3 Prinsip Gaya Hidup Sehat Life at 40s

by Nov 29, 2019Artikel19 comments

Siapa nih, yang mulai masuk usia 40 tahun, dan pengin tetap hidup sehat? Ya, semuanya pasti. Tapi “gaya hidup sehat” itu memang lebih mudah untuk dituliskan, ketimbang dilakukan. Kalau menjalankannya tanpa disiplin, ya bisa berhenti di tengah jalan. Akhirnya tergoda dan balik lagi ke kebiasaan buruk yang sudah-sudah.

Tren gaya hidup sehat memang lagi hits di kalangan kita-kita, ya kan? Mulai diikuti oleh para generasi millenial, hingga sekarang merambah pula ke generasi X, Z, dan juga sudah diajarkan ke generasi Alfa juga.

Ya, soalnya manfaat yang bisa kita dapatkan dari melakukan gaya hidup sehat ini bukan hanya sekedar memberikan bentuk tubuh yang indah, tapi juga memberikan kita energi yang cukup untuk berkarya sepanjang hari. Apalagi buat yang sudah berusia 40 tahun. Duh, enggak bisa bohong, usia itu betul-betul beranjak ke angka yang semakin besar.

 

3 Prinsip Gaya Hidup Sehat Life at 40s

Tapi, sebenarnya bisa sih kita lakukan, asalkan kita bisa keukeuh pada 3 prinsip gaya hidup sehat ini.

1. Asupan yang berkualitas

Mengatur pola makan 3 kali sehari memang sudah bisa dijalani, tetapi kalau pola makan dengan makanan berkualitas? Gimana coba caranya?

Memang gaya hidup sehat ini sebaiknya dimulai semenjak awal masuk usia produktif. Tapi kalau memang terlambat, baru di usia 40 tahun ini mulai mengubah gaya hidup, ya enggak apa. Tenang saja. Belum terlalu terlambat kok!

Tahu nggak sih, bahwa pada umumnya orang dewasa memerlukan 1500-2000 kalori setiap hari. Bila tidak terpenuhi akibatnya bisa mudah sakit atau rentan stres. Apalagi untuk kita perempuan, asupan yang dibutuhkan selain zat besi dan asam folat, vitamin B12 juga diperlukan untuk kelancaran menstruasi.

Tenang saja kalau pada belum tahu cara praktis untuk memulai gaya hidup sehat ini, karena ada beberapa cara untuk memulainya, dan cukup mudah juga simpel.

Pertama, konsumsi makanan yang mudah diproses tubuh, rendah gula dan rendah lemak sehingga tubuh tidak terbebani oleh kerja yang berat untuk menghasilkan energi. Ini juga bisa dikombinasikan dengan mengolah makanan sehat sendiri loh, sehingga akan lebih jelas kandungannya.

Kedua, makanlah lebih banyak ketika akan melakukan aktivitas berat atau banyak, yaitu pada siang hari. Atur pola makan kita agar jenis makan yang dikonsumsi mengandung karbohidrat yang cukup. Tidak lupa buah-buahan dan sayur yang mengandung vitamin, serat juga air untuk mineral.

Terakhir dan yang paling sering terlupakan, hindari tidur setelah makan. Beri jeda selama 2 atau 3 jam. Kalau merasa kelaparan, buah, susu skim atau yoghurt juga bisa menjadi camilan yang sehat. Bisa dikonsumsi kapan saja untuk mengganjal perut yang lapar saat beraktivitas.

Nah, simpel kan? Inget-inget aja terus prinsip pertama ini.

 

3 Prinsip Gaya Hidup Sehat Life at 40s

2. Olahraga, olahraga, dan olahraga

Kadang memang malas sih. Tapi, tahu nggak, olahraga akan tambah mengasyikkan kalau dilakukan bareng.

Coba mulai dari keluarga. Ajak anak-anak dulu, kalau bapaknya males. Nanti lama-lama suami juga ikut, kalau semua kompakan.

Terus, yang kedua yang bisa diajakin olahraga bareng itu teman. Pasti tahu kan soal pertemanan sehat? Yup, pertemanan sehat adalah tren gaya hidup sehat masa kini yang memberikan kita motivasi agar bisa bersama-sama menjaga kebugaran tubuh kita. Hayuk, dicoba! Bikin komunitas atau kelompok untuk olahraga bareng. Yoga, bersepeda, atau sekadar lari Minggu pagi di stadion.

Siapa tahu kan jadi suka nge-gym atau yoga yang tadinya tidak ada di pikiran kita. Ya memang males kalau ngegym sendirian. Tapi kalau melakukannya bersama teman ataupun keluarga, pasti lebih seru.

Tipnya adalah pilihlah olahraga yang disuka. Dengan begitu tidak ada rasa beban untuk menjalaninya. Pilih teman atau partner berolahraga yang asyik.

Hal yang perlu diingat ketika menetapkan target yaitu jangan sampai berlebihan, karena dampaknya menjadi overtrained yang mengakibatkan rasa lelah yang berlebihan dan akibatnya sistem imun menurun. Belajarlah untuk membatasi durasi olahraga.

Untuk olahraga ini, daku mulai rutin jalan kaki, kadang lari (kalau kuat) di Stadion Mandala Krida, setelah selesai mengantarkan anak-anak ke sekolah. Kebetulan sekolah Kayla di dekat Mandala Krida, ya sekalian saja lah olahraga di sana, daripada tiap hari dilewati tapi nggak ada aksi untuk sehat kan.

Meski enggak tiap hari (hari Selasa, Rabu dan Jumat), awalnya memang terasa berat banget keliling satu stadion. Tapi kalau ingat badan mulai ringsek di sana sini, dipaksa kaki melangkah. Satu putaran pelan-pelan, dua putaran berikutnya.

Ingat ya, jangan berhenti kalau belum berkeringat.

 

3. Menjaga dan berkomitmen gaya hidup sehat

Setelah melakukan kebiasaan dan gaya hidup sehat, pastinya yang harus dilakukan selanjutnya adalah tetap berkomitmen. Disiplin.

 

3 Prinsip Gaya Hidup Sehat Life at 40s

Kalau sudah berniat memperbaiki gaya hidup sehat, maka ya kita harus bisa membatasi diri agar kalori yang sudah dibakar tidak diisi lagi dengan yang kalori yang lain. Nggak mau kan, yang masuk dan yang keluar sama jumlahnya. Atau malah lebih banyak yang masuk lagi? Yaaah … sia-sia dong olahraga.

Lalu, mulailah mengatur jadwal tidur yang baik, juga jangan lupa, batasi konsumsi kopi, soda dan alkohol.

Terus, kalau makan makanan yang berminyak gimana?

Yah, hal yang satu ini memang sangat sulit untuk dihindari. Kuliner Indonesia kebanyakan memang mengandung minyak. Cobalah untuk berbagi dengan teman atau anggota keluarga lagi kalau memang pengin banget makan jenis makanan yang berminyak. Sehingga konsumsinya akan lebih sedikit. Because sharing is caring! Bener nggak sih? Bener dong!

 

Nah, setelah tahu 3 prinsip ini, semoga rencana kita untuk menerapkan gaya hidup sehat terutama di usia 40 tahun bukan wacana lagi ya!

Good luck!

<a href="https://indahjulianti.com/author/indahjuli/" target="_self">Indah Julianti Sibarani</a>

Indah Julianti Sibarani

Fulltime mom Penulis Cerita Bacaan Anak Blogger Co Founder Kumpulan Emak Blogger (KEB)

YOU MAY ALSO LIKE

Mau Nonton Bola di Inggris, Spanyol, Perancis dan Brazil?

Mau Nonton Bola di Inggris, Spanyol, Perancis dan Brazil?

Sepak bola. Nyaris semua manusia di bumi ini menyukai sepak bola. Ya, sepak bola adalah olah raga favorit penduduk bumi. Mulai dari kota Surabaya hingga San Francisco, juga dari Jakarta hingga London. Semuanya menyukai olah raga sepak bola. Tahun 2014 adalah tahunnya...

read more

Welcome The Most Smartphone

Di era digital ini, perkembangan teknologi tak bisa diprediksi. Kebutuhan orang untuk tetap online baik di rumah, kantor, tempat-tempat hang out atau bahkan dalam perjalanan, semakin tinggi. Beberapa tahun yang lampau, orang hanya online, terkoneksi dengan internet...

read more

19 Comments

  1. Pelangsing badan tiens

    Memang gaya hidup sehat perlu dimulai sejak awal 😀 Semoga sehat selalu ya mba…

    Reply
  2. Fajar Kaos Polos

    Salam kenal mbak
    Apa yang kita tanam, itu yang kita tuai.. jadi harus mulai serius untuk gaya hidup yang sehat

    Reply
  3. NurRohman

    Bagus nanggeet artikelnya, gaya penuturannya juga baguus. Top deeeh buat mba ini. Mantuil. Terima kasih yaa saya jadi punya contoh blog yg kreatif dan inspiratif

    Reply
  4. Ngopi Santai

    makasih tipsnya mbak Indah.. ini sangat bermanfaat bagi mereka yang sudah di atas 40 tahun.. saya sendiri sudah hampir setengah abad… 🙂

    Reply
  5. leli

    Semoga sehat selalu ya mbaaaa 😀
    Salam kenaaal.

    Emang bener bener deh gaya hidup sehat itu gampang banget nulisnya, ngejalaninnya pun ga cuma butuh niat tapi harus bener bener komitmen. Kalau ga mulai sekarang, yaaa kapan lagi kan sebelum terlambat 😀
    Karena apa yang dilakukan sekarang, apa yang dimakan sekarang, efeknya baru terasa nanti nanti.

    Reply
  6. Diiiah

    Kuncinya di nomor 3, ya, mak. Kalau ga kuat, ya bubar jalan.

    Reply
  7. nyi Penengah Dewanti

    Jadi pengen pulang ketemu ibu kalo begini hahaha
    pengen bagiin ke ibu tipsnya dari mba Indah ini
    alahamdulillah beliau kalo pagi selalu jalan-jalan
    makasih tipsnya mba Injul

    Reply
  8. TIAN LUSTIANA

    Prinsip dan gaya hidup sehat gampang sih kalau dibaca doang ekekek tapi pas dilakukan ya gitu deh agak susah kalau gak disiplin.

    Reply
  9. Uniek Kaswarganti

    Ahahaha jleb banget sih mba pas bagian konsistensi dan wacana. Udah ngerancang ini itu tau-taunya cuma wacana doang hahahaa… Itu sih gw banget. Udah beli sepatu segala macem, eehh tau-tau jadi pajangan doang sepatunya. 😀

    Reply
  10. April Hamsa

    Aku bentar lagi niiihh huhuhu tapi msh males olahraga, eh tapi aku gak males jalan kaki lho mak #ngeles
    Emang ya soal makan kudu dikurang2in, khususnya yg banyak gula2an, moga 2020 bis anih hidup lbh sehat lg

    Reply
  11. Widya Lim

    Susah banget dilakukan wkwk apa lagi kaum rebahan kayak aku, buat olahraga tuh mageer :”” *curcol wkwk*

    Reply
  12. Tori

    Pngennya nerapin jg 3 prinsip hidup sehat ini haha tp krna sibuk sama kerjaan kdang makan teratur pun lupa, olahraga pun ga pernah 🙁

    Reply
  13. Cilya

    Aku belum 40th saja sdh berasa badan cepat letih nih mba. Memang perlu banget Olahraga dan pola hidup sehat

    Reply
  14. Aulia Rizky Wijayanto

    tidur setelah makan emang bahaya banget, tapi sering banget aku lakuin karena nunggu 2 jam susah banget huhu

    Reply
  15. demia

    duh akhir akhir ini lagi berusaha keras buat menjaga asupan makannan nih, susah banget karena dasarnya seneng makan apapun, olahraga teratur juga susah banget buat dijalanin huhu

    Reply
  16. Melissa Olivia

    Akupun dr sekarang juga uda coba hidup sehat tp masih sebatas asupan makanan. Untuk olahraga sih aku suka yoga tapi sekarang lagi vakum karena lagi urus krucil ?

    Reply
  17. Ratnasari Pevensie

    Memulai hidup sehat itu mudah-mudah susah yaa apalagi aku masih males banget buat olahraga bawaannya mager terus hehe

    Reply
  18. Momtraveler

    Yang susah itu disiplin dan komitmen untuk hidup sehat mbak, gampang tergoda hehehe… tapi alhamdhulilah skr pola makan udah lebih teratur, tinggal rutin olahraga aja yg masih blm bisa

    Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to Blog via Email

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Arsip

Categories