Coffee Time

Siapa yang nggak kenal kopi ?

Minuman populer sejagat dan bisa dinikmati kalangan mana pun, baik kalangan atas, menengah, maupun kalangan yang dikatakan miskin.

Bahkan, anak-anak pun tahu kopi. Ingat nggak, orangtua suka memberikan anaknya (sewaktu umur 1 tahun keatas) sesendok kopi, dengan alasan kalau sakit panas tinggi, nggak step atau apa ya istilahnya kejang-kejang gitu.

Di Banda Aceh , bisa dibilang warung kopi menjamur di sana. Bahkan menurut orang Aceh, warung kopi sudah seperti bagian dalam denyut kehidupan orang Aceh. Di Aceh, kopi yang terkenal nikmat adalah kopi Ulee Kareng (cmiww)

Kenapa saya ngomongin kopi ? Karena, saya merasa sekarang ini kok jadi doyan kopi ya πŸ™ Rasanya, sehari itu pengen aja minum kopi. Apalagi kalau lagi pengen begadang, segelas kopi sudah pasti menemani malam-malam panjang itu, halah πŸ˜€

Padahal, dulu kalau minum kopi, perut saya suka berontak, rasanya eneg gitulah. Buat saya, segelas air putih lebih nikmat dibandingkan kafein itu πŸ˜€

Apa mungkin gara-gara waktu di Aceh, kebanyakan minum kopi (nyaris selama dua hari di sana, tiada hari tanpa minum kopi), saya jadi mabok kopi, dan nggak bisa melepaskannya. Aroma kopi memang mengundang πŸ™‚

Dari sisi kesehatan, kopi masih menjadi pro kontra ebagai minuman yang menyehatkan. Ada yang bilang, it’s oke minum kopi asal jangan berlebihan. Di sisi lain, kopi bisaΒ meningkatkan produksi asam lambung yang dapat meningkatkan risiko kopi disease. Bagi penderita hipertensi, kopi dapat menyebabkan tekanan darah meningkat.

Ada baiknya, ada buruknya juga. Yang paling tepat, kembali orangnya, mau minum seberapa banyak ?

Nah, sudah berapa gelas kopi yang teman-teman minum hari ini ?

By Indah Julianti Sibarani

Fulltime mom Penulis Cerita Bacaan Anak Blogger Co Founder Kumpulan Emak Blogger (KEB)

30 comments

  1. Bu Enny :
    oh, ada pengaruhnya juga ya kopi sama penyakit maag. Thanks sudah berbagi, Bu.

    Kak EM :
    Waduh, 10 ? saya bisa mabok itu πŸ˜€
    Minum teh, nikmat juga.

  2. aku suka banget kopi, sehari bisa sampai 10 gelas. Gara-gara waktu si program S2, minuman sehari-hari ya kopi, tidak ada tuh minum air putih. Udah gitu guruku itu kalau minum kopi mandheling tanpa gula! Aku terpaksa “nelen” deh (soalnya ngga ada gula juga hihihi).
    Tapi akhir-akhir ini aku cuma minum satu/dua gelas di pagi hari dan selanjutnya minum teh panas.

    EM

  3. Kopiii…
    Ini minuman yang dulu kusuka..
    Sekarang harus dibatasi karena punya sakit maag…kadang sesekali masih minum kopi, namun harus makan karbohidrat lebih dahulu, jangan sampai minum kopi pas perut kosong.

  4. kl ngopi bisa dibilang cuma sebulan sekali, aku lebih nyandu ngeteh, kopi itu yg kusuka wangi biji kopi yg digongseng haruuum

      1. bisa biji kopi apa aja mbak,
        tetanggaku dulu punya kebun kopi, jadi biji kopi yang baru dipetik itu dijemur terus digongseng sendiri, digiling baru deh siap konsumsi

  5. sayab termasuk penikmat kopi nduk,pagi dan sore.
    Thanks artikelnya yang menarik dan bermanfaat
    salam hangat dari Surabaya

  6. Selamat pagi sahabat tercinta

    Saya datang untuk mengokoh-kuatkan tali silaturahmi sambil menyerap ilmu yang bermanfaat. Teriring doa semoga kesehatan,kesejahteraan,kesuksesan dan kebahagiaan senantiasa tercurahkan kepada anda .
    Semoga pula hari ini lebih baik dari kemarin.Amin

    Dengan bangga saya mengundang anda untuk mengikuti K.U.M.A.T ( Kontes Unggulan Muhasabah Akhir Tahun ) di BlogCamp. Tali asihnya sih tidak seberapa tetapi sensasinya sungguh ruaaaaaarrrrrrrr biasa.
    Silahkan simak artikel pengantarnya dengan meng-klik.
    http://abdulcholik.com/2010/11/16/kontes-unggulan-muhasabah-akhir-tahun/

    Terima kasih.
    Salam hangat dari Markas BlogCamp Surabaya

  7. aku suka bgt kopii!sgt2 suka.
    Tp kopi yg sachet gt, coffmix,capucno,dll.
    Tapi,aku gk sampe nyandu..paling smggu skali, kalo dlu sering bgt,, skarang kudu dkurangin.. T.T

  8. alhamdulillah, klo sekarang udah lepas dari kopi *tepatnya terpaksa lepas, karena lagi hamilo* padahal dulu mah sangat amat maniak dengan kopi…

    … tapi gak tau lagi deh kalau udah melahirkan mbak, sepertinya rasa rindu pada kopi akan kembali datang πŸ˜›

  9. gua gak terlalu suka kopi karena bikin mulut jadi bau.
    lebih milih minum teh. atau ya tentu yang paling gua suka ya minum air putih aja… πŸ™‚

    1. Heeh, bau mulut ? baru tahu πŸ˜€ bisa bikin gigi coklat juga katanya ya, seperti rokok.
      Air putih is the best πŸ˜€

  10. bunda selalu suka kopi, baik harum maupun rasanya.
    paling enak memang kopi tubruk dgn harum nya yg khas.

    bukan hanya kopi , mungkin segala sesuatunya jika
    berlebihan akan berakibat tdk baik ya Injul.
    Salam

  11. bunda selalu suka kopi, baik harum maupun rasanya.
    paling enak memang kopi tubruk dgn harum nya yg khas.

    bukan hanya kopi , mungkin segala sesuatunya jika
    berlebihan akan berakibat tdk baik ya Injul.
    Salam

    1. Wah, kopi tubruk memang mantaff.
      Setuju, Bunda. Yang sedang-sedang saja ya.
      Terima kasih komentar dan kunjungannya, Bunda.

Leave a comment

Your email address will not be published.