Mengajarkan Anak Hidup Hemat dan Tidak Boros

by Nov 13, 2017Parenting19 comments

 

Anak, cerminan orang tua. 

Kepribadian anak, mengenalkan kepribadian orang tuanya – uknown

Karena itu, saya dan Mas Iwan berusaha mengajarkan hal-hal yang baik ke Taruli, Kayla dan Tio. Hal-hal apa yang harus mereka ketahui, dan hal-hal apa yang mereka tidak boleh lakukan. Nggak hanya belajar tentang adab dan budi pekerti sih. Anak-anak juga belajar tentang bagaimana mereka harus mandiri, bagaimana mereka menghargai apa yang mereka miliki termasuk di antaranya mengajarkan anak hidup hemat dan tidak boros.

 

Belajar hidup hemat? Biar pelit ya? Biar cepat kaya kah?

Pelit itu yang seperti apa sih? Kaya itu relatiflah. Mau seberapa pun usaha kita buat jadi orang kaya, kalau belum waktunya dikasih Yang Maha Esa, ya nasib.

Mengajarkan anak hidup hemat dan tidak boros itu, buat saya dan Mas Iwan penting. Karena, hidup yang mereka jalani nantinya saat mereka dewasa, akan berbeda dengan hidup yang mereka jalani sekarang. Saat ini sih, segalanya kan masih dari orang tua, nanti mereka dewasa, ya dari mereka sendirilah. Beli baju pakai uang sendiri. Beli make up, uang sendiri. Bahkan, kalau mereka harus berpisah rumah dari orang tuanya, mau nggak mau kan harus beli makan sendiri.

Kalau mereka nggak diajarkan hidup hemat sejak dini, ya bisa jadi penghasilan yang mereka terima habis nggak karuan, hanya tinggal bon-bon atau tagihan.

 

Bagaimana Cara Mengajarkan Anak Hidup Hemat?

Mengajarkan anak hidup hemat dan tidak boros  banyak caranya sih. Banyak tip yang bermunculan kalau kita mencari di mesin pencari, Google atau Bing, dengan kata kunci; mengajarkan anak hemat sejak dini. Tapi sih, tetap cara ala kita, orang tuanya sendiri yang paling tokcer.

Seperti yang saya ajarkan ke Tiominar. Misalnya, saat Lebaran atau Idul Fitri, kan suka banyak dapat hadiah uang dari Tulang Wahyu dan Tulang Arinya, tante-tante, om, Pakde Bude, Bulik Palik, juga kakek nenek dan eyang. Uang Lebaran itu ditabung, biar nanti Tio mau tas atau sepatu baru bisa beli pakai uang lLbarannya.

Cara lainnya mengajarkan anak hidup hemat bisa juga saat berbelanja di minimarket, misalnya di Alfamart, yang kebetulan dekat dari rumah.

 

Mengajarkan Anak Hemat

 

Kalau kita lagi ingin sesuatu misalnya camilan, bekal buat ke sekolah, atau beli keperluan rumah tangga yang bukan dalam porsi besar/banyak, biasanya kan suka beli di Alfamart, kalau Tio ikut, pasti minta macam-macam. Namanya anak-anak ya, minta beli rotilah, minuman, atau permen-permen lucu. Walau minta satu atau dua buah atau dua jenis, nggak serta merta dibelikan. Saya biasanya minta Tio untuk membeli yang benar-benar dibutuhkannya. Roti buat bekal ke sekolah, misalnya.

Kalau maksa minta beliin permen karena dia belum pernah makan permen itu, saya biasanya mengandalkan promo yang sering diadakan Alfamart. Pelit ya? Enggaklah. Zaman sekarang ini, perempuan terutama yang sudah jadi istri atau ibu-ibu, harus pintar-pintar mengelola keuangan rumah tangga.

Diskon, potongan harga, sale, harga promo atau gratisan, siapa sih yang enggak suka?

 

Hidup Hemat dengan Diskon dan Promo

Buat saya sih, harga promo ini termasuk efektif menjadi cara untuk ngajarin Tio berhemat. Misalnya nih, seperti promo yang sekarang sedang berlangsung di Alfamart dalam rangka 18 Tahun Alfamart.

Saat saya dan Tio membeli camilan buat bekal ke sekolah, kami memilih produk promo ulang tahun Alfamart. Saat membayar ke kasir, ternyata dua jenis camilan yang dibeli termasuk produk sponsor campaign promo Disney Tsum Tsum, yaitu dengan belanja senilai Rp 40 ribu, yang di dalamnya ada produk sponsor senilai Rp 10 ribu, bisa tebus murah Tsum-Tsum Deep Plate Set atau Serving Plate Set dengan harga spesial mulai Rp 49.900.

 

Mengajarkan Anak Hemat

 

Wah, kebetulan banget nih, pikir saya. Di rumah, belum punya piring model serving plate gitu. Udah lama pengen punya, tapi yang selalu mentok di harga dan model piringnya.

Ibaratnya, sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Belanja camilan dengan harga promo, bisa dapat piring cantik dengan harga murah. Belanja hemat, harga murah, anak dan ibu pun senang.

 

Program Promo Lain di Alfamart juga Bikin Hemat

Nggak hanya Tsum Tsum lho yang bisa ditebus murah.

Buat yang suka menyimpan makanan, bisa tebus murah KIMI Cantainer Glass mulai Rp Rp 39.900. Kotak penyimpanan makanan yang multifungsi. Bisa digunakan di oven, microwive, refrigerator juga. Dan bisa dibersihkan dalam dishwasher. Tersedia dalam 3 ukuran 500ml, 1500ml dan 3000ml.

 

Mengajarkan Anak Hemat

Dan untuk pembelanjaan Rp 100.000, kita bisa ikut program SUA 18 tahun Alfamart dengan cara memasukkan nomer transaksi dan kode yang ada di ekor struk untuk mendapatkan nomer undian setelah sebelumnya lebih dulu registrasi email.
Ada hadiah emas menanti. Keterangan lengkap baca di sua18.alfamartku.com. Periode undian sampai 15 November 2017.
Mengajarkan Anak Hemat
“Kita harus hidup hemat dan tidak boros buat apa sih, Inna?” tanya Tio.
 Manfaat hidup hemat versi saya dan Tio adalah:
  • Bisa menahan diri, nggak serba mauan atau kepengenan.
  • Membeli yang memang benar-benar dibutuhkan.
  • Jadi rajin menabung. Kalau membeli sesuatu dari uang hasil tabungan itu, rasanya tak terhingga.
  • Tidak boros
  • Lebih disiplin
  • Dan pastinya, kalau sudah dewasa nanti, mudah-mudahan pandai mengelola uangnya sendiri.

Seperti itu sih kira-kira mengajarkan anak hidup hemat dan tidak boros dengan memanfaatkan promo atau potongan harga di minimarket.

Punya tip yang lain cara mengajarkan anak hidup hemat?

 

<a href="https://indahjulianti.com/author/indahjuli/" target="_self">Indah Julianti Sibarani</a>

Indah Julianti Sibarani

Fulltime mom Penulis Cerita Bacaan Anak Blogger Co Founder Kumpulan Emak Blogger (KEB)

YOU MAY ALSO LIKE

School From Home Tahap 2: Tahun Ajaran Baru 2020

School From Home Tahap 2: Tahun Ajaran Baru 2020

Hari ini, Senin 13 Juli 2020, tahun ajaran baru 2020 - 2021 dimulai. Tapi pembelajaran langsung, tatap muka, belum diberlakukan. Masih pembelajaran online, School From Home (SFH) atau sekolah di rumah tahap dua. Ya, pandemi Covid-19 masih belum ada tanda-tanda bakal...

read more
Banyak Anak Banyak Rezeki, Banyak Masalah?

Banyak Anak Banyak Rezeki, Banyak Masalah?

Banyak anak, banyak rezeki, banyak masalah? Tergantung bagaimana orang atau pelakunya (orangtua terutama) menghadapinya. Di zaman sekarang yang kompetitif, satu anak, dua, lima atau lebih, tetap harus dinafkahi kan, harus dirawat dan dibesarkan. Sedikit anak ya enggak...

read more

19 Comments

  1. Sary Melati

    Bener banget nih, Mbak. Penting banget ngajarin anak2 utk tidak konsumtif. Dengan begitu mereka lebih menghargai proses dan barang2 yang dimiliki.

    Reply
  2. Ella Fitria

    Waaa lucu bgt piringnya. Thanks mak indah atas sharenya.. Meekipun aku belum punya anak tp bermanfaat banget ni ilmunya.. Ckckck

    Reply
  3. momtraveler

    sukak deh belanja di alfamart makpuh banyak prmonya. kalau pas ada promo popok akun paking happy deh langsung nyetok banyakan. sekarang kalo belanja nggak pake jauh tinggal melipir ke alfamart deket rumah dapet semua dan harganya pun bersahabat. apalagi sekarang ada disney tsumtsum yang jadi incaran anakku mbak, jadi bawaannya ngingetin belanja mulu dia hahahahah,…

    Reply
  4. Darma

    Hemat itu bukan berarti pelit ya..
    Nice tips..

    Reply
  5. antung apriana

    memang penting banget ya, mbak ngajarin anak buat berhemat dari kecil. jadi kalau sudah besar dia bisa ngatur uang sendiri

    Reply
  6. Adi Pradana

    Untungnya anak saya g suka jajan. Belum masanya kali ya. Makasih tipsnya mbak injul

    Reply
  7. Yati Rachmat

    Halo, Mbak Injul yang murah senyum dan tawa….kangen juga nih. Apa kabar? Tips yang jitu banget tuh, coba anak bunda jadi blogger pasti postingan ini bunda share ke doi, hehehe… untuk dia simak tips yang bagus ini dan melatih si buah hati yang sudah diatas usia 10 tahun jadi seorang yang hemat. Salam hangat dari Pamulang/Ciputat/Bintaro, hehee…..jadi Nomaden jadi rumahnya pindah-pindah.

    Reply
  8. Nurul Fitri Fatkhani

    Nah iya, Mbak. Anak-anak kalau udah ke Alfa, niatnya mau beli apa…yang dibeli pasti nambah sama temen-temennya. Untuk menyiasatinya saya juga melakukan hal sama, cari yang diskon-an hihihi…
    Selain itu, kalau anak minta dibeliin suatu barang, sebelumnya saya tanyakan dulu pada mereka, barang itu benar-benar dibutuhkan atau hanya ingin membelinya aja..?
    Tujuannya supaya mereka bisa paham, apa yang dibutuhkan dan mana yang hanya keinginan aja.

    Reply
  9. Herva Yulyanti

    Aku tiap sore pulang kerja mampir mulu ke Alfamart sampe pramunya hapal dan klo ada promo kek gini dy suka ngojrog ayo bu beli hahaha tp untuk yg piring imut ini belum kesampean hahaha
    anakku udah RA belum tau uang krn ga biasa jajan dan dari akunya y tadi aku selalu yg pilihin belanjaannya di alfamart :p

    Reply
  10. Fanny f nila

    Anakku dr umur setahun udh aku ajarin ttg uang mba. Awalnya sih cuma nunjukin aja yg mana uang bener, yg mana uang mainan.. Trs meningkat beliin celengan. Uang jajan juga aku ksh, tp sehari cuma 5rb. Itupun utk jajan roti di deket rumah.

    Kalo si kaka sih ga masalah ya, udh ngerti bgt ttg uang. Tp adeknya agak kebablasan :p. Jd dia tau uang, dan itu hrsnya masuk celengan. Sooo, stiap. Dia melihat uang , ntah di meja, jatuh di lantai, pasti dimasukin celengan.. Pernah aku mecahin celengan si kaka pas ultahnya krn udah penuh, semua koin aku pilah2. Trs disusun dilantai dulu. Aku tinggal pergi sebentar. Eh pas balik si adek dengan sukacita memasukkan uang koin kakanya ke dlm celengan dia wkwkwkwkw.. Jd sepertinya aku hrs ngajarin juga, kalo ga semua uang bisa dimasukin ke celengan :p

    Reply
  11. Nunung

    Dari kemarin Disney Tsum Tsum ini sliweran di time line . Jadi pengen beli nih ke Alfamart biar bisa tebus murah Disney Tsum Tsum nya

    Reply
  12. elisabeth murni

    Kakak Tio harus hemat, uangnya ditabung biar bisa piknik yang jauh dan lama lagi yak ?

    Reply
  13. Putu Ayu Winayasari

    di alfamart mah susah hemaaat, banyak diskon dan bundling, ahahahaha

    Reply
  14. erin

    Kalau banyak promo gak bisa nahan diri mak. XD
    Kecuali sama barang2 yang emang gak penting banget si, walau promonya 50% bisa nahan diri.

    Reply
  15. ucig

    dari kecil aku terbiasa nggak banyak jajan makpuh, bapak aku serem gitu lah klo anak2 mau jajan yg ciki permen, es krim. Alhasil nggak kebiasa latah jajan sih pas udah tua gini. Tapi klo promo kayak Tsum-Tsum dan Kimi kan kapan lagi yaa, harganya lumayan dan bermanfaat 😀
    makasih ya tipsnya makpuh

    Reply
  16. Amallia Sarah

    Aku dan suami suka banget belanja di Alfamart atau Alfamidi. Banyak promo dan khusus member banyak hadiah hehe. Pengen deh koleksi sumsumnya komplit hehehe lucuk keknya

    Reply
  17. Nanik Sri Rahayu

    Pengen juga dapat piringnya. Ke alfamart biasanya kalau sabtu/minggu aja, saat dapat promo JSMLINE
    Kalau untuk mengajari anak berhemat, saya masih pakai cara lama, beri celengan ke anak-anak.

    Reply
  18. HM Zwan

    Alfamart ini sering banyak promo ya makpuh. Pas aku di rumah, ada beberapa kebutuhan rumah tangga habis, pulang kerja suami mampir di alfa buat belanja,seringnya hari biasa yg minim promo. Sekarang udah tau kalo banyak promo di hari jum’at,sabtu,minggu. Lumayan banget memangkas kalo ada promo, selain lebih hemat, dapet plus2nya pula…..^^

    Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to Blog via Email

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Arsip

Categories