Kepandaian Si Copycat

by Jun 22, 2006Keseharian, Parenting0 comments


Di usia 19 bulan ini, de Kayla sudah bertambah kepintarannya…Alhamdulillah. Meski Ibu sempat khawatir de Kayla belum lancar bicaranya, masih terpatah-patah dan belum jelas, tapi rasa khawatir itu dibuang jauh-jauh karena setiap anak perkembangannya berbeda-beda. Tata bahasa de’ Kayla memang belum jelas dan lengkap, sehingga kalau berbicara pasti butuh pemahaman tinggi…he…he

Misalnya aja nih, kata kakak, Kayla bilang tata. Anak tetangga namanya Neta, dipanggilnya Ta, Ibu dipanggilnya mbuh… sementara diajarin bilang bunda dia malah manggil nda, sama donk ama nama Ibunya…he….he…

Beda memang dengan Lily, yang diusia 12 bulan ngomongnya sudah lancar tanpa cadel. Jadi Ayah sama Ibunya sudah ngerti apa yang dimau Kak Lily. Tapi kan gak boleh membanding-bandingkan anak, karena itu Ibu dan Ayah gak pernah mau maksa de Kayla supaya bisa cepat lancar ngomong dengan membawanya ke terapi atau dokter. Pokoknya sabar menanti sampai waktunya nanti mau sekolah.

Disisi lain, meski de’ Kayla belum lancar bicaranya, Kayla itu peniru ulung. Apa-apa yang dilakuin sama kakaknya pasti dia ikutan. Misalnya kakaknya belajar mewarnai, Kayla juga pasti ambil buku trus dicoret-coret deh. Atau kalau semua lagi pada baca, nanti Kayla juga ikutan baca koran, sambil mulutnya komat kamit seperti orang baca. Kalau kak Lily lagi nonton lagu anak-anak di DVD, trus ntar joget-joget, Kayla juga ikutan joget.



Yang sempet bikin ngeri dan khawatir, waktu kak Lily jumpalitan dengan kepala diletakin di kasur trus berbalik, eh Kayla ikutan juga, dan badannya nyaris dipinggir tempat tidur. Untung Ibu lagi dipinggir, kalau ngak entah apa yang terjadi. Yang jelas, Ibu langsung kena semprot Ayah.

Sekarang ini, Alhamdulillah setelah sering diajarin, kalau ditanya mana tangan, Kayla sudah mengangkat tangannya, ditanya kaki mana, kakinya diangkat, sudah tau gigi, mata, hidung, yang belum cuma kuping yang suka ditunjuk hidung. Yang geli, kalau ditanya : rambut kriwil mana de ? trus nanti sambil pegang rambutnya, kepalanya digoyang-goyang kayak orang triping…he…he… Kalau ditanya perut mana, langsung bajunya dan kaosnya ditarik keatas, trus perutnya digoyang-goyang kayak penari perut.

Yah itulah kepandaian Kayla sekarang, dan mudah-mudahan semakin bertambah seiring bertambahnya usia. Dan semoga Kayla sehat selalu.

<a href="https://indahjulianti.com/author/indahjuli/" target="_self">Indah Julianti Sibarani</a>

Indah Julianti Sibarani

Fulltime mom Penulis Cerita Bacaan Anak Blogger Co Founder Kumpulan Emak Blogger (KEB)

YOU MAY ALSO LIKE

School From Home Tahap 2: Tahun Ajaran Baru 2020

School From Home Tahap 2: Tahun Ajaran Baru 2020

Hari ini, Senin 13 Juli 2020, tahun ajaran baru 2020 - 2021 dimulai. Tapi pembelajaran langsung, tatap muka, belum diberlakukan. Masih pembelajaran online, School From Home (SFH) atau sekolah di rumah tahap dua. Ya, pandemi Covid-19 masih belum ada tanda-tanda bakal...

read more

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to Blog via Email

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Arsip

Categories