Haiku ; Malam

by Nov 17, 2010Iseng11 comments

Rinai hujan

Pekat menghujam

Sepi mengiris jiwa

—–

Detak jam

desah nafas

Pikiran mengembara

Lagi coba bikin Haiku (puisi pendek ala Jepang), dikomporin sama penyiar yang katanya keren ini, semoga saja ini benaran Haiku, karena masih morat marit di sana sini πŸ˜€

Yuk, berbagi rasa melalui haiku. Gimana kak Imel, haiku besutan saya πŸ˜€

<a href="https://indahjulianti.com/author/indahjuli/" target="_self">Indah Julianti Sibarani</a>

Indah Julianti Sibarani

Fulltime mom Penulis Cerita Bacaan Anak Blogger Co Founder Kumpulan Emak Blogger (KEB)

YOU MAY ALSO LIKE

Satu Kalimat

Kirimkan satu kalimat isyaratkan rindu Agar aku tahu Rindu ini bukan milikku sendiri 24/2/2007 Kalau sekarang ada twitter, 140 kata sudah cukup ya πŸ™‚

read more

Setahun Sudah

Tak terasa waktu bergulir dengan cepat. Sudah setahun saya berhenti sebagai pegawai kantoran. Bagaimana rasanya?Β Jangan ditanya soal ngasuh anak ya, setiap perempuan yang punya anak, baik itu kerja di kantoran atau di rumah, punya gaya sendiri-sendiri dalam mengasuh...

read more

11 Comments

  1. JaF

    “Katanya”? katanyaaa? Ter la luuu… :p

    Tul kan yang gue bilang? Dari komentar disini banyak penafsiran tentang haiku. Makanya gue sih lebih suka yang sifatnya “memotret” itu. Haiku nya kak indjul dapet banget deh potretnya πŸ˜›

    Reply
  2. indobrad

    kok bagi saya aturan haiku sangat “memenjarakan” emosi ya. agak sulit memadumadankannya ke dalam bahasa indonesia. tapi tetap saja, usaha mbak injul sangat hebat ketika menggambarkan emosi dalam jumlah suku kata yang cuma segitu itu. semangat terus mbak πŸ˜€

    Reply
  3. fety

    puisinya pendek tapi dalam, mbak juli:)

    Injul :
    Terima kasih, Fety πŸ™‚
    Jadi malu.

    Reply
  4. monda

    aku nyerah deh soal puisi,
    haiku ini keliatannya lebih rumit ya

    Reply
    • IndahJuli

      Iya, rada rumit, tapi menyenangkan πŸ˜€

      Reply
  5. Ikkyu_san

    hmmm apa bisa haiku dalam bahasa Indonesia ya?
    Haiku 5-7-5 huruf hiragana dalam bahasa Jepang memang karena pembentukan frase bhs jepang paling “stabil” dgn jumlah 5 atau 7 hiragana.
    kalau bahasa Indonesia mau 5 suku kata atau 5 kata? Karena kata kunci untuk bisa disebut haiku ya 5-7-5, kalau lebih dari itu ada tanka atau puisi modern. Bahkan mereka lebih sering mengatakan UTA yang orang asing menganggap artinya hanya lagu saja. Kebetulan adik iparku penyair UTA dan sudah menerbitkan 4 buku.
    Lagipula Indonesia hanya 2 musim sehingga kurang kaya (bukannya tidak bisa loh) menggambarkan suasana musimnya. Yang jago tuh pak Sapardi.

    Di luar istilah haiku sendiri, puisinya injul sudah bisa menggambarkan rasa hujan dan sepi. Hebat! Sering-sering tulis ya.

    Aku lebih suka pada penyebutan puisi mini saja. (saingan sama fiksi mini) But OK apalah artinya nama hehehe. Mari ber-Haiku!

    EM

    Reply
    • Indahjuli

      Iya, betul kak, Pak Sapardi memang bagus dan keren kalau bikin Haiku.
      Itulah kak, karena 5 – 7 – 5 itu bikin susah.
      Terima kasih atas pujiannya, jadi memicu untuk terus nulis haiku πŸ™‚

      Reply
    • Denuzz BURUNG HANTU

      wiiih, mbak imel sampai turun tangan nih…
      tuh dengerin penjelasannya…

      ehm Denuzz jadi kepngen nyoba juga nih…

      Salam BURUNG HANTU

      Reply
  6. arman

    gua pernah tuh bikin haiku. ribet ya karena ada aturan berapa suku katanya kalo gak salah ya… πŸ˜€

    Reply
    • Indahjuli

      Yoi, ribet memang, makanya gue juga rada ragu bikinnya.
      Ayo dong, coba lagi πŸ™‚

      Reply

Trackbacks/Pingbacks

  1. Twilight Express » Blog Archive » Belajar Berpuisi - [...] puisi macam apa sih yang diberikan sebagai contoh?Β  Apakah haiku seperti yang pernah ditulis IndahJuli di sini? Atau puisi…

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to Blog via Email

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Arsip

Categories