Bersekolah dengan Senang, Senang di Sekolah

by Dec 18, 2018Parenting, SPONSORED POST41 comments

Setelah kemarin curhat tentang kurikulum 2013 di sekolahnya Tiominar, sekarang mau sharing tentang tentang sekolah yang punya motto Bersekolah dengan Senang, Senang di Sekolah. Dibaca ya Sahabat Bloger, biar nambah banyak nih view-nya blog indahjulianti.com hihihihi.

 

Bersekolah dengan Senang

Diundang oleh Mbak Tasniem Pauzia Rais

Jadi ceritanya, Rabu tanggal 12 Desember 2018 lalu, saya diajak oleh Mbak Tasniem Fauzia Rais, Direktur Akademik Budi Mulia Dua, untuk menelisik sekolah-sekolah yang dikelola oleh Budi Mulia Foundation. Budi Mulia Dua Tour, begitulah temanya School Visit kemarin itu. Ada sekitar 12 orang yang diajak keliling Budi Mulia Dua, mayoritas adalah para ibu yang punya anak usia sekolah.

Lokasi meet up di Sekolah Dasar (SD) Budi Mulia Dua Panjen, Yogyakarta, yang nggak begitu jauh dari rumah daku di Minomartani. Dengan mengendarai motor, nggak sampai 15 menit sudah sampai di areal BMD. Walau sempat salah parkir dulu di AVI TV, yang berlokasi persis di sebelahnya BMD. Saat tiba di BMD, sempat merasa salah event, karena yang sudah hadir duluan itu perempuan-perempuan cantik berhijab. Dalam hatiku, waduh ini yang ikut acara selebgram Yogyakarta. Untungnya Mbak Tasniem, menyambut dengan senyum ramah dan sapaan akrabnya.

Sekitar pukul 08.30, Budi Mulia Dua Tour dimulai dengan tujuan pertama melihat kegiatan belajar mengajar di SD Budi Mulia Dua. Saat itu tidak banyak kegiatan belajar mengajar karena telah selesai masa Penilaian Akhir Semester (PAS). Sehingga murid dan guru santai dengan melakukan berbagai kegiatan.

Budi Mulia Dua: Go Fight Win!

Let me tell you a story. 

Budi Mulia Dua atau Budi Mulia DUniaAkhirat didirikan tahun 1987. Dari sepetak garasi kecil Bapak dan Ibu Amien Rais, dengan jumlah murid 9 anak, dengan guru TK-nya Ibu Amien Rais sendiri waktu itu. Seiring waktu dan kerja keras, BMD Dua berkembang dan setelah 31 tahun berdiri, kini memiliki ribuan murid dan ratusan guru dan karyawan berjenjang dari Playschool (baby school), Playgroup, Kindergarten, Primary School, Junior High School, Senior High School, Vocational High School, Qur’an Learning Centre Boarding School, dan D1 Culinary School.

 

Bersekolah dengan Senang

 

Filosofi Budi Mulia Dua adalah: Beribadah di dunia, untuk tabungan di akhirat kelak. Karena itu dinamakan DUniaAkhirat.

“Semua yang kita lakukan selama bekerja di Budi Mulia Dua sebagai guru dan karyawan adalah untuk mencari Ridho Allah Semata. Lillahita’ala. Anak dipastikan bisa mengetam pendidikan dengan lingkungan yang dipersiapkan sungguh-sungguh, dengan fasilitas terbaik dan guru yang selalu mendapatkan training dan peningkatan skill setiap saat”, jelas Tasniem.

 

Kurikulum dan Kegiatan Sekolah

Di seluruh sekolah dalam naungan Budi Mulia Dua Foundation, basis pembelajarannya menekankan pada pembelajaran Al-Qur’an dan Al-Hadits sebagai praktek kehidupan sehari-hari. Dengan penerapan kurikulum internasional yaitu:

  • Islamic Cambridge Reference (SD, SMP, SMA)
  • Islamic Montessori Reference ( 0-7 Years)
  • Pembelajaran sehari-hari berdasarkan Experiments, Exploration, High Order Thinking, Problem-Solving, and Critical Thinking.

Sekolah ini juga menerapkan Tapak Suci (Ilmu bela diri bernafaskan agama Islam) dan renang. Renang dan Tapak suci menjadi budaya setiap anak di BMD.

Juz Amma’ Movement adalah program unggulan BMD. Dari kecil anak dibiasakan mendengarkan lantunan dan membaca Al-Qur’an dan lulusan SD nya diharapkan sudah bisa menghafal juz ke-30.  Gamelan juga menjadi ciri khas BMD. Setiap anak BMD memiliki kelas praktek bermain alat musik tradisional ini.

 

Berbagai Fasilitas agar Anak Bersekolah dengan Senang

Gardening di sekolah ini juga menjadi kebiasaan sehari-hari supaya anak mencintai tanaman dan alam sekitarnya.

BMD memiliki program Genius Hour di mana anak diperbolehkan melakukan riset sesuai passion mereka, dan di akhir semester mereka mempresentasikan hasil riset mereka. Dilakukan sejak SD kelas 1.

Budi Mulia Dua memastikan setiap bakat anak dan keunikan anak terasah dan mendapatkan ruang di sekolah, sehingga extrakurrikuler di BMD begitu variatif. Ada puluhan extrakurikuler yang tersedia di BMD termasuk horse-riding, robotic, game coding, cooking, martial arts, archery, sports, music, dan lain sebagainya.

Yang tak kalah penting, di BMD, halaman luas menjadi faktor penting untuk setiap sekolah yang tujuannya agar anak bisa senantiasa menghirup udara segar.

Di zaman sekarang ini, anak sudah jarang bermain di luar ruangan di alam bebas, sehingga BMD sangat memberi perhatian pada keadaan ini.

Sekolah BMD juga memiliki lab komputer yang menggunakan iMAC terbaru keluaran 2018.

 

Bersekolah dengan Senang

 

Perpustakannya juga memiliki ribuan buku berbahasa Indonesia dan bahasa inggris yang selalu diupdate tiap tahun. Fasilitas perpustakaan yang nyaman membuat murid BMD menjadi lebih senang untuk menghabiskan waktu di perpustakaan sehari-harinya.

Masjid kebanggan BMD adalah: masjid kristal Budi Mulia Dua di mana arsitekturnya menggunakan kristal di seluruh sisi bangunannya. Terinspirasi dari Bangunan Masjid dengan arsitektur persia di Iran.
Satu-satunya masjid kristal yang ada di Indonesia.

 

Bersekolah dengan Senang

 

Sistem Lunch School di SD Budi Mulia Dua menggunakan sistem Japanese Lunch System di mana anak-anak menyiapkan makan siang mereka sendiri dari lantai 1 ke lantai kelas mereka dan memiliki tugas sendiri-sendiri sebagai tim persiapan makan siang.

Public speaking skills anak-anak BMD selalu diasah dari setiap kelas-kelasnya, sehingga anak terbiasa tampil di depan umum dan mempresentasikan hasil pembelajaran mereka.

Untuk sekolah SMK kejuruannya ada dua: Culinary and Multimedia (Game Making and Cinematography). Fasilitas dapurnya merupakan salah satu yang terbaik di Jogja dan menjadi acuan banyak sekolah kuliner di Jogjakarta.

Fasilitas lain: Jogging Track, Outdoor Futsal, BMD Health Clinic, coming soon in 2019: The biggest outdoor playground in Jogja.

 

Bersekolah dengan Senang

 

Setiap Individu adalah Unik

Dengan Bersekolah dengan Senang dan Senang di Sekolah, Budi Mulia Dua menyediakan sarana dan prasarana yang membuat anak menyukai sekolah dan mendukung setiap aktivitas anak . Budi Mulia Dua percaya setiap individu adalah unik, sehingga ia mempunyai cara dan kemampuan masing-masing untuk berkembang menjadi dirinya sendiri.

 

Bersekolah dengan Senang

 

Membuat siswa senang di sekolah dan bersekolah dengan senang, merupakan salah satu misi Budi Mulia Dua, di antara misi lainnya seperti:

  • Mendampingi siswa mengembangkan potensi dirinya.
  • Menyediakan state of the art ilmu pengetahuan dan teknologi yang bermanfaat untuk pengembangan diri siswa.

 

Bersekolah dengan Senang

<a href="https://indahjulianti.com/author/indahjuli/" target="_self">Indah Julianti Sibarani</a>

Indah Julianti Sibarani

Fulltime mom Penulis Cerita Bacaan Anak Blogger Co Founder Kumpulan Emak Blogger (KEB)

YOU MAY ALSO LIKE

School From Home Tahap 2: Tahun Ajaran Baru 2020

School From Home Tahap 2: Tahun Ajaran Baru 2020

Hari ini, Senin 13 Juli 2020, tahun ajaran baru 2020 - 2021 dimulai. Tapi pembelajaran langsung, tatap muka, belum diberlakukan. Masih pembelajaran online, School From Home (SFH) atau sekolah di rumah tahap dua. Ya, pandemi Covid-19 masih belum ada tanda-tanda bakal...

read more
Banyak Anak Banyak Rezeki, Banyak Masalah?

Banyak Anak Banyak Rezeki, Banyak Masalah?

Banyak anak, banyak rezeki, banyak masalah? Tergantung bagaimana orang atau pelakunya (orangtua terutama) menghadapinya. Di zaman sekarang yang kompetitif, satu anak, dua, lima atau lebih, tetap harus dinafkahi kan, harus dirawat dan dibesarkan. Sedikit anak ya enggak...

read more

41 Comments

  1. Novi

    Anak saya sekolahnya di TK (A) Budi Mulia Dua (Tamsis), Senang sekali dia sekolah disini kalo hari sabtu minggu dia minta sekolah (padahal jadwalnya libur) mungkin saking enjoynya ga rela kalo ga ketemu miss miss pengajar dan teman2nya. Perkembangannyapun luar biasa baru satu bulan masuk sudah hafal beberapa surat pendek, hadis yang pendek2, dan doa sehari2…

    Reply
  2. Dita

    Hah? Ini beneran SD, kok bagus banget gitu, ah jadi pengen balik SD 😀 Seandainya semua sekolah kita seperti itu pasti akan meningkatkan kualitas siswanya.

    Reply
  3. Rahmah

    Andai ada di Surabaya, pasti Salfa senang aku masukkan di sini
    Sekarang aja sudah ga tahan mau sekolah, udah bosen home schooling anaknya haha

    Reply
    • indahjuli

      Hihihihi, kadang sekolah formal bikin mupeng karena anak jadi punya banyak teman ya.

      Reply
  4. Arsen Story

    Jadi ini sekolah yg digagas ibu amien rais? Wow! Saya suka konsep juz amma movement-nya. Berharap kelak anak saya juga bersekolah di sekolah yg seperti ini. Semoga di Jawa Timur leekas ada

    Reply
    • indahjuli

      Semoga Budi Mulia DuA mengembangkan jaringan sekolahnya ke Jawa Timur ya.

      Reply
  5. Ophi Ziadah

    MasyaAllah keren banget konsep sekolahnya
    Lengkap dan komprehensif
    Jd penasaran sm biayanya makpuh

    Reply
    • indahjuli

      Biayanya sesuai dengan sarana dan prasarana di sekolah dan apa yang diterima anak-anak. Ku rencananya mau masukkan Tio ke sini kalau SMP 🙂

      Reply
  6. Farida Pane

    Baarakallaah keren bgt sekolahnya. Baik dr konsep, misi visi maupun fasilitas. Go go go!

    Reply
    • indahjuli

      Setuju, konsepnya menarik banget ya 🙂

      Reply
  7. Yoanna Fayza

    Selama ini aku selalu bertanya-tanya dimanakah Budi Mulia Satu berada? ternyata ooh ternyata, DUA itu maksudnya DUniaAkhirat tooh.. Runagan kelasnya keren-keren banget ya mak, sayang BMD ini jauh banget dari rumahku di barat 🙁

    Reply
    • indahjuli

      Hihihihihi, semoga Budi Mulia DUA buka cabang di barat ya 🙂

      Reply
  8. Sulis

    Mb ..aku baru ngerti klo Dua..itu dari kata dunia+akhirat..? tak kira, ada budi mulia 1, 2,3 dst…

    Lihat desain interiornya mmng cakep, mbetahin sekolahnya. Kurikulumnya juga ramah anak bngt. Sayang jauh dr rumahku…

    Reply
    • indahjuli

      Kemarin waktu main ke sana, ada juga yang bilang sayang jauh dari lokasi rumahnya 🙁

      Reply
  9. Nina Fajriah | bonadapa.com

    Saya juga lagi cari-cari sekolah untuk anak saya yang nomor 2. Membaca tulisan di atas jadi punya pandangan kriteria sekolah yang baik itu gimana. Sayangnya di Palembang sepertinya belum ada sekolah Budi Mulia Dua 🙁

    Reply
    • indahjuli

      Mereka masih fokus di Yogyakarta, karena kalau buka cabang di luar Yogya, butuh guru-guru yang bagus, gitu katanya.

      Reply
  10. Wian

    Lihat dari foto, langsung jatuh hati mba sama sekolahnya. Di bekasi kayaknya blm ada yang konsep ruangannya kayak gitu. Nyaman banget ya…

    Reply
    • indahjuli

      Iya nyaman, karena memang untuk anak senang di sekolah 🙂

      Reply
  11. Ety Abdoel

    Sekolah impian ini mah. Kurikulum bagus, tenaga pendidik berkualitas, sarana lengkap, lingkungan kondusif untuk belajar dengan menyenangkan. Beruntung banget yang bisa sekolah di Budi Mulia. Btw, berapa duit ya sekolah di situ, mak?

    Reply
    • indahjuli

      Sesuai dengan sarana prasarana yang diterima anak-anak. Biayanya bisa dicicil beberapa kali.

      Reply
  12. Arry Wastuti

    Perpusnya bikin susah itu mbak. Susah ngajak anak pulang. Hihi. Udah mager kalo masuk situ. Emaknya juga sih ?

    Reply
    • indahjuli

      Beneeeer, kemarin itu daku pengen berlama-lama di perpusnya.

      Reply
  13. Sandra Nova

    Wow!! ngiler banget liat semua fasilitas yg ditawakan BDM Yogya, di Jakarta ada ngga sih mba? hahahha abisnya keren banget sekolahnya. TK Raya sekarang udah menerapkan hafalan al-qur’an & diharapkan lulus TK bisa menghafal juz ke-30, tapi fasilitas sekolahnya jauuh dibanding BDM euy

    Reply
    • indahjuli

      Belum ada di Jakarta, masih fokus di Yogyakarta 🙂

      Reply
  14. Juliastri Sn

    Konsep pendidikan dan fasilitas yang disediakan support banget untuk pendidikan anak ya..

    Reply
    • indahjuli

      Betul sekali, mak Jul 🙂

      Reply
  15. lendyagasshi

    Sekolahnya bikin betaah….makpuh.
    Pingin boarding school kalau suasananya kaya gini yaa…hihii~

    Sebenarnya aku kalau ke sekolah suka menanyakan SDM pengajarnya, makpuh.
    Lulusan mana dan sebagainya…

    Karena kalau sarana sudah mendukung alangkah baiknya diiringi dengan pembimbing yang kompeten di bidangnya juga.

    Assiik~
    Mari bersekolah dengan senaaang~

    Reply
    • indahjuli

      Mayoritas gurunya lulusan dari universitas terbaik dan ternama di Yogyakarta 🙂

      Reply
  16. kanianingsih

    suka dengan quote nya pal Amien. sepupu juga sekolahnya di BM 🙂

    Reply
    • indahjuli

      Menyenangkan ya sekolahnya 🙂

      Reply
  17. Dzulkhulaifah

    Masya Allah aku kok jatuh hati ya sama sekolah Budi Mulia Dua ini. Seneng banget sama sekolah yang mendukung hobi dan kreativitas siswa, supaya bakat anak bisa terus diasah. Duh, jadi kepo deh sama biayanya.

    Reply
    • indahjuli

      Hihihihi, banyak yang pada nanyain biayanya, pokoknya sepadan deh dengan fasilitas yang diterima anak

      Reply
  18. Damar Aisyah

    Wow, Budi Mulia Dua buagus banget ya, Mak. Pasti betah anakku kalau sekolah di sini,hehe. Biayanya juga pasti mantap ini, Mak. Operasionalnya aja udah pasti besar. Tapi kalau worth it ya gpp sih, demi pendidikan anak.

    Sementata anakku di Jakarta di SD Negeri aja, Mak. Memanfaatkan fasilitas gratis sekolah negeri. Tapi ya Alhamdulillah di rumah masih bisa mendampingi dan menambal yang kurang dr pembelajarn di sekolah.

    Reply
    • indahjuli

      SD Negeri juga nggak apa, yang penting anak senang bersekolah 🙂

      Reply
  19. bunda sugi

    Sekolahnya bagus, fasilitasnya lengkap ya mbak. Anak-anak pasti kerasa sekolah di sini.

    Reply
  20. Eryvia Maronie

    Bagus banget sekolah Budi Mulia Dua ini. Berbasis Islami. Fasilitasnya pun banyak dan terawat.

    Reply
    • indahjuli

      Salah satu sekolah favorit di Yogyakarta ini 🙂

      Reply
  21. Wiwied Widya

    Super keren ya sekolahnya… Sistem dan fasilitasnya bagus bgt.. Coba ada sekolah kayak gt di Solo..

    Reply
    • indahjuli

      Moga BudiMulia Dua memperluas jaringan sekolahnya di Solo ya 🙂
      Terima kasih sudah berkunjung.

      Reply
  22. rachma

    ini salah satu sekolah idaman banget yak… hihi… fasilitasnya TOP banget.. mupeng anak sekolah disana, hihi. tapi jauh dari rumah ^^

    Reply
    • indahjuli

      Kalau yang untuk sekolah lanjutan ada asrama, boardingnya. Ya lumayan jaraknya ya kalaau dari rumahmu 🙂

      Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to Blog via Email

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Arsip

Categories