Menjadi Blogger Profesional #KumpulBlogger

Blogger Perempuan di #KumpulBlogger Foto by Ollie Salsabeela

Menjadi Blogger yang Profesional

Bagaimana sih menjadi blogger yang profesional?

Apa saja syaratnya menjadi blogger profesional?

Adakah Tips untuk menjadi blogger profesional dan sukses?

Silakan Sahabat Blogger googling, karena banyak artikel yang menyajikan hal tersebut, mulai dari tips, syarat sampai kiat mencapai kesuksesan menjadi Blogger Profesional.

Walau nggak mendetail, saya juga pernah menuliskan tentang kesiapan menjadi blogger profesional saat Kopdar Blogger Yogya bersama Kang Argun dan Nchie Hanie.

Penting nggak sih menjadi blogger profesional? Apa maksudnya menjadi Blogger Profesional?

Itu sih yang ingin saya curhatin, dan mumpung juga pas momentnya dengan hari ini, tanggal 27 Oktober 2014 yang ditetapkan sebagai Hari Blogger Nasional, plus hari Sabtu yang lalu, 25 Oktober 2014 bertempat di Hotel Harris Tebet, Jakarta, saya hadir di acara #KumpulBlogger, Kenangan Blogger vs Blogger Kenangan, yang diadakan oleh sekumpulan teman yang menamakan dirinya Blogger Lawas, Blogger Lupa Password, Blogger Kenangan.

Karena event #KumpulBlogger ini berlangsung di Jakarta dan panitia yang menurut PICnya Wiwik Wae, sebagian besar di Jakarta, maka sebagian besar blogger yang datang adalah yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya. Dan, nggak perlu mempertanyakan kenapa saya nggak diundang padahal saya juga blogger, seperti yang dijelaskan Dewi KR, acara ini acara dadakan yang dikerjakan dalam waktu 3 minggu, dan baru dapat sponsor dari Indosat, beberapa hari menjelang pelaksanaan.

Kok sedikit blogger yang diundang? Kok, nama-nama itu saja. Ya, kebetulan para panitianya adalah blogger lawas, bekerja di agency digital, dan sering wara-wiri di Timeline Twitter, yang terpikir oleh mereka adalah 10 nama pertama yang nempel di pikiran mereka, yang dikenal sebagai blogger.

 

So, siapa sih blogger nggak kenal Mira Sahid? Siapa yang nggak kenal Mas Iman Brotoseno? Siapa yang enggak kenal Bradley atau Indobrad?  Yang nggak kenal blogger travel yang super keren Ariev Rahman, Harris Maulana? Siapa yang nggak kenal Ani BertaCerita Eka dan pasangan suami istri Blogger Isnuansa dan Gie Wahyudi? Siapa yang enggak kenal Ollie Salsabella? Atau Astrid Zivara atau akrab dipanggil Zizy, yang juga seorang blogger dan karyawan di Indosat?

Doakan saja, para panitia keren ini bisa membuat acara blogger yang besar seperti Pesta Blogger, sehingga semua blogger dari seluruh Indonesia bisa kumpul.

Dalam acara kenang-kenangan tentang dunia blogging atau kerennya blogosphere, banyak cerita lucu, seru, sedih tentang blogging dan blogger.  Mengapa ngeblog sebegitu hebohnya, bahkan sekarang ini blogging sudah bisa menjadi salah satu profesi menarik bagi semua orang yang bisa meulis. Oh ya, tak ketinggalan juga ngebahas tentang UU ITE tentu saja dijelaskan oleh siapa lagi kalau bukan blogger sekaligus praktisi hukum yang konsen dengan dunia digital yaitu Mas Anggara Suwahyu.

Salah satu yang sempat dikemukakan adalah tentang Money Gemes. Apa itu Money Gemes? Ini sih sedikit berkaitan dengan profesi blogger sekarang ini, yang sebenarnya sudah diawali oleh Anne Ahira dengan online marketingnya. Hanya bedanya, kalau Online Marketingnya Anne Ahira agak-agak bagaimana gitu (sedikit membohongi publik), sedangkan kalau Blogger, melalui tulisannya bisa mendapatkan honor atau rejeki.

Sekarang ini, sah-sah saja blogger menerima hasil berupa honor atau pun produk-produk yang berkaitan dengan tulisannya. Kita nggak perlu menafikkannya dan nggak perlu sebel, nggak suka, atau yang mainstream iri, sirik dan dengki dengan keberhasilan seorang blogger, jika mendapatkan kesuksesan.

Seperti yang dikatakan oleh Wiwik Wae, seorang pekerja digital dan Blogger lupa password ini, adalah bonus ketika Blogger mendapatkan hasil berupa materi. Blogger profesional itu adalah Blogger yang fokusnya adalah ngeblog, menulis di blog. Keseharian dia adalah menulis di blog, bukan seperti yang masih banyak dilakukan sebagian besar orang, menulis di blog adalah iseng, dan menjadi sambilan, sambil kerja sambil ngeblog. Sambil ngoceh di twitter, sambil blogging.

Sahabat Blogger kenal kan dengan Mas Budi Putera, blogger Indonesia, yang saya ketahui adalah yang pertama kali menasbihkan dirinya sebagai blogger profesional? Mas Budi Putera ini awalnya adalah seorang jurnalis/reporter di Koran Tempo. Beliau sering ngeblog dan hasil postingannya tuh selalu menarik dan keren. Seperti ceritanya pada saya, Mas Budi Putera lalu memutuskan keluar dari Tempo untuk fokus ngeblog. Menulis di blog. Hal itu dilakukan karena beliau merasa, kalau menulis di blog bisa lebih leluasa mengungkapkan segalanya karena kita adalah reporter sekaligus editornya.

Karena fokus ngeblog tidak ada pekerjaan lain, posting-postingan Mas Budi pun semakin bernas, dan akhirnya banyak brand atau corporate yang senang dengan tulisannya. Dari situlah, Mas Budi menerima banyak tawaran untuk menjadi kontributor, untuk mereview produk, dan tawaran kerja menjadi Konsultan untuk perusahaan-perusahan online. Keren kan?

Saya bersyukur mengenal beliau dan pernah mendapat pesan yang tak akan terlupakan yaitu: rajinlah menulis di blog, tuliskan apa yang menjadi konsenmu, lalu bagikan kepada orang lain. Mas Budi juga bilang, bahwa blog yang menarik perhatian itu adalah blog yang selalu update, fokus pada satu atau dua topik, dan konten yang menarik. Blogger dapat materi dari hasil tulisannya? Itu adalah bonus dan penghargaan untuk satu pekerjaan yang serius dikerjakan.

Dan, satu lagi nih, hal menarik yang diungkapkan oleh Zizy, pemilik dari www.tehsusu.com katanya nih, blogger itu ditaksir brand/produk karena tulisannya merupakan pengalaman atau curhat pribadi. Cerita yang jujur, bukan rekayasa. Blog yang isinya terlalu banyak review atau hard selling pun, tidak begitu menarik.

Nah, begitulah kira-kira hasil kesimpulan saya tentang Blogger Profesional. Yaitu yang menjadikan menulis di blog sebagai kegiatannya sehari-hari, tidak disambi pekerjaan lain. Yang selalu mengutamakan konten yang menarik dan postingan yang bermanfaat bagi pembacanya. Kalau pun, blogger profesional itu mendapat materi/uang dari tulisannya, adalah bonus dan sesuatu yang wajar karena dikerjakan dengan serius.

Enggak perlulah mempertanyakan apa saya ini layak menjadi Blogger Profesional yang mendapatkan materi?  Berapa harga yang pantas untuk tulisan saya? Mengapa blog saya jarang dikunjungi dan berapa pageranknya?

Fokus saja dulu ngeblog, percantik konten dengan postingan-postingan yang bermanfaat, kalau sempat ikut komunitas, perluas jaringan atau networking dan rajin-rajinlah blogwalking.

Selamat Hari Blogger Nasional!

Sudah berapa blog yang Sahabat Blogger kunjungi dan tinggalkan pesan?

 

By Indah Julianti Sibarani

Fulltime mom Penulis Cerita Bacaan Anak Blogger Co Founder Kumpulan Emak Blogger (KEB)

144 comments

  1. Mantap. Bagaimana caranya bisa fokus ke satu atau dua hal saat ngeblog ya? Saya kalau nulis itu suka random, sesuai isi hati.

    Salam kenal.

  2. Blog buat saya obat jiwa, mak. Sebagai therapi dikala gundah *asiiiik. Tapi tetap menjaga apa yang ditulis ^.^ Kapan ya bisa jadi blogger profesional karena tulisannya masih amatir

  3. pengennya jadi blogger profesional dan blogger sejati,
    pengen bewe n posting lagih ttg keseharian ..
    seiring dengan kesibukan dunia onlen lainnya kadang waktu berasa sempit Mak 🙁

    mudah2an masih bisa meluangkan waktu, menulis..menulis..
    karena aku lebih bangga menjadi blogger 🙂

  4. wah pengen juga nih jadi blogger profesional, tapi masih awam banget sama blogger, jadi harus banyak belajar dari para blogger senior, terimakasih banyak kak atas ulasannya 🙂

  5. Rasanya jadi pengen juga jadi blogger profesional, tapi rada malunya soalnya kekuatan ngeblog saya saat ini cuma 1 posting per minggu saja mbak.

    Pernah dipikir-pikir juga, siapa tahu nanti ngeblog jadi kegiatan utama saya setelah pensiun dari kerja di pabrik. Ah, siapa tahu.

    Tulisan ini cukup menggugah saya untuk terus menulis di blog. Walaupun hanya hal sederhana yang saya temukan dalam hidup saya dan walaupun itu tadi…baru bisa kuat posting 1 posting saja per minggu.

    Salam persahabatan,

  6. Duh, membaca postingan ini membuat semangat saya lebih membara untuk menulis lagi. Terima kasih Mbak, yang telah selalu berbagi pengalaman. 🙂

  7. mbak juli apakabarrr?…wah seru ya kumpul2 blogger lawas…
    mbak kalo ada kumpul blogger lagi ajak dong…

  8. Kalau menurut saya simpel aja Mbak, seorang blogger dapat dikatakan profesional jika bisa terus mengupdate blognya dengan tulisan-tulisan yang bermanfaat. Baik itu bermanfaat bagi orang lain maupun bagi dirinya sendiri. Selamat Hari Blogger Nasional 2014… 🙂

  9. haai mam blogger! permisiiii.. numpang lewatt..
    ada blogger profesional mau mampir nih!

    #dikeplak

    tetep semangat ngeblog ya mamijul!

  10. selamat hari blogger bun…aku blogger yang jarang blogwalking gegara sok sibuk dg kerjaan..
    btw kal di jkt dan sekitrarnya banyak brand yg hinggap di blogger ya bun…

    Di semarang agak sulit apalagi di Rembang..
    pengin jadi blogger profesional ah…

  11. Aku dong blogger profesional! <– blogger paling pede sejagat! hahahaha…

    Aku tuh contoh blogger iseng yang malah dapat kerjaan (tetap) melalui karya vector yg dulu sering aku posting di blog..

  12. huwaaa… senangnya bisa ngumpul2 kayak gitu ya makpuh… karena saya blm pernah kesampean ngumpul bareng sprti itu 🙁

  13. Kalau nyari artikel apa aja di Mbak Anne pasti ada ya, Mbak. Tapi, isinya yaa memang begitu. Hehehe
    Pingin profesional. Tapi, jarang update. Masih, terus berusaha konsisten, Mbaak. 🙂

  14. belajar banyak dari tulisan Mak Indah nih. saya nih newbie banget. ngeblognya pun masih sesuka-sukanya. pengen juga jadi blogger profesional nih. harus bikin jalannya dari sekarang. Tfs ya Mbak Indah

  15. hiduuuup bloggeeeer…selamat hari blogger nasional ya maaak…kami masih kategori blogger yang tidak pro nih, karena memang masih nyambi hehehe…Tapi aku setuju, terlepas pro or ngga, if you think this is you passion, you like doing it, and it brings good things to you, why not? Just do it…just blog it! Saya ngeblog karena memang saya suka ngeblog, that’s it :)…yang lain-lain menyusul boleh kan yaa maaak hehehe…salam kangeeen 🙂

  16. mak Injul,
    banyak yang menggelitik membaca postingmu kali ini. Juga banyak pertanyaan seliweran ha ha .. but as always like you said, “Udahlaah.. ngeblog aja dulu, percantik konten dan fokus pada tema,”

    Apalagi dengan adanya Kementerian Pariwisata yang sedang menggalakkan sosial media untuk ngelawan Malaysia.. hadeeeh… too much homework to do (for me, if I committed to blogging)

    Mudah-mudahan dengan Pemerintahan baru ini, profesi blogger semakin dihargai ya mak
    Luv u

    1. Hehehe, benar, Mbak Tanti, yuk kita rajin posting, blogwalking dan networking, baru setelah itu kita “menjual” konten 🙂

  17. Ikut belajar lewat postingan ini, ternyata blogger itu memang fokusnya menulis dan berbagi, yang lain-lainnya bonus.
    Selamat Hari Blogger dan Sumpah Pemuda 🙂

  18. wah saya blogger apa ya mak hehe, makasih mak ijul atas sharingnya, saya mau ikut mengaamiinkan untuk pesta blogger, saya cuma pernah dapet job review sekali dgn bayaran murmer tapi asik aja karena sekalian buat belajar, yg jelas ngeblog itu menyenangkan

    1. Hehehe, berapa pun itu nilaiya adalah rejeki, Evrina 🙂
      Sedikit demi sedikit, lama-lama jadi bukit lho 😀

  19. Pingback: Kumpul Blogger untuk Hari Blogger Nasional
  20. Iya seneng liat blogger prof itu…Kl berkunjung ke blognya ga pede berkomen. Soalnya aku msh blogger abal2…Tp bwrusaha untuk nulis yg baik dan rajiiiin. 🙂

    1. Haee, nggak ada istilah blogger abal2, Dwina. Semua blogger itu sama, yang beda itu rajin posting, dan nggak rajin 😀

  21. Pingback: #Kumpulblogger 2014, Antara Blogger Kenangan vs Kenangan Blogger | Gudangku!
  22. Terima kasih, Mak, atas sharingnya.. saya masih terus belajar dari blogger-blogger keren seperti Mak Injul ini.. belum mikirin job review dan macem-macem.. ngeblog aja belum rajin, hehehe…

  23. Sepertinya susah tembus ke jajaran blogger ngetop itu ya hahahaaa…. Nggak lihat muka baru satupun soalnya. Gak papalah, yang penting kenal mak Indah dan dapat banyak ilmu dari mak Indah. Lagipula berarti aku kan blogger the next generation. Berasa muda 😀

  24. Selamat hari blogger nasional makpuh Injul.
    Wah blogku gado-gado banget hihi, masih perlu banyak belajar untuk menjadi blogger profesional 🙂

  25. barusan itu komen ku masuk atau moderasi yaaah?

    Komen oot dulu nih mba…

    Waktu kapan itu aku denger kabar personil nya EXO ada yang keluar 2 orang Kris & Luhan, aku langsung kepikiran putrimu yang potongan rambutnya ngikutin Suho itu lho mbaaaa…bhuahahaha…

    Pasti sedih banget yah dia ituuu 🙁

  26. Selamat Hari Blogger Nasional mba Injuuuuul 🙂

    Sampai saat ini sih aku rasanya masih angin-anginan gitu ngeblognya mbaaaaa…
    Masih berusaha untuk posting minimal seminggu sekali kemudian BW dengan tertatih-tatih…halah…

    Tapi kalo ngikutin rasa males dan kemudian lama gak ngeblog, seringnya sih kangeeeen,…
    Jadi ya gitu deh, masih jauh banget dari profesional…hihihi…

    Makasih share nya mbaaa 🙂

  27. Fokus utama tetap menuangkan hobi dalam menulis. Masalah mau jadi blogger nyubi ataupun profesional itu urusan belakang buat saya mak 🙂

  28. Dapat ilmu lagi di sini 😀
    Sepakat mak, blogger professional yang sehari-harinya fokus sama blog.

    Padahal keamren tuh pengen juga ikutan acara #kumpulblogger pngen ketemuu sama mak Injul, tapii gak dapat undangannya *lha, ngblognya juga baru kemaren sore, hehe* tapi dapat kesempatan datang ke acara kereen juga sih di hari itu lewat mak Injul dan KEB 😀

  29. Tok tok …Mba Indah…blogger tidak boleh dipandang sebelah mata yaaak…apalagi yang postingannya bermanfaat bagi pembaca, hmmmm…kudu gencarin nulis tidak hanya melatih menulis atau menjadi informasi bagi pembaca, tapi menulis di blog mengasyijan terlepas niat apa ngeblog nya

  30. baru tahu kalau di media cetak ada editor 😀
    kalau di media cetak dikejar deadline, bikin berkeringat.
    kalau blogger dikejar deadline apalagi deadline kontes, malah idenya muncul 😀

    thanks mak sharenya

  31. sharingnya menarik mak… profesi impian… perpaduan antara hobi & materi 🙂
    keep blogging, keep practising, makasih sharingnya ^_^

  32. Selama kuliah saya masih sering nge-blog dengan postingan yang ganti-ganti Mak, sekarang setelah ngajar saya jadi lebih sering cerita tentang dunia anak dan pendidikan. Terima kasih Mak untuk sharingnya. Etapi, saya juga pernah kerja di Anne itu lho, dan saya sependapat dengan Mak Ijul, gimana gitu yaa^^ hehehe

  33. Fokus blogging…. baiklah. dapet tips baru lagi nih dari blognya Makpuh, setelah BW 100 blog dr postingan kemarin.hehehe.. Aku juga kangen uda lama ga liat dirimu Mak.

    1. Aaaah, aku tuh tersanjung banyak yang kangen diriku. Samaaa, kangen pengen lihat lesung pipi dan senyummu :*
      Yup, fokus ngeblog, update, Insya Allah banyak rejeki 🙂

  34. selamat hari blogger, dan semoga blogger indonesia terus menghiasi dunia maya yg tak pernah tidur

    salam
    omjay

    1. Selamat Hari Blogger, Om Jay, terima kasih sudah berkunjung 🙂
      Om Jay, salah satu blogger inspiratorku.

  35. Wah seru banget acaranya ya mak. Tapi jujur, mengingat profesi saya, saya tidak bisa menjadi blogger profesional. Meskipun demikian, tetap dong rajin update blog, memoerbanyak koten positif, dll.

    1. Yup, betul Liza, dirimu salah satu blogger yang aktif dan rajin update blog.
      Berkunjung ke blogmu, benar-benar menambah pengetahuan 🙂

  36. Saya hanya perempuan biasa yang punya blog dan mengisinya menjadi sebuah tantangan tersendiri…

    MakPuh… semoga tetap jadi Blogger yang ramah sama aku yah #eh :* ::*

  37. Hari ini aku banyak meninggalkan komen, Mbak Indah. Di feedly-ku lagi banyak yang update blog dan hampir semuanya aku komenin. Hahaha… Rajin banget ya? Mungkin itu karena aku sedang terbawa perasaan gembira hari ini adalah Hari Blogger Nasional. Halah, lebay beudh. 😆

  38. Ini yang acara sama ibn kemarin ya? wah seru, pasti cerita2 jaman dulu ngeblog.. huhu
    Semoga ada acara kumpul-kumpul lagi yang bisa undang banyak orang ya. Biar aku bisa ikut huhu

    1. Iya, Bair, acara yang difasilitasi ID Blognetwork 🙂
      Setujuuuuu, semoga ada lagi acara kopdar blogger senusantara ya.

  39. waaa… klo aku mah blogger yg msh butuh bimbingan nih. hihi… makasi udh ngingetin ya mak injul.. rindu bertemu dirimu d acara keb jakarta. hehe..

  40. ya benar sekali kak siapa lagi yang menjalankan UU ITE kalau bukan salah satu para blogger, disini peran aktif blogger diharapkan . hehehehe acara nya seru tuh, andai ada juga di kota medan

    1. Semoga di Kota Medan segera ada acara yang menarik ya 🙂
      Terima kasih sudah berkunjung ke blogku, Akbar 🙂

  41. Aku masih belajar ngeblooog 🙂 Seneng nih baca yang kek gini, nambah2 ilmu (mudah2an sih nambah tingkat kerajinanku ngeblog juga 😀 )

    1. Hihihihi, dirimu kan bisa ngeblog tentang suka duka sebagai editor juga penulis 🙂
      Thanks sudah berkunjung ya, No :*

  42. Met hari blogger makpuh..masih jauh sekali perjalanku menuju seorang blogger profesional. But i’m more than ready to start my journey apalagi berbekal ilmu dr blogger2 keren spt drimu mak. Aku siap jd sponge yg mau menyerap ilmu klian 😉

    1. Thanks sudah berkunjung, Muna 🙂
      Blogger profesional itu bisa milik siapa saja kok, bukan masalah jauh perjalanannya.
      Dengan dirimu konsisten ngeblog itu sudah jadi profesional.
      Yuk, menulis dan berbagi terus <3

    1. Sama-sama belajar, Irma Senja.
      Terus menulis dan menginspirasi ya, karena dari tulisanmu akan semakin dikenal :*

  43. saya mah blogger mood-moodan makpuh… ada gak kategori itu? hiks… belum layak disebut blogger nih, nulis semaunya, terutama kalau ada lomba… mudah-mudahan segera diberi hidayah.. hehehe

    sekarang berkunjung dulu ke blog teman yang lain aja deh…

    love u makpuh…

  44. Whoaa, acaranya seru 😀 sayang enggak diundang nih. O iya, sekarang lagi menjajaki menjadi seoran blogger professional juga. Entah kapan ya di Indonesia blogger bisa benar2 dianggap menjadi pekerjaan layaknya pekerjaan yang lain.

    1. Nah itulah, Fahmi, blog di Indonesia masih dianggap pekerjaan yang belum menghasilkan, padahal dengan konten yang bagus, Insya Allah berhasil.
      Btw, happy wedding ya 🙂

  45. sangat inspiratif mbak… Pingin rajin, tp ada aja alasan yg mengatasnamakan kendala waktu, or ngurus anak, bla bla bla. Semoga blog ku bisa cantik dan pastinya pingin bermanfaat buat yg baca.

    1. Aamiiin, aamiin, selama masih ada yang membaca, pasti bermanfaat, Syl 🙂
      Masalah konsistensi, dibawa enak saja, nggak musti tiap hari, yang penting update 🙂

  46. Saya ngeblog karna pengen cari teman, dan pengen berbagi 🙂 Sampai saat ini sih, belum ada brand yg meminta sy utk mereview produknya, jadi ya saya review sendiri aja walo ga dibayar :).
    Selamat Hari Blogger nasional utk semua blogger di Indonesia.. 🙂

  47. Aamiin semoga panitia bisa bikin acara yang lebih besar lagi supaya makin banyak yang bisa terakomodir. Thanks udah partisipasi mbak Injul. Blogmu ini aku link di blogku yaa 🙂

  48. Selamat hari blogger nasional maaakk :*
    Tfs mak.. ninggalin jejak..karena kebiasaan suka BW tapi jarang ninggalin jejak hehehe

    perasaan tadi dah koment kok gak muncul yaaaaa

  49. Selamat Hari Blogger Nasional maaakk :*
    makasiih sharingnya ..mengingatkan untuk tetep nulis dan curhat tapi di jalan yg benar dan gak nyeleneh hihihi..

  50. Setuju Kak, mari tingkatkan lagi esensi menulis blog yang paling harus diangkat, yakni Berbagi , silaturahim dan berekspresi 😀
    Selamat Hari Blogger Nasional, Kak….

  51. Menulis…menulis…dan menulis…
    Plus jangan lupa silaturahim..begitu kan mak Indah?
    Terima kasih yaaa udah diingatkan 🙂

  52. Hahah.. Aku isi blognya kebanyakan cerita absurd, Mbak.. Sampek sekarang belom mau nerima endorse karena yah masih pengen blog ku murni dari iklan.. 😀

  53. **baca tulisan ini sambil membatin “What kind of blogger am I, anyway???” hahaha… Random blogger kali yaa…
    Baiklah mak Injul, trimisiiiii banget atas ilmu2 yang ditularkan kpd emak2 spt dirikuh ini. Semoga dgn silaturahim kita di dunia maya, bisa memberi impact oke banget… sehingga kita makin semangat ngeblog dan menemukan jati diri kita. Happy Bloggers Day! :)))

  54. selamat hari blogger nasional mba injuul… smoga blognya makin bermanfaat.. dan aku diajarin banyak hal dari dunia blog 😀

  55. Saya jadi bertanya2 sendiri, udah bisa menganggap diri sendiri blogger profesional belum, ya? Tapi, apapun itu, saya sependapat dengan Mak Indah tentang materi. Saya selalu menganggap materi yang saya dapat adalah sebuah bonus. Senang pastinya, tapi juga selalu membuats aya semakin berkaca. Jangan sampai passion dan ciri khas saya ketika ngeblog, tergadaikan karena saya terlalu tergiur dengan materi 🙂

  56. Blogku isinya mostly curhaatan hihihi… (nunggu dilamar brand, #eh)
    Ada atau ngga ada job, aku tetep nulis. Karena nulis adalah hal yang membahagiakan selain mbolang. Pernah kepikir jd prof blogger, tapi ternyata staminamu ngga cukup kuat untuk disiplin mencapainya. So, I’m happy to be me, a moody blogger. I’m happy to be in my style, noe style.
    Sip makasih sharingnya maak..

  57. Yeaaay… semangat ngeblog makin terasah, ketika satu sama lain saling mengingatkan, berkarya bersama dan duduk sama rata. Selamat Hari Blogger, mak. Ketjoeps

  58. yes sepakat kakak, nanti materi datang menyusul ya kakak, klo aku sih berbagi ilmu dan pengalaman aja dulu, soalnya klo kemampuan ngeblog banyak yg jago, hehe…sambil belajar dikit2lah kak 🙂 sapatau ilmu dan pengalaman juga rezeki dari para ahli dan jawara blog nular ke aku, aamiin

Leave a comment

Your email address will not be published.