Melintas Blog untuk Menaikkan Pagerank

by Mar 18, 2013Blogger Bekasi, Event, Kopdar, Social Media54 comments

Setiap blogger (termasuk saya) memiliki keinginan agar blognya banyak didatangi atau blogpostnya banyak dikomentari para blogger lainnya. Semakin banyak yang berkunjung ke blog kita, semakin banyak jumlah komentar di tiap postingan, menandakan blogger tersebut dikenal di jagat blogger, tulisan-tulisannya menarik dan layak dikomentari, dan yang “mungkin” paling didambakan adalah bisa menaikkan pagerank (peringkat) blog tersebut di situs-situs peringkat blog seperti Google PageRank dan Alexa Rank.

Seperti yang saya baca di sini, di sini dan di sana, saya berkesimpulan, blog itu adalah personal branding pemiliknya. Dan, ada baiknya “brand” tersebut dikelola dengan baik sehingga berkualitas dan bermanfaat bagi pembacanya. Jika sudah seperti itu, maka bisa memenuhi “keinginan” tersebut, yaitu meningkatkan “rangkin” blog tersebut di mesin pencari seperti Google atau situs pemeringkat lainnya.

Ah, saya nggak mau nulis panjang lebar tentang bagaimana menaikkan pagerank itu, baca saja di link-link di atas ini. Saya ingin menceritakan tentang pertemuan yang terjadi di hari Sabtu, 16 Maret 2013 lalu, di Rumah Makan Griya Wulansari 3, Bekasi, Jawa Barat.

Di rumah makan tersebut, berlangsung acara Silaturahmi Blogger Bekasi dengan Lintas.me salah satu situs social-bookmarking Indonesia. Lebih dari 30 orang blogger yang tinggal di wilayah Bekasi dan sekitarnya yang menghadiri acara silaturahmi tersebut, dan tiga orang perwakilan dari Lintas.me yang membuat acara tersebut semakin berkesan.

Dan, bisa dibilang ini adalah acara pertama kali yang diadakan Blogger Bekasi, yang dihadiri oleh lebih dari 5 blogger perempuan yang biasa wara-wiri di Blogger Bekasi, seperti Myra Anastasia, Winda Krisnadefa, Lidya Fitrian, Vera Puspita ,  Ida Amriah, dan Wylvera Windayana. Kalau Irma Senja, Mira Sahid, Mbak @Ajengkol, Mila Said, Siti Nurjanah, Fida, Suzie Icus, jangan ditanya, mereka sudah mendapat julukan Srikandi BeBlog. Dengan banyaknya blogger perempuan yang tinggal di Bekasi, Insya Allah memperkuat jajaran Srikandi BeBlog 🙂

Acaranya diawali dengan perkenalan Lintas.me. Dijelaskan Lintas.me itu sebenarnya adalah nama baru dari salah satu web berita yaitu LintasBerita.com, yang kemudian dirombak total dari segi fungsionalitas maupun desain, juga berganti nama menjadi lintas.me

Sebagaimana ditulis dalam situsnya yang telah dituliskan oleh Bang Amril di sini, dan saya kutip: Lintas.Me mengusung kombinasi antara pembaruan informasi dan tempat berkumpul, sehingga nantinya diharapkan tercipta komunitas yang selalu tertarik untuk mengirimkan apapun yang mereka anggap menarik yang mereka temukan di jagat maya ke Lintas.Me dan membagikannya kepada orang lain.

Dan, kelebihan yang dimiliki oleh Lintas.me tentunya sangat menguntungkan para blogger terkait dengan pagerank tadi. Apa sih kelebihannya Lintas.me itu? Karena lintas.me ini juga merupakan situs social-bookmarking, bisa jadi tempat para blogger mempromosikan postingan-postingan di blognya, sehingga bisa dinikmati pembaca lain di luar yang biasa berkunjung ke blog kita. Dengan kata lain, Lintas.me itu memberikan konten terbaik dari web dan blog kepada membernya, karena semua link yang ada merupakan hasil postingan dari member yang menautkannya dengan lintas.me. Keren kan? Lumayan bisa menambah jumlah pengunjung dan siapa tahu bisa menaikkan pagerank blog.

yang memberikan konten terbaik dari web dan blog kepada penggunanya, dimana semua link yang ada merupakan hasil postingan dari penggunanya untuk menautkan pada lintas me.

Mau blognya dikunjungi pembaca lintas.me? Silakan daftar ke http://www.lintas.me/

Blogger Bekasi sendiri sangat senang dengan acara silaturahmi ini. Selain menjadi ajang kopdar besar, yang terakhir kali dilakukan pada saat Ulang Tahun Komunitas Blogger Bekasi, menjadi ajang reuni dengan blogger-blogger lainnya, menambah teman baru sesama blogger, serta menambah wawasan baru tentang social bookmarking seperti Lintas.me ini.

Yang namanya acara, tentunya seru tanpa kuis dan bagi-bagi hadiah, plus foto-foto. Narsis adalah “middle name” dari para blogger.

Dengan dipandu oleh Mira Sahid sebagai MC, acara yang berlangsung santai, informal dan penuh gelak tawa itu, juga diisi dengan presentasi dari Om Jay atau Wijaya Kesumah, bagaimana memanfaatkan blog sebagai branding, dan memberikan hasil yang memuaskan seperti yang terjadi pada Om Jay yang banyak mendapat penghargaan dari kegiatan menulisnya di blog.

Oh ya, dari ajang silaturahmi antara Lintas.me dengan Blogger Bekasi ini, menghasilkan juga beberapa agenda yang Insya Allah akan direalisasikan oleh para “relawan” Bekasi Blogger seperti yang ditulis oleh Pak Eko Eshape di blognya, yaitu pematangan agenda acara Amprokan Blogger 2013 dan acara pemanasan berupa sebuah acara blogpreneur yang pelaksanaannya diserahkan kepada Irfan Zj.

Nah, mau menaikkan pagerank blog? Silakan berkunjung ke www.lintas.me

Mau bergabung dengan Komunitas Blogger Bekasi? Silakan mendaftar di www.bloggerbekasi.com

Anda blogger perempuan? Ingin berkenalan dengan blogger perempuan lainnya? Silakan bergabung di Facebook Group Kumpulan Emak Blogger (KEB) di sini atau lihat tatacara pendaftarannya di sini.

 

Foto-foto adalah milik Pak Eko Eshape.

 

<a href="https://indahjulianti.com/author/indahjuli/" target="_self">Indah Julianti Sibarani</a>

Indah Julianti Sibarani

Fulltime mom Penulis Cerita Bacaan Anak Blogger Co Founder Kumpulan Emak Blogger (KEB)

YOU MAY ALSO LIKE

Berburu Buku dan Messi Challenge di BBW 2019

Berburu Buku dan Messi Challenge di BBW 2019

Selamat Datang Wolfies!  demikian yang tertulis di banner besar saat kita memasuki area Jogja Expo Centre (JEC),  yang menjadi lokasi dari pameran buku atau book sale terbesar di Asia Tenggara, Big Bad Wolf yang untuk pertama  kalinya diselenggarakan di Daerah...

read more
LKS SMK 2019, Kompetensi Menghadapi Dunia Nyata

LKS SMK 2019, Kompetensi Menghadapi Dunia Nyata

Salah satu julukan dari Yogyakarta adalah Kota Pelajar, selain Kota Gudeg, Kota Bakpia, Kota Budaya atau sebutan dalam bahasa asing (Inggris), City of Tolerant. Sebagai Kota Pelajar, beberapa sekolah menengah dan perguruan tinggi di Yogyakarta ini, menjadi incaran...

read more

54 Comments

  1. rush

    enak ya jadi blogger yang tinggal di kota besar, ada acara kumpul-kumpul dan kopdar bareng.. di kampung halaman saya gak jelas apakah ada blogger lain atau tidak.. http://www.belajaringgrisfun.com

    Reply
  2. Anggara

    Boro2 mikirin ranking. Nambahin konten di situs saja sudah pusing hihihi

    Reply
  3. jasa adsense full approve

    I

    Reply
  4. Aan Shared

    mungkin bisa dipraktekkan nanti..hehe

    blogwalking mba’

    Reply
  5. Ani Mulyani

    Terima kasih informasinyaa

    Reply
  6. ephi zp

    Postingannya informatif banget, makasih mba…
    Belum pede nih mau sharing di forum-forum kayak gitu
    Tapi kalau butuh inspirasi jalan-jalan, please visit my blog http://wangirumput.blogspot.com/

    Reply
  7. JNYnita

    Aku anak bekasi juga lhooo..
    klo mau masukkin link ke lintas.me aku ragu2, blogku random isinya.. uhuhuhu

    Reply
  8. ronal

    setujuu mba..page rank alexa dan lainnya cuma bisa di perbaiki dengan BW dan memberi komentar ke blog blog lain..:D

    Reply
  9. Zizy Damanim

    Ohhh Anggoro yang ke Bekasi ya. Kirain dia meliput ke acara BB10 tetangga hahahaa… Udah diprotes pula, secara doi biasa ngeliput untuk si Kuning.

    Acaranya sukses ya kak… 🙂

    Reply
    • Indah Juli

      Iya, dia ke Bekasi. Benar, waktu pertama kali kenal kupikir dia orang Indosat 🙂

      Reply
  10. Lusi

    Alexaku tu rampingnya lumayan kelihatan cepet, tp page rank mejen di 1 aja 🙁

    Reply
    • Indah Juli

      Hihihi, sama tuh 🙂 tapi tetap semangat menulis kan 🙂

      Reply
  11. Andy

    aku kagak pernah mikirin Page Rank, yang aku pikirin cuma nulis aja, toh masih amtiran mba, alias baru anak kemarin sore ngeblog, jd belum tahu apa2 🙂

    Reply
  12. ranny

    mau sharing artikel di lintas.me dari blogku kerasa gemana gituh,,karena blogku isinya curcol sajah hikz
    dulu sih suka banget ngejar naekin PR tapi skrang udah jenuh hihih jadi cuman ngeblog aja, gag mikir embel2 ini itu lah 😉
    akhirnya bisa ke blog mak Indah Juli 😉

    Reply
    • Indah Juli

      Terima kasih sudah berkunjung 🙂
      Hihihi, iya ya, ngejar PR itu bikin jenuh, seperti pekerjaan rumah 😀

      Reply
  13. Dewi Iriani

    Kebetulan aku sudah melintaskan blogku yang http://www.semangatmenulis,blogspot.com dengan lintas me. Tetapi belum puas juga tentang Lintas.me ini. Usul untuk Emak-emak KEB, Mak Indah Juli dan Mak Mira Sahid, acaranya diadakan juga ya di Bandung. Please….

    Reply
    • Indah Juli

      Siaaap, nanti dibicarakan dengan MakPon Mira Sahid deh, supaya ngundang Lintas.me ke Bandung 🙂

      Reply
  14. Nailul Huda

    Kalau masalah PR belum kepikiran,mbangun blog aj belum bisa 🙂 .Katanya sh kalau PR mau cept melesit: blogwalking,materi orsinil.

    Lintas.me kayakna bagus juga.Bisa dicoba.

    Reply
    • Indah Juli

      Iya, pasti. Blogwalking menambah pertemanan. Materi orisinil pasti dicari 🙂

      Thanks sudah berkunjung

      Reply
  15. Ceritaeka

    Hmm pagerank Ku berapa ya skr? 😀
    Meluncur ke lintas me 😉

    Reply
    • Indah Juli

      PRmu tinggi, makanya banyak tawaran nulis #eh

      Reply
  16. jayboana

    mantep mantep tante, saya mau ngedaftar juga ah di lintasme biar nambah pengunjung hehe

    Reply
    • Indah Juli

      huaaaaaaah, kenapa sih kamu selalu manggil aku tante? Mama dong :p

      Reply
  17. taufan

    Wahh..kapan jg ya..Blogger Maros dikunjungi Lintas.me…

    Reply
    • Indah Juli

      Nanti dikenalin deh sama pihak Lintas.me 🙂

      Reply
  18. Pakde Cholik

    Saya juga sudah lama -punya aku di lintas.me
    Kalau sering share artikel di sana trafik blog akan meningkat
    Salam hangat dari Surabaya

    Reply
    • Indah Juli

      Wah, ternyata benar ya, Pak De.
      Sering-sering sharing ah.
      Terima kasih sudah berkunjung Pakde 🙂

      Reply
    • Indah Juli

      Terima kasih atas dukungannya, Om Jay

      Reply
  19. Elisa Koraag

    Dear Indah, tulisan yg mencerahkan. Saya baru tersadar perlunya meningkatkan page rank, bukan semata menaikkan nilai blog kita tapi menunjukan adanya kunjungan ke blog kita. Terima kasih

    Reply
    • Indah Juli

      Sama-sama Mak Icha, senang postingan saya bermanfaat 🙂

      Reply
  20. Aulia

    sukses terus deh buat emak2 blogger nih, apalagi lewat lintas.me makin bisa bikin tambah eksis deh 🙂

    Reply
    • Indah Juli

      Aaaaah, jadi tersanjung nih dipuji Aulia 😀

      Reply
  21. Esti Sulistyawan

    Saya sudah pernah dengar lintas.me
    Tar coba tak intip ke sana Mak 🙂

    Reply
    • Indah Juli

      Ayo, Mak Esti semangat 🙂

      Reply
  22. Lidya

    yuk rame-rame daftar

    Reply
  23. Nchie Hanie

    waaaw serunyaaa..
    Setiap blog pasti pengen punya PR tinggi, ya tinggal bagemana kita rajin apdet aja ya Mak dan bewe , yang kadang PR naik turun. Bagiku ga terlalu penting juga sih PR, yang penting tetep rajin menulis, bewe silaturahmi, udah membuatku seneng.
    Tapi bagi dunia Bisnis Onllen, blog monetize penting banget tuh PR, ada loh yang memperjual belikan PR dan ternyata lumayan mahal pula, tergantung pesanan, makin gede makin tinggi harganya.:D

    Reply
    • Indah Juli

      Nah ini penjelasan yang paling tokcer.
      Kapan dong bisa ngajarin aku belajar SEO 🙂

      Reply
  24. archer

    kapan ya saya bisa ikutan kumpul hehe

    Reply
    • Indah Juli

      Ayo jangan ragu buat kumpul, nambah teman, nambah informasi 🙂

      Reply
  25. Billy Koesoemadinata

    pengen naikin pagerank sampe jadi 10, ah!
    *biar saingan sama google* #ngimpi

    Reply
    • Aulia

      bisa kok mas, sering-sering ke kantor Google :p

      Reply
    • Indah Juli

      Hihihi, benar juga ya ke kantor Google.

      Reply
  26. Ety Abdoel

    Sip, segera meluncur ke link dimaksud…makasih sharingnya Mba Indah

    Reply
    • Indah Juli

      Sama-sama, Mbak Ety 🙂

      Reply
  27. Hendra

    Wah posting-nya keren Mbak, terutama yg soal Page Rank 🙂
    Kapan kita bisa kumpul2 untuk ngomongin soal blog nih hehehehe

    Reply
    • Indah Juli

      Ayo kapan kita bisa ketemuan lagi, sama Rizal malah sering ketemuan sekarang, karena istrinya Depe aktif ngeblog juga 😀

      Reply
  28. Dunia Ely

    Wah .. pasti ketemu mbak Lidya juga ya, kemarin baca postingannya serupa mbak 🙂

    Reply
    • Indah Juli

      Hihihi, iya Mbak Ely, kemarin ketemuan sama Lidya dan Myra Anastasia juga.

      Reply
  29. Maya Siswadi

    haaa, jd penasaran, kalo wilayah tangerang selatan atau selatan jakarta, adakah perkumpulan bloggernya mak InJul?

    Reply
    • Indah Juli

      Setahu saya ada, Mak Maya. Namanya Blogger Benteng/Cisadane, nanti saya email alamat komunitasnya ya 🙂

      Reply
  30. Sary Melati

    Aku udah lama punya akun lintas.me. Biasanya dipake untuk sharing artikel di Marubunnytown.com.

    Reply
  31. Dwi Wahyudi

    Assalamualaikum Mak, pa kabarnya nih? Sudah lama tidak bersua jadi kangen ama Emak, wkwkwkw… 😛

    Reply
    • Indah Juli

      Walaikumsalam, ALhamdulillah kabar baik. Insya Allah tahun ini bisa bertemu lagi 🙂

      Reply

Trackbacks/Pingbacks

  1. Continuing Education Loan - Continuing Education Loan... [...]Melintas Blog untuk Menaikkan Pagerank[...]...

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to Blog via Email

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Arsip

Categories