Layanan Kesehatan di Rumah (Homecare) Zaman Now : Medi-Call

by Feb 1, 2018Kesehatan13 comments

Pernah nggak mengalami, anak, suami, istri atau keluarga kita yang lain, di sepertiga malam, tiba-tiba menjerit kesakitan. Bisa jadi lambungnya yang sakit, dadanya sakit? Atau, seperti yang dialami si bungsu, Tiominar, yang sore hari badannya panas dan suhunya makin tinggi di tengah malam, muntah-muntah, nangis jejeritan karena nggak tahan sakitnya. Trus, kitanya kebingungan, panik. Telepon dokter anak nggak diangkat-angkat (ya iyalah, waktunya tidur). Mau ke klinik atau rumah sakit nggak ada yang nganterin. Fiuh! Nyesek di dadanya tuh tak terperikan. Andai ada tongkat Doraemon yang bisa menyediakan layanan kesehatan di rumah atauย homecare.

Itu cerita lalu.

 

Sekarang Ada Layanan Kesehatan di Rumah yang Praktis

Sekarang, buat yang tinggal di kota-kota, seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Yogyakarta, Surabaya, Bandung dan Bali, sudah tidak perlu khawatir lagi. Ada layanan kesehatan atau homecare yang bisa dipanggil ke rumah. Salah satu homecare yang menyediakan pelayanan 24 jam adalah Medi-Call (https://medi-call.id)

Trend layanan kesehatan di rumah atau Homecare di Indonesia berawal sekitar tahun 2010. Kala itu, homecare diminati oleh mereka yang membutuhkan perawatan berkelanjutan di rumah. Juga dibutuhkan oleh orang-orang yang mempunyai keluarga berusia lanjut (lansia), yang membutuhkan perawatan khusus di rumah.

Berkembangnya minat terhadap homecare ini, beberapa startup pun menyediakan layanan On Demand via online (aplikasi). Gaya hidup dan kebutuhan akan kecepatan, kepastian harga, dan kemudahan dapat diperoleh melalui aplikasi ini.

 

Home Care

 

Apa Istimewanya Medi-Call?

Medi-Call, panggil dokter ke rumah dan perawat homecare ke rumah, didirikan oleh dr Gideon Hartono (Co Founder dan Komisaris PT Medika Nusantara Gumilang, pemilik dari jaringan Apotik 24 Jam, K24).

Berbeda dengan layanan kesehatan yang lain, Medi-Call mengolaborasikan antara dokter, perawat, dan layanan delivery (pesan antar) obat dari Apotek K24.

Menurut dr Budhi Riyanta, Co Founder/Coo Medi-Call, awalnya Medi-Call menyediakan layanan Nurse/Perawat untuk daerah Jabodetabek dan Bali. Tingginya permintaan untuk perawatan dan yang membutuhkan jasa dokter ย ke rumah semakin banyak, maka layanan dokter ke rumah pun ditingkatkan.

Dokter umum dan perawat homecare di Medi-Call tersedia 24 jam dalam waktu 7 hari penuh. Sedangkan proporsi pasien Medi-Call didominasi oleh lansia dengan kebutuhan penyakit degeneratif, seperti hipertensi, diabetes, post stroke, dan gangguan vaskular. Pasien lainnya, berusia antara 20 sampai 40 tahun, dengan kasus terbanyak seputar masalah infeksi pernapasan, pencernaan, dan ISK. Sebaran pasien terbanyak di Jabodetabek (94,8%).

Dipikir-pikir, layanan kesehatan seperti Medi-Call ini lebih menguntungkan lo, karena kita nggak perlu mengeluarkan biaya untuk ruangan, seperti halnya jika berobat ke rumah sakit. Kita cukup membayar jasa dokter atau perawat yang datang ke rumah.

 

Untuk Tenaga Medis yang Ingin Bergabung

Di Medi-Call, persyaratan dokter umum yang tergabung di layanan homecare ini harus memiliki STR dan SIP aktif di region operasional Medi-Call, dan berpengalaman dalam home visit minimal dua tahun. Yang pasti, fasih menggunakan perangkat smartphone.

Sedangkan perawat,ย memiliki STR dan SIP aktif di region operasional Medi-Call, dan berpengalaman dalam home visit minimal dua tahun. Tentu saja, dokter-dokternya tergabung juga dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Keduanya harus lulus proses verifikasi berkas yang dilakukan dengan cara online dan tatap muka langsung.

Nggak ada dokter dan perawat yang tidak terpercaya.

 

Home Care

 

Peluncuran Aplikasi Homecare Medi-Call di Yogyakarta

Di Yogyakarta, panggil dokter ke rumah dan perawat homecare ke rumah dengan aplikasi Medi-Call, memang baru diluncurkan, Sabtu, 27 Januari 2018 lalu. Terintegrasi dengan Apotek K24-nya ini yang bikin menarik. Karena di Yogya ini, siapa sih yang tidak tahu apotek 24 jam ini?

Nyaris di tiap sudut Daerah Istimewa Yogyakarta ada Apotek K24.

Medi-Call ini terintegrasi dengan ratusan Apotek K24 yang tersebar di seluruh Indonesia melalui sistem https://www.k24klik.com. Dengan integrasi ini, obat non emergency dapat diresepkan oleh dokter secara realtime, dan obat dapat dikirim langsung ke lokasi pasien oleh kurir apotek dalam waktu 1 jam.

Nah, supaya kegalauan kita akan kebutuhan pelayanan medis teratasi, unduh deh aplikasi Medi-Call ini di Play Store (Android) atau Apple Store (iOS), secara gratis.

Menurut dr Stephanie Patricia (CMO Medi-Call), berbasis GPS, calon pasien dapat memanggil dokter atau perawat yang terdekat dari tempat kita berada (rumah, kantor, hotel, atau lainnya). Bagaimana dengan tarifnya? Transparan dan kompetitif. Tarif ada di layanan Medi-Call.

 

Home Care

 

Cara Menggunakan Medi-Call

Dengan Medi-Call ini ya, ibaratnya ojek saja bisa online, masa dokter atau perawat tidak bisa online? Jadi, jika ingin mendapatkan fasilitas layanan kesehatan ke rumah atau homecare, unduh aplikasi on demand via online ini. Lalu isi beberapa data seperti nama, tempat tanggal lahir, telepon, dan lain-lain. Data pribadi ini aman tersimpan sebagai catatan medis.

DKalau ingin memanggil dokter, cukup menuliskan keluhan. okter terdekat yang mengaktifkan panggilan akan menerima pesan kita. Untuk biaya panggilan, ditentukan secara otomatis saat kita melakukan pesanan.

Tak ada orang yang ingin sakit kan ya? Makanya, jaga kesehatan secara paripurnalah.

Namun jika kepepet harus membutuhkan layanan kesehatan tak terduga, atau lokasi klinik dan rumah sakit jauh dari jangkauan, aplikasi Homecare Zaman Now: Medi-Call, sangat membantu.

<a href="https://indahjulianti.com/author/indahjuli/" target="_self">Indah Julianti Sibarani</a>

Indah Julianti Sibarani

Fulltime mom Penulis Cerita Bacaan Anak Blogger Co Founder Kumpulan Emak Blogger (KEB)

YOU MAY ALSO LIKE

Krisis Paruh Baya: Kenali Tanda-Tandanya

Krisis Paruh Baya: Kenali Tanda-Tandanya

Kapan sih, orang bisa dikatakan tua? 40 tahun belum tua kan ya? Paruh baya, iya. Tapi kenapa sudah rewel saja sama hidup? Ya, mungkin sedang mengalami yang namanya krisis paruh baya. Dr. Robi Ludwig, seorang psikoterapis dan penulis buku Your Best Age is Now...

read more
Bau Mulut Saat Puasa? Jangan Dong!

Bau Mulut Saat Puasa? Jangan Dong!

Sebentar lagi bulan Ramadhan, Gengs. Sudah siap menjalankan ibadah puasa? Daku masih kurang satu lagi nih, batal puasa tahun lalu yang belum dibayar. Insha Allah, besok Kamis mau puasa pengganti. Oh ya, mau tanya nih, apa kira-kira yang paling dikhawatirkan saat...

read more

13 Comments

  1. indah nuria

    everything at our fingertips ya maaak..mantaaap

    Reply
    • indahjuli

      iya, zaman sekarang, segala aktivitas tergantung jari-jari ๐Ÿ™‚

      Reply
  2. Yasinta Astuti

    Wah info baru, keren ya jadi berasa punya dokter pribadi kalau tim medisnya bisa nyamperin ke rumah, dan pasti membantu banget

    Reply
    • indahjuli

      Nah itu, intinya memang membantu kita saat nggak bisa ke klinik atau rumah sakit.

      Reply
  3. Sulis

    Memudahkan banget ya mba..
    Jadi klo pas situasi darurat pun pasien cepat tertangani

    Reply
    • indahjuli

      Yup, kalau keadaan darurat tapi nggak bisa ke klinik atau rumah sakit, tinggal klik Medi-Call ini ๐Ÿ™‚

      Reply
  4. Gallant

    Manggil dokter, perawat, udah langsung terintegrasi dengan apoteknya. Keren ini aplikasinya, Mak ๐Ÿ˜€

    Reply
    • indahjuli

      yup keren, kalau dadakan sakit nggak perlu repot ke rumah sakit lagi ๐Ÿ™‚

      Reply
  5. Juliastri Sn

    Praktis banget ya, gak masalah tengah malem sakit dokternya bisa dipanggil ke rumah.. ๐Ÿ™‚

    Reply
  6. Idah Ceris

    Hidup zaman now makin dimudahkan untuk hal2 yang urgent ya, Mbak. Apalagi dengan layanan ini pasien nggak perlu mengeluarkan biaya untuk ruangan, lumayan lah, ya. ๐Ÿ˜‰

    Reply
  7. Ima satrianto

    waaahh aplikasi ini bermanfaat sekali untuk keadaan emergency pas sendirian dan tidak ada yg bisa mengantar ke dokter terdekat. Segera download juga nih, makasih kak Indah.

    Reply
    • indahjuli

      Sama-sama Ima ๐Ÿ™‚
      Membantu banget aplikasinya, apalagi karena terhubung dengan apotek K24, apotek langganan.

      Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to Blog via Email

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Arsip

Categories