Kepo Positif ?

by Apr 1, 2011Iseng, tentangkami7 comments

Kepo katanya diambil dari bahasa Hokkian (kaypoh). Kay atau ke artinya ayam, poh atau po artinya betina. Kepo berarti ayam betina.

Dan, entah apa hubungannya, ayam betina dengan sifat, kepo dalam bahasa gaul berarti mau tahu saja urusan orang lain, suka ikut campur, sok ngerti, dan sebagainya. Kepo cenderung berkonotasi buruk. Dan, rasanya menyebalkan kalau punya teman yang seperti itu.

Tapi, pernahkah terpikir kepo yang positif. Seorang teman berkata kepo bisa juga positif. Misalkan, dengan keingintahuannya ia berhasil menciptakan sesuatu seperti halnya Thomas Alfa Edison, kaarena rasa ingin tahunya akhirnya ia menemukan listrik.

Atau kisah orang Indonesia, Ayub S. Parnata, penemu Bakteri Kompos Organik.  Rasa ingin tahu beliau yang besar terhadap minimnya hasil produksi dari jagung yang ditanamnya, membuatnya berkeinginan untuk menciptakan pupuk dari bahan organik yang mudah didapat dan harganya murah.

Uji coba yang dilakukannya sejak tahun 1960, baru berbuah hasil puluhan tahun kemudian, yaitu di awal tahun 90-an. Pupuk organik buatannya sangat berguna bagi pertanian Indonesia. Dan, beliau pun ditahbiskan sebagai penemu bakteri kompos organik.

Eh, kembali lagi ke kepo, ada yang punya pengalaman dengan ‘kepo’ ini? Sharing dong 🙂

<a href="https://indahjulianti.com/author/indahjuli/" target="_self">Indah Julianti Sibarani</a>

Indah Julianti Sibarani

Fulltime mom Penulis Cerita Bacaan Anak Blogger Co Founder Kumpulan Emak Blogger (KEB)

YOU MAY ALSO LIKE

Merayakan Kebersamaan #4th

"Community adalah dasar dari konsep New Wave Marketing. Brand yang pintar adalah yang bisa mengajak komunitas beraktivitas. Komunitas bisa menjadi penentu masa depan yang baik di Indonesia, atau di mana pun" - Hermawan Kartajaya (Superhero juga Manusia) - ------  ...

read more

Luruhkan Lara

Tak ada yang kebetulan di dunia ini. Semua sudah ditulis-Nya. Ikhlas dan sabar itu sangat tinggi letaknya. Tak semudah yang diucapkan. Melekat di hati. Terkadang kita lupa, daun yang hijau berubah coklat dan jatuh ke tanah, selamanya akan di tanah. Tidak akan kembali...

read more

7 Comments

  1. akatsuci

    Thomas Alfa Edison itu ingin tau tentang keilmuan,
    bukan urusan orang lain :p hehe

    Reply
  2. Kepo

    dari kecil q di panggil kepo… karena dalam bahasa lampung artinya bodoh, karna aku sering main teater dan berperan bodoh, tapi aku bangga di panggil kepo, karena aku jadi terkenal, dan lihat, semua akun q ku beri nama kepo, FB: Kepo punya cipluk, koprol:Kepo, twitter:sikepo, ds:kepo, so…. buat apa dipermasalhkan???

    Reply
  3. dian

    barusan baca di blog sebelah, kepo ternyata singkatan dr knowing everything people’s object, atau ‘p’nya juga bs dari ‘particular’..begitulah 😀

    Reply
  4. nh18

    Pada hakikatnya saya bukan orang ya Kepo …

    Jika ada hal yang ingin saya ketahui … maka saya ketahui dengan cara-cara yang tidak mengganggu orang lain … atau mau tau urusan orang lain …

    Saking TIDAK KEPO nya saya … saya sering dianggap TIDAK CARE pada orang lain … Hahaha …

    Salam saya InJul

    Reply
  5. sikiky

    Punya pengalaman ngga asik dengan orang yang ‘kepo negatif’ malah dikatain tukang ngelak…ih ngga asik deh…sapa luuu…
    Kepo positif?pas ikut cerfet cerpen anak hahhhahahaha

    Reply
  6. arman

    betul, kepo bisa positif.
    tapi kalo kepo nya itu ngeribetin orang lain, atau bikin orang lain kesel, nah itu baru negatif. 🙂

    Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to Blog via Email

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Arsip

Categories