A Gift for Love One’s

Kayla Birthday

Hadiah apa pun itu, jika diberikan dengan rasa tulus dan penuh kasih, pasti akan membahagiakan penerimanya. A Gift for Love One’s.

Seperti hari ini, 18 Desember 2015, si tengah Kayla berulang tahun yang ke-11 tahun. Hiiiih! Udah abg saja anaknya, walau pun kelakuan masih sama dengan Tio πŸ™‚

Kayla itu bukan tipe anak yang suka minta maΓ§am-macam untuk hadiah ulang tahunnya. Bukan juga anak yang ultahnya mesti dirayakan. Ya nasibnya juga lahir di tanggal dan bulan nusim liburan sekolah πŸ™‚ Β Jadinya, belum pernah sekali pun dirayakan, kecuali makan bersama yang memang menjadi ritual keluarga kami setiap ada yang merayakan hari lahir.

Di usianya yang ke-11 ini, Kayla nggak minta apa-apa. Eh ada deng, minta hadiah sepatu sekolah, karena sepatu yang lama ‘katanya’ udah kesempitan. Tapi hadiahnya belum diterima, karena Ammanya belum datang dari Jakarta. Dari saya sendiri hadiahnya apa? Ciuman dan pelukan, plus jajan seharian, mulai dari jajan bakso bakar, mie ayam kesukaan, sampai es krim rujak.

Walau nggak terlalu heboh dengan hadiah dan perayaan ulang tahunnya, tapi untuk urusan mengingat hari lahirnya, Kayla nggak bakal lupa. Bagi Kayla, mengingat ulang tahun itu nomor satu! Dan, bukan hanya mengingat ulang tahunnya sendiri, ulang tahun saya, Mbak Lily-nya, kΓ₯kΓ₯k Ririn, Tio, Amma, bahkan saudara-saudara sepupunya dia ingat.

Baca: Seberapa Penting (Tidak) Ulang Tahun?Β 

A Gift for Love One's

Kembali ke urusan hadiah.Β 

Kadang, suka merasa bingung nggak sih mau kasih apa sama seseorang yang kita hormati, kita sayangi, atau bisa jadi seseorang yang kita sebel-sebel gimana gitu. Apalagi kalau mau kasih hadiah ke teman atau sahabat dekat kita. Bingung, mau kasih tas atau sepatu, tapi tas dan sepatunya udah seabrek-abrek, satu warna satu sepatu/tas. Mau kasih baju, khawatir nggak muat. Mau kasih cincin berlian, kita aja nggak punya πŸ™‚

Mau kasih hadiah yang murah, nggak enak hati. Yang mahal, duitnya nggak cukup!Β Belum lagi, kita nggak tahu apa dia suka sama hadiah kita.

First world problems bangetlah.

Seperti yang sedang saya alami sekarang. Dibanding urusan hadiah Kayla, urusan kasih souvenir ke gurunya Tio (karena akan pindah mengajar ke kota lain) lebih ruwet.

Awalnya mau kasih souvenir sendiri atas nama Tiominar, tapi ternyata ada beberapa orang tua wali murid yang berinisiatif untuk urunan dengan mengumpulkan uang senilai yang sudah ditentukan, lalu nanti akan dibelikan barang yang lebih bermanfaat buat Bapak Guru.

Terselesaikan masalah. Kalau beli sendiri, dijamin nggak bakal kelar mikirinnya, dan akhirnya seperti yang sudah-sudah kasih uang sajalah πŸ™‚

Mengapa kita mau repot-repot memberi hadiah?Β 

Hadiah, kado, gift, present atau prize dalam bahasa Inggris, adalah sesuatu yang kita berikan tanpa mengharapkan timbal balik atau tidak mengharapkan kompensasi.

Kalau pun ada yang mengharapkan timbal balik, ya silakan saja. Kembali ke masing-masing tujuan kasih hadiahnya.

Karena melihat orang yang menerima hadiah atau gift merasa senang, bahagia, itu sudah timbal balik yang setΓ€ra untuk kita. Benar nggak?

Repot nggak repot sih urusan kasih hadiah ini. Karena hadiah bisa juga menjadi kenangan indah tentang kita atau tentang si penerima hadiah.

Seperti yang pernah saya baca beberapa waktu yang lalu (mungkin sudah ada yang pernah baca juga), ringkasan ceritanya kira-kira seperti ini: seorang suami yang jarang memperhatikan kesukaan istrinya, jarang memberikan hadiah/kado untuk istrinya, di saat meninggal dunia ternyata memberikan kenangan indah.

Sang suami memesan bunga anggrek ke toko bunga, dengan pesan untuk diberikan kepada sang istri tercintanya Β di setiap hari ulang tahunnya. Sang suami ingin agar istri terkasihnya selalu mengingatnya dalam kebaikan. So sweet kan πŸ™‚

Selain di hari ulang tahun atau kelahiran, beberapa kebiasaan memberikan hadiah adalah saat:

IMG_20151218_045906

 

  • Pernikahan
  • Pertunangan
  • Nujuh bulan/baby shower
  • Kelahiran Bayi
  • Hari Ayah
  • Hari Ibu
  • Kelulusan (sekolah mau pun kuliah, atau pasca sarjana)
  • Perpisahan teman kerja atau pensiun
  • Natal
  • Tahun baru
  • Atau di beberapa negara yang mempunyai kebiasaan memberikan hadiah pada hari-hari istimewa.

Selain moment atau peristiwa di atas, ada moment lain yang kira-kira perlu dikasih hadiah kah?

Sahabat Blogger ada yang mempunyai kebiasaan memberikan hadiah untuk orang-orang terdekat atau kesayangan?

Kira-kira kalau kasih hadiah harganya murah atau mahal, dan atas pertimbangan apa?

Yang penting sih, hadiah apa pun itu, jika diberikan dengan rasa tulus dan penuh kasih, pasti akan membahagiakan penerimanya.

By Indah Julianti Sibarani

Fulltime mom Penulis Cerita Bacaan Anak Blogger Co Founder Kumpulan Emak Blogger (KEB)

24 comments

  1. Kalo sama anak sendiri sih gampang, tinggal ditanya pengen apa ya, mbak.
    Yang susah sih kalo mau ngado ultah perkawinan. Bingung mau kasih apa, akhirnya dulu saya kasih kain batik sarimbit. Biar aja mereka yang pilih model mau dibikin kayak apa, hehehe

    Oh iya, selamat panjang umur Kakak Kayla, moga sehat dan doa terbaik untukmu yaaa πŸ™‚

  2. Aku sukaaa maaaak injuul.. Ngasih maupun dikasih hehehe. Biasanya aku akan cari yang unik, yang kira2 bakal bermanfaat untuk ybs :).. Makanya kadang heboh sendiri cari kado πŸ™‚

  3. Selamat ulang tahun Kayla, semua doa terbaik untukmu yah sayang πŸ™‚
    saya kalo mau kasih kado ke suami biasanya nanya dulu dia maunya apa? setelah bilang mau apa, barulah saya belikan apa yang dia inginkan soalnya suami saya itu pemilih πŸ™‚

  4. bener banget mba..
    hadiah memang biasanya diberikan pada moment tertentu. apalagi ketika moment
    pas acara lamaran, jantung rasanya seperti tok-tok wow.. he..he.. πŸ™‚

  5. Selamat ultah Kayla, semoga sehat selalu ya. Kemarin sulungku ultah, kami keluar makan bareng berlima. Anaknya minta uang aja buat traktir teman-temannya πŸ™‚

  6. Barakallahu fi umrik kakak Kayla yg ultahnya barengan ma adek nadia hehehhe….
    Semoga kayla dan nadia tumbuh jd anak sholihah sukses dunia dan akhirat ya πŸ™‚
    Aku si biasanya nanya dia pengennya apa mak dan tinggal didiskusikan kira2 mana dulu yg penting thn ni nadia jf request sepatu n aku emang suka ksh hadiah yg manfaat gtutp jangan mahal2 lah klo bisa orang anak2 cepet ganti bosennya hihihi…. tetepga mo rugi

  7. Selamat ulang tahun Kayla semoga kebahagiaan mengiringi ya. Sehat selalu juga..
    Saya termasuk orang yang punya kelainan mak, seneng banget ngasih hadiah, bungkus kado di buat apa gitu, ternyata katanya itu bagian dari kelainan ya mak :((((
    Kalau ngasih kado emang sebaiknya tau ya mak apa yang benar-benar di inginkan atau dibutuhkan jadi kado nya akan kepake dn terasa manfaatnya

    1. Wah, aku mau dong dikasih hadiah darimu πŸ™‚
      Baru tahu kalau senang kasih hadiah itu dianggap kelainan, nanti tak cari sek.
      Btw, terima kasih sudah mampir ya.

  8. Wah Kayla ulang tahun πŸ™‚ selamat ulang tahun Kayla, semoga makin lancar semua aktifitasnya amiiin.

    Kalo bicara ulang tahun, jadi inget di keluarga sendiri yang nggak punya tradisi merayakan. Kasih ucapan aja nggak haha

    1. Hehehe, di keluargaku juga jarang sih dirayakan, tapi selalu mengucapkan selamat πŸ™‚
      Makasih ya Om Yan sudah camper πŸ™‚

  9. Selamat bertambah usia mbak Kayla, makin cantik n pinter ya. Bener mak Indah, ngasih kado itu susah2 gampang. Takute nggak sesuai keinginan

  10. Suka bingung emang ya mak urusan kasih kado itu, kalau buat kangmas mah sudah tahu persis saya, apa yg dibutuhin dia.
    Tapi kalau kangmas mah ngga pernah tau apa yg dimau istrinya hihi
    Pertama ngasih sih paling Bunga, trs nanya “mau apa nih?” Trs jawabannya “apa saja terserah, ngga juga ndak apa-apa” ealaaaah dijawab begitu, kangmas ngga ngasih apa-apa, trs cembetuuutlah dirikuuuu ..!! parah emang hahaha

    Sering kasih Voucher aja sih, biar bisa beli sesuai keinginan.

    Setuju sekali mak, hrs tulus ngasihnya πŸ™‚

Leave a comment

Your email address will not be published.