Antara Gondongan dan Blau

by Mar 19, 2009Inspirasi64 comments

Seminggu yang lalu, Kayla badannya panas turun naik. Kadang 38, sebentar 37, ngak lama 39. Karena gw berusaha menjadi orang pinter dengan bekal informasi selama menjadi member Milis Sehat, gw ngak mau memutuskan cepat-cepat membawa Kayla ke dokter. Pasti obat yang kita terima ujung-ujungnya antibiotik.

Tapi ketika hari keempat, keadaan Kayla ngak berubah diperparah lagi, waktu kasih tau ke sekolahnya Kayla ngak masuk, gurunya bilang lagi musim sakit karena ada beberapa anak yang ngak masuk juga karena sakit DB, Tipus dan gondongan.

Gondongan ???? Hari genee masih ada gondongan, kata gw dalam hati. Aih ngak keren amat tuh penyakit 😀

Gw akhirnya membawa Kayla ke dokter Chandra, langganan keluarga gw. Kata dokter Chandra, Kayla ngak ada masalah cuma ada peradangan aja di tenggorokannya, tapi kalau dalam 2 hari Kayla ngak ada perubahan akan di test darah. Radang tenggorokan, ih nyebelin, pasti deh anak gw itu doyan jajan chiki-chikian selama di sekolah. Padahal emaknya udah cape-cape bikin bekal yang sehat dan higienis (duile…:D)

“Bener dok, ngak ada apa-apa ?” tanya gw.
“Nggak,” jawab dokter Chandra sambil nulis-nulis resep (pasti deh antibiotik)

Trus gw tanya : “Nggak gejala gondongan kan dok?”
“Gondongan ? Ngak. Kalau gondongan dia udah susah nelan,” kata si dokter.

“Memangnya dirumah ada yang gondongan,” si dokter balik nanya.
“Teman sekolahnya dok,” jawab gw.

“Oh kalau gitu harus hati-hati. Gondongan itu bisa nular, terutama dari percikan air ludah,” jelas si dokter.

Mumpung sih dokter lagi mau ditanya-tanya, gw langsung nanya deh tentang gondongan.

“Kalau orang gede bisa kena nggak dok.”

“Jarang. Anak bayi juga jarang. Biasanya sih nyerang anak balita sampai umur 12 tahun. Makanya itu, sama anak-anak yang berumur setahun, jangan lupa diimunisasi MMR ( (Measles, Mumps — ini gondongan, dan Rubella). ”

“Nyembuhinnya gimana dok?”

“Diamin aja, ngak perlu pake obat. Paling lama 4 hari sudah sembuh.”

“Kalau yang pake blau itu gimana dok?” tiba-tiba gw teringat waktu masih kecil saat adik gw kena gondongan, si mama kasih blau (yang biru-biru buat nyuci baju itu lho) di kedua pipi adik gw. Kalau diinget-inget, si mama norak juga yah padahal guru loh 😀

“Blau ??? apa hubungannya blau sama gondongan,” kata si dokter.

“Yah kan orang dulu, suka kasih blau dok kalau anaknya gondongan.”

“Itu mitos, nggak usah dipercaya.”

Si dokter bosan kali yah gw tanya-tanya, cepat-cepat dia kasih resep Kayla dan suruh bayar ke kasir, padahal gw masih mau tanya banyak 😀

Dari Mayo Clinic, gw baca anak-anak yang menderita gondongan dapat dideteksi melalui gejala-gejala seperti :

  • demam dan sakit kepala
  • lemas
  • susah makan

Gondongan atau parotitis atau mumps, penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus Paramiksovirus RNA (mumps) yang ditularkan melalui percikan air ludah pembawa virus.

Meski jarang terjadi pada orang dewasa, jika terjadi pada laki-laki dewasa, gondongan bisa menyebabkan pembengkakan pada buah zakar (yang berakibat mandul) atau peradangan pada pankreas. Walau bukan penyakit berbahaya, kalau nggak segera ditangani gondongan bisa menyebabkan tuli lho.

Hihihi, tulisan gw panjang dan serius yah. Semoga bermanfaat 🙂 Alhamdulillah sejak Selasa kemarin, Kayla sudah lebih sehat. Sudah lari-larian, sudah gangguin Mbak Lilynya, tapi masih tetep males sekolah 😀

<a href="https://indahjulianti.com/author/indahjuli/" target="_self">Indah Julianti Sibarani</a>

Indah Julianti Sibarani

Fulltime mom Penulis Cerita Bacaan Anak Blogger Co Founder Kumpulan Emak Blogger (KEB)

YOU MAY ALSO LIKE

64 Comments

  1. Imam

    Terima kasih infonya. Dulu waktu saya kecil jika godongan yang muncul pertama adalah blau.
    Godongan masih ada samapai sekarang, ini anak saya sepertinya juga juga ada gejala. Semoga lekas sembuh. ?

    Reply
  2. Iman

    Terima kasih infonya. Dulu waktu saya kecil jika godongan yang muncul pertama adalah blau.
    Godongnlan masih ada samapai sekarang, ini anak saya sepertinya juga juga ada gejala. Semoga lekas sembuh. ?

    Reply
  3. mulia indah

    Kok bisa ngga ada Obatny ya?
    Y mnding pake blau lah even scara medis dianggep mitos tp kan ada upaya buat pnyembuhan. Lha drpd yg dr dunia medis justru cuma meredakan panas ama nyeri tanpa mngobati. Artinya jg tdak mmberikan solusi. Sy suka ama medis tp ngga mendewakan. Sy pake analisa logis aja, dokter aja banyak yg merasa superman pdhal bukan rahasia dmasyarakat ada bnyak mahasiswa kedokteran masuk aja maksa pake fulus.

    Sy lebih k rasional aja, blau misalkan, dianggap mitos oleh dunis medis, emang dunia medis pernah melakukn riset soal blau hingga dg mudah klaim itu mitos? Bagaimana dg plasebo yg jg dipercaya didunia medis? Apa plasebo ngga kalah mitos?

    Reply
  4. Dessy

    Skrng aq lg skit gondongen bru td pgi kersa leher ku bengkak almhmdulilh aq paki belao bengkak aga mengemlis tnggl nunggu sembuh ny

    Reply
    • Ester hutahaean

      Cuma belau aja kahh kakk? Atau adaa campuran lainn?

      Reply
  5. manfaatbuahbuahan.com

    emang kalo anak sakit tuh rasanya mending kita yang sakit ya.. sering sering makan buah kita kalo sakit

    Reply
  6. Link

    Pada jaman dahulu, anak-anak yang menderita gondongan biasanya diberi blau atau bubuk pewarna untuk pakaian. Sampai hari ini belum ditemukan hubungan antara penyakit gondongan dan pemberian blau tersebut, karena secara medis memang tidak disarankan. Akan tetapi pada banyak kasus, penderita gondongan yang diberi blau lebih cepat pulih.

    Reply
    • Mesa

      Penggunaan blau yang biasa dicampur cuka itu sebetulnya mitos yang dipakai untuk mencegah penyebaran penyakit. Karena biru-biru dan bau, si anak jadi malu untuk main ke luar rumah, jadi teman-temannya juga nggak ikut ketularan. Kalau untuk penyembuhan sih blau nggak ada efeknya 🙂

      Reply
      • erima sardi

        gak jg,,,kami peternak ayam laga kalau ada ayam bangkok yg pilek,radang tenggorokan,ngorok, gak perlu diberi vaksin, atau abat kimia lainnya, cukup pake blau di leher ayam, loloh kan kencur keprok, alhamdullah karena allah sembuh,,,, =D

        Reply
  7. fanny fristhika nila

    wkwkwkwk…gara2 baca ini jd inget jaman SD dulu… aku sih alhamdulillah ga prnh kena penyakit gondongan mbak ;D. tapi temen sekolah pas SD pernah, dan bener tuh dikasih blau ;p.. jujur aja sih dulu mikirnya blau emg obat gondongan 😀 .. duh, itu blau masih dijual ga sih ? mndng utk nyuci baju putih drpd dipake utk gondongan kan

    Reply
  8. mutia nurul rahmah

    minggu lalu adek saya yang di asrama kena gondongan maks.. ga gede amat tapi cukup menyiksa katanya.. trus nemu2 tulisani ni jadi saya ga perlu pakein dia blau segala heheeh

    Reply
    • indahjuli

      Hihihi, jaman dulu memang pakai blau ya, Mut 😀

      Reply
  9. Farid Abdurrochman

    Sya 22 th, sya skrang sudah 4hri terkena gondongan, stau sya yg trkena virus ini hanya seumuran anak-anak yg blum dpt KTP, tapi saat badan sya drop, virus ini lgsg menerkam bagian rahang sya, :'(
    Apa benr di olesin pake balsem yg panas bsa mnymbuhkan? Balass yaa,, Τhαñkyσù 🙂

    Reply
  10. ELISA

    sudah 1 bulan anak ku yang pertama kena gondongan usianya 6 tahun.hari pertama katanya sakit kepala,kuping dan susah nelan tapi aku inget dulu ibuku menyuruh pake belau dan air cuka alhamdulillah nggak lama katanya nggak sakit lagi dan udah bisa makan.tapi sekarang aku lagi sedih ,sekarang anak ku yng ke 2 bayi 7 bulan kena penyakit yang sama,aku udah ngasih obat yng sama mudah2han ank ku cepat sembuh.secara dia kan mash bayi ,dia kan nggak bisa ngeluh.aulia anak ku cepet sembuh yach,mudah2han ALLAH mengangkat kan penyakitnya aminnnnnn.

    Reply
  11. sari

    anak saya skrg sdg gondongan, sdh hari ketiga. stlh dberi blau alhamdulillah sdh tdk terlalu bengkak lagi..

    Reply
  12. vita rifai

    aku lagi terserang gondongan nih 🙁
    padahal umurku 21 taun. katanya gondongan itu cuma pas anak2 aja 🙁
    gila rasanya menderita banget. telinga sakit, demam, buat nelen susah.
    bener ga sih blau bisa nyembuhin gondongan ?

    Reply
  13. suharti wd

    anak gadisku yg berusia 18 th pun kena gondongan tapi aku lebih percaya dengan pengobatan medis

    Reply
  14. meme

    hari pertama n sebelum gondongan tidah terasa gejala apa”…..eh pas hari ke 2.badan panas bgt….gondongan semakin besar,teliga,kaki,pundak sebelah kanan terasa sakit……….

    Reply
  15. umi hapsah gazali

    y ini sy lagi kena gondongan ni,,, habis anak sy kena,,,, rasanya menyebalkan ya nah obatnya ni mau coba blimbing wuluh ya umur saya udah 40 thn ko bisa y saya kena gondongan,,,,

    Reply
  16. Jesica

    Rasanya itu , gilaa sakit banget :'( huhu . Kira kira berapa hari ya sembuhnya

    Reply
  17. hera yudi wahyuni

    aq dah 4 hari kena gondongan,klo mau makan,,ni rahang kayak kesetrum deh
    jd cuma minum susu aja buat ngenyangin perut,,,sialllll knp bs kena gondongan ya?

    tp bgtu dioles blau agak mendingan ku rasa…yah awalnya gak percaya jg sih
    krn udah semakin hr semakin skt jd coba aja deh…..

    Reply
    • Verdi

      Sama nih kayak saya, gak percaya blau yg katanya cuma mitos. Tp setelah 3 hari kalo buat ngunyah sakit, terpaksa deh dicoba. Efeknya sih cukup efektif mengurangi rasa nyeri bengkak di bawah kedua telinga. Kata dokter, pria dewasa bisa impoten kalo sakit gondong dan gak diobati

      Reply
  18. eko hendrik

    anak saya daniel kelas 1 sd kurang lebih 15 hari lalu di vaksin disekolahnya…eh setelah 2 ahri vaksin malah gondongan…brengsek banget…saya sebenarnya tidak mengijinkan dan sudah saya pesankan ke istri saya…eh malah keduluan di vaksin oleh perawan2 dari puskesmas…jujur saja saya tidak suka dan tidak pernah mau anak saya di vaksin… karena banyak pengalan buruk saya yang terjadi di lingkungan saya dan tidak adanya pertanggung jawaban dari pihak yang terkait hal…shitlah…nenek saya hidup aja sampe sekarang umurnya udah 95 tahun dan saya juga sehat tanpa tersentuh vaksin…eh anak saya malah “dipaksa” untuk menerima bibit penyakit shit…

    Reply
  19. supriyadi

    askum mba…sama saya jg lg sakit gondongan…gara2 naek motor keliling kabupaten seharian badan ngedrop..akhirnya lemes n masuk deh tu virus…tp skrg sdah enak makan,tgl bengkaknya aja nih,doakan cpt smbuh y

    Reply
  20. Khalisa The New Explorer

    waktu SD aku pernah gondongan, gak dibawa ke dokter dan cuma di kasih blau. percaya or gak percaya tp yang aku rasa, nyeri dan bengkak di pipi berkurang trus cepet kempes. anakku perempuan 4 th sekarang juga lg gondongan, aku bawa ke docter, dikasih antivirus sm paracetamol dan di rumah teteuuuup aku kasih blau “abis pengalaman emaknya terbukti manjur”

    Reply
  21. agustinus

    anak saya juga kena gondongan udah 4 hari sama dokter dikasih antibiotik cefixim. untuk masalah blau dikasih cuka menurut dokter adalah untuk menghangatkan pipinya agar bengkaknya berkurang, tapi itu jaman dulu, untuk masa sekarang cukup dikasih balsem ( copal atau vicks untuk anak2)

    Reply
  22. rajajowas

    blau pake cuka trus diolesin ke godongannya, lebih cepat reda bengkaknya. mitos atau ngga mitos, emang terbukti manjur. dianggap mitos mungkin karena belum pernah diteliti, atau sudah diteliti tapi belum ditemukan jawabannya. hormati nenek moyang dong. dikiit aja !

    Reply
  23. vivi Marliyana

    nie gantian anak ku yg kecil umur 4thn….
    pdhl kmrn pertm ngerasa sakit krn jatuh dr sepeda,eh tak tahu nya malem jadi panas,lalu pipi kanan nya bengkak,jd deh ke dokternya….katanya gondongan…

    Reply
  24. Pipit

    Anakku sekarang lagi gondongan. Sudah hari ketiga.
    Sejak hari kedua ga demam lagi. Cuma bengkaknya blum kempes juga, padahal
    sudah minum obat antibiotik.
    Apa benar blau bisa hilangin bengkaknya? Dimana beli BLAUnya yah?
    Ada teman yg anjurin minum air kelapa muda. Biar adem. Juga sudah aku buatin jus timun, teh bunga krisan.
    Anyway, thanks buat masukan yg lain. Cukup melegakan hatiku…

    Reply
  25. blackersan

    yg bener yg mana ya, blau itu hanya mitos or emang bisa buat ngempesin gondongen. Ada lagi yg bilang banyak ngunyah permen karet bisa ngurangi bengkaknya

    Reply
  26. tandri

    orang jaman dulu, sebelum ada obat2an pake blau, karena blau (blue flag) yg terbuat dari bahan herbal dan dicampur dengan cuka, bisa mengecilkan bengkak dan meredakan rasa sakit. kalo dokter bilang blau bermanfaat, dia ga perlu buat resep lagi, alias gak laku. FYI, saya lagi kena gondongan sekarang, ternyata blau lebih efektif dibanding obat dokter.

    Reply
  27. Pris

    Lebaran kurang 1 hr, anakku gondongan. dah berobat ke dokter. kasian dia, pipinya bengkak. Ntar, mau nyoba beli blau aja, padahal kl pake akal sehat gak bisa nalar. Cepet sembuh my son!

    Reply
  28. budy

    nama saya budy dari lampung tuba
    umur q 19 thn
    bener sih memang susah nelen tpi kok

    Reply
  29. Bembem

    Ak jg umur 23 kykny kena gondongan nie.. Pipi bwh sblh kiri bengkak.. Kebetulan juga gigi graham sebelah kiri jg lubang, tp gusiny g bngkak. Kira2 ni gra2 gigi pa gondongan ya? Trims

    Reply
  30. Erna Faruq

    …Percaya nggak percaya sih katanya blau emang bisa nyembuhin gondongan.kbtulan bgt skrg ni ponakanku lg gondongan,,bingung obatinnya pake apa.scara dijaman sekarang masa iya masih pake blau..jadul bgt kayanya.tapi biarlah dicoba dulu.smoga lekas sembuh

    Reply
  31. dhana

    huaaaaaa…ampun deh, saya dan istri kena gondongan nih, pertama anak yg kena, kita waktu itu gak tau dan akhirnya di bawa ke doker gigi, karena pipinya bengkak, saaat itu istri sudah yakin kl anak kita kena gondongan, cm mastiin juga dibawa ke drg, setelah itu istri tiba2 jari telunjuk kakinya keseleo sehingga badannya panas, mgkn disitu virus leluasa masuk memanfaatkan kondisi tubuh istri yg lemah, saat itu dikira masih efek dari kaki, badan mulai panas, akhirnya senin setelah saya pulang kerja langsung saya bawa ke dokter, langsung di vonis gondongan, cm karena dokter komplek dia cm kasih obat2 generik nih, eh…baru pulang dari apotik, saya ngerasa kok rahang kanan saya agak ga enak, dan bener! saya bsknya langsung ikutan gondongan, skrg sudah hari ke 3 nih saya dan istri terkapar, rencana mau cari blau ah gara2 baca pengalaman temen2…hiks ga enak banget nih sakit 🙁

    Reply
  32. Emma Edi

    Beberapa hr ini anakku terserang gondongan..aku tau gondongan itu virus dan penyakit yg menular.. ya dr buka website ini..kubilang pd suamiku oh ini kena virus dan menular..trs dia nanya pd anak, nak teman skls mu ada yg sakit gondongan.. iya ktnya.satu permainan lagi..ya.udah pasti ketularan dech.. Padahal anakku tdk ktm temannya 3 hr kok bisa nular ya ? sore hrnya ke dokter ..diperiksa panas badan 38-39 Oc.Dokter tanya Pernah sakit gondongan waktu kecil..gak dok. ya..penyakit gondongan, cacar, campak itu seumur hidup cuma sekali. untuk meredahkan panas dan rasa sakit dr kasi .Amoxicillin,Erphamol,Sirup Solvita.Tp masih jg nggak kempes.. pagi tadi ttg ku blg kasi blau ama cuka makan ktnya.. kucoba.. alhammdulillah .. agak enakan katanya anakku.. Cepat sembuh ya nak biar bisa sekolah lagi..

    Reply
  33. sigit prabowo

    ngomongin gondongan.,my wife lg kena pdhl dah 1 minggu tp lom sembuh2 dah kdokter pula.,tryta campak ma gondongan mang berhubungan biz my wife br ja smbuh campak ee..dlnjutin ma gondongan.tu pnyakit dua kan penyebab’y virus makanya qta hrs tetep jga daya tahan tubuh qta tetepkuat dgn istirahat cukup,minum vitamin n makan makanan bergizi…pasti si virus ga bakal kuat nyerang qta…btw to my wife mga cpt sembuh yaa…..

    Reply
  34. ady

    Aq umur 23 ni lagi terkapar kena gondongan uda badan meriang kepala sakit buat nelen susah n sakit moga cepet sembuh aq

    Reply
  35. Pito

    Iya mBa,,saya jg lagi kena nih..nyebelin..perasaan waktu SMP kena deh malah gede banget deh ,,skrg imut2 tp nyebelin juga…udah 3 hari badan masih aja anget2 gitu,,tp Alhamdulillah kalo pas posisi sujud udah ga sakit kya 2 hari lalu…nelen juga udah aga lumayan enak…yaaaa semoga ni gondongan cepet kempes deh..tar klo dikantor ada yg kena, bisa2 gw deh jadi target mereka untuk nyalahin saya…:))

    Reply
  36. Pipti

    Iya mBa,,saya jg lagi kena nih..nyebelin..perasaan waktu SMP kena deh malah gede banget deh ,,skrg imut2 tp nyebelin juga…udah 3 hari badan masih aja anget2 gitu,,tp Alhamdulillah kalo pas posisi sujud udah ga sakit kya 2 hari lalu…nelen juga udah aga lumayan enak…yaaaa semoga ni gondongan cepet kempes deh..tar klo dikantor ada yg kena, bisa2 gw deh jadi target mereka untuk nyalahin saya…:))

    Reply
  37. fadlah

    sekarang anakku juga sakit gondongan,tapi Alhamdulillah dia masih mo makan bubur n susu, oleh dokter hanya diberi antibiotik dan sanmol obat turun panas… karena badannya gemuk…. mukanya makin gemuk aja.

    Reply
  38. almer

    anakku lg kena gondongan sakit katanya tp msh mau mkn msh main
    ngaliat bengkak di leharnya kasian bgt jd kurus udh ksh blau tp msh bengkak udh ke dktr kyknya msti ke dokter lg

    Reply
  39. Maya Kartikasarai

    saya dapat resep tradisional, rumah tawon kayu dicampur cuka trus diolesin ke gondongnya. tapi saya juga kurang tau apa sudah ada yang meneliti khasiatnya.

    Reply
  40. Devi

    q skrng lg kena gondong. pergi k dktr dikasih obt. ga taunya skrng malah ndredeg trs. mngkn krn ketinggian dosis obtnya.gmn donk trsn?ktny da yg blng blau tu g baik.bisa bikin mandul.bnr g sih?

    Reply
  41. Pembuat Theme

    Hehehehe…aku dulu waktu kecil…pake blau juga ..kenapa yach

    Reply
  42. ico

    umur saya sekarang 22 mo 23
    sekarang saya lagi gondongan…
    wah nyebelin bgt… klo lagi kumat bawaannya mo harakiri
    terus terjun ke jurang… hahaha.. lebay…

    tp amit2 deh nih penyakit…
    mohon doanya ya supaya cepet sembuh…
    terimakasih..

    Reply
  43. Titi

    Kalo kena gondongan sebaiknya lgs ke dokter. Bln kmrn kena gondongan. aku baca di internet ktnya sembuh sendiri. Udah 10 hr aku aku tungguin ga kmn2 udah bengkak. Kalo mlm Sesek napas. Mual2, leher kayak ditarik2 . Ga pede jg hadapi client hbs itu byk yg ngira aku skr gemuk kek, hamil kek. Stres deh Akhirnya nyerah jg hr 10 aku ke dr. Dr bilang knp br skr ke dr. Aku pikir sembuh dgn sendirinya. Dr bilang, tp sampe kpn. Akhirnya Dikasih 5 macem. Anti bengkak, anti sesek, anti muntah, antibiotik, penghilang rasa sakit. Alhamdulilah 3 hari bengkak mulai mengecil. Sesek. Mual mulai ilang. Aku nyesel 10 hr kerjaan terbengkelai. Terus dikarantina lg. Jgn kawatir dunia kedokteran kt udah canggih. Jd jgn sia2 waktu anda hy menunggu sembuhnya gondong. Ok smg pengalaman saya bermanfaat.

    Reply
    • collin

      Obat anti bengkak nya apa mbak

      Reply
  44. yuda

    ADUH SIAL GW KENA PNYAKIT NTW SEKARANG, SIAL SIAL..
    EMANG SAKIT BGT DN GK ENAK PNYA PENYAKIT KAYAK GINI..

    Reply
  45. hilsa Hilman

    hallo, nama saya Hilsa saya tinggal di Seattle,USA
    umurku 38. Ya ampun kayaknya aku kena gondongan deh apa betul gejalanya susah nelen untuk makan atau minum, sakit kepala, sakit kuping and leher tenggorokanku bengkak apa bener ini gejalanya? aku nggak tau belum pernah kena penyakit ini. Saya sudah pergi ke Dokter and tau sendiri disini cuman dikasih anti biotic and obat penghilang rasa sakit like viaccodine! berapa lamakah biasanya penyakit ini ? dan normalkah ini? bisa sembuhkah saya ?
    salam kenal dan terimakasih

    Reply
  46. neni

    mb,
    mamaku umurnya 54 th, dan baru aja kena gondongan, gejalanya batuk, meriang dan susah menelan. sdh ke dokter tht bilang nggak apa2, eh hari ke dua pipinya bengkak dan kedokter tht yg lain, lgs dibilang kl gondongan. obatnya diberi vitamin utk menjaga ketahanan tubuh,zovirax, velocef antibiotik dan movicox utk mengurangi sakit dan cataflam utk bengkaknya.
    kata mama pusing dan nyeri utk menelan.
    smg tdk menulari yg lainnya.

    Reply
  47. Ikkyu_san

    ya di sini juga gondongan tidak mewabah tapi tetap diharapkan untuk vaksin khusus gondong (otafuku namanya). Sayangnya vaksin ini terpisah dari vaksin gratis bantuan pemda shg banyak yang tidak mau ikut vaksin. (Dan harganya mahal euy 8000 yen = 800rb rupiah saja) Riku udah vaksin otafuku, kai yang belum.

    EM

    Reply
  48. De

    Ina is back!!!

    gila gw ampe ktinggalan 4 postingan. hihihihi

    eh ttg gondongan, masguh kena loh beberapa tahun lalu. Bener gak dikasih obat apa2 sih. Cuma obat penurun panas aja. Soalnya demamnya itu yg bikin dia lemas.

    —–

    De bisa aja 🙂
    Yup, demam. Tapi bukan demam naik gaji kan De 😀

    Reply
  49. Panglatu

    Gondongan..?! sama nggak dengan amandel yah…?! kalau saya udah diangkat tuh… dulu suka sakit sekali kalau radang… tetapi setelah diangkat nggak lagi….

    —–
    Beda To.
    Amandel kan di tenggorokan. Kalau gondongan kan diluar pipi biasanya yang diserang.

    Reply
  50. Pritha

    Gondongan??
    Aiih, kirain penyakit itu cuma ada di taun 90an…

    —-
    Sampai sekarang masih ada, Neng Emprit 🙂
    Kemana aja say, kok baru nongol.

    Reply
  51. Ria

    aku pernah ngalamin waktu kecil mbak
    dan lucunya jaman itu cuman di kaish biru2 gitu
    untuk blau…untuk nyuci pakaian yg berwarna biru itu loh 😀

    —–
    Iya bener, blau.
    Wah pasti seru tuh pipimu 😀

    Reply
  52. Za

    kl pembokat gw mah, blau buat nyemir celana jins-nya yang dah bapuk…:))

    Reply
  53. zee

    Wah semoga Kayla cepat sembuh ya.
    Imunisasi MMR ini memang masih jd kontroversi, harusnya kan diberikan saat anak berusia 15bln, tp krn saat itu anak lg belajar bicara, panas tinggi ktnya bs buat anak jd autis. Aduhhhhhhh gw takut dong..
    Kmrn2 udah tanya ke dsa nya katanya pas umur 2thn juga gpp. Biar jaga2 aja…

    Reply
  54. Yanti Wyant

    hihihiihhi iya jaman dulu suka inget liat orang yg gondongan pake biru2 🙂

    Cepet sembuh yah Kayla 🙂

    Reply
  55. Sahabat dari Trini

    Yg sehat ya Kayla…biar bundanya tentram dan damai *kebayang kalo anak sakit, emak2 senewen ya mbak 🙁

    Reply
  56. nh18

    Ya …
    dulu waktu jaman aku kecil banyak teman-teman yang leher nya biru-biru dan membesar …
    ternyata ini dari Blau toh

    Salam

    Reply
  57. desty

    btw, blau pake cuka trus diolesin ke godongannya, walaupun mitos, tapi banyak yg masih make..dan entah bagaimana penjelasannya, lebih cepat reda bengkaknya

    Reply
  58. edratna

    Gondongan kalau menyerang orang dewasa malah bisa berbahaya…tapi katanya kalau pernah kena saat masih kecil, nantinya udah kebal
    (nggak tahu kebenarannya, tapi sepupuku kena gondongan umur 40 tahun…sengsara banget)

    Reply

Trackbacks/Pingbacks

  1. Keke kena Gondongan 🙁 « Just Notes of Me - [...] blognya Mbak Indah Yuli : dalam percakapannya dengan dokternya (Nama anaknya sama looooh ^^) gini: [...]

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to Blog via Email

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Arsip

Categories