Semangat Berbagi untuk Kepedulian

Idul Adha, Semangat Berbagi 

Suatu hari sepulang sekolah, anak saya yang nomor dua, Kayla, menyodorkan selembar kertas putih, dengan kop surat bertuliskan nama sekolahnya.

Saya mengerutkan kening sambil mengucap dalam hati, “apalagi ini, pasti uang lagi.”

Seperti membaca pikiran saya, Kayla berkata,  itu undangan untuk qurban, Inna. Kata Wali Kelasku, nyumbang sukarela, nggak ada paksaan. “Yang penting ikhlas berbagi”.

Jleb, saya merasa tertohok. Belum apa-apa saya sudah berpikiran negatif.

Terkadang, terasa berat ya untuk ikhlas berbagi. Rasanya, ada saja ganjalan yang membuat kita menunda-nunda niat untuk berbagi kepada sesama. Padahal, apa sih ruginya berbagi? Mengapa berbagi itu penting dan harus ikhlas?

Enggak mau panjang-panjang pakai teori, karena saya bukan pakar, yang saya tahu nih, Sahabat Blogger, berbagi itu tak akan pernah membuat kita rugi. Bahkan membuat hidup kita semakin bermakna.

Seperti kutipan di bawah ini:

 Everybody can be great… because anybody can serve. You don’t have to have college degree to serve. You don’t have to make your subject and verb agree to serve. You only need a heart full of grace. A soul generated by love. (Martin Luther King Jr.)

Dalam berbagi yang penting memang keikhlasan. Apalagi sebagai umat Muslim, pastilah ingat dengan kisah dari Nabi Ibrahim AS, yang ikhlas membagi anaknya tercinta, Ismail, untuk melaksanakan perintah Allah SWT. Perintah kepada Nabi Ibrahim untuk menyembelih anaknya, dikenal sebagai Hari Qurban, yang dilaksanakan bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha, atau Lebaran Haji.

Sahabat Blogger sudah berbagi? Sudah menyiapkan qurban di Hari Raya Idul Adha nanti?

Jika belum, Sahabat Blogger bisa berpartisipasi, ikut berbagi bersama ABC Dapur Peduli dalam #SemangatBerbagiABC. Dalam program ini, Sahabat Blogger bisa membantu Tim ABC Dapur Peduli untuk mencari daerah atau wilayah yang akan dibantu untuk mendapatkan daging qurban di Hari Raya Idul Adha 2014 ini.

Sahabat Blogger bisa merekomendasikan wilayah atau tempat tinggal sendiri untuk dibantu berbagi daging kurban. Ceritakan di Facebook ABC Dapur Peduli  atau Twitter @abcdapurpeduli, tentang alasan mengapa wilayah atau tempat tinggal Sahabat Blogger layak dipilih untuk #SemangatBerbagiABC.  Lebih keren lagi, kalau cerita-ceritanya ada foto atau video penunjangnya. Dan jangan lupa menyertakan alamat lengkap wilayah yang ingin dibantu, ya.

Atau jika Sahabat Blogger sedang berjalan-jalan, dan menemukan kaum dhuafa yang layak dibantu pada Hari Raya Idul Adha nanti, boleh juga direkomendasikan ke ABC Dapur Peduli. Nanti, Tim ABC Dapur Peduli akan mendistribusikan daging qurban ke daerah yang terpilih dan merupakan hasil rekomendasi di Facebook ABC Dapur Peduli.

Oh ya, untuk tahun ini, #SemangatBerbagiABC memang memfokuskan kegiatan di wilayah Jabodetabek. Namun tidak menutup kemungkinan tahun depan sudah bisa menjangkau wilayah yang lebih luas lagi, ke seluruh Indonesia.

Selama diniatkan, pasti ada jalannnya. Buka mata sekeliling kita, siapa tahu ada yang layak dinominasikan di #SemangatBerbagiABC.

By Indah Julianti Sibarani

Fulltime mom Penulis Cerita Bacaan Anak Blogger Co Founder Kumpulan Emak Blogger (KEB)

18 comments

  1. aku juga pengen banyak berbagi mak, pengennya sih berbagi banyak tapi karena kemampuan terbatas maka ya masih pelan-pelan…
    belajar dari SD dulu, kami sudah diajarkan berqurban.. ingin sekali dilanjutkan sampai hari ini..

  2. Mba injuuuul…..
    Makasih udah diingatkan untuk berbagi lewat postingan ini yah mbaaaa 🙂

    Dan keren sekali sih programnya ABC ini….mudah2an sukses programnya yaaah 🙂

  3. mba Injuuuul…
    terima kasih karena udah diingatkan untuk berbagi yah mbaaaa 🙂

    Keren banget ini ABC bikin program kayak gini…
    mudah2an sukses programnya dan tahun depan ada lagi yaaaah 🙂

    1. Di wilayah Jabodetabek, sementara ini. Insya Allah tahun depan, ABC Peduli bisa meluas ke seluruh wilayah di Indonesia

  4. hmmm.. iya, imo, berbagi juga perlu latihan…dan ga ikhlas gpp yang penting nyumbang dulu. kalau dah teribiasa, merasakan manfaatnya,berbagi lalu menjadi kebutuhan,….

Leave a comment

Your email address will not be published.