What Does July Mean and Got’ is Name

by Jul 1, 2020Moment24 comments

What does July Mean; selain bulan ketujuh dalam satu tahun kalender Gregorian dengan jumlah hari sebanyak 31? Juli itu berasal dari nama Kaisar Romawi, Julius Caesar. Katanya, orang yang lahir di bulan Juli sangat optimis dan sangat positif dalam setiap situasi. Bayi-bayi yang lahir pada bulan Juli, akan disukai semua orang. Dan ketika dewasa, mereka memiliki sisi humoris yang dirindukan terutama jika bersama keluarga dan teman-teman. Di bawah naungan rasi/bintang atau zodiak Cancer berlambang hewan kepiting (hingga tanggal 22 Juli), orang-orang yang lahir di bulan Juli ternyata cukup menyenangkan dalam interaksi sosial (pergaulan). Cukup menyenangkan, bukan sangat menyenangkan, berarti ada sisi-sisi yang kurang disukai, apa saja ya.

 

What Does July Mean and Got' is Name

What Does July Mean untuk Mereka yang Lahir di Bulan Itu

Dari hasil browsing di Google ke beberapa situs dengan kata kunci karakter orang yang lahir pada bulan Juli, ada empat kesamaan yang disimpulkan tentang orang berzodiak Cancer ini. Empat karakter itu adalah lucu atau memiliki selera humor yang tinggi, ramah, dan dua karakter yang agak-agak negatif yaitu moody (bosanan) dan memiliki sifat pemaaf tapi tidak melupakan, hahahahaha.

Sebagai orang yang lahir di bulan Juli berbintang Cancer, mengakui antara ya dan tidak. Nggak merasa memiliki selera humor yang tinggi karena kadang kalau nonton stand up comedy suka bingung di mana letak lucunya saat orang-orang yang nonton pada tertawa terbahak-bahak.

Moody? Butuh waktu yang lama untuk enggak jadi orang yang suka uring-uringan, cepat bosan dan melakukan segala sesuatu tergantung perasaan. Saya akui, dulu (sebelum punya anak lah, wong menikah saja masih suka bad mood menghadapi Mas Iwan) sering bertengkar sama orang tua dan adik-adik karena saya orangnya suka terbawa perasaan, suka sensitif dan betah berlama-lama nggak ngomong kalau enggak suka, jengkel atau marah.

Sekarang sih kalau merasa diri lagi bad mood, bosanan dan kesal, dibawa tidur atau makan minum yang enak-enak. Kalau udah tidur nikmat, hati pun senang kan. Begitu juga makan minum enak bisa bikin kembali ceria, meski trus nyesal karena kebanyakan beli-beli padahal nggak semua kemakan dan berat badan bertambah, nggak pernah turun-turun meski sudah diet segala cara.

Satu yang masih perjuangan keras sampai hari ini dilakukan adalah sifat pemaaf tapi tidak melupakan. Jujur, saya tuh orangnya gampang memaafkan, apalagi kalau kesalahan ada di saya dan kalau orang yang berbuat salah meminta maaf secara langsung. Cepat deh dimaafkan. Tapi…

Urusan melupakan itu tidak mudah.

Kadang, kalau bertemu dengan orang yang punya kesalahan atau saya bersalah terhadapnya, suka muncul kenangan-kenangan kesalahan yang terjadi itu. Trus bikin jadi enggak enak hati dan suasana, karena saya bisa tiba-tiba sulit berkomunikasi. Yang paling parah sih, saya bisa tidak menyapa atau ngobrol, menganggap tidak ada meski berjumpa dalam suatu tempat atau acara. Ini yang sampai sekarang masih berjuang keras, apalagi usia sudah bertambah menjelang menua agar bahagia.

What Does July Mean and Got' is Name

Enggak terasa memang kalau di bulan Juli tahun ini, saya sudah layak disebut orang dengan usia tua. Walau kadang suka mengingkari dengan berpenampilan dimuda-mudain. Pura-pura kuat seperti anak muda, padahal tiap minggu masuk angin dan sakit kepala.

Bulan Juli di tengah masa Pandemi Covid-19, banyak hikmah yang didapat dalam perjalanan hidup. Berusaha untuk ikhlas dan berpikir positif, meningkatkan ibadah dan memperbanyak amalan baik. Dan pastinya, berbuat sesuatu agar tidak sia-sia usia yang bertambah tua ini.

Sisi positif orang-orang yang lahir di bulan Juli berdasarkan penelitian ternyata ada lho. Di antaranya:

  • Super optimis. Apa pun yang terjadi, kalau sudah berkeinginan dan yakin dengan itu, optimis bisa melakukan dan meraihnya. Kalau pun berantakan, dihadapi dengan senyuman. Ibaratnya, jangan sampai orang tahu kalau lagi bersedih atau mengalami kesusahan. Yang perlu dipamerin itu hal-hal yang bikin senang dan bahagia saja.
  • Berbakat seni. Mayoritas yang lahir di bawah naungan rasi bintang Cancer memiliki jiwa seni yang tinggi, enggak heran banyak orang-orang terkenal di bidang seni seperti menulis, menyanyi, akting. Sebut saja penyanyi terkenal Indonesia, Agnes Monica yang lahir tanggal 1 Juli, leader Superjunior dari Korea Selatan, Leetuk, yang juga lahir 1 Juli. Tom Cruise dan Ringgo Star dari Amerika Serikat dan Inggris.
  • Berjiwa sosial tinggi. Ini hanya bisa dikatakan oleh orang yang mengenal para cancerian ini. Tapi setidaknya ada contoh orang terkenal di dunia yang memiliki jiwa sosial yang tinggi. Orang terkenal itu adalah Putri Diana dari Inggris (lahir 1 Juli), John Davidson Rockefeller yang lahir pada tanggal 8 Juli 1839, miliarder pertama dalam sejarah Amerika dan memiliki yayasan pendidikan. Ada juga mantan Presiden Amerika Serikat yaitu George Walker Bush.
  • Ceria dan Tahu Cara Bahagia. Karena hidup harus dinikmati dengan ceria biar hati bahagia, tidak menyusahkan orang lain. Kalau perlu bantu orang lain agar bahagia juga.
  • Rela melakukan apa saja untuk orang yang disayangi. Mayoritas orang kelahiran bulan Juli merupakan family man/woman. Demi kebahagiaan orang-orang yang disayangi, apa pun dilakukan meski harus berkorban. Sudah tau kan cerita tentang almarhumah Princess Diana, yang begitu melindungi anak-anaknya, Pangeran William dan Pangeran Harry, meski hatinya tersakiti? Putri Diana ini panutan banget sebagai ibu.

 

Life Camera

Ya..bulan Juli sudah datang. Welcoming July. Dan bulan Juli ini, untuk pertama kalinya saya akan berkolaborasi dengan seorang teman blogger dalam suatu kegiatan yang berhubungan dengan penulisan. Wish me and her luck.

Life is like a camera. Just focus on what’s important and capture the good times, develop from the negatives and if things don’t work out, just take another shot.”

 

<a href="https://indahjulianti.com/author/indahjuli/" target="_self">Indah Julianti Sibarani</a>

Indah Julianti Sibarani

Fulltime mom Penulis Cerita Bacaan Anak Blogger Co Founder Kumpulan Emak Blogger (KEB)

YOU MAY ALSO LIKE

Idul Fitri 2020, Kita Punya Cerita yang Sama

Idul Fitri 2020, Kita Punya Cerita yang Sama

Hari Raya selalu istimewa. Semua orang bahagia merayakannya. Tak pandang apa pun, bangsa, agama, suku atau pun ras, Hari Raya pasti menyenangkan. Begitu pun dengan Idul Fitri 2020, Hari Raya umat Islam yang semakin istimewa karena kita semua punya cerita yang sama...

read more
Marhaban Ramadan 2020, Berkahmu Kutunggu

Marhaban Ramadan 2020, Berkahmu Kutunggu

Untuk pertama kali dalam hidup ini, dalam hidup semua orang sih ya, melaksanakan ibadah di bulan puasa, di rumah masing-masing. Tidak ada shalat tarawih di masjid, tidak ada giliran membuatkan takjil untuk buka puasa bersama kaum dhuafa dan jemaah masjid. Dan yang...

read more

24 Comments

  1. Alaika

    Dan daku juga termasuk sebagai orang yang lahir di bulan July, Makpuh. Tapi di penutup July dan berada di bawah zodiak Leo. Dulu, suka terpengaruh oleh ramalan bintang, dan di masa ABG, percaya banget dengan ramalan bintang, dan suka menyesuaikan dengan hasil ramalan, haha. What a stupid me! Huhu.
    Kini, ku banyak berubah, berusaha untuk menjadi diri yang lebih baik di banding diriku terdahulu. Jadi pengen nulis secara khusus juga ih tentang bulan July ini. Anyway, kita ini memang pura-pura muda, ya, Makpuh? Padhal setiap minggu masuk angin, dan pegel linu. Haha.

    Reply
  2. Fanny_dcatqueen

    Cancerian itu moody an mungkin Krn bulan lahirnya Deket Ama gemini, yg udh terkenal banget cepet moody hahahahah. Jd masih kebawa aura2 itu :D. Kalo yg ttg generous, itu bener sih mba. Papaku cancer , dan bisa dibilang paling suka yg namanya memberi ke orang2. Salut kalo soal itu.

    Buatku,Juli juga paling berkesan Krn di awal bulan ini aku resmi resign dr kantor πŸ˜€

    Reply
    • Indah Julianti Sibarani

      Resign dari kantor, pindah kantor barukah?
      Apa pun itu, selamat ya dengan keputusannya.

      Reply
  3. lita chan lai

    aduh, bulan juli disambut dengan suka ria sama mba indah nih. selamat datang bulan juli, semoga mba indah sukses terus ya…

    Reply
    • Indah Julianti Sibarani

      Aamiiin, aamiin, terima kasih banyak ya Lita.

      Reply
  4. Fenni Bungsu

    Semoga sukses Mak Indah kolab nya di bulan kelahiran juga kan yak, hihi. Karena di bagian namanya ada Julianti nya, nebak aja sih daku.

    Reply
  5. Rafahlevi

    Aduhh aku terharu sebagai seorang July Lady. Insya Allah hasil penelitian mendekati akurat haha… karna sekelilingku mendeskripsikan diriku adalah seperti itu. Optimis, berbakat seni, ceria, sosialis dan ga itungan. Selamat ulang tahun untukku dan semua yang lahir di bulan juli.

    Reply
  6. Mei Wulandari

    Maaak Injuuul, lahir di bulan Juli, Mei lahir di bulan Mei, happy birthday kita hahaha
    btw ada gitu ya mak penelitiannya haha, tapi sepertinya karakter yg lain di bulan juli mirip sama yg lahir di Mei, intinya sih tiap orang punya ciri khas ya
    Bulan Juli ini smg spesial buatmu mak

    Reply
  7. Triyatni

    Sama kita Mom. Kata suami usia udah tua, tapi pengennya dimuda-mudain hehe. rasanya masih gimana gitu kalau dipanggi ibu-ibu huhu

    Reply
  8. YSalma

    Saya mempunyai beberapa teman dekat yang lahir di bulan July. Sisi positifnya sepertinya benar banget. Dan kalau si July lagi sedang bad mood ga bakalan bisa dihubungi karena memilih ‘menghilang’ dgn menghindar utk beberapa saat agar tak menyenggol sahabatnya. Tapi kalau udah baikan akan nongol sendiri.
    Selamat mensyukuri hari kelahiran di bulan July, Mbak πŸ™‚

    Reply
  9. Anggraeni Septi

    wah zodiaknya Cancer mak Injul, btw selamat ulang tahun ya Mak. Semoga makin berjiwa muda yang selalu semangat πŸ˜€ Sehat2 ya Mak πŸ™‚ Aku Virgo juga sering badmood kok hehe

    Reply
  10. Dwi Ananta

    Selamat bertambah umur Mbak, semoga selalu sehat dan bahagia ya. Terus proyek menulisnya berjalan lancar ya Mbak, amin. Suamiku juga lahir di bulan July tapi zodiaknya Leo, soalnya diakhir July gitu.

    Reply
  11. Alfa Kurnia

    Selamat bertambah usia, Mak InJul. Semoga selalu dalam lindungan Allah dan sehat bahagia. Saya juga lahir bulan Juli tapi bukan Cancer hehehe. Ditunggu hasil kolaborasinya, Mak.

    Reply
  12. Utie adnu

    Nah ini karakter anakku bnget kayaknya lahir tgl 11 July agak-agak negatif yaitu moody (bosanan) dan memiliki sifat pemaaf tapi tidak melupakan ingat terus diaπŸ™ˆ

    Reply
  13. Nasirullah sITAM

    Selamat datang Juli, ada kejutan apa di bulan ini? Entahlah, hahahahhahaha.
    Terselip cerita duka dan bahagia di bulan ini.

    Reply
  14. Lia Yuliani

    Wah, ada apa nih dengan Bulan Juli? Tenyata Bulan kelahiran Mbak Indah.
    Selamat millad, Mbak Indah. Moga barokah usianya. Bulan Juli berarti zodiak cancer. Kadang baca horoscope suka ada yang cocok sih. Saya sih Bulan April lahirnya, udah lewat memang.

    Reply
  15. Maria G Soemitro

    #toss
    Saya juga lahir bulan Juli
    Dan pas banget tulisan mbak Indah ini
    Termasuk kalo pingin sesuatu suka keukeuh, Mungkin Karena punya capit ya
    😁😁😁😁

    Reply
  16. Tanti Amelia

    cancer!
    my daughter (July 10), alm. my pop (July 12) , my brother and his daughter (both July 14) !
    The Cancerian really unique.
    Definitely like you said, and yet soooo clever but humble person.

    Welcoming July mak Indah, gw siap siap kado jangan?

    Reply
  17. Sani

    Saya Juli juga loh
    Kayaknya betul, selera humor saya ok lah
    Trus moody haha
    Gampang tersentuh, memaafkan tp ya ingatlah, mendalam kl sampai melukai hati hhaa

    Reply
  18. Intan Daswan

    Met milad, Mbak… Semoga bisa tetap keren sama seperti orang-orang yanh lahir di bulan Juli lainnya. Oya, saya suka quote ter akhirnya, loh.

    Reply
  19. Keke Naima

    Juli mengingatkan mamah saya yang juga lahir di bulan ini. Bintangnya pu cancer. Dan urusan humor juga ya begitu, Mbak hehehe

    Reply
  20. Dian Restu Agustina

    What does July mean – an opinion from Indah Juli….Nice! Barakallah fii umrik…
    Semoga Juli kali ini berlimpah berkah meski kita masih berada di tengah wabah.
    Juga, semoga kolaborasinya sukses ya Mak…

    Reply
  21. Ghina

    Selamat bertambah umur Mbak Injul. Ada bnyk kebetulannya ya mbak. Semoga yg positif tetep terrekam dan terlaksana dalam lelaku keseharian.

    Itu artis2 kece kok emang bnyk lahir di bulan juli ya. Jadi pengen kepo yg, lahir di bulan desember nih.. Kok ngertinya cuma dude doank. Haha

    Reply
  22. Momtraveler

    Barakallah fii umrik mbak semoga sehat selalu dan barakah sisa umurnya. Sebagai sesama camcer dan lahir di awal bulan Juli sifat2 yg dikau sebutkan di atas emang banyak yg si yg sama. Rela melakukan banyak hal utk bikin org yg kita cinta bahagia,moody (thats for sure) dan banyak lagi lah. Happy birthday ya mbak πŸ™‚

    Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to Blog via Email

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Arsip

Categories