Apalah Arti Sebuah Nama Anak Elon Musk

X Γ† A-12 Musk, nama anak laki-laki Elon Musk dan kekasihnya, Grimes. Kelahiran anak yang lahir 4 Mei 2020 lalu, diketahui dari kicauan Elon di Twitter dan langsungΒ  mendapat berbagai macam tanggapan dari netizen. “Bagaimana membacanya?” twitt seorang follower Elon. “Apa arti namanya” tanya netizen lainnya, yang ditanggapi oleh sang ibu, Grimes; X (the unknown variable), Γ† (my elven spelling of Ai – love &/or Artificial intelligence), A-12 = precursor to SR-17 (our favorite aircraft). No weapons, no defenses, just speed. Great in battle, but non-violent) and A- Archangel, my favorite song. Gitu tulis pemilik akun Twitter @Grimezsz. Mungkin, pasangan orangtua yang tengah berbahagia itu termasuk orang yang berpikir, apalah arti sebuah nama, ya kan?

 

Apalah Arti Sebuah Nama Anak Elon Musk

sumber foto: Twitter

Seperti ungkapan William Shakespeare; “What’s in a name? That wich we call a rose by any other name would smell as sweet.”

Jadi mikir enggak, nama panggilan anak Elon Musk dan Grimes itu apa? Daku sih mikirnya, ntar kalau sudah gede, besar, apalagi saat masuk sekolah, diledekin teman-temannya nggak ya. Atau bisa jadi teman-temannya enggak berani ngeledek dengan nama besar orangtuanya. Eh tapi hari gini, zaman sekarang sudah enggak zaman ya ledekan nama. Secara nama-nama seperti anaknya Elon Musk itu dianggap keren, di antara nama-nama keren lainnya seperti Axel, Bastian, Darren (untuk anak laki-laki) atau Aurellia, Clarissa dan Freya (untuk anak perempuan).

Nama Elon Musk dan Grimes sendiri keren kan ya. Sekeren jabatan yang melekat di diri Elon Musk, CEO Tesla dan SpaceX, sedangkan Grimes adalah seorang penyanyi R&B dan Hip Hop terkenal asal Kanada. Grimes memang bukan nama aslinya, tapi nama panggung. Aslinya adalah Claire Elise Boucher, cakep juga kan?

Apalah Arti Sebuah Nama

Sering mendengar seperti itu kan?

Dalam buku nonfiksi yang saya tulis dan sudah diterbitkan oleh Penerbit Laksana, Yogyakarta; 9 Bulan 10 Hari Menanti Buah Hati, ada bab tentang menciptakan dan memilih nama untuk anak yang baru dilahirkan. Dari beberapa orang yang saya jadikan narasumber untuk buku tersebut, bagi mereka, nama adalah harapan, suatu doa kepada anak/orang yang menyandang nama tersebut.

Sepakat kan kalau nama itu adalah harapan dan doa? Makanya orang tua tuh pasti memikirkan banget nama yang bakal dikasihkan ke anak-anaknya. Ibaratnya, jangan sampai namanya memberatkan anak tersebut atau enggak sesuai dengan harapan orang tua.

Apalah Arti Sebuah Nama Anak Elon Musk

 

By the way, untuk orangtua dari suku Jawa (sebagian sih, enggak semua) masih ada lho yang memberikan nama anaknya sesuai dengan primbon seperti weton (hari kelahiran), tanda-tanda kelahiran dan sebagainya. Bahkan, bisa diganti namanya, kalau ternyata saat besar nanti, anak tersebut sakit-sakitan.

Sahabat Bloger ada cerita menarik apa tentang namanya atau saat memberikan nama untuk anak-anaknya? Atau termasuk orang yang beranggapan apalah arti sebuah nama.

Kalau di keluarga saya, ada kebiasaan memberikan nama dari bahasa asal/suku saya yaitu Batak. Dimulai dari almarhum kedua orangtua saya, yang menamai kelima anaknya dengan nama khas Batak. Seperti saya, nama asli adalah Holong Indah Hotma Tiurniari boru Sibarani. Julianti itu nama yang menyusul, yang diberikan oleh mentor Bapak almarhum, Ibu Ani Abbas Manoppo.

Holong itu dalam bahasa Batak yang berarti cinta, sayang. Sedangkan Hotma Tiurniari, itu artinya erat dan kuat (Hotma), Tiurniari (tengah hari, kebetulan saya lahir pas jam 12 siang, saat matahari sedang bersinar terang), sedangkan Sibarani adalah nama marga asal Bapak. Cerita kedua orangtua saya dulu tentang arti nama, karena saya adalah anak pertama, perempuan pula, harapannya menjadi perempuan yang kuat dan erat, penuh cinta dan selalu bersinar walau banyak duka juga suka.

Eh benaran lho itu artinya menurut orang tua saya, bukan ngarang-ngarang, hahahaha. Jangan nyinyir lho, apalagi ketawa ngece saat baca ini.Β  Trus kenapa jadi Indah Julianti saja, bukan nama lengkap itu yang dipakai sekarang?

Panjang ceritanya, dan sekarang ini suka nyesal kenapa ya waktu itu nurut saja sama Kepala Sekolah sekolah dasar saya yang menyingkat nama demi kepentingan ijazah terakhir, karena dianggap terlalu panjang nama kalau ditulis sesuai surat kenal lahir.

Dipakai enggak nama Bataknya sampai sekarang? Dipakai dong. Malah di keluarga Bapak dan Mama (om, tante, sepupu dan saudara lainnya), saya itu susah menyebut nama Indah. Mesti menyebut Holong. Karena nama Holong itu menjadi nama sebutan untuk Bapak almarhum dalam acara-acara adat Batak. Ama ni si Holong, seperti itu sebutannya.

Apalah Arti Sebuah Nama Anak Elon Musk

 

Tradisi pakai nama khas Batak pun berlanjut pada tiga anak perempuan saya. Taruli, Tiurma dan Tiominar. Tiga nama Batak itu adalah pemberian kedua orangtua saya. Tiga nama khas Batak itu, khas perempuan banget, yang memang melekat dengan pesona perempuan yaitu cantik, bersinar, bening dan bercahaya. Nama itu juga merupakan satu rangkaian makna dari nama Batak cucu kedua orangtua saya, yaitu Rintar, Batara, dan Sondang. Rintar dan Sondang dalam bahasa Batak artinya cahaya, sinar, terang, sedangkan Batara artinya terang dan kuat.

Karena saya menikah dengan Mas Iwan yang berasal dari suku Jawa (Yogyakarta), nama Batak ketiga anak saya disandingkan dengan nama khas Jawa, yang berciri khas perempuan juga. Makna yang hampir sama tentang pesona atau kekuatan perempuan.

Saat memberikan nama anak, saya dan Mas Iwan pun memikirkan jangan sampai anak-anak itu enggak suka dengan namanya. Namanya juga tidak menjadi bahan olok-olok temannya. Wong namanya yang menurut orang-orang bagus, Tiominar sempat tanya kok kenapa namanya Tiominar bukan Michelle, bukan Salsabilla atau nama seperti tokoh Cat Woman, Irena.

Di buku 9 Bulan 10 Hari Menanti Buah Hati itu, saya ada menuliskan tip rekomendasi memilih nama anak, di antaranya:

  • Nama mengandung doa dan harapan
  • Nama mudah dieja dan dilafalkan
  • Pilih nama yang tidak mengandung arti buruk
  • Pilih nama yang membuat anak percaya diri.

Dan masih banyak lagi rekomendasinya, kalau mau tahu boleh lho dibeli bukunya, ada dijual via Shopee kok. Atau kalau mau pakai tandatangan dan ada souvenirnya, bisa dipesan ke saya. Bukunya bagus juga untuk hadiah kehamilan dan kelahiran dari orang-orang terdekat atau yang kita sayangi. Hahaha, boleh kan ya jualan buku sendiri, di postingan blog sendiri.

Lalu apa arti sebuah nama anak Elon Musk dan Grimes? Kita tunggu sajalah ada kelanjutan atau enggak dari nama yang unik tersebut. Yang pasti di Twitter, sampai postingan ini dipublish, nama anak Elon Musk ini menjadi trending topic di media sosial dan sudah banyak meme bertebaran seputar nama anak laki-laki keenam Elok Musk. Gilingan ya, baru lahir saja sudah membetot perhatian netizen, sudah terkenal seantero jagat dunia maya. Apalagi nanti tuh anak kalau sudah bisa jalan, lari-larian, trus jadi anak remaja, dewasa, enggak kalah tenar dari orangtuanya.

46 Comments

  1. Fanny_dcatqueen May 22, 2020
  2. Ella May 13, 2020
  3. Hairun Nisa May 11, 2020
  4. Widya Lim May 11, 2020
  5. Nasirullah Sitam May 11, 2020
  6. lendyagasshi May 11, 2020
  7. nyi Penengah Dewanti May 11, 2020
  8. Tami Oktari May 11, 2020
  9. Rachmanita May 11, 2020
  10. Bundabiya.com May 11, 2020
    • Indah Julianti Sibarani May 11, 2020
  11. Puput Febriina May 11, 2020
  12. indah nuria May 10, 2020
    • Indah Julianti Sibarani May 11, 2020
  13. Lily Kanaya May 10, 2020
  14. Cilya May 10, 2020
    • Indah Julianti Sibarani May 11, 2020
  15. winda - dajourneys.com May 10, 2020
    • Indah Julianti Sibarani May 11, 2020
  16. Melissa Olivia May 10, 2020
  17. Mei May 10, 2020
  18. Susindra May 10, 2020
  19. anggraeni septi May 9, 2020
    • Indah Julianti Sibarani May 10, 2020
  20. Nanik Nara May 9, 2020
    • Indah Julianti Sibarani May 10, 2020
  21. dudukpalingdepan May 9, 2020
    • Indah Julianti Sibarani May 10, 2020
  22. Hidayah Sulistyowati May 9, 2020
  23. Lia Yuliani May 9, 2020
  24. Dian May 9, 2020
  25. Meilia Wuryantati May 9, 2020
    • Indah Julianti Sibarani May 9, 2020
  26. Triani Retno May 9, 2020
  27. Mutia Ramadhani May 9, 2020
    • Indah Julianti Sibarani May 9, 2020
  28. Mydaypack May 9, 2020
    • Indah Julianti Sibarani May 9, 2020
  29. Maria G Soemitro May 9, 2020
    • Maria G Soemitro May 9, 2020
    • Indah Julianti Sibarani May 9, 2020
  30. Dian Restu Agustina May 8, 2020
    • Indah Julianti Sibarani May 9, 2020
  31. Dyah ummu AuRa May 8, 2020
    • Indah Julianti Sibarani May 9, 2020

Leave a Reply