Seberapa Penting (Tidak) Ulang Tahun?

by Jul 4, 2014Inspirasi, Moment37 comments

Menurutmu ulang tahun itu penting ya? Senang ya? 

Hm, jujur sih biasa saja hari ulang tahun atau tidak.

Tapi, ulang tahun memang membuat orang merasa istimewa karena diingat, diperhatikan dipedulikan. 

Jujur, aku nggak pernah berharap orang ingat atau peduli sama ulang tahunku.

Ulang tahun istimewa karena hari lahir. Aku lebih senang, bahagia, berharap orang peduli, ingat aku karena aku memang berarti buatnya. Itu aja sih.

Itulah adalah sekelumit percakapan dari dua orang yang ulang tahunnya saling berdekatan pada bulan Juli ini. Namun berbeda persepsi tentang ulang tahun.

Bagiku ultah sih biasa aja…

Aku jarang ingat ultah orang lain..dan males ngucapin jadi ya ga pernah diucapin….so biasa aja

Iya sih. Ada orang yang ngucapin juga, sebagai balasan karena pernah diucapin. Take and give.

Benar nggak sih, kita mengucapkan selamat ulang tahun kepada orang lain, karena kita sendiri pernah diucapkan selamat ulang tahun?

Seberapa pentingkah ulang tahun buat Sahabat Blogger?

Jujur, pada saat saya berulang tahun tanggal 1 Juli lalu, saya merasa menjadi orang yang paling istimewa. Diberi ucapan selamat ulang tahun oleh banyak teman, sahabat, keluarga dan handai taulan.

Dan di era digital ini, di mana marak media sosial dan smartphone yang semakin canggih. Ucapan pun diberikan melalui Facebook, Twitter, Path, Instagram, WhatSapp, sms dan telepon. Bahkan ada beberapa teman memberikan ucapan selamat ulang tahun di semua lini sosial media yang saya dan mereka miliki. Heboh!

Sudah dapat hadiah ulang tahun apa saja? 

Ya, ucapan selamat, foto-foto, gambar, kata-kata inspiratif. 

Hadiah ulang tahun…kata kata doang? Tumpukan kata-kata. Kamu sudah seneng ya kayak gitu. 

Hadiah kan nggak mesti berbentuk barang.

Senang, pastinya. Karena aku tahu, itu tanda peduli, ingat sama aku.

Ulang tahun bagi sebagian besar orang memang hari istimewa. Dan, seperti yang disampaikan sahabat terbaik saya nyaris sepanjang usia, “Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta, semua makhluk hidup harus berbahagia. Namo Budhaya”

 

Apa cerita istimewa tentang ulang tahunmu, Sahabat Blogger?

<a href="https://indahjulianti.com/author/indahjuli/" target="_self">Indah Julianti Sibarani</a>

Indah Julianti Sibarani

Fulltime mom Penulis Cerita Bacaan Anak Blogger Co Founder Kumpulan Emak Blogger (KEB)

YOU MAY ALSO LIKE

37 Comments

  1. ***********

    ultah ku yg ingat hanya (sahabat terbaikku) dan dia juga ngucapin selamat tapi sedngkan stelah itu ga ada yg ngucapin

    Reply
  2. Gushairon Fadli

    Sama dengan apa yang aku rasain mbak, ulang tahun bagiku biasa aja. Tapi jujur merasa istimewa karena banyak keluarga dan sahabat yang peduli, bentuknya dalam bentuk doa, ucapan selamat ulang tahun dan merasa seneng aja orang-orang terdekat mengingatnya, kadang aku malah eh yang lupa. hehehe

    Reply
  3. yuni

    Meskipun bagi saya juga gak terlalu penting tapi seneng gitu kalo ada yang inget… hehe

    Reply
  4. tia

    penting hadiahnya mak, haha…

    tapi sejujurnya diucapin selamat ultah itu seneng2 enggak sih. klo yg ngucapin orang yg special jadinya emang seneng banget. tapi klo yg ngucapin orang kantor its means = minta traktiran. ahhahaa… *sambil komat kamit mg2 disini gak ada orang kantor*

    aq pernah hide tanggal ultah di FB, eh ga ada yg inget dong sama ultahku. lalu aku sedih. tapi tetep hide sih, soalnya kalau aq lagi kepo ke fb orang terus ketemu sama serentetan ucapan ultah suka sebel, posting2 utama dari target kepo jadi ketutupan. kan gak seru. wkwkwkw

    Reply
  5. Catcilku

    Biasa aja sih mbak, tapi seneng kalau ada yang ingat 🙂

    Reply
  6. Alojamiento web

    Dalam tradisi agama Hindu di Bali tidak mengenal adanya hari ulang tahun dikarenakan mempunyai sistem perhitungan hari kelahiran yang berbeda.

    Reply
  7. fanny fristhika nila

    duluuu banget, buatku ultah itu pentinglah.. dirayain, diucapin, kasih kado… tapi itu duluuu mbak.. jaman2 sebelum kerjalah…

    tapi skr, aku samasekali ga anggab itu ptg.. malah sebisa mungkin aku mau mnghapus tradisi NGERAYAIN ultah utk anakku.. Ngerayainnya loh yaa… aku tuh ga mau dia cuma inget kalo ultah berarti dapet kado banyak dr temen2.. ga pgn dia beharap gitu..

    mungkin kita ttp nguapin slamat ultah, tapi hanya kluarga, aku, papinya, adeknya dan kakek neneknya. udah itu aja.. malah kalo bisa, pgnnya ngajarin dia, pas ultah itu wktnya kita berbagi dengan anak yg kurang mampu.. bukan nya menghamburkan duit utk pesta ga jelas.. sayangnya papi nya ini nih yg blm setuju 100%..alasan papinya sih takut anaknya minder krn temen2 nya srg ngundang ultah, tapi dia malah ga pernah.. -__-

    cuma caraku ngakalin ttp adalah :D.. aku sengaja beli tiket2 traveling pada saat ultah anakku, ultah si papi.. jd pas hari H, kita sekeluarga memang lg ga di tempat ;p Mending anakku tergila2 traveling drpd tergila2 pesta ultah ;p

    Reply
  8. miramiut

    Suami saya malah gak pernah ingwt hr ultah saya, yg penting di kesemua hari dia ingat sama saya.. ?

    Reply
  9. fanny fristhika nila

    wuahhh, kurang sebulan lg nih ultah mba 😉

    Buatku sih ga ptg ya mba…. dulu jaman2 sekolah mungkin ptg bgt… tp krn usia mkin tua, aku malah ga pgn ulang tahun -__- .. 😀 stop di umur segini aja bisa ga yaaa ;p

    anakku ga aku ajarin utk rayain ultah sbnrnya… tapi papinya ini yg pgnnnn bgt ngerayain -__- .. mksdku jgn sampe si kecil mikir kalo ultah itu identk kado, wajib… pgnnya kan ultah itu dia berbagi aja ama org2 yg ga mampu… uangnya ga sia2 juga jdnya… drpd pesta ga jelas juntrungan

    Reply
  10. Fadhly

    Salam kenal.. 🙂

    Reply
  11. yulia

    Ikhh.. mak Ijul maaf kayaknya cuma sy doang yang belum ngucapin ultah.. semoga selalu diberi kesehatan deh

    Reply
  12. Arifah Abdul Majid (@arifah_feibiii)

    Ulang tahun adalah moment untuk kita banyak bersyukur. Gak perlu dirayakan dengan pesta, tapi cukup dengan orang-orang terdekat aja, misal : makan bareng, ini udah membahagiakan banget 🙂 Mudah-mudahan usia Mak Indah semakin berkah yaaa, aamiin.

    Reply
  13. Tanti Amelia

    mak Indaaaah, sukses selalu yaa, u’re the most rockin person that I ever know!!!

    Reply
  14. Lidya

    senang masih ada yang memperhatikan ya mbak

    Reply
  15. lutfie

    saya tidak begitu perduli dengan ulang tahun saya sis. apalagi saya di perantauan ga ada yang ngrayain.

    Reply
  16. maman

    kalau saya terus terang hari ulang tahun adalah hari yang sangat menyeramkan bagi saya. betapa tidak ketika ulang tahun saya datang, saya jadi sadar usia saya sudah berkurang satutahun. saya selalu berfikir bagaimana jika tuhan hanya memberi umur pada saya 50 th dan ketika saat ini usia saya 30 th berarti sudah tinggal 20 tahun lagi jatah saya. sumpah saya sedih dan takut…terlalu banyak waktu yang saya siasiakan didunia ini.

    Reply
  17. Niar Ningrum

    Hihihi….ultah nya ngak pernah inget , ultahnya deketan yaa mbak indah sama sapa hayoo… eeh aayah ku juga ultah nya deket sama mbak indah (ayah dari………..) #eehhh

    Reply
  18. Zizy Damanik

    Selamat ulang tahun Kak IndJul… semoga semakin bertambah juga berkahnya… amin.

    Reply
  19. Zippy

    Kalo buat saya sih ulang tahun tetap menjadi hal yang istimewa kak. Istimewa karena masih diberi umur sama Yang Kuasa.
    Intinya sih ulang tahun itu salah satu hari dimana saya harus mengucap syukur dan berbenah diri.
    Btw, happy b’day kak, keren nih ultahnya barengan sama ultah Polri 😀

    Reply
  20. kempor

    nggak penting sih mbak.
    kalau bisa nggak usah ada yang tau kalau kita ulang tahun 😀

    Reply
  21. Lusi

    Selamat ulang tahun mamah Indah. Semoga terus berjaya dan tetap cantik jelita. Aamiin.

    Reply
  22. Lusi

    AKu sih penginnya diulang tahunin, di restoran mewah, ngundang artis. Yang seru. Semoga orang2 baca komen ini.

    Reply
  23. Keke Naima

    kayaknya saya belum ngucapin selamat ulang tahun di blog ini hehehe

    Mendapat ucapan selamat ulang tahun memang menyenangkan, ya, Mak. Rasanya seperti mendapat perhatian dari mana2, Bahagia rasanya 🙂

    Reply
  24. Ika Hikmah Maulida

    Wah, selamat ulang tahun ya Tante Indah.. ultahnya sama kayak adekku ternyata. Dan bulannya sama kayak aku. Hehe
    Sayang sekali, aku belum pernah punya momen-momen temaram yang membuatku merasa amat dicintai… meski begitu, aku tak perlu menuntut toh? 🙂

    Reply
  25. Hastira

    kalau di keluarga besar saya ukang tahun selalu jd momen untuk mengucapkan selamat tak pernah lupa walau sudah tinggal berjauhan. paling nereksan ya daapt hadiah dari siswa2 saya, mulai dikerjain, dibanjur dan diberi bunga mawar , wah gak pernah akan terlupakan

    Reply
  26. ida nur Laila

    hehe malah aku yang dapat boorprize karena nebak tgl….HBD mak injul

    Reply
  27. ndop

    mbak Indah ternyata bintangnya kenser. Waaaah.. sensitif nih huahahaha…

    Aku kok malah nggak ngucapin ultah ke mbak juli ya. Sekarang aja deh. Selamat hari jadi ya, semoga bahagia <– halah gak kreatif blas! hahhaa..

    Bte hari jadinya barengan sama agnes monika. Pasti Mbak Indah ini bisa nyanyi dan dens.

    Reply
    • Indah Julianti

      Yaaay, terima kasih ya Ndop.
      Selain Agnez Mo, ulang tahunku juga sama dengan Putri Diana (alm) dan aku lebih memilih seperti Putri Diana yang mempunyai hati emas 😀

      Reply
  28. Adi Pradana

    happy birthday…

    Reply
    • Indah Julianti

      Terima kasih ucapannya 🙂

      Reply
  29. Beby

    Selamat ulang tahun, Mbak.. Semoga selalu sehat dan bahagia. Amiiin.. 😀

    Kalo aku sih cenderung cuek ya sama ultah sendiri.. Ngerasa ngga ada bedanya. Cuma merasa bersyukur aja bisa ketemu di hari ultah trus dapet ucapan plus kado. Hihihi.. 😛

    Reply
    • Indah Julianti

      Hehehe, terima kasih banyak ya Beby 🙂

      Reply
  30. Elsawati

    kadang saya berharap semua orang tidak ingat hari ultah saya, karena repot juga merespon ucapan-ucapan selamat yang ujungnya minta ditraktir..

    Reply
    • Indah Julianti

      Ada banyak yang seperti dirimu, Elsa 🙂

      Reply
  31. Yos Beda

    Saya sendiri malah melihat ulang tahun dengan dua kacamata yang berbeda,
    pertama saya menilai ulang tahun orang lain itu penting, sehingga sebisa mungkin tak lupa mengucapkan selamat ulang tahun saat teman berulang tahun.
    Kedua ulang tahun sendiri saya anggap tidak terlalu penting selain sisi pengingat bahwa usia kita berkurang satu tahun, selebiuhnya tidak terlalu penting, saya sendiri selalu menyembunyikan tanggal ulang tahun di akun-akun sosial media, hehehehe

    Reply
  32. arman

    wah penting dan spesial banget sih kalo menurut saya tentang ulang tahun itu… 🙂
    walaupun sekarang ada sedihnya juga karena tambah tua, tapi tetep harus dirayakan spesial dong ya… 😀 gak perlu perayaan besar, yang penting special aja. 😀

    Reply
  33. suria riza

    Disini belum….:D
    HAPPY BIRTHDAY mbak…
    semoga sehat dan sukses selalu
    muuahhh

    Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to Blog via Email

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Arsip

Categories