Kegagalan itu Indah

by Mar 12, 2008Inspirasi17 comments

Semalam gw menuntaskan membaca cerita Si Pembuat Jam karya Philip Pullman, untuk Lily dan Kayla. Buku cerita anak-anak sih, tapi sarat makna.

Dan salah satu paragraf yang berkesan sama gw adalah ini :

“Kau takkan memenangkan pertandingan kalau cuma berharap, kau bisa menang jika berlari lebih cepat daripada orang lain.

Dan agar bisa melakukannya, kau harus berlatih keras dan berusaha sekuat mungkin.

Walau kadang-kadang  itu pun belum cukup, karena pelari lain mungkin lebih berbakat daripada dirimu. 

Jika kau menginginkan sesuatu, kau bisa mendapatkannya, tapi hanya jika kau menginginkan segala hal yang menyertainya, termasuk kerja keras dan kekecewaan. Dan hanya jika kau mau menerima kegagalan.”

Kegagalan…

Karena takut gagal, kita jarang bersungguh-sungguh berusaha.

Kita sering menunda-nunda pekerjaan, dan kalau kepepet baru  dikerjakan. Tapi begitu melihat orang berhasil, bukannya menjadi pemicu, tapi malah sirik. “Ah gw juga bisa melakukan itu,” kilahnya.

Seperti yang banyak orang bilang, kegagalan itu indah. Kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda. Jadi jangan takut gagal, teruslah berusaha, karena kita akan memetik bintang di langit.

<a href="https://indahjulianti.com/author/indahjuli/" target="_self">Indah Julianti Sibarani</a>

Indah Julianti Sibarani

Fulltime mom Penulis Cerita Bacaan Anak Blogger Co Founder Kumpulan Emak Blogger (KEB)

YOU MAY ALSO LIKE

17 Comments

  1. anginbiru

    waduh,, dalem beut nih.. jadi ngerasa dirajam orang sekampung.. *halah*

    hmm,, jadi,, ada solusi gak buat orang yang niat banget sama hal-hal selain di kampus,, tapi giliran ngadepin kuliah, praktikum, dan segala tetek bengeknya,, dia milih menghindar..? *duh,, malah curhat pengalaman pribadi.. maafkan*

    btw, salam kenal,,
    http://anginbiru.wordpress.com

    Reply
  2. starclick

    Jika saja kita sadar, Betapa waktu yang diberikan Allah kepada kita tidaklah cukup dengan tanggung jawab yang ada dalam pundak kita. Blog yang sangat bagus. Salam Kenal. Boleh Tukeran LINK mba? 🙂 🙂

    —-> yuk mari tukeran link.

    Reply
  3. Melissa

    wah keren.. lom sempet2 baca bukunya nih.. jadi tambah pengen baca.

    iya stuju sekali mbak.. kegagalan itu (seharusnya dipandang sebagai hal yang) indah.

    Krn mnurutku salah satu hal yang paling indah dalam hidup itu justru pas berhasil bangkit dari kegagalan. Kalo ngga pernah gagal dalam hal apa pun, rugi banget karena blom pernah ngerasain bahagianya waktu lolos dari kegagalan.

    indahjuli —-> yuk mari membaca 🙂

    Reply
  4. merahitam

    Hiks…Kok gue berasa ditusuk-tusuk ya. Tapi kelihatannya keren tuh bukunya. harus cari.

    Reply
  5. widi

    Bagus tuh ceritanya yaa mba….buat penyemangat anak iya ngga mba…

    Reply
  6. Yanti Wyant

    wah cerita anaknya mature banget 🙂

    iya tuh kegagalankan bisa jadi pelajaran untuk keberhasialn yg akan datang 🙂

    Reply
  7. mutia

    bagus tuw mbak bukunya..ntar mu beli ah buat rayga:)Yoi, kmaren mah ultah raul, skalian kopdar gitu deh..kirain dah tau

    Reply
  8. yati

    aih…cerita anak kek gini? pelajaran besar buat orang (mengaku) dewasa 🙂

    Reply
  9. Eucalyptus

    Wah, bagus banget tuh maknanya…. mudah2an kita bisa belajar dari kegagalan2 yaaa… Thx 4 sharing

    Reply
  10. vera

    Makasi udah mampir ke tempat Azka ya..
    Azka umur 2 tahun 3 bulan, Mbak. Kami tinggalnya di Taman Galaxi…deket ma Pondok ungu gak? Sori nih belom hafal Bekasi, baru 1 thn pindah. Kapan ya kumpul bocah..
    Sun buat anak2 ya..

    Reply
  11. Zee

    memang g semua org punya kemauan utk terus mencoba ketika gagal. utk org spt ini, musti ada dukungan dr sekelilingnya, keluarga, teman, rekan kerja.. jgn lantas diejek dan dijatuhkan.

    gw termasuk yg mana ya…kayakya gw di tengah-tengah, kadang2 klo udah capek, trs malas mencoba lagi…tp kadang klo masih ngotot, bakal trs nyoba… 😀

    Reply
  12. Fitra

    huhuhuhu…tertamparrr…tertampaarrr….huhuhuhu hwaaaaaaa :(( *loh loh nangis kok di blog orang* hihihihihi

    Reply
  13. linda

    intinya Do it! mbak
    jangan cuma pengen sukses tp gak bertindak sama sekali 😉

    Reply
  14. dini

    menurut g bukan itu mbak, kegagalan tuh karena belom jodoh aja
    belom jodoh itu, faktornya banyak

    seperti daku nih,.. yang lagi belom ketemu jodoh kerjaan baru… gagal maning ….gagal maning

    —–> kekekekek….gw malah pengen berhenti kerja nih 😀

    Reply
  15. Hedwig™

    karena sering gagal, sampek lupa apakah pernah berhasil 🙂

    ——> masa sih 😀

    Reply
  16. kabarihari

    wah dapat pelajaran bagus nih..

    Reply
  17. nh18

    Saya Catet … saya catet … !!!

    Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to Blog via Email

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Arsip

Categories