Dulu, sewaktu kecil, si mama sering bilang, kalau jadi anak perempuan biar pun jadi wanita karier, pintar, cantik, harus tetap ngerti pekerjaan rumah tangga seperti masak, beberes rumah, mencuci piring, mencuci baju, dan sebagainya.

“Kalau kamu nggak bisa masak, nyapu, nyuci, nanti sudah nikah, kalau mertuamu orang Batak, rewel, bisa-bisa kamu dipulangin lagi ke rumah,” kata si mama tiap kali menasehati kami, 3 anak perempuannya.

Kami sih tahu, itu kiat si mama supaya anak-anaknya mau mengerjakan pekerjaan rumah tangga, apalagi kalau nggak ada pembantu siapa lagi coba yang bisa disuruh kalau bukan anak-anaknya.

Maka, berbagi tugaslah kami bertiga. Saya, selalu mengambil pekerjaan yang menurut saya cepat diselesaikan, yaitu : membersihkan rumah (menyapu dan mengepel), serta membantu simama mencuci baju (bagian membersihkan). Sementara dua orang adik saya lebih memilih memasak sebagai bidang keahliannya, hehehe.

Dan, sekarang sudah berumah tangga, saya tetap lebih enjoy mengerjakan tugas mencuci dan membersihkan rumah, ketimbang memasak. Hehehe, tetap masak sih, tapi masak yang gampang-gampang saja.

Tanpa mengecilkan urusan memasak, ternyata pekerjaan membersihkan rumah, terutama urusan sapu menyapu bisa memperkuat jantung orang yang melakukannya.

Menurut Majalah Ayahbunda, menyapu sama dengan kegiatan berjalan kaki dan melatih otot-otot lengan dan tangan. Karena itu,  kegiatan menyapu bisa memperkuat otot paru-paru dan jantung, memacu jantung melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh, khususnya aliran darah dari pembuluh darah balik (vena) di kaki, dan meningkatkan stamina, memperkuat otot-otot lengan, tungkai dan pinggang.

Tapi, sapu bukan sembarang sapu. Karena kita tetap harus memperhatikan:

  • Tumit menjejak lantai lebih dahulu, lalu gerakkan seluruh bagian kaki agar kaki dapat menapak lebih kuat dan stabil.
  • Pilih sapu bertangkai panjang sesuai dengan tinggi badan. Lakukan gerakan menyapu dengan dua tangan.
  • Menyapu bergantian antara tangan kanan dan tangan kiri agar beban pada otot tanan kanan dan kiri menjadi sama.
  • Usahakan agar bahu dalam posisi santai.

Trus gimana kalau yang rumahnya memakai karpet di seluruh lantai, tetap bisa menyapu sehat kok. Karena menurut Ayahbunda lagi, menggunakan vacuum cleaner hampir sama dengan menyapu. Saat men-vacuum, juga banyak mengandalkan kaki, tangan dan kekuatan otot batang tubuh saat harus setengah membungkuk.

Tapi jangan lupa pakai masker penutup hidung, biar nggak kemasukan debu. Bukannya sehat malah sakit, kalau terkena debu.

Nah, mari kita menyapu. Etapi,  walau bagaimana pun olah raga tetap penting loh. Terutama buat saya nih, yang badannya melar di mana-mana. Karena selain menyehatkan, olah raga teratur juga bisa mengurangi berat badan secara ideal.

<a href="https://indahjulianti.com/author/indahjuli/" target="_self">Indah Julianti Sibarani</a>

Indah Julianti Sibarani

Fulltime mom Penulis Cerita Bacaan Anak Blogger Co Founder Kumpulan Emak Blogger (KEB)

YOU MAY ALSO LIKE

40 Comments

  1. riana

    kalo aku bebenah rumah males, memasak nggak bisa *emak2 ga tau diri* hihi…tp membaca manfaat menyapu, sepertinya mau dicobain deh….:D..thx for sharing…

    Reply
  2. IndahJuli

    pastinya dong, makanya mari menyapu 😀

    Reply
  3. iam

    Wah ternyata menyapu bisa menguatkan jantung ya kalo dilakukan dgn bener 😀

    Reply
  4. The Maniac

    Selamat pagi, Kawan. Semoga kita selalu mendapat berkah keselamatan.
    Salam kenal dari saya, dan ijinkan saya membaca dan menyerap ilmu yang Kawan berikan di sini.

    Salam hangat 😀

    Reply
  5. The Maniac

    Selamat pagi, Kawan. Semoga kita selalu mendapat berkah keselamatan.
    Salam kenal dari saya, dan ijinkan saya membaca dan menyerap ilmu yang Kawan berikan di sini.

    Salam hangat 😀

    Reply
  6. yuyuk

    eeeh bener ya sekalian rumah bersih sekalian sehat .. etapi saya lebih cenderug suka ngacak-acak dapur daripada bebenah :((

    Reply
  7. ~bangjay

    Yuhuiii … kisah n dialog antara emak dan anak gadisnya …
    para cow gk usah ikutan … 😀

    Reply
  8. Bibi Titi Teliti

    Ooooh…
    ternyata nyapu juga ada pedoman nya tooooh,…
    Baiklaaaah,…ntar dicobain deh mbaaa,…

    eh..eh…aku juga suka males masak tuh mba,…hihihi…

    Reply
  9. dyah

    Nyapu dan ngepel lebih seru daripada menyetrika! hihihi…sama keringatannya tapi yang satu ngga membakar lemak! 🙂

    Indah…pakabar? 🙂

    Reply
  10. Debby

    aQ lebih milih masak sih daripada cuci atau bersih0bersih rumah 🙂

    Reply
  11. niQue

    :(( salut deh buat Indah yang masih (mau) rajin menyapu sampai sekarang, apalagi sampai teknik menyapu seperti itu 😀
    kayaknya perlu menyemangati diri lagih agar mengikuti jejakmu demi melangasingkan body yg sudah over juga hehehe ….

    tsf yaaa

    Reply
  12. indra kh

    hehe, sekarang kalau tidak sempat olahraga mau nyapu saja kalau begitu.

    Reply
  13. mamah Aline

    wah sama… dulu ibu saya sering bilang kalo anak perempuan harus rajin nyapu biar langsing dan dapat suami ganteng, tapi ternyata selain itu jangan-jangan nyuruh kita berolah raga kaki ya 🙂

    Reply
  14. Arman

    berarti sambil bersih2 sekalian olahraga ya.. bagus tuh.. 🙂

    Reply
  15. achoey el haris

    wah istriku harus baca ini dik 🙂

    Reply
  16. Sylvia, Jake and Matt

    Berhubung disini gga ada pembantu yah sapu-menyapu dikerjakan sendiri. Utkk dedaunan di pekarangan rumah sebetulnya kita bisa bayar jasa landscape company. Cuman bagiku sih mending dikerjain sendiri, krn pekarangan rumah bersih dan juga itung2 olahraga.

    Reply
    • Indahjuli

      Kl tinggal di LN memang serba sendiri ya, mandiri.

      Reply
  17. PuteriAmirillis

    msh mending nyapu daripada nyetrika mba hehe,,,
    sama mba..dulu juga mama pu3 suka bilang gitu..
    jadinya rajin bersih2 deh,,,
    biar ga dapet suami brwokan..hahaha…
    biar bgmpun nasihat ortu pst bermanfaat u kita y mba..

    Reply
    • Indahjuli

      Iya, nasihat orangtua memang tokcer.
      Dan, sekarang saya seperti itu ke anak2 😀

      Reply
  18. sibair

    saya rajin nyapu kok mbak 😀 *kalo kepepet* 😀

    Reply
    • Indahjuli

      huahaha, the power of kepepet.

      Reply
  19. orange float

    setiap pagi bersih-bersih, ditemanai sapu dan kemonceng 🙂

    Reply
    • Indahjuli

      hehehe, tugas sehari2 ya 🙂

      Reply
  20. Pakde Cholik

    Yang harus diingat waktu menyapu adalah :

    Jangan ada kotoran yang ketinggalan karena kelak akan mendapat suami yang brewok, kata orang2 jaman dulu he he he.
    Nyapu kan sambil olahraga juga, kalau ikhlas dan sambil senyum malah dapat pahala.

    Salam hangat dari Surabaya

    Reply
    • Indahjuli

      salam hangat kembali, Pakde.
      Paduan yang klop, olahraga sambil ibadah.

      Reply
  21. Denuzz BURUNG HANTU

    Hehe… Harus mulai rajin nyapu nih
    Selama ini mengandalkan orang lain sih… 🙂

    Menyapu boleh juga nih dikategorikan olehraga kalo gitu…

    Salam sayang dari BURUNG HANTU… Cuit… Cuit…Cuit…

    Reply
    • Indahjuli

      Betul, dek.
      Mari kita menyapu 🙂

      Reply
  22. nh18

    Kalau perlu …
    setel musik disko … atau dangdut …
    kombinasikan gerakan menyapu dengan sedikit geyal geyol … jogedan …
    (ssttt ini pernah saya lakukan …)

    badan sehat … hati gembira …pekerjaan tidak terasa berat

    Salam saya InJul

    Reply
    • Indahjuli

      Hehehe, olahraga sambil senang2 ya, Pak 🙂

      Reply
  23. nitnot

    itung2 buat olahraga kan..hehehee…

    Reply
    • Indahjuli

      Betul sekali, Nit 🙂

      Reply
  24. bundadontworry

    hahaha…samaaja ya Mama kita dulu, ngomong kayak gituh ,InJul
    malah Ibuku suka bilang, kalau nyapu nya gak bersih, nanti dapat suami bewokan ….xixxixi……… 🙂

    wah, kayaknya mesti sering2 nyapu nih, secara badan dah overweight gak ketulungan 🙁
    salam

    Reply
    • Indahjuli

      ah, ya, betul, kalau sapu nggak bersih suaminya brewokan 😀
      Sama, Bunda, saya juga overweight 🙁

      Reply
  25. choirul

    walaupun laki-laki aku tiap hari juga nyapu lho, nyapu halaman masjid…

    kan aku tinggalnya di amsjid, semoga aku diberi kesehatan

    Reply
  26. monda

    Sekarang giliranku yang ngomong seperti mamamu kalau nyuruh anak2 beberes he.. he… Dulu juga kita kan jg males kl disuruh mulu, mama suka bilang, di jolomu do’i, kira2 maksudnya ntar udah tua pasti mengalami hal sama, he..he.. beneran ya

    Reply
    • Indahjuli

      Iya, betul kak, males banget deh disuruh terus 😀
      Huahahaha, betul betul, mama juga dulu sering bilang seperti itu : di jolomu do’i 🙂
      Ibu-ibu batak ya 😀

      Reply
  27. Ikkyu_san

    hehehhe kalo aku lebih memilih memasak daripada bebenah, jadi kalau mau dtaang ke rumahku harus janjian dulu 3 hari sebelumnya, spy dibersihkan hahahaha

    EM

    Reply
  28. Ikkyu_san

    hehehhe kalo aku lebih memilih memasak daripada bebenah, jadi kalau mau dtaang ke rumahku harus janjian dulu 3 hari sebelumnya, spy dibersihkan hahahaha

    EM

    Reply
    • Indahjuli

      huahahaha, masak kan repot kak. Sudah kelar masak, trus musti diberesin juga urusan memasaknya 😀

      Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to Blog via Email

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Arsip

Categories