Berbagi Kebahagiaan Melalui Qurban Jelajah Negeri

by Jun 28, 2020Inspirasi43 comments

Idul Adha 2020 akan datang menjelang. Sudahkah terpikir dan merencanakan untuk berbagi kasih, berbagi kebahagiaan, atau bersedekah ke mana dan pada siapa? Jangan menunda-nunda untuk berbuat kebaikan, melaksanakan amalan terbaik, melakukan sedekah atau donasi karena manusia itu memiliki keterbatasan. Umur yang terbatas, kemampuan yang terbatas, bahkan kesempatan juga terbatas karena jarang sekali kesempatan itu datang dua kali. Jika belum terpikir atau merencanakan untuk bersedekah, berbagi pada sesama, karena di masa pandemi Covid-19 ini pergerakan/kegiatan kita yang terbatas, bisa ikut program Qurban Jelajah Negeri dari Syam Organizer. Kalau ingin tahu, silakan baca blogpost ini sampai tuntas ya.

Berbagi Kebahagiaan Melalui Qurban Jelajah Negeri

 

Berbagi Kebahagiaan Melalui Qurban Jelajah Negeri

Sejak menikah, saya dan Mas Iwan selalu berusaha menyisihkan sebagian kecil dari penghasilan kerja berdua untuk melakukan amalan sedekah. Mas Iwan sih yang rajin mengingatkan untuk berbagi kasih kepada orang lain. Walau sedikit, kami berusaha untuk rutin bersedekah. Bertambah pendapatan, bertambah pula bagian yang kami sisihkan, apalagi sejak punya anak, bersedekah menjadi jalan mengajarkan anak-anak untuk peduli dengan orang lain.

Tapi jujur, selama ini, saya tidak terlalu peduli sedekah,infak, donasi, atau bantuan yang kami berikan dikirimkan Mas Iwan ke mana dan melalui lembaga atau organisasi kemanusiaan apa. Saya tinggal terima beres laporannya. Saya juga jarang bertanya karena percaya kalau Mas Iwan sudah melakukan yang terbaik. Kecuali Mas Iwan bercerita, baru saya tahu detail lengkapnya.

Kadang Mas Iwan suka bilang sih, kalau sesekali saya harus tahu dan melakukan sedekah sendiri, karena tidak selamanya bisa dilakukan terus menerus oleh dirinya. “Yoo, nanti aku cari tahu lembaga apa dan bagaimana caranya berdonasi,” ucap saya kalau diminta untuk peduli.

Tapi keinginan itu tetap belum terlaksana, karena Mas Iwan masih rajin melakukan, dan saya masih belum tergerak hati untuk mencari tahu. Sampai akhirnya diajak sama Mak Siti Hairul, narablog https://www.catatansiemak.com untuk ikut acara sharing tentang qurban yang diselenggarakan oleh Syam Organizer, salah satu lembaga kemanusiaan yang ada di Yogyakarta.

Awalnya saya ragu untuk ikut serta, karena di masa pandemi Covid-19 ini, suka deg-degan kalau bepergian jauh dan menghindari banget kerumunan atau keramaian. Mak Irul sepertinya membaca kekhawatiran saya, beliau lalu menjelaskan kalau acara dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat dan undangan yang hadir pun terbatas. “Yang diundang hanya bloger saja,” jelas Mak Irul sambil menyebutkan nama-nama bloger yang diundang dan saya kenal semuanya.

Saya pun menyetujui untuk hadir dan belakangan bersyukur bisa datang ke acara Syam Organizer itu, karena jadi mendapatkan banyak ilmu dan bertambah wawasan tentang kurban, lembaga kemanusiaan, serta alur donasi yang didapat dari para donatur ke mana dan bagaimana prosesnya. Salah satu program yang sedang dijalankan adalah Qurban Jelajah Negeri, yang bisa jadi pilihan untuk berbagi kebahagiaan dengan sesama.

 

Qurban Jelajah Negeri

 

Syam Organizer, Totality for Humanity 

Sebelum mengenal lebih dekat tentang Syam Organizer dan program-program kerjanya, kami para bloger Jogja diajak untuk mengetahui tentang Spirit Kemanusiaan yang dilakukan oleh para relawan di berbagai tempat di dunia yang mengalami tragedi kemanusiaan. Tiga negara di antaranya yang menjadi target spirit kemanusiaan adalah Palestina, Suriah dan Yaman.

Sudah sering sih mendengar, membaca dan menonton aksi-aksi kemanusiaan yang dilakukan para relawan kemanusiaan untuk ketiga negara tersebut, namun mendengarkan langsung kegiatan para relawan dari pelaku relawan kemanusiaan baru pertama kali saya alami.

Adalah Bapak Syaiful Haq, relawan kemanusiaan yang digandeng oleh Syam Organizer untuk bercerita tentang aksi kemanusiaan yang mereka lakukan di tiga negara tersebut di atas. Video-video tentang akibat peperangan, kesedihan yang terabadikan, dan aksi-aksi kemanusiaan menjadi latar belakang cerita yang dituturkan Pak Syaiful, sehingga tak terasa mata berair dan perasaan mengharu, serasa sesak di dada.

Tak terbayang rasanya jika kita, bangsa Indonesia mengalami hal seperti itu. Jangan sampai ya. Terlockdown karena Pandemi Covid-19 saja sudah tiga bulan terakhir ini, bikin uring-uringan dan nyaris saja putus asa, bertanya-tanya kapan keadaan ini akan berakhir dan apa lagi yang harus dilakukan agar hidup tidak terasa membosankan akibat beraktivitas di rumah saja.

Dengan rasa spirit kemanusiaan inilah, Syam Organizer yang awalnya merupakan event organizer yang berdiri pada tahun 2013, berkembang menjadi satu lembaga kemanusiaan internasional yang fokus membantu korban bencana kemanusiaan di Syam (Syria, Suriah).

“Awalnya kami mengadakan roadshow tabligh akbar untuk mengabarkan kondisi umat Islam yang sedang terdzolimi di seluruh belahan dunia. Setelah selesai roadshow, kami berkeinginan untuk meneruskan dan fokus pada spirit kemanusiaan,” jelas Bapak Laswadi, Direktur Program Syam Organizer.

Ada 7 Program Kerja Syam Organizer, yaitu:

  1. Sham Bread Factory (Roti untuk Syam); program pemenuhan kebutuhan pokok bulanan untuk 10 ribu jiwa yang tersebar di beberapa camp pengungsian. Santunan bulan untuk yatim piatu, janda dan keluarga dhuafa.
  2. Water for Sham; pengadaan tangki penampungan air untuk tiap keluarga, pembuatan sumur pompa, satu sumur untuk 35 – 40 KK.
  3. Ramadan Peduli Syam; pembagian paket bahan makanan dan hidanga ifthar di bulan Ramadan dan pembagian kado hari raya.
  4. Save the Children of Sham; pembangunan sekolah darurat beserta operasionalnya, pengadaan bus sekolah, santunan untuk tenaga pendidik, dan beasiswa pendidikan.
  5. Qurban Peduli Syam; penyembelihan dan pembagian daging qurban.
  6. Winter aid Project; bantuan di musim dingin berupa paket bahan makaan, penghangat ruangan, tenda, selimut dan pakaian musim dingin.
  7. Emergency relief; berupa bantuan tenda darurat, perabot rumah tangga, obat-obatan dan pengobatan, pembangunan masjid darurat dan perlengkapannya, santunan untuk paramedis.

Karena sebentar lagi Hari Raya Qurban, program kerja Syam Organizer adalah mengajak para donatur untuk berbuat kebaikan dengan memberikan bantuan donasi atau sedekahnya pada Qurban Jelajah Negeri Syam Organizer yang akan diselenggarakan di Indonesia, Suriah, Palestina dan Yaman.

Indonesia menjadi target utama karena di masa-masa sekarang ini akibat pandemi Covid-19, hampir semua orang mengalami kesusahan. Yang tidak susah menjadi susah, yang sudah susah bertambah-tambah kesusahannya.

Dan saatnya kita yang hanya “sedikit” mengalami kesusahan atau tidak terimbas dengan keadaan pandemi ini, untuk berbagi rezeki, berkurban dengan bantuan Syam Organizer. “Donasi bisa dikirimkan secara online atau kalau memang ingin memberikan secara langsung bantuannya, bisa dengan cara jemput donasi yang akan dilakukan para relawan kami,” jelas Pak Laswadi.

Event Syam Organizer

 

Yang namanya bantuan uang, wajar dong ya saya bertanya tentang apakah ada bukti kalau bantuan kita sudah tersalurkan?

Walau belum sebesar lembaga-lembaga kemanusiaan yang terkenal di Indonesia, namun Syam Organizer yang memiliki 23 cabang di seluruh Indonesia ini, Cmenjunjung tinggi kepercayaan yang diberikan para donaturnya untuk bersedekah melalui mereka.

“Saat memberikan donasinya, kami meminta para donatur untuk memberikan biodata singkat termasuk kontak yang bisa kami hubungi seperti nomor telepon dan email. Melalui kontak-kontak itulah, kami memberikan laporan donasi untuk diketahui donatur,” jelas Wahyu Hidayat, ST, salah satu pengurus Syam Organizer.

Laporan tersebut berupa foto-foto pelaksanaan pemberian bantuan, laporan keuangan, dan hal-hal lain yang dibutuhkan oleh para donatur. Insya Allah, tidak ada pengeluaran yang ditutup-tutupi karena kepercayaan para donatur adalah amanah.

Bagaimana? Tertarik ingin mengikuti Qurban Jelajah Negeri dari Syam Organizer ini? Untuk Indonesia, harga satu kambing itu 2,3 juta rupiah, sedangkan sapi 3,5 juta rupiah per orang (harga 1 sapi dibagi 7 orang). Yang bisa dikirimkan ke rekening BNI 6200001026 atas nama Yayasan Amal Syam Abadi, atau Mandiri Syariah : 7200001073 atas nama Yayasan Amal Syam Abadi.

Ingin donasinya dijemput? Bisa menghubungi Call Centre 0822 4359 1333, yang nantinya akan diarahkan ke kontak wilayah di mana donatur tinggal. Mudah kan? Yuk bersedekah, jangan ditunda-tunda berbuat kebaikannya.

<a href="https://indahjulianti.com/author/indahjuli/" target="_self">Indah Julianti Sibarani</a>

Indah Julianti Sibarani

Fulltime mom Penulis Cerita Bacaan Anak Blogger Co Founder Kumpulan Emak Blogger (KEB)

YOU MAY ALSO LIKE

Blessing in Disguise Era Pandemi Covid-19

Blessing in Disguise Era Pandemi Covid-19

Blessing in Disguise. Skenario Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah Subhanahu wa ta'alla. Berkah, rahmat yang terselebung, yang didapat dari hal-hal yang awalnya kita anggap sebagai kejadian atau masalah buruk, bencana, hal-hal negatif. Seperti bencana pandemi covid-19 ini,...

read more

43 Comments

  1. Liza

    Masyaallah. Berqurban juga bisa kita lakukan enggak hanya di negeri sendiri ya kak injul, tetapi jelajah negeri seperti ke tanah syam. Aku baru tahu nih kalau ada organisasi ralawan Syam ini.

    Reply
  2. Noorma

    Kalo bisa sedekah sekarang kenapa harus nunggu besok ya mak.

    Reply
  3. Ajeng Pujianti Lestari

    Waaa, kebayang video dan foto-foto yang ditayangkan mbak. Pasti bikin trenyuh. Btw ini di Jogja kan? Mungkin aku bisa saranin ke Mama Mertua untuk berquban di sini aja deh, biar enggak usah kumpul-kumpul tanpa protokol kalau di kampung.

    Reply
    • Indah Julianti Sibarani

      Iya Ajeng, ini di Yogya. Rencananya aku pun mau berkurban melalui Syam Organizer.

      Reply
  4. Ida Raihan

    Jadi ini programny berbagi untuk luar negeri itu ya Mak. Masya Allah semoga dimudahkan ya rwjwki mereka. Dimudahkan menjalani kehidupan.

    Reply
  5. Indah Nuria

    Banyak yang membutuhkan uluran tangan kita yaa mba. Aku kurbannya di Lampung biasanya

    Reply
  6. elva s

    Alhamdulilah sebentar lagi kita akan merayakan Idul Adha,itu tandanya hari raya qurban.

    Dan sudah saatnya bagi kita yang memiliki harta berlebih untuk berdonasi, apalagi di Qurban Jelajah Negeri “Syam Organizer” sangat kredibel serta amanah untuk menyalurkan dana dari para donasi nantinya.

    Reply
  7. Ririe

    Syam Organizer ini lumayan sudah lama juga ya, sejak 2013. Cabangnya juga sudah cukup banyak, bisa menjadi alternatif untuk berbagi dengan banyak orang, bahkan yang berjarak ribuan mil seperti Suriah.

    Reply
  8. Siti Hairul

    Aku tertarik banget nih makpuh sama program Save The Children of Shamnya. Kebayang anak-anak sendiri soalnya

    Reply
  9. Efi Fitriyyah

    Amanah banget ya Makpuh. Bahkan pelaorannya juga udah digital nih. Kayak sepele tapi nunjukin keamahan dan profesionalitas. Semoga lebaran haji tahun ini tetap banyak yang berqurban

    Reply
  10. Idah Ceris

    Betul, terpenting kita udah berniat untuk sedekah dan menyalurkannya ya, Maakk. Btw, Program2nya berbobot bangeet, Maakk. Apalagi bagian Save the Children of Sham. Wow bangettt.

    Reply
  11. lendyagasshi

    Jadi googling, makpuh…
    Kalau di Bandung dimana yaa..
    Inginnya tetap berkurban meski ada pandemi begini. Semoga Allah ringankan dan mudahkan.
    Barakallahu fiik, makpuh infonya.

    Reply
  12. Puspita

    Kegitan ini sangat membantu yang ingin berkurban di tampat yang jauh dan terkendala jarak. Alhamdulillah sekarang sangat terbantu dengan adanya ini

    Reply
  13. Sapti nurul hidayati

    Adanya kegiatan ini akan membuat daging kurban lebih bisa dimanfaatkan ke yang benar2 membutuhkan. Soalnya pernah jumpai di suatu wilayah, saking banyaknya yang korban, masyarakat sekitar dapatnya dobel2 sampai ada yg dijual. .

    Reply
  14. Herva yulyanti

    Sedang sibuk sama dunia lalu Alloh kasih unjuk baca ini sampe lupa Qurban bentar lagi ya Alloh belum siap hehe programnya bagus ini ya semoga tersebar ke semua

    Reply
  15. Rina Susanti

    Qurban online lbh merata dan tepat sasaran ya Mak dan kita sebagai yg qurban ga ribet cukup isi form dan transfer

    Reply
  16. Milda Ini

    I hope Qurban peduli Syam tobe success and continued. Give big manifest for all of one special . Its good idea.

    Reply
  17. Ima satrianto

    Alhamdulillah, ada solusi berkurban di tengah pandemi ya kak. Semoga kita dimampukan untuk berbagi melalui kurban tahun ini ya. aamiin.

    Reply
  18. Anis

    Membaca kisah para saudara sesama Muslim di 3 negara Palestina Yaman dan Syam itu rasanya sedih sekali Semoga aja melalui program kurban ini bisa memberi bantuan kepada mereka dan bisa sedikit meringankan beban yang mereka alami karena konflik

    Reply
  19. Dedew

    Wah programnya keren banget ya Mbak, membantu korban peperangan apalagi ada kurban jarak jauh begini lebih tepat sasaran bantuan kita..amanah pula lembaganya..

    Reply
  20. Tika Samosir

    Berqurban menjadi salah satu menambah pahala dan rejeki ya.
    Mengingat sebentar lagi teman-teman akan merayakan idul adha ya.
    Pasti memberikan qurban yang terbaik.

    Reply
  21. Siti Nurjanah

    Program kemanusiaan nya lumayan banyak ya. Alhamdulillah, kian beragam jalan untuk menebarkan pahala juga kebaikan. Ah iya ga terasa sebentar lagi juga idul adha, menjadi momen untuk berbagi kepada sesama

    Reply
  22. Lina Sophy

    Memudahkan dan bermanfaat ya kak, jadi gampang kalau mau berqurban. Semoga makin sukses dan berkah Syam Organizer.

    Kalau kami yang di daerah gini, berqurban di lingkungan masing-masing kak, ya karena yang berkurban juga masih hitungan jari. Apalagi ini musim pandemi yang semuanya terdampak.

    Reply
    • Indah Julianti Sibarani

      Hiks, semoga pandemi segera berlalu ya, Lina.
      Banyak daerah juga yang terdampak dan jadi sulit untuk berkurban.

      Reply
  23. Suciarti Wahyuningtyas (Chichie)

    Alhamdulillah ya mak, disaat seperti sekarang ini ada jalan mudah untuk menyalurkan hewan kurban. Apalagi ini Syam Organizer banyak sekali programnya, insya Allah amanah.

    Reply
    • Indah Julianti Sibarani

      Aamiin, aamiin, amanah menjaga kepercayaan dari donatur.

      Reply
  24. Keke Naima

    Bagus banget ini programnya, Mbak. Kepedulian di saat pandemi katanya memang akan lebih berasa. Baik yang menerima maupun yang memberi akan bisa jauh lebih bersyukur

    Reply
  25. Ophi Ziadah

    Ya Allah nampol banget ituuuh kata2nya Pak Syaiful Haq..
    sampe ternginga2 dan makjleb banget…
    umur terbatas
    kemampuan trebatas
    jangan menunda2 melakukan kebaikan

    Reply
  26. Armita

    Sekarang mau berqurban jadi lebih mudah ya Mba. Di daerah saya qurban sapi juga segituan harganya sekitar 3,5 juta.

    Reply
  27. Firsty Ukhti Molyndi

    thanks infonya, kebetulan lagi nyari2 info kurban online nih.. hehe.. semoga cocok ya ama harganya trims rekomendasinya hehe

    Reply
  28. Ratna Kirana

    Sebentar lagi hari raya idul adha ya, ini bisa jadi alternatif kalau mau menyumbang hewan kurban yah 😄 langsung dicatet

    Reply
  29. Shovya

    Program-program nya bagus sekali Syam Organizer ini, semakin banyak yang terbantukan apalagi pada masa pandemi seperti sekarang ini, terima kasih infonya mbak, akan saya rekomendasikan dengan ketabat terdekat, siapa tau juga berminat 🥰

    Reply
  30. Damar Aisyah

    Dari segi harga sih normal ya, malah untuk kambing menurutku lebih murah ketimbang beli sendiri. Coba deh aku tawarin Pak Suami. Kali aja tertarik kalau penyelenggaranya terpercaya begini.

    Reply
  31. Nurhilmiyah

    MasyaAllah luar biasa ya Qurban jelajah negeri oleh Syam Organizer, ini ada hubungannya ke negeri Syam (Damaskus) gak ya, selalu salut sama teman2 yg banyak berbuat utk sesamanya. Nice share ya Mba

    Reply
  32. Nchie Hanie

    Spirit kemanusiaan ala Bapak Laswadi emang keren banget, salut dengan programya.
    Apalagi menjelang idul adha ini, yuk ah bersedekah tentunya di tempat atao lembaga yang memang terpercaya.

    Nah, aku kalo untuk qurbqn dipotong gaji langsung mak tiap bulannya, jadi ga berasa.

    Reply
  33. Ade UFi

    Mak Indah, kalau sudah mempunyai 23 cabang mah ya sudah besar itu. Dan pastinya sudah terpercaya. Saya juga semenjak menikah mengajak suami untuk menyisihkan tiap bulan untuk qurban. Jadi saat tiba waktunya kita tinggal nambah dikit sesuai harga saat itu.

    Reply
    • Indah Julianti Sibarani

      Oh gitu ya, termasuk lembaga kemanusiaan besar. Aku selama ini taunya lembaga kemanusiaan itu ya yang sudah familiar lah. Wah sama ya, biar nggak terasa berat juga saat berkurban.

      Reply
  34. YSalma

    Alhamdulillah, semakin dimudahkan menemukan wadah yang tepat untuk berbagi dengan sesama. Bahkan qurban Idul Adha pun bisa dilakukan untuk dibagikan pada yg membutuhkan dengan cakupan yg luas dan tepat sasaran, melalui Syam Organizer ini. Terima kasih banyak informasi bermanfaat ini, mba.

    Reply
  35. Maria G

    Alhamdulilah semakin banyak Lembaga yang tergerak untuk menyalurkan ziswaf, dan sekarang qurban

    Dulu, sulit sekali ditemukan

    Kemajuan digital mempermudah ya?

    Reply
  36. Maria G

    hebat, semakin banyak aja Lembaga yang menyelurkan ziswaf dan sekarang qurban

    Karena dulu di rumah, selalu saya yang ribet nyari lokasi dan susah banget

    Alhamdulilah kemajuan digital mempermudah semua langkah kita

    Reply
  37. Dian

    Ah, bentar lagi idul adha ya..
    Klo kurban nya seperti ini, semua bisa merasakan ya..
    Sampai ke pelosok negeri

    Reply
  38. NurulRahma

    Kalo lihat kiprah dan rekam jejaknya, SYAM Organizer ini amat sangat kredibel, ya.
    InsyaALLAH ibadah qurban kita juga lebih tepat sasaran dan berkah!
    Selamat berqurban 😀

    Reply
    • Indah Julianti Sibarani

      Setuju dengan Nurul, kalau kredibel nggak bikin ragu buat berdonasi melalui Syam Organizer ya

      Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to Blog via Email

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Arsip

Categories