Makan Makanan Halal di HokBen

by Jun 14, 2016Blogger Gathering, kuliner, Review18 comments

Suatu tempat makan atau restoran atau warung makan (eh ada nggak ya warung makan) yang menyajikan makanan halal sepertinya menjadi “keharusan” di Indonesia ini. Kalau mau ramai dikunjungi terutama Umat Islam, agama mayoritas di nusantara tercinta ya harus ada sertifikat halalnya. Tapi, kenapa ya proses sertifikasi halal itu cukup lama?

Jawaban tentang lamanya proses sertifikasi halal, dari satu tempat makan atau restoran, saya dapatkan saat hadir dalam acara Blogger Yogyakarta Gathering bersama dengan Hokben Restoran, yang diadakan di salah satu outlet di Jalan Kaliurang (Jakal) tanggal 4 Juni 2016 lalu.

Dalam acara blogger gathering tersebut, karena mengambil tema acara tentang Makanan Halal, maka pembicaranya pun yang berkompeten mengenai masalah halal – tidak halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) yaitu Ibu Ir. Hj. Osmena Gunawan, Wakil Direktur LPPOM MUI Pusat.

Bagi umat muslim, halalnya suatu makanan itu penting banget. Meskipun ya, Insya Allah, makanan apa pun itu hukumnya halal, selama tidak ada larangan dari Allah SWT.

 

Makanan halal itu seperti apa sih definisinya?

Seperti yang sudah saya tulis di atas, adalah makanan yang tidak dilarang. Dalam ajaran agama Islam, semua jenis makanan itu halal, kecuali ada ayat Al Qur’an dan hadist yang menyatakan haram. Biar tahu apa saja jenisnya, silakan deh buka Al Qur’an dan Googling hadist yang menyatakan halal atau haramnya makanan kita.

Oh ya, halal itu ada 2 jenis ya.

  1. Halal zatnya: makanan dan minuman tersebut memang berasal dari yang halal. Seperti daging sapi, Ayam, Sayur dan lainnya.
  2. Halal cara memperolehnya:Β makanan/minuan yang dikonsumsi diperoleh dengan cara yang sah dan dibenarkan menurut syarak, seperti yang diperoleh melalui berdagang, bertani, saling memberi sesama, dan lain sebagainya.(sumber dari sini)

Kalau makanan di rumah sendiri, Insya Allah ya sudah dipastikan halal (baik zat dan cara memperolehnya). Bagaimana kalau kita makan di luar rumah, semisal makan di restoran atau rumah makan?

 

Makan Makanan Bersertifikat Halal di HokBen

Kalau kita makan di Hokben sih nggak masalah. Karena sejak tahun 2008, Hokben sudah memperoleh sertifikasi halal.

hokbenhalal2_125

Hokben memutuskan untuk mensertifikasi halal menu makanan yang disajikan di restorannya, karena berbagai makanannya mengandung unsur hewan dan sayuran.

Untuk hewan, terkait dengan masalah penyembelihannya. Sedangkan sayuran, terkait dengan proses pengolahannya. Di Hokben, bahan mentah sayurannya sudah dipastikan halal, namun untuk pengolahan, semisalnya menjadi salad, bahan tambahan itulah yang harus dipastikan kehalalannya.

Sebagaimana dijelaskan Ibu Osmena, menurut mantan Ketua Komisi Fatwa MUI (1980 – 2000) Prof. KH. Ibrahim Hosen, LML: “Jika suatu produk telah bersentuhan dengan teknologi dan sudah tidakΒ nampak lagi bentuk asli dari bahan tersebut, maka produk tersebut dikategorikan sebagai produk yang syubhat (samar)”

 

Berapa lama sih Hokben memperoleh sertifikasi halal untuk menu makanannya?

Ditegaskan Ibu Osmena, selama mengikuti ketetapan dari MUI, proses untuk sertifikat halal ini cukup mudah dan cepat. Ada tiga ketetapan yang diberlakukan MUI yaitu:

  1. Jujur
  2. Menggunakan bahan-bahan halal
  3. Tercatat, dan mudah tertelusur.

Gampang kan? Tidak seperti yang diembuskan di luaran sana kalau MUI susah mengeluarkan sertifikat halal, karena itu banyak yang memalsukan sertifikat tersebut. Padahal nih, kalau ketahuan palsu, dendanya lebih mahal dari proses pembuatannya. Yang ketahuan bersertifikat halal palsu, akan didenda sekitar Rp 2 milyar!

 

hokbenhalal4_7

 

Sertifikasi Halal dari Hokben Resto patut dicontoh para pengusaha makanan lainnya, terutama jika resto tersebut merupakan franchise yang berasal dari luar Indonesia.

Hokben yang dulunya dikenal sebagai Hoka-hoka Bento, merupakan family restoran yang mengadopsi berbagai makanan khas Jepang. Pertama kali didirikan di Jakarta pada 18 April 1985, kini di tahun 2016, Hokben telah memiliki 150 gerai di Jawa dan Bali.

Nah, jika teman-teman Blogger ingin mengetahui Makan Bersertifikasi Halal di Hokben atau restoran lainnya, ada cara mudah untuk mengetahuinya, yang disesuaikan dengan perkembangan zaman dan teknologi. Cek menu makanan halal di resto via gadgetmu, dengan cara:

  • SMS 98555, ketik Halal Hokben (atau nama resto lainnya), dengan tarif Rp 1.000,-.
  • Aplikasi Halal di Android / BB / iOS
  • www.halalmui.org
  • Email: info@halalmui.org

Seperti itu caranya. Sahabat Blogger punya cerita tentang makan atau restoran yang menyajikan makanan halal lainnya di Indonesia? Sharing yuk πŸ™‚

<a href="https://indahjulianti.com/author/indahjuli/" target="_self">Indah Julianti Sibarani</a>

Indah Julianti Sibarani

Fulltime mom Penulis Cerita Bacaan Anak Blogger Co Founder Kumpulan Emak Blogger (KEB)

YOU MAY ALSO LIKE

Mengadang Pusaran, Kisah Perempuan dalam Kekangan Zaman

Mengadang Pusaran, Kisah Perempuan dalam Kekangan Zaman

Sedikit cerita. Saya terlahir sebagai anak pertama dari lima bersaudara, dengan urutan tiga perempuan pertama, lalu anak keempat dan kelima adalah laki-laki. Terlahir dari orang tua suku Batak yang kuat memegang adat meski kami tinggal di ibukota negara, Jakarta....

read more
Homi Coffee and Space: Ngopi Enak Sambil Kerja

Homi Coffee and Space: Ngopi Enak Sambil Kerja

β€œDi Yogyakarta ada nggak, tempat ngopi enak yang bisa disambi ngerjain kerjaan plus ngobrol-ngobrol seru bareng teman kerja?” tanya daku kepada Nasirullah Sitam, blogger asal Karimun Jawa yang menetap dan bekerja di Yogyakarta dan kukenal sejak masih tinggal di...

read more

18 Comments

  1. DoNurdians

    ini yang ssaya tunggu,,,dari dulu ragu mulu makan disini, karena ragu apakah sertifikat halalnya sudah kelaur. sekarang jadi percaya..makasih atas informasinya mbak,,,

    Reply
    • indahjuli

      Sama-sama, senang informasinya bisa bermanfaat πŸ™‚
      Terima kasih sudah berkunjung.

      Reply
  2. Dennise Sihombing

    Informatif sekali kak Juli pembahasannya &tentunya tdk ragu lg melangkah ke Hokben,mauliate,horas!

    Reply
    • indahjuli

      Hehehe, senang informasinya berguna buatmu, Denis πŸ™‚

      Reply
  3. Molly

    Salah satu tempat makan favoritku, Hokben :D. Alhamdulillah kalo udah bersertifikat halal. Makan di sana jadi yakin :).

    Reply
    • indahjuli

      Setuju, nggak ada keraguan lagi ya Molly πŸ™‚

      Reply
  4. andyhardiyanti

    Wow..hokben keren euy udah ada sertifikat halalnya ^_^
    Pertama kali coba hokben pas ke Bandung April lalu. Di Lombok belum ada Hokben heuheuheu..

    Reply
    • indahjuli

      Iya, Hokben baru ada di Pulau Jawa dan Bali, semoga dengan membaca ini, manajemen Hokben niat buka gerainya di Lombok ya πŸ™‚

      Reply
  5. E. Novia

    sekarang tinggal cek di website MUI ya, Makpuh. setidaknya kita bisa menghindari makanan yang belum jelas halalnya.

    karena sekarang di Mall juga banyak yang tidak mencantumkan label halal dari MUI tapi masyarakat kita banyak yang beli terutama yg muslim.

    TFS, Makpuh

    Reply
  6. ^BBA

    Oh untung ya sudah halal.
    Memang penting itu.

    Reply
  7. Hastira

    wah hokben sih aku suka, gara-gara yang ngenalin anakku yang suka makan bersama teman2 nya

    Reply
  8. Ceritaeka

    Hokben ini saksi banyak kenangan masa lalu πŸ˜› hahaha

    Reply
  9. Diarysivika

    Untuk aplikasi halal apakah gratis mba? Kalo hokben mah dari dulu udah percaya halal πŸ˜€ suka kangen sama rasa mayonaisenya.

    Reply
  10. Nchie Hanie

    Ahhh …Hokben tempat favorit makan anak2, jadi ga usah khawatir dengan jaminan halalnya ya Makpuh
    Biasanya tiap awal bulan anak dan ponakan2 krucil malakin buat mamam2 disini ,
    menu paling suka ya simple set plus tempuranya πŸ˜€

    Reply
  11. indri noor

    Jadi tenang ya makan di hokben makpuh, anak anak pada doyan soalnya.

    Owh, ada aplikasi halal ya di andro. Pasang ah. Thanks for sharing makpuh

    Reply
  12. Hairi Yanti

    Jadi kangen makan di Hokben lagi. Iya, Mbak. Kalau resto berSH lebih berasa tenang menyantapnya.

    Reply
  13. Arinta Adiningtyas

    Jadi tenang.. Saya hobi banget makan di hokben soalnya. Tapi saya menghindari yg berbahan udang, karena alergi. Jadi kalau pesan makanan disana, pasti yg berbahan ayam.
    Yg paling saya suka lagi sih, saladnya yg pasti. Seger soalnya..hehe..

    Reply
  14. Nunung Yuni A

    Waah anakku suka banget makan di Hokben ini. Alhamdulilah sudah halal. By the way mengurus sertifikat halal MUI memang lama dan ribet. Dulu saat masih kerja di R&D Ajinomoto akrab dengan hal-hal beginian makpuh. Jadi meskipun ingredient yang kita pakai sudah bersertifikat halal luar namun tetap harus ngurus juga halal MUI.

    Jadi terkadang belum hahal MUI belum tentu jg nggak halal loh. Soalnya ada sertifikat halal mana gitu..Alhamdulilah ya Hokben sudah selesai mengurus sertifikat halalnya. Idola anak-anak soalnya

    Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to Blog via Email

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Arsip

Categories