9 Blog Blogger Cowok Indonesia yang Asyik Dibaca

9 Blog Blogger Cowok Indonesia yang Asyik Dibaca

Ketika mengunjungi suatu blog, membaca postingannya, apa yang membuat Sahabat Bloger menorehkan komentar, meninggalkan jejak dalam postingan tersebut? Pernah berkunjung atau blog walking ke salah satu atau bahkan ke seluruh blog dari 9 Blog Blogger Cowok Indonesia yang Asyik Dibaca versi indahjulianti dotcom di bulan Juli 2020 ini?

9 Blog Blogger Cowok Indonesia yang Asyik Dibaca

Blogger Cowok di Indonesia

Entah kenapa, sekarang ini bloger laki-laki atau cowok yang rutin menulis di blognya, tidak terlalu banyak (padahal domain dan hostingan blognya masih berlaku), seperti saat awal-awal saya ngeblog di tahun 2004 dan sampai pertengahan tahun 2016.

Dulu, di masa keemasan blog (((KEEMASAN))), ada nama-nama blogger pria seperti Pakde Cholik (Abdul Cholik) yang rajin banget bikin giveaway di blognya, ada Om NHHer (yang postingannya suka jadi ide buat bikin postingan serupa tapi tak sama ala saya), Pak Guru Marsudiyanto dan Alam Endah, Uda Hardi Vizon, Hery Azwan, Lozz Akbar, Om Nug, lalu yang muda-muda ada nama Hangga Damai, Kang Achoey (Cucu Haris), almarhum Cumi Lebay (Mas Tio) dan banyak lagi.

Dari deretan bloger lawas itu, yang dulu masih muda banget (sekarang sih udah nggak pakai banget) ada Jarwadi, Dzofar, Wahyu Alam, Tomi Purba, dan lainnya, yang sekarang masih ngeblog tapi on off update blognya. Keasyikan bekerja di dunia nyata.

Rasanya, kalau enggak mampir ke blog Pakde Cholik, Om NHher, Om Nug, Dzofar, Pak Guru Marsudiyanto itu, belum sah dunia per-blog walking-an di jagat blogging Indonesia. Dan, beliau-beliau itu rajin berkunjung balik ke blog para komentatornya. Rajin juga blog walking tanpa kita minta.

Postingan-postingan mereka juga enak dibaca. Selalu ada kesan dan pesan yang bisa kita resapi, terutama tentang kehidupan.

Sayang, beberapa nama bloger yang saya sebutkan itu, sekarang ini sudah jarang bahkan ada yang tidak ngeblog lagi. Seperti Pakde Cholik, yang saya dapat kabar sejak Bude Cholik menghadap Ilahi, Pakde memutuskan untuk menjadi wiraswasta. Yang mengenal blog bloger-bloger yang sebutkan itu, rindu enggak sih sama postingan blog mereka?

Adakah Blogger Cowok Indonesia yang seperti mereka? Ada banyaklah. Bahkan sekarang ini, beberapa bloger laki-laki mendedikasikan diri sebagai profesional bloger. Mengandalkan dunia blogging sebagai sumber pendapatan. Menjadikan menulis di blog sebagai pekerjaan utama.

Berikut ini, melanjutkan postingan di bulan Juni tentang blog-blog inspiratif menurut saya, di bulan Juli 2020 ini, saya punya 9 blog yang dikelola oleh bloger laki-laki, yang postingan-postingannya asyik dibaca.

9 Blog Blogger Cowok Indonesia yang Asyik Dibaca

9 Blog Blogger Cowok Indonesia yang Asyik Dibaca

Blog-blog yang sebutkan di postingan ini adalah blog yang ada di list Feedly dan Follow Blog dalam jejaring blog saya. Kebetulan saya rajin berkunjung ke blog mereka. Kadang meninggalkan komentar, tapi lebih sering hanya membaca tanpa meninggalkan jejak (silent reader).

Jarang komentar, karena topik yang dibahas di blog itu saya kurang tertarik atau terlalu berat dan tidak terlalu paham sehingga khawatir kalau komentar enggak nyambung dengan postingan atau hanya komentar basa basi dengan harapan pemilik blog akan berkunjung balik ke blog kita.

Blog-blog yang asyik dibaca dan sering saya kunjungi ini, kebetulan pula narablognya saya kenal secara pribadi, pernah bertemu bahkan sering berinteraksi di media sosial. Selain itu, para bloger cowok ini, rutin update blognya dalam sebulan. Ada yang 4 atau 5 kali publish postingan baru dalam sebulan. Malah ada yang tiap hari posting. Mantul kan.

Mereka adalah:

  1. https://www.nasirullahsitam.com – narablog akrab dipanggil Sitam atau Roellah. Percaya enggak Sahabat Bloger kalau saya bilang Sitam punya jadwal blog post yang akan dipublish hingga tahun 2021? Hampir semua bloger yang mengenal Sitam, bisa jadi iri karena bloger cowok yang juga dikenal sebagai pesepeda ini, enggak pernah mengalami writer’s block atau kehabisan ide untuk menulis yang berhubungan topik utama blognya yaitu traveling, perkopian dan sesekali gaya hidup. Oh ya, Sitam punya blog lainnya yang mengulas buku-buku yang dibacanya, dan update juga, nggak bolong-bolong.
  2. https://daenggassing.comย – narablog Daeng Ipul. Bisa dibilang Ipul, bloger lawas (seangkatan dengan saya) yang masih update blognya sampai sekarang. Ya wajar sih, tagline blognya saja: Ngeblog Dulu, Sekarang dan Nanti. Ipul ini penggagas Komunitas Blog Makassar, Anging Mammiri, jawara berbagai perlombaan blog zaman dulu dan sekarang. Pernah ya, dalam suatu waktu ada tiga perlombaan blog dari tiga ajang yang berbeda (walau pengumuman hasil lomba tidak bersamaan), ketiganya diikuti oleh Ipul dan menjadi salah satu pemenangnya. Blognya Ipul lebih ke lifestyle sih, dan yang paling asyik saya baca itu di kategori Cerita Ringan.ย 
  3. https://deddyhuang.com – narablog Deddy Huang atau Koh Huang. Pasti banyak bloger yang kenal dengan bloger ramah asal Palembang ini. Salah satu bloger yang rajin berkunjung balik ke blog, kalau kita meninggalkan komentar di postingan blognya. Deddy juga jawara lomba blog dan postingannya tuh detail banget. Saking detailnya, panjang deh postingannya, mungkin lebih dari 1000 kata, tapi tetap asyik dibaca, enggak bosanin. Belum lagi, foto-foto pendukung postingan blognya bagus-bagus. Kalau postingan lomba blog, niat banget mengerjakannya, enggak asal nulis saja. Tagline blognya Deddy itu Ngider sambil kulineran, jadi sebagian besar postingan bertema traveling, kuliner dan teman-temannya.
  4. https://omnduut.com – narablog Haryadi Yansyah atau akrab dipanggil Yayan. Yayan ini saya kenal sejak zaman Multiply (MP). Lingkaran pertemanan blogernya hampir sama dengan saya. Sejak tahun 2006 kenal, tapi belum pernah bertemu di dunia nyata. Yayan pernah ke Yogyakarta, tapi saya belum sempat menemuinya. Blog Yayan sebagian besar bercerita tentang perjalanannya ke berbagai tempat di penjuru dunia ini. Seperti postingannya ke beberapa negara Eropa, yang ceritanya dan foto-foto pendukungnya serasa mengajak pembacanya untuk ikut dalam perjalanan tersebut. Oh ya, dari ngeblog, Yayan telah punya buku hasil karyanya. Kalau enggak salah ada dua buku solonya. Sementara itu, sebagian besar perjalanannya ke luar negeri merupakan hasil dari ngeblog, mengikuti berbagai ajang perlombaan blog.
  5. https://belalangcerewet.com – narablog Rudi G. Aswan. Dulu, saat pertama kali tahu blog Belalang Cerewet ini, saya pikir pemiliknya seorang perempuan dan heran kenapa kok namanya belalangcerewet, apa enggak ada nama blog yang bagus lainnya. Selain sebagai bloger yang rutin mengupdate blognya, Kang Rudi juga bekerja sebagai editor dan penerjemah lepas (freelance). Blog Belalang Cerewet atau BBC ini, desain blognya rapi banget, jadi enggak bingung kalau mau baca postingan terbaru atau mau baca cerita-cerita yang lama. Suka iri dengan energi menulis pemilik blog ini, karena dalam sebulan bisa lho update lebih dari 4 postingan dan bukan postingan yang asal ditulis.

9 Blog Blogger Cowok Indonesia yang Asyik Dibaca

 

6. https://bangdzul.com– narablogย Al-A’la Dzulfikar atau Bang Dzul

Salah satu bloger yang saya kenal menulis di mana-mana. Bang Dzul ini aktif di Kompasiana (bahkan menjadi ketua Kompasianer Tangerang Selatan) dan beberapa website yang menjadi kliennya. Postingannya di blog bangdzul, tulisan-tulisan ringan yang asyik dibaca. Sebagian besar sih tentag tip dan trik yang pasti pernah kita alami. Tulisan opini di blognya pun menarik untuk dibaca. Bang Dzul juga dikenal sebagai bloger pemenang lomba blog.

7. https://danirachmat.com – narablog Dani Rachmat.

Hohohoho, tema blognya Dani tuh tentang Perencanaan Keuangan dengan tagline: Duit dan Hidup diobrolin santai. Jujur, kalau blog walking ke blognya Dani, saya lebih banyak silent reader, jarang banget meninggalkan komentar. Walau saya suka skip beberapa postingan blog kalau dari judulnya suka bikin lieur, tapi postingan-postingan Dani tuh menarik dan asyik dibaca. Apalagi tiap postingan itu dibuat sedetail mungkin dengan gaya bahasa yang ringan. Yang agak menganggu menurut saya sih, tampilan blognya yang ramai (dengan iklan) dan suka jadi terdistraksi saat scroll dan membaca. Dari blog Dani ini, kita bisa banyak belajar terkait dengan perencanaan keuangan, biar hidup kita enggak morat-marit.

8. https://yahyakurniawan.net – narablog Om Yahya

Bloger lawas yang masih rajin update blognya yang suka disebut B.O.Y (Blog Oom Yahya). Pertama kenal di Pesta Blogger pertama 2007, dan pada zamannya, jejaring blogger om Yahya adalah para seleb blog Indonesia. Blog Om Yahya pernah meraih penghargaan sebagai blog terbaik yang mengulas teknologi lho dan sering menulis hal-hal yang berkaitan dengan teknologi di Info KOMPUTER. Bukunya yang bertema teknologi ada puluhan. Blog Oom Yahya ini bertema Digital Lifestyle, karenanya postingan-postingan blognya meski bertema teknologi ditulis dengan ringan dan gaya bahasa yang tidak bikin berkerut wajah kita, ย seperti membaca buku pelajaran atau diktat kuliah. Kalau Sahabat Bloger tertarik mengetahui berbagai hal tentang gadget, mampir deh ke Blog Oom Yahya.

9. https://www.kangamir.com – narablog Amir Mahmud

Nah, blog Amir, bloger Kebumen ini, yang paling muda dari 8 bloger yang sudah saya tuliskan di atas. Amir juga mendedikasikan diri sebagai fulltime blogger. Enggak ada yang salah dengan itu, selama ditekuni dengan baik dan konten-konten yang dihasilkan bermanfaat untuk pembacanya, serta bukan konten yang asal jadi. Terbukti sih, dari seringnya Amir menjuarai lomba penulisan blog. Tulisannya yang ringan dan mudah dipahami, membuat blognya Amir, menurut saya jadi blog yang asyik dibaca.

9 Blog

 

Itulah 9 Blog Blogger Cowok Indonesia yang Asyik Dibaca versi indahjulianti dotcom. Sebenarnya, banyak lho bloger laki-laki yang ngeblog itu seperti Bloger Yogyakarta terbaik Ardian Kusuma, Alid Abdul, Alan Nobita, Dzofar, Jarwadi, Iqbal Kautsar, Ali Muakhir, Bang Aswi, atau bloger cowok edisi sekarang atau bloger yang mulai aktif ngeblog tahun 2010 ke atas, tapi entah kenapa, update blognya sepertinya tergantung arah mata angin dan pemilihan umum di Indonesia alias musiman.

Ada juga yang rutin update, tapi sebagian besar adalah travel bloger, yang jarang-jarang saya kunjungi dan mereka juga jarang berkunjung ke blog saya, hahahaha. Oh ya, beberapa bloger cowok yang saya tuliskan di atas, mereka rajin lho berkunjung balik ke blog kita kalau kita meninggalkan jejak yang jelas. Bahkan Sitam itu punya jadwal khusus untuk blog walking, hal yang jarang banget dilakukan bloger sekarang ini, kecuali ikut list Blog Walking, hehehe.

Oh ya, kalau ada rekomendasi bloger cowok yang blognya asyik dibaca, sharing ya, biar saya bisa BW ke blognya. Atau mempromosikan blognya untuk dikunjungi balik juga boleh. Sampai jumpa di bloger inspiratif edisi Agustus 2020 ya.

By Indah Julianti Sibarani

Fulltime mom Penulis Cerita Bacaan Anak Blogger Co Founder Kumpulan Emak Blogger (KEB)

49 comments

  1. btw yg blogger2 lama seperti pakde Cholik dll, duuuuh aku kayaknya blm bisa disebut blogger lawas dong yaa, kenapa 1 pun ga tau, kec mas cum -_-

    Asiiiiik dapet referensi lagiiiii blog2 cowo dari mba Jul :D. Di antara yg 9, beberapa aku rutin BW in mba. Kayak mas Sitam, koh Deddy, mas Yayan, Ama daeng Ipul kmrn baru mulai baca blognya :)..

    Sisanya aku mau BW in hari ini ah. Temen2 blogku yg cowo , biasanya banyaaak yg aku baca, kayak blog Himawansant yang banyak cerita candi dan objek wisata, trus Traveler paruh waktu, mas Nugie.

    Yg bukan traveling kayak blogsabda sering nulis ttg investasi juga dan lumayan mudeng aku bacanya. Aku banyak ikutin cara2 dia berinvestasi sjk kenal.

    Ada juga tulisan bbrp blogger cowo yg rada ‘gila’ tapi lucuuu hahahaha. Tulisannya ttg cerita horor ato cerpen kebanyakan. Menghibur lah :D, dan mereka srg bgt BW balik. Kayak blognya mas agussarilahmwb, dan satriamwb.

    Sbnrnya masih banyak bangettt blog cowo yg rutin aku baca tulisannya. Seneng sih, Krn jd inget Ama alm mas Cumi yg dulu sering yaa komen balik di blog kita :D. Kangen aku Ama mas cum.

  2. Aku blogger baru sih mak, jadi kurang familiar ama nama2 blogger lawas. Tapi kalau blog yang di list ini sih sebagian besar tau dan sering mampir juga. Salah satu yang paling kusuka blognya Koh Dedy tuh. Asyik baca tulisannya.

  3. Aku juga suka terinspirasi dengan blogger-blogger cowok yang konsisten ngeblog. Apalagi jika mereka punya ciri khas masing-masing dengan gaya bahasa yang mudah dimengerti n bermanfaat tentunya ๐Ÿ™‚

  4. Nama2nya gak asing semua krn masih circle bloger aktif dan bbrp kali kopdar baik virtual maupun offline dulu sblm pandemi hehe.
    Kalau bloger cowok yg sering kukunjungi tu Mas Arman Tjandrawijaya yg tinggal di NYC yg anaknya jd penyanyi di sana. Postingannya masih seputar keseharian keluarga kecilnya ๐Ÿ˜€

    1. Oh iya, Arman Tjandrawijaya, ku ikutin juga blognya dari zaman dia dan Esther punya satu anak, Andrew, termasuk lingkaran pertemanan bloggernya Lidya Fitrian dan Myra Anastasia, blogger tenar pada zamannya ๐Ÿ™‚

  5. Blog milik laki-laki yang pernah jadi tujuan rutin untuk blogwalking tuh Eat and Treats, punya Hans Danial, food blogger yang mungkin sekarang sudah masuk kategori seleblog kali ya. Jam terbangnya tinggi banget dan udah keliling dunia. Bagus blognya, foto-fotonya pun excellent. Sayangnya dia tidak pernah menjalin relasi yang baik dengan pembacanya. Sibuk banget mungkin kalik yaaa…

    1. Dari dulu kan dia selebblog sih, makanya jarang berinteraksi dengan pembacanya ๐Ÿ™‚
      Aku juga sesekali berkunjung ke blognya Hans, karena reviewnya jujur.

  6. Nama-nama yang gak asing lagi deh ke-9 blogger cowok ini. Sebagian besarnya aku rajin buka blog mereka. Dan sisanya baru sesekali. Kudu mulai rajin baca tulisan mereka juga deh. Selain memang tema tulisan mereka yang bagus, merekร  juga pada terkenal jawara lomba ya.

  7. Lama juga nggak mampir baca blog Amir, Dani, koh Dedy, hihii…
    Ada lagi sih blog nya bang Sani, kakilasak itu juga tulisannya cakep. Baru kenal sih dan baca beberapa tulisannya yang asik tentang wisata di Banda Aceh da sekitarnya

  8. Dari sekian yang tertulis yang selalu teringat olehku adalah alm. mas Cumi..sampe kasih saran blog, selalu BW balik, ramahnya tiada dua padahal dulu blio udah femes pisan *al-fatihah ..

  9. Jadi merasa keciiilll…
    Anak bawang banget kalau lihat list kak Indah.
    Senang sekali bisa banyak belajar dari tulisan sahabat-sahabat “kakak” blogger.

  10. Masih inget aku sama Pakde Cholik , OM Nh, duh Pakde gak ngeblog lagi ya padahal dulu gak pernah absen postingnya apalagi suka bikin kuis. 9 blogger cowo ini punya niche sendiri2 ya. Aku baru ketemu 7 oranng masih kurang 2 orang lagi

  11. Beberapa ada yg sering aku kunjungi juga blognya meski silent reader. Oom Ndut juga dari link blog di Multiply dulu, BBC kenal krn ikut famtrip dan ternyata satu alumnus, Alannobita juga, dan tulisannya aku suka krn ga mainstream. Klo Omyahya subs di email jadi sering dpt apdet info tekno

  12. Beberapa ada yang kukenal nih kak.. blognya. emang kece dan berkarakter.. hehe.. ada juga sih yang malah baru tahu setelah baca postingan ini.. ntar jalan2 ah ke blog mereka

  13. Halo mak. Senangnya lihat ada banyak juga blogger cowok yang hingga kini masih eksis menulsis ya mak. Dan semoga ini juga masih tetap mereka eksis ๐Ÿ™‚

  14. wuiih, read this post make me remember about ‘Mas Cumi’ alm. I pray him was happy there. And then the other blogger, there is someone who I don’t know him. Kuylah, cuss go to his blog. thank for your sahring

  15. Duh jadi kangen sama masamasa keemasan itu. Kangen ramairamai berbalas komen dan ikut giveaway yang diadakan Pakde Cholik. Kangen sama kunjungan baliknya Mas Cumi di blog kita. Kangen Uda Vizon, Om NH, Uncle Lozz, dan semuanya.

    Oh ya, daftar blog yang enak dibaca di atas juga kurang lebih sama dengan saya. Walau ada beberapa yang jarang saya baca tulisannya. Ahhay, selera kita sama nih mak. BTW bener tuh, Alid blognya jarang banget update. Apa karena dia lagi sibuk jogging akhirakhir ini? wkwkwk. Kalau diomongin gini biasanya orangnya bakal nongol.

  16. Saya suka baca punya ko dedy dan belalang cerewet sama mas dzulfikar. Mereka memang enak bahasanya. Adalagi yang nyaman bacanya tuh punya Imawan, Makpuh. Dia juga kalau nulis itu mengalir dan story tellingnya cakep banget.

  17. Aku juga suka mampir dulu ke Pakdhe Cholik rindu rasanya disambangi beliau di blog. Baru tau kabarny dari artikel ini, pantes lama tak terdengar. Udah lama juga ga mampir ke blog cowo, jadi bewe tambahan deh hehe.

  18. Auto rindu sama Alm Cumi Lebay, yang blognya always full colour, ga pelit blogwalking, dan helpfull kalo kita butuh bantuan. Alfatihah.

    Aku ngikutin 3 diantara 9 diatas Mba Indah, dan akan main main ke 6 blogger sisanya :’)

  19. Aku suka blog Koh Deddy Huang, Mas Sitam, Omduuuuut tuh u nya berapa yach hahaha. Jalan2nya keren abis bukan jalan2 biasa. Kisah perjalanannya riil pengalaman sendiri daj sangat menginspirasi pembaca2nya. Pokoknya demen deh kalau blogku dikomenin mereka uhuy! ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

  20. Ya Allah Mbak Indaaaaaaah…. Maturnuwun.
    Monmaap ya kalo iklannya mengganggu. ๐Ÿ™Œ๐Ÿผ๐Ÿ™๐Ÿผ

    Sekali lagi maturnuwun sangetttttt๐Ÿ™Œ๐Ÿผ๐Ÿ™๐Ÿผ๐Ÿ™๐Ÿผ๐Ÿ™๐Ÿผ๐Ÿ™๐Ÿผ

  21. Ya ampun baca postingan ini auto kangen sama blogger2 lama nih mbaaak
    Sayang banget Pakde dan Om Nh udah jarang ngeblog yah,
    dulu paling seru kalo udah berbalas komen receh dan unfaedah sama beliau beliau itu hahaha.
    Apa lagi dulu Pakde hobi banget bikin giveaway, kontes kecil-kecilan.
    Aku dulu sering dikirimin novel ama Pakde,
    Pakde beneran cariin aku novel Sophie Kinsella ama Sidney Sheldon yang aku pilih huhuhu

  22. Aku sudah pernah main ke blog mereka mbak, favoritku Deddy, Sitam dan Yayan karena bahas traveling..juga Dani soal keuangan keluarga

  23. Pakde Abdul Cholik yg karena menang kuis di blog beliau, saya jd berani sewa nama domain. Tak terlupakan, deh.

    Mas Rudi, tulisannya lucu-lucu.

    Kalo Pak Dzul, sy pernah ketemu dulu pas beliau masih ngajar bimbel.

    Dulu ada Mas Rifqi Jampang. Cuman, ga tahu nih beliau masih nulis apa enggak.

  24. Pertama kali kenal temen-temen blogger ingetnya Pakde Cholik dan Om NHHer. Di blognya Pakde rajin ikutan quiznya kalau Om NHHer suka seru di postingan FBnya. Beberapa nama ada yang belum familiar, dan amaze ada yang suah punya agenda postingan sampai tahun 2021. Duh aku masih mikir mau nulis apaan lagi :v

  25. sebagai blog musiman, membaca ini jadi merasa nanonano, mau nulis lagi kaya sitam yang tiap 5 hari update seperti tak mampu, pingun tulisannya puitis enak dibaca kaya papan pelangi juga gak bisa, duh

  26. Denger nama Pakde Cholik dan Om NHHer jadi inget zaman kuliah dulu sering banget baca blog keduanya. HUah kangen banget lah sama beliau” ini. Dan bener banget beliau” ini rajin banget BW balik meskipun dulu itu aku baruuu banget belajar ngeblog dan belum TLD pula haha. Jadi kangen suasana ngeblog zaman dulu hehe

  27. Ngeblognya pindah menjadi story instagram kak. Duh update-an terakhirku membahas korona. Selebihnya sponsored post hahaha.

    Makasi kak Indah. Aku pingin nulis blog lagi tapi waktu tersita untuk syuting yutub dan ngevector sih ๐Ÿ™

  28. Baru pernah mampir ke Deddy Huang sama Om Nduut dan tentunya Mas Dani Rachmat, referensi bacaan baru nih Mak Injul. Aku pengen ngeblog kayak dulu tanpa beban, dan udah kumulai kembali seperti itu sih. Nanti aku coba mampirin blog cowok-cowok yang disebutkan Mak InJul ini ๐Ÿ˜€

  29. Tolong buatkan blogger cewek yang masih jomlo mak. Biar saya bisa ikutan memantau dengan baik dan bersemangat. Sepertinya, selepas tulisan ini tayang dan kalau pandemi sudah mudik, aku bakal traktir mak Indah buat mengopi hehehehhehe

  30. Waaah banyak blogger keren yang bisa jadi panutan. Sebagian sih udah kenal di dunia nyata, tapi ada juga yang masih di dunia maya. Yuk semangat nulis lagi biar masuk blog ini๐Ÿ˜

  31. Waahh, itu blogger2 lama semuaaa, kadang aku masih Bw juga Maak, dan memang menginspirasi. Yang berkesan banget emang Cumi Lebay, meninggalkan hasil karya tulisan yang bikin sakit mata, tapi asik dan seruu ceritanya, moga beliau tenang di sanaa.

  32. Begitu baca judul langsung tertarik Mak, karena lagi melakukan (mini) riset mengenai blogger teknologi dan cowok. Makasih sharing nya mak, walau jarang berkunjung dan meninggalkan jejak di sini, tapi selalu berkesan *eaaa

Leave a comment

Your email address will not be published.