Membangkitkan Kembali Industri Musik Digital

by Dec 10, 2012Artikel, Event3 comments

Setahun setelah adanya Surat Edaran (SE) Nomor 177/BRTI/X/2011, industri content digital terus berusaha meningkatkan animo masyarakat terhadap layanan Value Added Service. Meskipun RBT dan iRing bukan bagian dari layanan Value Added Service, tapi dampak dari SE terasa bagi seluruh pelaku industri musik digital.

Untuk membangkitkan kembali animo masyarakat terhadap layanan RBT dan iRing, dua operator terkemuka di Indonesia, PT XL Axiata (XL) dan Indosat bekerjasama dengan 12 record labels meluncurkan program Pesta RBT (Ring Back Tone) dan iRing melalui single access UMB *919#.  Dengan kerjasama ini, diharapkan industri konten digital, terutama musik digital akan bisa segera recovery ke kondisi sebelum SE BRTI itu diterbitkan.

Menurut Direktur Marketing XL, Joy Wahyudi,dengan adanya satu kode akses, diharapkan pelanggan akan lebih mudah untuk menikmati RBT dan iRing. Sedangkan Erik Meijer, Director & Chief Marketing Officer Indosat mengatakan program Pesta RBT dan iRing ini untuk menumbuhkan kembali layanan ini dengan lebih berkualitas, aman dan mudah sehingga masyarakat dan pelanggan merasa lebih nyaman dan tidak ragu menggunakan layanan ini.

Sementara itu, 12 partner record labels yang berpartisipasi dan mendukung program Pesta RBT dan iRing ini adalah Pelangi Musik, Universal Music Indonesia (UMI), Aquarius, Emotion, Warner Music Indonesia, Sony Music, Musica, Alfa Records, Virgo, Nagaswara, Trinity, dan Sani Music. Begitu juga dengan para grup musik atau penyanyi diantaranya: Armada dan Vidi.

Dengan menggunakan single kode akses UMB dan memberikan informasi secara lengkap serta transparan mengenai mekanisme layanan (tarif, periode, cara untuk UNSUB yang mudah dan jelas), diharapkan animo dan tingkat kepercayaan pelanggan bisa tumbuh kembali. Selain itu, informasi terkait layanan RBT dan iRing juga akan disampaikan melalui berbagai macam channel/media, seperti media internal telco, WEB, WAP, POS material dan juga layanan customer service 24 jam.

<a href="https://indahjulianti.com/author/indahjuli/" target="_self">Indah Julianti Sibarani</a>

Indah Julianti Sibarani

Fulltime mom Penulis Cerita Bacaan Anak Blogger Co Founder Kumpulan Emak Blogger (KEB)

YOU MAY ALSO LIKE

3 Prinsip Gaya Hidup Sehat Life at 40s

3 Prinsip Gaya Hidup Sehat Life at 40s

Siapa nih, yang mulai masuk usia 40 tahun, dan pengin tetap hidup sehat? Ya, semuanya pasti. Tapi "gaya hidup sehat" itu memang lebih mudah untuk dituliskan, ketimbang dilakukan. Kalau menjalankannya tanpa disiplin, ya bisa berhenti di tengah jalan. Akhirnya tergoda...

read more
Berburu Buku dan Messi Challenge di BBW 2019

Berburu Buku dan Messi Challenge di BBW 2019

Selamat Datang Wolfies!  demikian yang tertulis di banner besar saat kita memasuki area Jogja Expo Centre (JEC),  yang menjadi lokasi dari pameran buku atau book sale terbesar di Asia Tenggara, Big Bad Wolf yang untuk pertama  kalinya diselenggarakan di Daerah...

read more

3 Comments

  1. Lidya

    sudah mulai kembali lagi ya mbak RBT kemair ini sempat menghilang

    Reply
  2. Hendra Gunawan

    Itu foto yg paling bawah, fotographer-nya siapa yaaa? 🙂

    Reply
  3. Evi

    Mbak Indah, saya itu paling ketinggalan jaman soal ringtones, seumur 2 belum pernah menggunakannya 🙂

    Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to Blog via Email

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Arsip

Categories