam dan perjalanan menyenangkan banget karena bisa liat alam sekitar, makan minum gampang, ke toilet juga bisa hehe.. sampai ada yg bilang kalau aku semangat banget kalau ngomongin PP pakai kereta api, yaa soalnya emang seru, sih ^^

  12. Seharusnya dg fasilitas kereta yang sekarang baik sih bisa juga keliling indonesia pakai kereta. Hanya musti panjang banget ya waktunya hehehe. Diantara semua trip dengan moda transportasi aku paling suka naik kereta sih Mak.

  13. salah satu transportasi yang paling aku suka tuh sebetulnya kereta api mbak. hehe. alasannya karna kalo naik bus aku mabokan 🙁 kalo naik pesawat kadang harganya suka ngelunjak kan. jadi kereta api bisa jd salah satu pilihan kalo buat bepergian di pulau jawa.

  14. Makasih mba sharingnya aku ada rencana mau ke jogja gitu mbak… Mau naik Kereta gitu nanti ama anakku..

  15. Keliling Indonesia naik kereta api ini salah satu impianku, Mak Injul. Okelah, belum semua daerah di Indonesia ini ada jalur kereta api, tapi seenggaknya dengan kereta api bisa keliling Jawa, Sumatera, dan sebagian Sulawesi. Kalau diberkati usia panjang, semoga bisa mencicipi kereta api di Kalimantan dan Papua juga. Impian terdekat ini keliling Jateng dulu naik kereta, pas banget ada KA Kamandaka, KA Kaligung, juga KA Joglosemarkerto yang bisa mewujudkan ini. Tinggal nyari waktu yang pas. Emmm, sama anggaran yang pas juga sih. Hihihi.

  16. Aku naik kereta paling lama adalah 12 jam. Rute solo-banyuwangi. Perjalanan di pagi hari. Jadi terkesan lebih lama.
    Hampir semua pengalaman naik kereta semuanya berkesan, seperti pas naik kereta jakarta-bandung. Pemandangannya bagus. Jalur selatan jawa juga memiliki pemandangan yg bagus 😀

    1. Aku sedikit lebih lama berarti ya, Mas. Tahun 2007 aku inget banget pernah naik KA Sri Tanjung relasi Jogjakarta-Banyuwangi. Naik dari Stasiun Lempuyangan, turun di Stasiun Banyuwangi. Jadi, berangkat di titik awal rute dan turun di titik akhir rute. Asli capek dan bosan banget nyaris seharian di kereta gitu, tapi ya seru juga. Pengen mengulangi suatu saat nanti, dengan dokumentasi tentu saja.

  17. Renjana lagi seneng-senengnya naik kereta nih, Mbak. Bahkan kalau tau mau mudik Wsb dia mintanya naik kereta. Yakali di Wonosobo ada kereta hahaha. Aku suka berkereta karena gak ad amacet dan nggak ada drama mabuk kendaraan. Udah gitu bisa jalan-jalan keliling gerbong, ada toilet, ada makanan. Favorit dah pokoknya.

  18. Udah lamaaaa banget ga naik kereta kadang suka rindu naik kereta. Kalo menurut aku naik kereta tu ada sisi romantisnya, liat pemandangan cantik srpanjang jalan, belum lagi kalo pas jamnya senja sambil mandangin langit. Duuh syahduu

    1. nah iya, bener bener, naik kereta itu romantis, apalagi saat melihat pemandangan cantik ya. Indahnya Indonesia

Leave a comment

Your email address will not be published.