Bau Mulut Saat Puasa? Jangan Dong!

by May 1, 2019Kesehatan3 comments

Sebentar lagi bulan Ramadhan, Gengs. Sudah siap menjalankan ibadah puasa? Daku masih kurang satu lagi nih, batal puasa tahun lalu yang belum dibayar. Insha Allah, besok Kamis mau puasa pengganti. Oh ya, mau tanya nih, apa kira-kira yang paling dikhawatirkan saat berpuasa, selain menahan lapar/haus dan emosi jiwa? Kalau daku, khawatir bau mulut saat puasa. Bisa bikin nggak percaya diri.

Bau Mulut Saat Puasa

Bau Mulut Saat Puasa? Noway!

Bau Mulut Saat Puasa? No Way!

Hahahaha, ya gitu deh, suka ilfiil nggak kalau misalnya lawan bicara kita mengeluarkan bau tidak sedap dari mulutnya. Orang lain pasti berpikiran sama jika mulut kita mengeluarkan napas atau bau yang tidak sedap dari mulutnya. Makanya nih, menghindari bau mulut, daku pasti sikat gigi dua kali sehari (pagi dan malam mau tidur), suka mengisap permen kalau lagi bepergian, dan banyak minum air putih, biar mulut nggak terasa kering.

Nah apalagi di bulan Ramadhan, resiko bau mulut saat puasa itu tinggi lho. Kan kita hanya makan dan minum saat sahur dan berbuka puasa, sistem pencernaan kita pun hanya menerima sedikit asupan, yang berpengaruh pada organ-organ pencernaan, yang di antaranya adalah gigi, lidah dan kerongkongan.

Jadi, selama menjalankan ibadah puasa itu, kesehatan gigi penting agar mulut terhindar dari bau yang tidak sedap, sehingga mulut adem, hati adem, ibadah puasa pun jadi nyaman. No way lah buat bau mulut di saat bulan ramadhan. Seperti itu pemirsah.

Agar terhindar dari bau mulut supaya mulut adem, hati adem, selama bulan Ramadhan nanti, apa saja sih yang mesti kita lakukan? Daku punya nih contekannya yang didapat saat menghadiri peluncuran campaign Sahur Amal Bersama Pepsodent Herbal, hari Jumat tanggal 26 April 2019 lalu.

Bau Mulut Saat Puasa

Jangan lupa sikat gigi sesudah sahur

Menurut drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc, dalam konferensi pers Pepsodent Herbal Sahur Amal 2019: Mulut Adem, Hati Adem, saat puasa, napas yang kurang sedap itu karena kita tidak makan minum seharian, sehingga produksi air liur yang berfungsi membilas kuman penyebab flak dan bau mulut, menurun. Berikut ini tipnya.

Tip Menghindari Bau Mulut Saat Puasa ala Pepsodent Herbal

  • Sikat gigi dua kali sehari (sesudah sahur dan sebelum tidur malam). Ini penting untuk membersihkan sisa-sia makanan yang ada di mulut, sehingga tidak diubah oleh bakteri di dalam mulut yang bisa menyebabkan bau mulut, karies atau gigi berlubang.
  • Berkumur saat berwudhu. Ini sudah pasti ya karena puasa tanpa sholat itu bagaikan sayur tanpa garam. Anyep. Berkumur itu membantu mengurangi gejala mulut kering saat puasa.
  • Buat yang suka malas minum air putih banyak, jangan sampai kekurangan minum saat bulan puasa. Sebanyak mungkin minum air putih saat sahur dan berbuka puasa karena air putih itu komponen utama dari air liur, yang menyimpan mineral yang diperlukan gigi.
  • Nih yang paling sering terlupakan, terutama untuk anak-anak. Nggak hanya di bulan puasa, tetapi juga keseharian. Makan makanan berserat tinggi seperti buah dan sayur-sayuran, yang mengandung antioksidan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.
  • Makan kurma, karena mengandung fluoride yang mencegah gigi berlubang. Dan paling nyebelin gigi berlubang tuh. Selain sakit, bisa bikin bau mulut saat puasa. Walau rasanya manis, kurma tergolong fruktosa, yang tidak memiliki efek samping pada kesehatan gigi.

 

Atasi Bau Mulut Saat Puasa dengan Menggosok dengan Pasta yang Tepat

Mong omong tentang menyikat gigi, pasta gigi apa sih yang sering Sahabat Bloger pakai? Atau kalau ngomongin pasta gigi, otomatis yang terpikir merek apa? Ada yang sama seperti daku nggak, pasta gigi itu ya Pepsodent produksi PT Unilever Indonesia? Pepsodent ini, dari zaman daku masih anak-anak, dewasa lalu menikah, ya sikat gigi pakai merek itu. Ibaratnya, turun temurun.

Dan buat kaum muslim nih, sudah tidak perlu khawatir lagi dengan kehalalannya. Seperti yang diungkapkan Direktur Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI), Dr. Ir. Lukmanul Hakim, MSi, dalam konferensi pers yang juga dihadiri oleh penyanyi Tantri Kotak, Pepsodent (termasuk Pepsodent Herbal) merupakan satu-satunya brand pasta gigi yang telah mendapatkan penghargaan Halal Award pada tahun 2014 dan 2018.

Halal Award ini menandakan kalau Pepsodent, pasta gigi yang telah bersertifikasi halal MUI.

Bulan Ramadhan bulan penuh berkah. Agar hati semakin adem di bulan Ramadhan, Pepsodent Herbal mengajak umat muslim menebarkan kebaikan dengan mendonasikan Rp 1000 dari setiap pembelian Pepsodent Herbal 190 gram, untuk paket sahur selama bulan puasa bagi anak-anak yatim piatu di ratusan panti asuhan.

Program Pepsodent Herbal Sahur Amal ini merupakan program rutin yang diselenggarakan sejak tahun 2013 lalu. Gimana nggak berkah ya puasa kita. Sudahlah bau mulut saat puasa terhindar dengan rutin menyikat gigi dengan Pepsodent Herbal, amal kita pun bertambah melalui donasi pembelian pasta gigi.

Ayo ayo berlomba-lomba berbagi kebaikan di bulan penuh berkah.

Blogger Gath Pepsodent Herbal Sahur Amal 2019: Mulut Adem, Hati Adem

 

Terkait dengan peluncuran Sahur Amal 2019 itu, diadakan juga blogger gathering dan para influencer (selebgram) untuk menyemarakkan konperensi pers. Di acara ini, para blogger dan influencer membuat crafting dengan memanfaatkan bungkus Pepsodent Herbal. Hasil crafting itu nantinya akan diserahkan kepada anak-anak yatim piatu yang berada di panti asuhan, bersamaan dengan pengiriman paket sahur hasil donasi pembelian pasta gigi 190 gram.

Btw, kalau di bulan Ramadhan, Sahabat Bloger yang sudah punya anak, sering melakukan kegiatan apa? Terutama kegiatan yang terkait kesehatan mulut, yang namanya anak-anak sering juga bau mulut saat puasa. Seperti si bungsu daku, Tiominar. Dia tuh sering marah-marah kalau dikasih tau mulutnya bau karena kurang minum air putih.

Yang lucunya, walau suka susah kalau disuruh banyak minum air putih, tapi kalau urusan persikat gigi-an, Tio tuh gercep (gerak cepat). Bisa tuh dia sikat gigi, pagi setelah sahur, sore saat mandi, dan malam sebelum tidur. Dan kalau ambil wudhu, kumur-kumur paling lama.

Ya gitu deh, asal kita orang tuanya, rajin-rajin ngingetin supaya airnya nggak tertelan. Bisa batal puasanya, dik.

Nggak hanya ke dirinya sendiri, Tio juga paling rajin ngingetin kakak-kakaknya untuk sikat gigi, biar mulutnya nggak bau, apalagi di bulan puasa. Sampai bosan kakaknya diingetin, hehehehe.

Nah, Sahabat Bloger yang muslim sudah siap menyambut Bulan Ramadhan bulan penuh berkah? Jangan lupa menjaga kesehatan gigi ya.

<a href="https://indahjulianti.com/author/indahjuli/" target="_self">Indah Julianti Sibarani</a>

Indah Julianti Sibarani

Fulltime mom Penulis Cerita Bacaan Anak Blogger Co Founder Kumpulan Emak Blogger (KEB)

YOU MAY ALSO LIKE

Krisis Paruh Baya: Kenali Tanda-Tandanya

Krisis Paruh Baya: Kenali Tanda-Tandanya

Kapan sih, orang bisa dikatakan tua? 40 tahun belum tua kan ya? Paruh baya, iya. Tapi kenapa sudah rewel saja sama hidup? Ya, mungkin sedang mengalami yang namanya krisis paruh baya. Dr. Robi Ludwig, seorang psikoterapis dan penulis buku Your Best Age is Now...

read more
Ternyata Begini Cara Mencegah Obesitas dengan Kedelai

Ternyata Begini Cara Mencegah Obesitas dengan Kedelai

Berat badan tak terkontrol itu sepertinya problem sejuta umat manusia di dunia ini ya. Bahkan katanya nih, hal yang tabu ditanyakan kepada sosok perempuan, adalah yang berhubungan dengan berat badan. Belum lagi masalah berat badan dengan kesehatan, duh. Memang nggak...

read more

3 Comments

  1. faridhi

    sip… makasih tips nya

    Reply
  2. Susindra

    Saya selalu pakai pepsoden herbal, Mbak. Baunya seger, mint-nya lembut… anak-anak jadi mau sikat gigi tanpa diingatkan terus

    Reply
  3. Sary Melati

    Sama nih pasta giginya, Mbak. Kami sekeluarga juga pakai Pepsodent. Mulai dari Pepsodent anak sampe yang dewasa. Susah pindah ke lain hati ?

    Tahun ini bakal jadi puasa pertamanya Maira nih. Dan di tuh rewel banget urusan bau mulut. Sekarang aja kalau abangnya ngomong deket-deket trus mulutnya bau pasti dia ngomel panjang kali lebar kali tinggi ? Apalagi nanti pas puasa ya?

    Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to Blog via Email

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Arsip

Categories