Mimpi dan Pikiran Buruk Itu

by Jun 16, 2017Inspirasi17 comments

Pernah nggak mengalami mimpi tentang sesuatu hal, dan mimpi itu berkali-kali datang, seperti rangkaian cerita? Bahkan kemudian menjadi pikiran buruk yang menghantui setiap hari?

Pernah nggak dalam mimpi itu hadir orang yang meski kita kenal, tapi nggak pernah, atau jarang sekali berkomunikasi, dan mendominasi mimpi itu?

Pernah nggak memikirkan mimpi yang kita alami, dan jadi kepikiran terus menerus?

Tahu sih mimpi itu bunga tidur, yang berasal dari alam bawah sadar kita, yang berasal dari hal-hal yang tidak kita ketahui. Tapi, kalau mimpi itu terus menerus datang, bahkan seperti membentuk suatu cerita, apa nggak serem coba.

Walau mimpi itu indah, tetap sajalah buat daku serem kalau berkali-kali datang. Karena daku jadi kepikiran itu mimpi. Bahkan bisa merusak mood/perasaan.

Kalau daku sekaliber Dee Lestari atau Andrea Hirata, mungkin saja mimpi itu bisa menjadi suatu cerita yang fenomenal dan ketika best seller ketika menjadi cerita di novel.

Baca juga: Jauh Mimpiku 

Semua Pikiran Buruk Itu

“My mind, not only wanders

Sometimes it leaves completely” – unknown

Sahabat Blogger percaya mimpi nggak sih?

Sebenarnya, daku nggak percayaan dengan yang namanya mimpi itu. Nggak tertarik juga untuk mengetahui makna dari mimpi-mimpi yang hadir dalam tidur kita.

Tapi, mimpi-mimpi yang hadir dalam beberapa hari terakhir ini, membuat daku merasa jadi seperti, something strange in my mind. Apalagi, mimpi itu bisa daku ingat jelas ketika terbangun dari tidur.

Dan daku merasa, pikiran buruk menari-menari di dalam kepala, tanpa kuminta.

 

Mimpi-mimpi yang Hadir

Memang nggak beruntun sih datangnya mimpi itu. Tapi, yang anehnya, mimpi itu seperti potongan puzzle. Ketika mimpi pertama hadir, daku nggak terlalu ambil pusing. Hanya heran, kenapa bisa bermimpi seperti itu, dan orang yang ada di mimpi itu, berhubungan akrab saja tidak. Kenal sih, tapi ngobrol yang sekadar basa basi saja nggak pernah. Kalau ketemu, sekadar say hello, ngobrol biasa. Hanya memang, beberapa kali sering bekerja sama, tapi dengan perantaraan orang lain.

Ketika mimpi kedua, ketiga dan keempat datang, daku mulai merasa duh nggak bener nih. Daku merasa, ada yang salah di otakku. Pasti karena aku mikirin mimpi pertama, hingga ada mimpi kedua, ketiga dan selanjutnya. Rasanya, pengen ngubek-ngubek otak, trus dicuci.

Mimpi yang satu itu belum beres, datang lagi mimpi yang bikin pikiran buruk berkecamuk. Saking nggak tahannya dengan mimpi ini, daku sampai curhat di group telegram board KEB. Padahal daku jarang curhat yang pribadi banget.

 

Jadi Pikiran Buruk

Gara-gara mimpi itu, daku pun jadi punya pikiran buruk. Dan itu bikin sedih dan nyesek banget. Apalagi nih, setelah iseng browsing tentang mimpi, ada ulasan yang menyebutkan kalau mimpi yang berulang mempunyai arti khusus. Mimpi itu bisa akan menjadi sesuatu yang penting terjadi, dan kita diperingatkan lewat mimpi.

Weird nggak sih?!

That’s what friends are for kata Stevie Wonder dan Dionne Warwick. Di sessi curhat itu, mereka meminta daku untuk nggak mudah jatuh dan galau.

“Banyak berdoa dan jangan biarkan pikiran itu merasuki.”

Iya sih, daku merasa kurang banyak berdoa akhir-akhir ini. Sebenarnya karena daku takut meminta, banyak keinginan yang daku malah khawatir kalau terpenuhi.

 

Ganti dengan Pikiran Positif

Semua pikiran buruk yang menghantui itu memang sih harus kita buang jauh-jauh dengan berpikir positif. Buat daku, meski susah-susah gampang, kalau hidupku nggak mau porak poranda memang harus berpikir positif.

Pikiran-pikiran buruk itu datang mungkin karena aku merasa bosan juga dengan hal-hal yang kukerjakan. Yang kumerasa, kok seperti ini saja. Kadang, daku merindukan kehidupanku yang dahulu. Merindukan lingkungan yang satu frekuensi denganku. Teman-teman yang mudah kutemui, hanya sekadar untuk ngobrol tentang ini itu sampai bego.

Bukan, bukan karena daku nggak suka dengan keadaan yang sekarang ini. Tapi perasaan rindu nggak bisa kita halangi untuk datang kan? Apalagi kalau kita ingin menumpahkan semua rasa yang ada di dalam hati dan pikiran, tanpa perlu komentar atau solusi, karena kita hanya ingin didengarkan saja. Seperti itu sih.

Btw, daku mau sharing lagu yang kalau daku lagi uring-uringan, sering banget kudengarin buat menyemangati diri.

Nggak nyambung sih dengan bahasan blogpost ini, tapi coba deh dengarin 🙂

 

 

Sahabat Blogger punya mimpi yang datang berulang dan meremukkan jiwa raga? Cerita dong.

 

<a href="https://indahjulianti.com/author/indahjuli/" target="_self">Indah Julianti Sibarani</a>

Indah Julianti Sibarani

Fulltime mom Penulis Cerita Bacaan Anak Blogger Co Founder Kumpulan Emak Blogger (KEB)

YOU MAY ALSO LIKE

17 Comments

  1. momtraveler

    duuuhhh…entah harus seneng atau sedih tapi aku tuh termasuk orang yg jarangf banget mimpi kalo tidur entah kenapa 🙁

    Reply
  2. Lidha Maul

    Pernah Mak, sering banget -_-
    Kadang saya sampe capek. Mimpinya sebenarnya nggak seram. Dalam mimpi itu juga saya bahagia2 aja. Cuma tentang sebuah kota, tapi sering banget. Sampai2 dalam mimpi itu saya hapal belok mana, sebelah mana ada apa, toko apa, orang2nya siapa. Aneh.

    Meskipun dalam mimpi saya bahagia aja, tapi pas bangun kok rasanya seram ya, capek pula. Itu lagi, itu lagi. Tapi saya membiasakan untuk nggak mikirin setelahnya.

    Reply
  3. indah nuria

    makpuuuuh…aku pun sering begituuu..apalagi jauh dari orang tua dan keluarga beginiii hehehe. Yang penting stay positive yaa mba

    Reply
  4. Ucig

    Pernah tapi nggak mikirin banget makpuh…
    Karena udah nikah, aku jarang galau ?
    Semangat selaluuu makpuh^^

    Reply
  5. Dipa

    Em…. Mimpi, mimpi apa yak? #mikir

    Reply
  6. Ida Tahmidah

    Kalau mimpi seringnya suka lupa pas bangun, berusaha keras pengen inget juga suka ga inget.. padahal perasaan mimpi itu menyenangkan sekali, jadi pengen inget…tetep gak bisa …hihi…

    Reply
    • indahjuli

      Nggak perlu diinget, Teh Ida, nanti syerem sendiri 🙂

      Reply
  7. Efi Fitriyyah

    Kalau mimpiku suka ga jelas, Mak. Loncat sana sini, malah sesaat sudah bangun aku lupa mimpinya kayak gimana, muka orang yang aku temui di mimpi banyakan samar, tapi bukan mimpi ketemu hantu yang mukanya rata hehehe. Pernah mimpi buruk dan sebisanya aku abaikan. Kalau.

    Reply
    • indahjuli

      Giling, siapa juga yang mau ketemu atau mimpi hantu muka rata 😀

      Reply
  8. Ratna Dewi

    Aku yang selalu kuingat mimpi yang baik-baik aja, kalau mimpi yang buruk biasanya selalu aku coba lupain. Takutnya malah jadi sugesti trus kejadian beneran.

    Reply
    • indahjuli

      nah iya bener, khawatirnya jadi benaran ya karena kita pikirin, thanks advisnya 🙂

      Reply
  9. merida merry

    Pernah mak injul, sampe2 aku jadi takut tidur lho.
    Trus sama suami aku sampe dikelonin kayak bayi baru bisa tidur. Hahaha.

    Reply
    • indahjuli

      Hahahaha, seneng yo dipuk-puk 🙂

      Reply
  10. herva yulyanti

    hempaskan mba krn bikin cemas semakin cemas nanti mempemgaruhi jg ke fisik.
    alhamdulilah mimpiku so far yg adem ayem mb ? kadang malah ga pernah minpi hahhaa

    Reply
    • indahjuli

      iyaaaa dihempaskan, dibuang jauh-jauh ya yang buruk-buruk 🙂

      Reply
  11. Nasirullah Sitam

    Berpikiran burk itu seakan merusak segala yang sudah terencanakan dengan baik. Dan bikin kita semakin menambah beban sendiri 🙂

    Reply
    • indahjuli

      Bener sih, makanya kudu dibuang jauh-jauh ya energi negatifnya 🙂

      Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to Blog via Email

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Arsip

Categories