Kopdar, Sharing SEO

Foto milik Nchie Hanie

Search Engine Optimization (SEO)Β memang lagi jadi trending akhir-akhir ini terutama di kalangan blogger. Apalagi sekarang ini, banyak yang sudah memantapkan diri untuk menjadi blogger profesional. Mengapa blogger profesional? Karena dengan menjadi profesional, akan lebih fokus lagi ngeblognya, dan tentu saja menjadikan blog sebagai sumber mata pencaharian yang menghasilkan uang.

Banyak postingan tentang bagaimana menjadi profesional blogger. Dan dari yang saya baca-baca, nyaris semua postingan itu memasukkan mengetahui tentang SEO atau Search Engine Optimization sebagai satu bagian dari menjadi profesional blogger. Sahabat Blogger pasti taulah apa itu SEO, walau pun mungkin seperti saya, nggak ngerti-ngerti amat tetapi bikin penasaran.

Nah, beberapa hari yang lalu, kebetulan Kang Argun, salah seorang blogger yang paham banget soal SEO dan owner dari Dewa Seo, berkunjung ke Yogyakarta untuk mengikuti workshop NBC bersama Nchie Hanie. Mumpung lagi kedatangan tamu keren,Β kita bikin deh kopdaran dengan beliau dan Nchie Hanie. Kopdar sambil sharing, titlenya. Biar terlihat bermanfaat sih πŸ™‚

Senang banget bisa ketemu Kang Argun lagi, setelah pertemuan singkat di Bandung tahun 2013. Jujur, awalnya deg-degan juga dengan kopdaran ini karena meski direncanakan, ternyata banyak teman blogger yang batal datang. Memang sih saya mengajak teman-teman yang lain, tapi Nchie ingin ketemuan dengan member KEB di Yogya. Saya dan Lusi cuma bisa pasrah kalau kopdaran ini hanya sedikit yang datang.

Apalagi Lusi, cuma bisa sebentar karena harus jadi guide buat temannya dari Kalimantan yang datang ke Yogya. Alhamdullilah, banyak juga yang datang seperti Phie dan temannya (yang juga suka ngeblog, cuma belum gabung komunitas), Opick Aza, Sarry Baroto, Jullev, Darul, kemudian bergabung Babeh Helmi, dan terakhir teman Imers (internet marketing) Kang Argun, yaitu Purba Ar. Juga dua krucils saya, Kayla dan Tio.

Foto milik Nchie Hanie

Nggak hanya sekedar kopdar, pertemuan kali ini benar-benar bermanfaat buat saya, Phie, Opick, Darul, Sarry dan teman yang lainnya. Karena di pertemuan ini, Kang Argun blak-blakan soal SEO dan bagaimana menaikkan page views blog kita, yang bermanfaat banget kalau kita ingin menjadi profesional blogger. Lusi nyesel deh melewatkan moment ini. Dan kata Nchie, belum pernah Kang Argun kasih tau dia tips-tips yang dikasih ke teman-teman blogger Yogya.

Apa saja sih yang disharing Kang Argun? Banyaklah. Intinya sih, Kang Argun bilang untuk mencapai sesuatu itu harus fokus dengan keinginan, dan nggak instan. Fokus, kerjakan dan nikmati hasilnya.Β 

Blog yang page viewsnya sampai ribuan itu, bukan didapat dengan hasil instan. Tapi karena rajin update, rajin blogwalking dan networking. Kalau boleh saya simpulkan sih, menurut versi saya tiga hal penting dalam ngeblog itu: POSTING, BLOGWALKING dan NETWORKING.Β 

Kang Argun itu, setiap hari 100 blog didatangi dan dikomentari. Hayo, ada nggak Sahabat Blogger yang sehari berkunjung ke 100 blog? Gimana beliau nggak terkenal ya. Seminggu saja berarti 700 blog atau 700 blogger. Kalau sebulan? Kaliin saja dengan 4, berarti ada 2800 blog/blogger yang didatangi atau dikenal Kang Argun. Fantastis!

Saya, baru blogwalking ke 10 blog saja dalam sehari, bangganya minta ampun. Serasa udah jadi yang paling rajin blogwalking saja. Dan, suka males berkunjung lagi ke blog yang “hanya mau didatangi tanpa perlu berkunjung balik”. Padahal nih, kata Kang Argun dan Nchie Hanie, blog-blog seperti itu malah harus didatangi, karena dengan seringnya blog kita bertenggernya di blog itu, Β akan lebih dikenal dibanding si pemilik blog yang malas berkunjung ke tempat orang lain. Karena salah satu penarik orang bermain ke blog kita adalah dari link blog orang lain.

Dapat ilmu dari Kang Argun, ah ternyata saya hanya butiran debu di dunia blogging (blogosphere).

Nggak heran ya, kalau Kang Argun itu dikenal dan terkenal. Dan, menurut Kang Argun apa yang sudah dicapai dirinya sekarang ini bukan instan, tapi berproses dari bawah. Nggak menyangka kan, kalau keterlibatan Kang Argun di SEO berawal saat menjadi penjaga warnet? Dari situlah, beliau rajin ngeblog, blogwalking dan belajar SEO.

Sahabat Blogger ingin menjadi terkenal seperti Kang Argun dan pageviews blognya sampai ribuan? Bisa! Nyontek aja caranya Kang Argun. Dijamin deh, pagerank 5 atau lebih, Alexa ratusan, dan bertengger minimal nomor 2 lah di jaringan mesin pencari yang terkenal itu, Google. Bakal bisa jadi Blogger Profesional dan Insya Allah, ngeblogya menjadi menguntungkan.

Oh ya, ini sih buat manas-manasin Lusi, yang pulang duluan. Bukan kopdar tanpa foto kan? Dan Babeh Helmi pun beraksi dengan kamera kerennya. Hasil foto-fotonya pasti ciamik. Salah satunya foto di atas. Saya sih cuma ikut dua sessi, yang lain katanya sampai Maghrib baru kelar foto-fotonya.

By Indah Julianti Sibarani

Fulltime mom Penulis Cerita Bacaan Anak Blogger Co Founder Kumpulan Emak Blogger (KEB)

108 comments

  1. seratus blog commenting..wew..
    kalau segitu saye msih belum bisa..hehe
    10 per hari ae udh banyak menurtku..
    harus nambah semngat nih biar bisa 100 blog per hari πŸ˜€

  2. Gila 100 blog sehari! Hhhahahaha… Semacam selo banget yaaa.. kalau aku di feedlyku selalu ada 100 lebih postingan yg aku harus “mark as read” huahahhaa.. yg asyik aku kunjungi dan komen. Kayak blog ini contohnyaaaa

  3. ayoooo, jadi harus rajin-rajin ngeblog, BW et networking ya maaak….semangaaat, sambil keplak kepala sendiri hehehehe….cheers..

  4. Pingback: Menjadi Blogger yang Profesional | Indah Julianti
  5. Sehari 100 blog yang dikunjungi?
    Wah salut deh πŸ˜€
    Kalo saya pasti gak bisa, susah bagi waktunya dengan kerjaan.
    Makanya blog saya keteteran jadinya, jarang banget posting.
    Btw, seru ya kak kopdarannya.
    Jadi pengen kopdaran lagi ni sama temen2 blogger. Heheheh πŸ˜€

    1. Mbok ya, kalau kamu di Jakarta, kasih tahu aku, biar kita bisa kopdaran πŸ™‚
      Atau nanti deh kalau ada rejeki, aku mau ke Papua πŸ˜€

  6. Waaah. . .kangen sama teman2 Yogya. :O

    Apa2 kalau mau tercapai maksud dan tujuan emang kudu fokus ya, Mbak. 100 blog per hari, kalau aku kayaknya puyeng, Mbak. Hihihi

  7. Whuaaaa…. bisa nggak ya?
    Ngebayanginnya langsung perih mataku. tapi harus dicoba sebisanya.
    Makasih mak Indah. Mau bikin list blog aaah.. πŸ™‚

  8. Whuaaaa…. 100 bw?
    Langsung perih mataku. tapi harus dicoba sebisanya.
    Makasih mak Indah. Mau bikin list blog aaah.. πŸ™‚

  9. Wow 100 blog per hari. Memang gak boleh malas kali ya kalo pengen ada nilai tambah dari sekedar ngeblog.
    Catet nih dan harus dilakukan, posting, blogwalking dan networking.
    Thanks for sharing, makpuh.

  10. wah, kalau blogwalking segitu banyaknya sehari, bisa nggak ya? kadang komentar yang ditinggal aja belom berhasil saya balas, mak πŸ™‚

    1. Hahaha, ala bisa karena biasa, Ria.
      Coba saja dulu, sedikit demi sedikit, Insya Allah tercapai targetnya πŸ™‚

  11. Kang Argun dan Mak Nchie …. kapan ke MAkassar dong bat ngajarin saya SEO? *eh?* πŸ˜€

    Waah pantesan Makpuh pagi ini saya lihat komen2nya di beberapa blog …. lagi rajin BW rupanya ya karena dapat suntikan semangat dari kang Argun ….. πŸ™‚

    Kang Argun berkunjung ke 100 blog tiap hari? Hm … kayaknya blog saya gak masuh di daftar kang Argun nih ….. gimana caranya ya supaya bisa masuk daftar BW-nya, Mak?

    1. Hehehe, kata Kang Argun, sekarang dia udah ngeblog sibuk ngajarin SEO, jadi udah nggak BW lagi πŸ˜€

  12. Mbak, yang sampai Magrib itu Cahya, teh Nchie, Kang Argun, Mas Purba, sama satu immers yang baru datang setelah blogger yang lain sudah pamit. Dan… saat teh Nchie shalat Magrib, saya bersama 3 pria immers, dapat ilmu lagi mengenai bisnis online.

  13. sehari 100 blog mbak? DIbaca semua? saya baru bisa 10 blog/hari, itupun seminggu dapat jatah 4 hari saja. so seminggu cuma 40 bw. 10 blog perhari juga sudah bikin kepala saya nyut-nyut karena terlalu banyak membaca. hiks.. piye carane bisa sehebat kang Argun kalo kondisiku gini. Hiks…. makanya saya selalu masuk kategori blogger pemula .

    1. Hehehe, semua memang tergantung kondisi orangnya, mbak Susi πŸ™‚
      Sering BW saja sudah Alhamdulillah πŸ™‚

  14. Huaaaaaa, blogwalking ke 100 blog >.< iyaa ya, bener banget, kalau bisa konsisten terus blogwalking sebanyak itu dan tetep ngimbangin buat update blog, pasti hasilnya juga okee banget..
    Cuma kadang sinyal internet yang gak stabil bikin bw jadi serasa ngos-ngosan hehe..

    makasih sharing ilmunya ya mak Injul ^^

  15. Beruntung yang dapat bocoran dari Dewa SEO dan tim,
    saya sampai sekarang belum kesampaian ketemu padahal kenal di blognya jaman dia masih jadi “Raja” πŸ˜€ dan masih mudah disenggol, sekarang kalau ketemu harus bikin janji dulu ya.

    1. Hahaha, sekarang Kang Argun sudah sibuk banget, Mbak Yulia.
      Makanya saat ada di Yogya, kita culik buat ketemuan πŸ™‚

  16. Wah, makasih share ilmunya, salam kenal, kopdar pertama yg bermanfaat (meski masih lum paham apa itu SEO), tapi sangat berkesan. moga bisa bertemu lagi.
    Maylia πŸ˜€

  17. Aku sekarang blogwalking-nya dari link2 yang di share di Twitter atau di Facebook aja. Kalau ternyata bagus, baru blognya aku subscribe di Feedly. Kalau ninggalin komen sih aku juga jarang. Tergantung tulisannya juga. Daripada maksain komen tapi ternyata isi komennya gak sesuai sama tulisan? Tapi ya sebisa mungkin aku ninggalin komen sih… Halah, mbulet begini. πŸ˜†

  18. aiiihh..makasih ya MakPuh. dan smuanya
    Pokoe sesuatuh dah kopdar kemaren
    Ntar kita kopdaar lagiih ..

    Buat emak2 smuanya , yuuk..
    mulai punya mindset SEO tuh gampang kok ..
    asalkan di praktekan..
    *ditonjok emak2, gampang ndasmu :v

    1. aiihh Mbak, berarti saya lebih nyeselnya lbh banyak drpd Mak Lusi dunk? Kalau dibikin pangkat, bisa exponensial berapa ya?

      # Ini blogwalking juga kan?

  19. Wuaa…Blogwalking 100 per hari ckckckck….saya maksimal 4 itu kadang jarang ninggalin jejak. huhuhu.
    Habis baca ini jadi semangat BW aaah.
    Makasih mbak Jul…sharingnya

    1. Hahaha, benar Aldy, secara doi rajanya ngeblog ya πŸ™‚
      Thanks ya, Dy, aku malah belum berkunjung ke blogmu πŸ™

  20. Cetar membahana, memang kang argun ini salah satu org yg istiqomah, selama 3 tahun jaga warnet tapi ndak di byar, dari mulai nol Sekali sampai sukses seperti skrng. Salut skali dgn kegigihannya untuk blog walking sehari 100 blog

  21. Busyetyy…sehari bewe 100 blog????serius g sih mak???penasaran…..kpn2 nantang diri sendiri ah hehe
    Tfs makkk πŸ˜‰

  22. Whattt!!! 100!! Aaaak…. *pengsan*
    Oke baiklah, brarti harus luangin waktu hanya untuk blogwalking yah Mak. Terima kasih sharingnya Mak Injul β™₯β™₯β™₯β™₯ :*

    1. Iya, Mia, kita harus meluangkan waktu buat blogwalking, biar yang berkunjung ke blog kita juga banyak πŸ™‚

    1. Kaget ya, Fenny, sama dengan aku πŸ™‚
      tapi benorna itu, dan sudah terbukti dengan kang argun yang top bgt πŸ˜€

  23. waduh 100 blog setiap hari di datangi dan komen. berapa lama di depan komputer ya. dengernya dah pusing. tapi memang untuk jadi terbaik dan profesional perlu kerja keras.

    1. Masuk SPAM, Haya πŸ™
      Duh, jadi 2 kali kerja nih, karena musti ngecek folder spam, sementara kalau lewat smartphone susah lihat folder SPAM πŸ™

      Thanks sudah berkunjung ya.

  24. wah padahal saya sekota sama kang Argun tapi menyia – nyiakan kesempatan untuk belajar SEO ya πŸ˜€ hihihi, belajar ringan – ringan sambil ngupi sama teh Nchie :D, mak injul kapan ke Bandung? hihi

  25. kemarin pengen ikut juga pas lihat path opick.. cm kebetulan di magelang kondangan πŸ˜€
    klo pas kontes SEO, sepertinya saya BW 1000 per hari hehehe..

    ya bener kata kang argun.,. yg penting fokus dan tekun.. gak ada yg instant

    1. Hahaha, kemarin itu saja aku dan teman-teman langsung takjub dengan kiatnya Kang Argun, dan bertekad akan mencontoh πŸ™‚

  26. label pro/amatir blogger itu disematkan oleh diri sendiri mbak. bukan berarti yg “amatir” adalah yg tidak menghasilkan uang dari kegiatan ngeblognya itu dan yg p”pro” itu yg menghasilkan uang (monetizing). sama sekali bukan itu.

    1. Hahaha, kata Phie: culik aku, culik aku πŸ˜€
      Dan, kamu juga melewatkan sessi foto-foto dengan Babeh Helmi πŸ˜›

    2. Bwahahahahaha, aku mau diculik sama Mbak Lusi πŸ˜†
      Nanti aah, aku juga mau cerita soal kopdar seru ini πŸ˜€

      Jangan guling-gulingan di Malioboro, Mbak.. panas! πŸ˜›

  27. Hahah.. Kalok aku sekarang bw agak susah bagi waktunya, Mbak.. Sibuk skripsiiii.. πŸ˜› Trus jaringan internet jugak bikin emosi.. πŸ˜€

      1. Eh aku BW cuman 20 aja dah dikira spam ama WP lho. Nich semua comment2 gw di wp masuk spam semua, gimana kalo 100/hari yaaaa hahaha

  28. 100 blog sehari???? uwwaaa… #tutupmuka #malu
    pantesan page view ekeh gak naek2 dari 300…hahahaha…
    beklah, kita perbanyak BW… #kretekinjari

    1. Huahahaha, gue juga mau lurusin jempol dulu nih, buat BW.
      Ayo, Win, biar semakin banyak job mampir ke blogmu πŸ™‚

  29. dahsyat bgt neh bos Argun,, pakar seo, ternyata masih sempat juga blogwalking ke blog2,, sygnya blog sy belum pernah di kunjungi si bos πŸ™

Leave a comment

Your email address will not be published.