Lima Stasiun Kereta Api Tersibuk di Indonesia

by Oct 5, 2018Perjalanan9 comments

Kalau bepergian ke luar kota lebih senang naik transportasi apa? Bus, pesawat terbang, atau kereta api? Saya sih lebih senang naik kereta api. Walau perjalanannya lebih lama dibandingkan dengan pesawat terbang, buat saya naik kereta api itu lebih nyaman. Deg-degannya lebih sedikit, apalagi kalau mesti pergi di malam hari. Kecuali kalau perjalanan ke luar kota antar pulau yang harus dilakukan dengan pesawat, sebagian besar cerita perjalanannya saya dilakukan dengan naik kereta api. Menikmati pemandangan seperti persawahan dan melewati berbagai stasiun kereta api tersibuk, menjadi sensasi tersendiri. Selain itu, kereta api adalah sarana transportasi yang murah dan menyenangkan.

 

Stasiun Kereta Api Tersibuk

 

Lihat deh di Kota Jakarta dan sekitarnya, yang termasuk wilayah Jabodetabek. Kereta api menjadi sarana transportasi nomor satu para urban. Kereta komuter yang melayani para pelaju yang tinggal di kawasan-kawasan pinggir kota dan beraktivitas di daerah bisnis di pusat kota Jakarta.

Dari website KRL Indonesia, diperkirakan ada sekitar 1,2 juta penumpang per hari yang harus diangkut dengan menggunakan 1.450 unit armada KRL.

Itu baru di Jabodetabek lho. Bagaimana dengan daerah-daerah lainnya, seperti Cirebon, Yogyakarta, Surabaya atau Bandung ya. Jangan heran, di Indonesia, terutama di Pulau Jawa, padatnya jadwal kereta api yang berlalu lalu membuat lima stasiun ini menjadi stasiun kereta api tersibuk di Indonesia.

Lima Stasiun Kereta Api Tersibuk di Indonesia

Stasiun Manggarai

 

Stasiun Kereta Api Tersibuk

sumber: Yasir/era.id

Menjadi lokasi simpul berbagai kereta api yang masuk dan keluar dari Jakarta, Stasiun Manggarai menjadi stasiun yang paling sibuk di Indonesia. Ada sebanyak 726 jadwal kereta yang lewat stasiun ini dalam satu harinya. Tak hanya kereta api antar provinsi saja, kereta commuter line juga beroperasi di stasiun yang satu ini. Ada 100.000 lebih penumpang yang datang silih berganti ke stasiun ini.

Stasiun Kejaksan, Cirebon

 

Stasiun Kereta Api Tersibuk

sumber: aboutcirebon.id

Stasiun Kejaksan Cirebon merupakan tempat bertemunya kereta eksekutif dan bisnis dari jalur utara dan jalur selatan. Karena itulah, stasiun ini menjadi salah satu stasiun kereta api tersibuk di Indonesia. Kecuali kereta jurusan Bandung – Kroya, segala kereta harus singgah di stasiun ini terlebih dahulu. Tak hanya menjadi stasiun yang tersibuk, Stasiun Kejaksan Cirebon juga termasuk ke dalam salah satu stasiun terbesar yang ada di Indonesia, lho.

Di Stasiun Kejaksan Cirebon ini, saya punya pengalaman tak terlupakan yaitu untuk pertama kalinya merasakan tidur di stasiun kereta api. Kala itu, saya dalam perjalanan wisata religi berkunjung dari masjid ke masjid yang menjadi tempat bersejarah bagi Wali Songo. Berangkat dari Surabaya, Jawa Timur, mengunjungi Masjid Sunan Ampel, dan saat tiba di masjid Sunan Gunung Jati, saya harus pulang ke Jakarta karena ada urusan pekerjaan yang mesti segera diselesaikan, padahal saat itu hari sudah menjelang malam dan kereta menuju Stasiun Jatinegara tiba di Cirebon pada dini hari, keesokannya.

Mau tidak mau, saya pun terpaksa menunggu dari malam hingga dini hari di Stasiun Kejaksan Cirebon. Untungnya di stasiun ini banyak orang yang menunggu kereta dini hari, sehingga saya tidak merasa sepi dan khawatir. Lumayan pegel juga tidur di bangku stasiun. Kan nggak mungkin tidur berbaring, bisa-bisa didatangi petugas stasiun.

Baca Yuk: Ngopi Bareng KAI, Enjoy Journey with Indonesia Coffee

Stasiun Jatinegara

Stasiun Kereta Api Tersibuk

sumber: triptrus.com

Memiliki 6 jalur aktif yang selalu digunakan setiap harinya, Stasiun Jatinegara menjadi salah satu stasiun tersibuk yang ada di Indonesia. Stasiun Jatinegara merupakan kereta yang dilewati jalur kereta yang akan masuk dan keluar dari Jakarta. Terlebih lagi kereta commuter line juga aktif beroperasi di sini. Belum cukup sampai di sini, stasiun tersebut juga menjadi tempat peristirahatan dan pemeliharaan dari lokomotif kereta api.

Stasiun Pasar Turi Surabaya

Stasiun Kereta Api Tersibuk

sumber: @putraisdewata

Sebagai stasiun pembagian jalur di daerah Jawa Timur, Stasiun Surabaya Pasar Turi tentu saja merupakan stasiun tersibuk di Indonesia. Semua kereta dari jalur utara pasti berhenti di stasiun tersebut. Adapun tiga percabangan yang harus diatur di stasiun ini adalah kereta jurusan Semarang dan Cirebon, Tanjung Perak, Malang, dan juga Banyuwangi.

Stasiun Tugu Yogyakarta

 

Stasiun Kereta Api Tersibuk

sumber: cagarbudaya.kemdikbud.go.id

 

Stasiun besar Yogyakarta atau Stasiun Tugu Yogyakarta, stasiun kereta api di kota tercinta. Menurut saya, Stasiun Tugu adalah stasiun yang paling paling sibuk di Indonesia. Dipastikan nih, dari hari Kamis sampai hari Senin, ribuan penumpang naik dan turun di stasiun besar ini. Ya wajar sih, karena Kota Yogya itu merupakan daerah wisata yang menarik bagi turis domestik mau pun turis dari luar negeri.

Setiap jamnya, ada kereta kelas eksekutif dan bisnis yang datang dan pergi dari Stasiun Tugu. Kereta dari berbagai rute yang melewati Yogyakarta pasti berhenti terlebih dahulu di stasiun tersebut. Ditambah lagi KRD Prambanan Ekpress (Prameks) yang  juga beroperasi di stasiun Tugu. Kereta komuter ini menghubungkan Kutoarjo, Yogyakarta, Klaten dan Solo Balapan. Prameks menjadi andalan para pekerja yang pulang pergi dari keempat kota di wilayah Jawa Tengah tersebut.

Itulah deretan lima stasiun kereta yang meskipun dinobatkan menjadi stasiun kereta api tersibuk di Indonesia, namun stasiun-stasiun tersebut masih terus berbenah sehingga nantinya tak ada lagi penumpang yang berdesakan saat berada di dalam stasiun untuk menunggu kereta datang.

Nah, daripada kamu salah jadwal naik kereta dan bikin pegel jiwa raga karena terpaksa menunggu serta antrian yang kadang panjangnya seperti ular, ada baiknya Sahabat Blogger cek terlebih dahulu info kereta terupdate sebelum memesan tiket kereta.

Dari deretan stasiun kereta api paling sibuk di atas, stasiun mana nih yang sering Sahabat Blogger singgahi?

<a href="https://indahjulianti.com/author/indahjuli/" target="_self">Indah Julianti Sibarani</a>

Indah Julianti Sibarani

Fulltime mom Penulis Cerita Bacaan Anak Blogger Co Founder Kumpulan Emak Blogger (KEB)

YOU MAY ALSO LIKE

Keliling Indonesia Naik Kereta Api? Bisa Dong

Keliling Indonesia Naik Kereta Api? Bisa Dong

Hola Sahabat Blogger dan pembaca setia  blog Cerita Cita Cinta, Coretan Indah Juli, ada yang berencana untuk liburan keliling Indonesia, atau sedang melakukan perjalanan ke beberapa tempat di nusantara tercinta ini? Kalau rencana liburan atau bepergian gitu,...

read more
Mudik Lebaran: Tradisi yang Tak Lekang Zaman

Mudik Lebaran: Tradisi yang Tak Lekang Zaman

Sahabat Blogger pasti banyak dong yang mudik lebaran 2019 ini. Senang ya bisa dikasih kesempatan mudik, kumpul bersama sanak keluarga. Alhamdulillah, setelah 5 tahun tinggal di Yogyakarta, kami sekeluarga ikutan meramaikan arus mudik Idulfitri 1440 hijriah. Kami mudik...

read more

9 Comments

  1. desi

    mbak indah… maaf mau tanya,,, bikin share button cakep seperti punya mbak indah bagaimana ya?

    Reply
  2. Maskris | www.maskris.co.id

    sama mbak.. aku juga lebih suka naek kereta api kalau liburan/jalan-jalan… lebih bisa menikmati perjalanan dan pemandangan… 😀

    Reply
  3. Gallant

    Manggarai sama Jatinegara itu ekstrem sih itungannya.
    Kalau untuk yang luar Jakarta, selain Cirebon dan Jogja itu ada Semarang sama Solo. Madiun juga ding

    Reply
    • indahjuli

      Eh Stasiun Madiun juga ramai dan sibuk ya. Ku baru tahu.

      Reply
      • Gallant Tsany Abdillah

        Madiun ramai juga, Mak. Soalnya kayak nggak berhenti gitu kereta yang datang dan pergi

        Reply
  4. Anggara

    Tersibuk ada dua ya yang di Jakarta

    Reply
    • indahjuli

      Iya bener, Manggarai dan Jatinegara

      Reply
  5. Elisabeth Murni

    Dulu saat awal2 kuliah dan keluar masuk stasiun masih bebas, sering nongkrong di stasiun tugu sore2. Ya cuma nongkrong aja sambil lihat kereta lewat, maklum anak udik gapernah lihat kereta. Tapi setelah KAI berbenah jadi nggak bisa lagi. Ku juga lebih senang naik kereta, mbak. Kereta sekarang enak soalnya.

    Reply
    • indahjuli

      Beneeeer, kereta api enak walau memang dibandingkan pesawat naik kereta lebih lama ya. Tapi pengalaman naik kereta serulah.

      Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to Blog via Email

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Arsip

Categories