Rezeki yang Tertukar ?

by Feb 2, 2015Inspirasi73 comments

Rezeki yang Tertukar

~ Percayalah, rezeki itu sudah diatur oleh Yang Maha Kuasa. Tiap orang ada rezekinya masing-masing, dan enggak akan pernah tertukar antara A dan B, begitu juga C. Enggak perlu juga nusuk dari belakang, menjadi musuh dalam selimut, apalagi menggunting dalam lipatan ~  ‪#‎SelfNote‬

 

Saya setuju banget dengan komentar Sari Musdar itu (kalo pun sempat ‘dicuri’ orang lain, Allah kasih gantinya di lain waktu. Percaya deh!

Status tersebut terpicu dari obrolan pagi hari dengan salah seorang sahabat saya. Perempuan hebat yang  aktivitasnya menggunung, berprestasi di bidangnya, namun tetap humble dan sederhana. Sesederhana pikirannya ketika ada seseorang yang ‘menggunting dalam lipatan’. “Sedih sih, tapi ikhlas dan sabar sajalah.”

Ya, ikhlas. Rezeki, sebagaimana dalam KBBI daring:

re·ze·kin1 segala sesuatu yg dipakai untuk memelihara kehidupan (yg diberikan oleh Tuhan); makanan (sehari-hari); nafkah; 2ki penghidupan; pendapatan (uang dsb untuk memelihara kehidupan); keuntungan; kesempatan mendapat makan;
 elang tak akan dapat (dimakan) oleh musang (burung pipit), pb setiap orang ada keuntungannya masing- masing; ada nyawa (umur) ada — , pb selama masih hidup kita tentu masih sanggup berusaha;
 batin sesuatu yg berguna bagi batin; santapan rohani; — halal pendapatan yg halal (yg diperoleh dng jujur); — mahal sukar mencari rezeki (penghidupan); jarang sekali mendapat keuntungan; — mata segala sesuatu yg sedap dipandang; — meninggi mendapat keuntungan tidak dng bersusah payah; — merendah segala yg dikerjakan selalu menguntungkan; — murahmudah mendapat penghidupan; kerap kali mendapat keuntungan; — musangki gadis yg tidak terjaga; — nomplokcak rezeki yg diperoleh tanpa diduga dan dl jumlah yg cukup besar

 

Rezeki tidak hanya berupa materi, tetapi juga batin. Dan kepada sahabat saya itu, hanya bisa bilang, semoga dia selalu dilimpahi banyak rezeki lainnya. Yang penting hatinya senang.

Lagi pula, dalam hidup kita, akan banyak menemukan karakter seperti itu, orang-orang yang suka memotong kompas. Menggunting rezeki/hak orang lain.

Seperti yang dikemukakan twitt ini:

Aaah, kenapa jadi ngomong sok serius begini ya 🙂

Selamat menikmati hidup, Sahabat Blogger. Life is about moving on, accepting changes and looking forward to what makes you stronger and more complete (@Epic_Women)

<a href="https://indahjulianti.com/author/indahjuli/" target="_self">Indah Julianti Sibarani</a>

Indah Julianti Sibarani

Fulltime mom Penulis Cerita Bacaan Anak Blogger Co Founder Kumpulan Emak Blogger (KEB)

YOU MAY ALSO LIKE

73 Comments

  1. Babang Travengler

    setiap makhluk idup didunia udah ditentuin jatah rejeki. rejeki udah ada tinggal kita mau gak jemputnya 😗

    Reply
  2. Santri Drajat

    Semua makhluk yang tercipta sudah di jamin oleh Allah rizkinya 🙂
    dan tidak akan tertukar 😉

    Reply
  3. Ilham Share

    rezeki saya mudah-mudahan ga tertukar deh mbak

    Reply
  4. Info Kesehatan

    terimakasih postingannnya sangat inspiratif, insya allah rezeki iut gak bakalan tertukar kok mba

    Reply
  5. Info Kesehatan

    Insya Allah rezeki itu gak bakalan tertukar kok, pastinya kalau udah rezeki kita gak bakal jadi milik orang lain.

    Reply
  6. Imazahra

    Eh sudah baca yang ini 🙂

    Tapi lupa sudah komen apa belum, hihihi 🙂

    Saya percaya, tidak ada rizki yang tertukar, yang ada hanyalah ditunda atau diganti dengan yang lebih baik, insyaAllah 😀

    Reply
  7. Sumarti Saelan

    asal jangan outri yang tertukar aja makpuh, ruwet nanti jadi panjang episodenya, soalnya striping itu 😀

    Reply
    • indahjuli

      Tabok Icoel

      Reply
  8. Halo Muda

    Rejeki nggak bakal tertukar kok mbak. 🙂

    Reply
  9. Indah Nuria Savitri

    hmmm…memotong kompas…menggunting dalam lipatan…sounds familiar hehehe..tapi dunia memang kejam, mba :)…but aku 1000 miliar mendukung dan setuju kalau rezeki tidak akan ke mana..

    Reply
  10. Dwi Aryanti

    Setujuuuu.. Rejeki itu kan tidak hanya dinilai dari materi saja ya, mak. Bisa jadi kita dikasih rejeki sehat, rejeki kawan-kawan yang baik dan itu tidak bisa dinilai harganya hehe

    Reply
  11. Salman Faris

    Tapi bisa jadi jadi teori roda selalu berputar Mba, jadi nantinya rejeki itu akan balik lagi ke siempunya Mba 😀

    Reply
  12. irma senja

    Setuju banget mbaku,…:)
    terima kasih pencerahan dan tauziahnya xixixi ^_^

    Reply
  13. nindi azzahra

    setuju mbak kalau rezeki itu tak pernah tertukar ” Yakinlah rezeki itu sudah ada yang ngatur :)”

    Reply
  14. nindi azzahra

    setuju banget rezeki itu tak pernah tertukar mbak “yakinlah rezeki itu sudah ada yang ngatur 🙂 “

    Reply
  15. susanti dewi

    Rezeki adalah Allah yg mengatur, maka tdk akan mungkin tertukar. Dan twitt nya, sukaaaa banget 🙂

    Reply
  16. kurniasepta

    rejeki datang dari arah yang tak terduga

    Reply
    • Indah Julianti

      Betul sekali, Mas Kurnia Septa 🙂
      terima kasih ya sudah berkunjung ke blog saya.

      Reply
  17. Ika Hardiyan Aksari

    Semoga ada rezeki lain Mak 🙁

    Reply
    • Indah Julianti

      Aamiin, Insya Allah 🙂

      Reply
  18. dewi rieka

    Setuju mba..ada rejekinya masing2 yaa

    Reply
    • Indah Julianti

      Hehehe, iya Dedew, seperti dirimu ya, mengalir terus rezekinya 🙂

      Reply
  19. momtraveler

    Duuuhh postingan makpuh pas bgt dengan suasana hatiku hri ni yg lagi ngerasain sakitnya digunting dlm lipatan…. 🙁
    Makasih makpuh yg baik udah diingetin kl rezeki itu macem2 bentuknya. Punya temen sebaik mbak indsh tu juga rezrki bgt
    #peluukk

    Reply
    • Indah Julianti

      Alhamdulillah, punya teman sekeren dirimu pun rezeki, Muna Sungkar <3

      Reply
  20. luthfi

    Yang terpenting kita selalu berusaha, untuk mendapatkan rejeki itu, kalau belum saatnya pasti akan saat yang lain.

    Reply
  21. Pakde Cholik

    Rezeki setiap orang sudah tertulis. tetapi karena kita tidak tahu bagaimana tujlisan itu maka manusia wajib berusaha keras dan berdoa untuk menjemput rezeki yang sudah disiapkan oleh Ar Razzaq.
    Terima kasih pencerahannya
    Salam hangat dari Surabaya

    Reply
    • Indah Julianti

      Saya yang terima kasih banyak sama Pakde yang selalu tak putus memberikan rezeki tulisan kepada kami-kami 🙂

      Reply
  22. dede

    halo mak, salam kenal. 🙂 tulisannya menarik…dulu saya mikir rejeki hanya berbentuk uang, tapi kesini jadi berubah pemikiran saya 🙂

    btw, suka quote yang ditemukan di Twit dan dari KBBI juga…

    Reply
    • Indah Julianti

      Terima kasih, Dede, senang mempunyai teman baru, rezeki teman ya 🙂

      Reply
  23. lieshadie

    Maaakkk…..rejeki tak pernah salah alamat..meski digunting dipotong dll…sabar ya Mak…

    Reply
    • Indah Julianti

      Insya Allah, terima kasih ya Lies 🙂

      Reply
  24. Beby

    Setuju, Mbak.. 😀 Aku jugak yakin kalok rejeki ngga ada yang tertukar. Pasti tetep ada takarannya menurut ALLAH SWT.. 🙂

    Reply
    • Indah Julianti

      Aamiin, Insya Allah. Terima kasih ya Beby 🙂

      Reply
  25. Yulia Rahmawati

    Ada hikmah dalam setiap peristiwa, semoga sahabat Mak bersabar… 🙂

    Reply
    • Indah Julianti

      betul, Yulia. Selalu ada hikmahnya 🙂

      Reply
  26. Idah Ceris

    Padat banget, Mbak. 🙂 Selagi ada usaha, insya allah rezeki akan terus mendampingi. Kompas bisa dipotong, ya. Tapi jalan rezeki dariNya ngga akan ada yg bisa memotong.

    Reply
    • Indah Julianti

      Setuju, Idah Ceris, aih terharu sama komentarmu 🙂

      Reply
  27. astin

    Mak Indah, rejeki bukan saja materi, tapi batin…eaaaaaa…akuh banget, buatku mendapatkan badan sehat itu sudah rejeki, berdampingan dengan teman yang baik itu rejeki…wes lah klo dicuri, nanti dikembalikan kok sama Allah…hehee, lagian gak barokah nyuri rejeki orang **** kepooh

    Reply
    • Indah Julianti

      Hehehehe, katanya rezeki yang tercuri itu akan kembali dalam bentuk lain, Astin 🙂

      Reply
  28. ndop

    Makanya aku gak pelit tuh bagi2 ilmu menggambar vector. Sampe ada orang menasehati, ‘jangan ngeshare ilmu vectormu ke orang lain, nanti semua pada bisa trus kamu kehilangan banyak klien’.

    helooo.. semuanya gak terbukti kok. Job2anku masih laris ajaaa.. hahhaa

    Reply
    • Indah Julianti

      Aaaah, kamu memang baik hati, aku bangga punya teman sepertimu, Ndop 🙂

      Reply
  29. roaming

    bersabar saja dan ini harusnya kita lebih menghargai rejeki 🙂

    Reply
    • Indah Julianti

      Insya Allah sabar dan menghargai 🙂

      Reply
  30. Ririe Khayan

    Sebagaimana rejeki yang tak akan tertukar, maka demikian pula jodoh….tak akan ada orang yang bisa memerlambat ataupun mempercepatnya.

    #sepakat dgn twit-nya: dimanapun kita berada, kita akan bertemu dua jenis orang tersebut: yang mensupport dan menjatuhkan

    Reply
    • desain interior

      bener banget.. aq juga suka sm twit nya 🙂

      Reply
    • Indah Julianti

      Terima kasih, jangan bosan berkunjung ya 🙂

      Reply
    • Indah Julianti

      Hehehe, terima kasih ya Mak Ririe

      Reply
  31. evrinasp

    Mak Puh, rejeki itu gak harus berupa materi, rejeki umur, nikmat sehat, kebahagiaan bagi saya rejeki, termasuk ucapan terimakasih itu rejeki lho buat saya, pokonya ikhlasin aja dalam menjalankan hidup ini, in syaa Allah berkah, kaya saya niatnya cuma mau memantau perkembangan lapangan, tiba2 disuruh bawa ubi *ahay*, pernah suatu hari juga rejeki datang mulu, bawa jagung, ubi, jambu yah begitulah, positif thinking aja, in syaa Allah rejeki sudah ada tinggal kita mau menggapainya atau tidak *eh panjang bener

    Reply
    • Indah Julianti

      Yup setuju, Vina 🙂

      Reply
  32. anekdot lucu

    mungkin allah berkehendak lain,, rejeki sudah diatur oleh allah. tinggal kita saja yang harus siap menjemputnya…

    Reply
  33. Lianny Hendrawati

    Setuju, rezeki nggak akan tertukar. Tuhan sudah mengatur semuanya.

    Reply
  34. winny widyawati

    Setuju makpuh. Setia dengan kejujuran juga itu rejeki kebaikan yang nggak semua orang punya. Semoga kita bisa selalu jadi orang2 yg baik ya

    Reply
  35. Diah Siregar

    dan, membaca postingan ini siang ini juga rezeky 😉 nice post bun 🙂

    Reply
  36. MasMimow

    kata orang rejeki gak bakal kemana…. bener banget tuh apalagi yang ulasa di tengah rejeki bukan hanya materi aja.

    Reply
  37. Lidya

    Rezeki sudah ada yang mengatur ya mbak

    Reply
  38. Dwi Puspita Nurmalinda

    alhamdulillah, aku yakin rezeki dari Allah gak akan tertukar..Allah Maha Adil dan Maha Pemberi Rezeki 🙂

    Reply
  39. Enny Ridha

    Semua yang sudah ditetapkan oleh Tuhan tak akan pernah tertukar.

    Reply
  40. Nova Wijaya

    Wahhh aku fikir tadi bunda mau nyaingi judul sinetron TV Sebelah hihi….Rezeki memang sudah diatur ya bun, jadi berapapun dan apapun yang diterima harus di syukuri 😀

    Reply
  41. rizka

    Belum rejekinya berarti ya Mbak. Akan ada balasannya kelak untuk kita 🙂

    Reply
  42. cumilebay.com

    Mengunting dalam lipatan itu bagaimana kak ???? #dibahas trus kalo jodoh boleh di tuker2 ngak ??? Aku mau nya ama megan fox #dijeplak

    Reply
  43. Yeye

    Setuju mak Injul.. Rejeki tak akan tertukar, klo udah rejeki tak akan kemana, rejeki jg dtg tak disangka, musibah jg dtg tak disangka.. Smoga kita slalu diberikan hati seluas samudra yah makkk.. Amin

    Reply
  44. warm

    ya tak pernah takdir seseorang tertukar, bukan ? 😀

    Reply
  45. Taqorrub

    kalau sudah rejeki nya pasti nggak akan kemana-mana mbak, yang penting kita tetap bersyukur atas apa yang dikaruniai oleh Allah kepada kita 🙂

    Reply
  46. Keke Naima

    Setuju. Rezeki gak akan tertukar 🙂

    Reply
  47. Imazahra

    Setuju bangeeeet 🙂

    Dan saya beberapa kali mengalami, terkait komunitas MB, digunting dalam lipatan, bahkan dikhianati, sampai rugi finansial belasan juta, Aa bilang ikhlaskan saja…

    Berat tapi akhirnya bisa mengikhlaskan 🙂
    Dan…
    Diganti Allah dengan yang lebih baik 😀

    Reply
  48. HM Zwan

    banyak kejadian tentang rezeki di minggu ini,mulai dari saya,ibu dan ibunya kakak ipar. sama kayak una,dapet kata2 baru,menggunting dalam lipatan,emmotong kompas…..hehe

    Reply
  49. Lina W. Sasmita

    Betul Makpuh, rezeki tankkan tertukar dan Allah takkan mencabut nyawa seseorang sehingga jatah rejekinya terpenuhi.

    Reply
  50. Una

    Jadi belajar frase baru: menggunting dalam lipatan, memotong kompas =))
    Baca ini entah kenapa keingetan temen yang suka sirik, padahal kalau diliat-liat hidupnya blessed banget. Rumput tetangga selalu lebih hijau kali ya hehehe…

    Reply
    • niyasyah

      iya termasuk. cowok tetangga :)))

      Reply
  51. @nurulrahma

    Makpuuuuh T_T

    Kok aku bacanya jadi mellow yak? Huhuhu. Selalu ikhlas, mungkin itu kuncinya ya

    Reply
  52. Echaimutenan

    Iya mb..semoga rejeki baik selalu menyertai kita…rejeki g akan salah

    Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to Blog via Email

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Arsip

Categories