Antara Gondongan dan Blau

Seminggu yang lalu, Kayla badannya panas turun naik. Kadang 38, sebentar 37, ngak lama 39. Karena gw berusaha menjadi orang pinter dengan bekal informasi selama menjadi member Milis Sehat, gw ngak mau memutuskan cepat-cepat membawa Kayla ke dokter. Pasti obat yang kita terima ujung-ujungnya antibiotik.

Tapi ketika hari keempat, keadaan Kayla ngak berubah diperparah lagi, waktu kasih tau ke sekolahnya Kayla ngak masuk, gurunya bilang lagi musim sakit karena ada beberapa anak yang ngak masuk juga karena sakit DB, Tipus dan gondongan.

Gondongan ???? Hari genee masih ada gondongan, kata gw dalam hati. Aih ngak keren amat tuh penyakit 😀

Gw akhirnya membawa Kayla ke dokter Chandra, langganan keluarga gw. Kata dokter Chandra, Kayla ngak ada masalah cuma ada peradangan aja di tenggorokannya, tapi kalau dalam 2 hari Kayla ngak ada perubahan akan di test darah. Radang tenggorokan, ih nyebelin, pasti deh anak gw itu doyan jajan chiki-chikian selama di sekolah. Padahal emaknya udah cape-cape bikin bekal yang sehat dan higienis (duile…:D)

“Bener dok, ngak ada apa-apa ?” tanya gw.
“Nggak,” jawab dokter Chandra sambil nulis-nulis resep (pasti deh antibiotik)

Trus gw tanya : “Nggak gejala gondongan kan dok?”
“Gondongan ? Ngak. Kalau gondongan dia udah susah nelan,” kata si dokter.

“Memangnya dirumah ada yang gondongan,” si dokter balik nanya.
“Teman sekolahnya dok,” jawab gw.

“Oh kalau gitu harus hati-hati. Gondongan itu bisa nular, terutama dari percikan air ludah,” jelas si dokter.

Mumpung sih dokter lagi mau ditanya-tanya, gw langsung nanya deh tentang gondongan.

“Kalau orang gede bisa kena nggak dok.”

“Jarang. Anak bayi juga jarang. Biasanya sih nyerang anak balita sampai umur 12 tahun. Makanya itu, sama anak-anak yang berumur setahun, jangan lupa diimunisasi MMR ( (Measles, Mumps — ini gondongan, dan Rubella). ”

“Nyembuhinnya gimana dok?”

“Diamin aja, ngak perlu pake obat. Paling lama 4 hari sudah sembuh.”

“Kalau yang pake blau itu gimana dok?” tiba-tiba gw teringat waktu masih kecil saat adik gw kena gondongan, si mama kasih blau (yang biru-biru buat nyuci baju itu lho) di kedua pipi adik gw. Kalau diinget-inget, si mama norak juga yah padahal guru loh 😀

“Blau ??? apa hubungannya blau sama gondongan,” kata si dokter.

“Yah kan orang dulu, suka kasih blau dok kalau anaknya gondongan.”

“Itu mitos, nggak usah dipercaya.”

Si dokter bosan kali yah gw tanya-tanya, cepat-cepat dia kasih resep Kayla dan suruh bayar ke kasir, padahal gw masih mau tanya banyak 😀

Dari Mayo Clinic, gw baca anak-anak yang menderita gondongan dapat dideteksi melalui gejala-gejala seperti :

  • demam dan sakit kepala
  • lemas
  • susah makan

Gondongan atau parotitis atau mumps, penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus Paramiksovirus RNA (mumps) yang ditularkan melalui percikan air ludah pembawa virus.

Meski jarang terjadi pada orang dewasa, jika terjadi pada laki-laki dewasa, gondongan bisa menyebabkan pembengkakan pada buah zakar (yang berakibat mandul) atau peradangan pada pankreas. Walau bukan penyakit berbahaya, kalau nggak segera ditangani gondongan bisa menyebabkan tuli lho.

Hihihi, tulisan gw panjang dan serius yah. Semoga bermanfaat 🙂 Alhamdulillah sejak Selasa kemarin, Kayla sudah lebih sehat. Sudah lari-larian, sudah gangguin Mbak Lilynya, tapi masih tetep males sekolah 😀

65 Comments

  1. Imam October 19, 2018
  2. Iman October 19, 2018
  3. mulia indah June 28, 2017
  4. Dessy April 27, 2017
    • Ester hutahaean December 13, 2017
  5. manfaatbuahbuahan.com November 27, 2016
  6. Link May 20, 2016
    • Mesa October 10, 2016
      • erima sardi March 10, 2017
  7. fanny fristhika nila March 28, 2016
  8. mutia nurul rahmah February 23, 2016
    • indahjuli February 23, 2016
  9. Farid Abdurrochman June 10, 2014
  10. Pingback: Keke kena Gondongan :( « Just Notes of Me February 4, 2013
  11. ELISA January 15, 2013
    • imelda May 8, 2016
  12. sari January 11, 2013
  13. vita rifai August 25, 2012
  14. suharti wd July 26, 2012
  15. meme April 1, 2012
  16. umi hapsah gazali March 29, 2012
  17. Jesica March 20, 2012
  18. hera yudi wahyuni January 20, 2012
    • Verdi March 25, 2016
  19. eko hendrik November 4, 2011
  20. supriyadi September 20, 2011
  21. Khalisa The New Explorer August 15, 2011
  22. agustinus July 28, 2011
  23. rajajowas July 9, 2011
  24. vivi Marliyana June 21, 2011
  25. Pipit December 21, 2010
  26. blackersan November 20, 2010
  27. tandri September 29, 2010
  28. Pris September 9, 2010
  29. budy August 5, 2010
  30. Bembem April 24, 2010
  31. Erna Faruq March 23, 2010
  32. dhana February 18, 2010
  33. Emma Edi February 12, 2010
  34. sigit prabowo January 2, 2010
  35. ady December 18, 2009
  36. Pito December 17, 2009
  37. Pipti December 17, 2009
  38. fadlah December 3, 2009
  39. almer November 28, 2009
  40. Maya Kartikasarai November 25, 2009
  41. Devi October 28, 2009
  42. Pembuat Theme September 15, 2009
  43. ico June 13, 2009
  44. Titi May 31, 2009
    • collin December 24, 2016
  45. yuda May 21, 2009
  46. hilsa Hilman April 26, 2009
  47. neni March 31, 2009
  48. Ikkyu_san March 27, 2009
  49. De March 23, 2009
  50. Panglatu March 22, 2009
  51. Pritha March 22, 2009
  52. Ria March 21, 2009
  53. Za March 21, 2009
  54. zee March 20, 2009
  55. Yanti Wyant March 20, 2009
  56. Sahabat dari Trini March 20, 2009
  57. nh18 March 19, 2009
  58. desty March 19, 2009
  59. edratna March 19, 2009

Leave a Reply