Sulitnya Mengungkapkan Cinta

by Mar 2, 2013Books7 comments

Rindu 

by Sefryana Khairil

Published 2010 by GagasMedia

Dari hasil googling, saya mendapat hasil kalau kematian anggota keluarga, terutama anak, menjadi penyebab nomor satu hubungan pasangan suami istri menjadi retak, bahkan bisa menyebabkan gangguan jiwa.

Resensi novel ini sudah pernah diulas di blog buku saya. Novel karya Sefryana ini mengangkat konflik rumahtangga Zahra dan Krisna, setelah kematian anak semata wayang mereka, Daffa, akibat kecelakaan.

Konflik yang dibangun dalam novel sebenarnya klise, namun karena alur cerita teratur dan tidak melompat-lompat, membuat novel ini cukup menarik untuk dibaca. Sayangnya, seperti ingin mempertahankan keteraturannya, jalan cerita jadi terasa lambat, terutama pergumulan bathin Krisna, terhadap hubungan antara bapak dan ibunya yang terasa mengganjal.

Tokoh-tokoh cerita dalam novel ini pun tak banyak, sehingga memudahkan pembaca. Akhir cerita terasa kurang menguras emosi, mungkin Sefryana tak ingin terjebak anggapan, bahwa konflik rumah tangga bisa  berakhir dengan perpisahan atau bahkan perselingkuhan.

Sinopsis :

Terkadang, kita melupakan hidup yang harus tetap kita jalani karena menyesali sesuatu yang telah pergi. Seperti Zahra yang merasa kebahagiaan telah berlalu saat Daffa, anak pertamanya, menghadap Sang Pencipta. Dunianya mendadak hening. Tak ada lagi tawa. Semua tak lagi baik-baik saja.

Krisna pun merasakan yang sama. Saat Daffa pergi, ia tak hanya kehilangan satu, tetapi dua cahaya hidupnya. Zahra, istrinya itu lebih sibuk menyesali diri sendiri dan tak pernah lagi mengindahkan kehadirannya.

Jarak di antara mereka semakin lebar. Perpisahan, mungkin jadi satu-satunya jalan agar tak ada lagi yang terluka lebih dalam. Tapi, benarkah pilihan itu sanggup mengembalikan semangat hidup mereka berdua?

Ah, cinta mungkin terlalu sederhana.
Terkadang, kata-kata menjadi terlalu rumit untuk mengungkapkannya.

<a href="https://indahjulianti.com/author/indahjuli/" target="_self">Indah Julianti Sibarani</a>

Indah Julianti Sibarani

Fulltime mom Penulis Cerita Bacaan Anak Blogger Co Founder Kumpulan Emak Blogger (KEB)

YOU MAY ALSO LIKE

Blog Tour dan Giveaway Love Is 2 Book, Mau?

Blog Tour dan Giveaway Love Is 2 Book, Mau?

  Bahwa cinta tak harus selalu terpancar dari kata-kata “aku mencintaimu”, tetapi justru dari hal-hal yang kita lakukan sehari-hari: makan, menunggu, atau memandanginya saat dia tertidur ~ Puuung Gimana Sahabat Blogger, setujukah dengan ungkapan Puuung di atas?...

read more
Mau Jadi Blogger Kaffah? Baca Ini Dulu!

Mau Jadi Blogger Kaffah? Baca Ini Dulu!

Mau Jadi Blogger Kaffah? Baca Ini Dulu! biar ngeblognya nggak pakai baper, nggak setengah-setengah, bisa fokus, dan seperti yang diharapkan, bisa dapat yang plus-plus. Dunia blogging sekarang ini memang lagi seru. Menurut salah seorang teman travel blogger saya yang...

read more

7 Comments

  1. luthfi

    Cerita yang sangat menyedihkan sekali.

    Reply
  2. Lidya

    cinta itu terlalu sederhana, tapi kadang orang terlalu rumit menjalaninya 🙂

    Reply
  3. Fety

    Kak Injul, sinopsis nanggung 😀

    Reply
  4. Lusi

    Pernah nonton My Sister’s Keeper? Buku diatas belum baca. Tapi kalau di film, konflik keluarga seperti diatas paling bagus digambarkan di film ini, meskipun persoalannya lebih kompleks. Tokoh2nya digambarkan dengan jujur, tak ada yang tampil heroik atau seperti malaikat ketika salah satu anak divonis sakit tak tersembuhkan. Semua punya ego & ketakutannya masing2.

    Reply
  5. Zizy Damanik

    Aduh kok sepertinya ceritanya sedih sekali ya.
    Aku tak sangguplah membacanya kalau begitu…

    Reply
  6. Solochanger

    “Ah, cinta mungkin terlalu sederhana.
    Terkadang, kata-kata menjadi terlalu rumit untuk mengungkapkannya.”

    suka banget kata ini >.<

    Reply
  7. Masya

    Hidup itu memang kadang2 pengungkapan rindu begitu ya mbak.RIBET. Ya sesederhana itu!

    Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to Blog via Email

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Arsip

Categories