Jangan Abaikan 1000 Hari Pertama Kehidupan untuk Masa Depan

1000 hari pertama kehidupan di dalam kandungan akan menentukan masa depan kita.

Percaya kan? Harus percaya dong. Bahkan di suku Jawa saja ada filosofi: bibit, bebet dan Bobot (yang berkaitan dengan pemilihan jodoh). Salah pilih jodoh atau pasangan, bisa berakibat fatal pada keturunan dan tentunya masa depan bersama di kehidupan berumah tangga.

Jodoh saja ada bibit, bebet dan bobotnya, kehamilan juga harus berkualitas dalam bibit, bebet dan bobotnya. Mengapa? Sebab, 1000 hari pertama kehidupan janin di dalam rahim itu menentukan banget untuk masa depannya. Pemenuhan nutrisi di 1000 hari pertama itu penting, agar jabang bayi tidak lahir dengan cacat bawaan.

Cacat bawaan?! Duh jangan sampai ya.

 

Saat-Saat Terpenting dalam Masa Kehamilan

Kok tiba-tiba nulis tentang kehamilan, mau hamil lagi? Enggaklah, Insya Allah tiga anak saja sudah cukup. Berat dan banyak euy pernak pernik mengasuh tiga anak. Lagi pula dengan problem saat hamil yang berbeda-beda, membuat saya merasa cukup tiga kali hamil.

Hamil buat saya itu masa-masa yang menakjubkan sekaligus bikin galau.

Seperti yang diutarakan dr Endy Paryanto Prawirohartono, MPH, SpAK, dari Departemen Ilmu Kesehatan Anak RSUP Dr. Sardjito. Beliau adalah salah satu narasumber dalam talkshow kesehatan bertema: Menyediakan Gizi Terbaik dalam Periode 1000 Hari Pertama Kehidupan. Acara ini diselenggarakan oleh Nutrisi Bangsa dalam rangka Hari Gizi Nasional di Yogyakarta, beberapa waktu yang lalu.

 

Menurut dr Endy, jangan mengabaikan 1000 hari pertama kehidupan, terutama saat di dalam kandungan ketika perempuan menyadari dirinya hamil.

“1000 hari pertama kehidupan janin di dalam kandungan ibunya, harus terpenuhi oleh nutrisi. Jangan sampai, karena tidak menyadari dirinya hamil, kecukupan nutrisinya terabaikan. Tercukupinya nutrisi bagi jabang bayi, ibaratnya bibit, yang jika sudah terpenuhi, bebet dan bobotnya melengkapi.”

 

Mengapa Nutrisi 1000 Hari Pertama Kehidupan Harus Tercukupi?

1000 hari pertama kehidupan adalah masa emas, atau Golden Age, bagi jabang bayi yang kemudian menjadi bayi lalu anak. 1000 HPK itu dimulai dari dalam perut (janin atau jabang bayi) sampai anak berusia dua tahun. Sebagai orang tua, harus memperhatikan masa-masa usia emas anak-anaknya. Saat berada di dalam kandungan, demi jabang bayi, ibu hamil harus memperhatikan kecukupan asupan nutrisinya melalui makanan-makanannya.

“Ibu hamil harus memperhatikan makanannya. Bernutrisi atau tidak. Saat makan, harus dipikirkan kalau makanan itu berpengaruh untuk masa depan anak yang dikandungnya. Jangan hanya memikirkan makanan untuk kesehatan diri sendiri. Yang utama itu nutrisi untuk kesehatan jabang bayi. Apa yang paling penting dipenuhi ibu hamil? Asam folat!” tegas dr Endy.

 

Asam Folat Adalah yang Terpenting

Asam folat merupakan nutrisi yang wajib bagi ibu hamil, yang diperlukan di awal kehamilan. Jika ibu hamil kekurangan salah satu nutrisi penting, maka akan menimbulkan kelainan bawaan pada anak bayi saat dilahirkan.

Hal ini dikarenakan asam folat itu diperlukan untuk menutup tabung saraf.

Bayi-bayi yang mengalami Spina Bifida atau adanya lubang di tulang belakang, dipastikan karena ibunya kurang mengkonsumsi asam folat!”

1000 Hari Pertama Kehidupan

 

 

Masa-masa awal kehamilan itu sangat penting dalam pemenuhan nutrisi (terutama asam folat). Jika kurang, maka bisa berakibat kelainan pada janin.

Karena itu, ibu hamil (bumil) harus tahu, perkembangan janin itu paling cepat di trimester kedua. Makanya di masa-masa trimester kedua inilah, ibu hamil perlu banyak nutrisi.

Duh, jadi teringat saat hamil anak kedua. Di awal-awal kehamilan suka lupa minum asam folat yang ada di resep vitamin yang diberikan dokter kandungan. Alhamdulillah, jabang bayi aman, tapi saya bolak-balik ke rumah sakit, karena lemas dan diare akibat kekurang nutrisi. Kapok!

 

Biasakan Janin Menerima Berbagai Makanan

dr Endy mengingatkan, agar para bumil makan makanan apa saja (dan harus bernutrisi). Adalah penting untuk membiasakan janin menerima berbagai makanan, lantaran hal ini berpengaruh agar anak nanti tidak memilih-milih makanan.

Seperti hasil penelitian seorang dokter kandungan di Argentina. Dalam penelitiannya, ia memberikan jus wortel kepada ibu-ibu hamil. Setelah lahir, bayi-bayi dari ibu yang di masa kehamilannya rutin minum jus wortel, juga menyukai wortel. Wah, menarik ya? Memang kebiasaan makan anak itu diturunkan dari ibunya.

Kebiasaan makan yang baik juga akan menular saat bayi di usia MPASI (makanan pendamping ASI). Saat itu, bayi akan dikenalkan pada makanan-makanan sederhana bernutrisi. Anak-anak yang makannya teratur, menurut dr Endy, akan mudah makan dan tidak memilih-milih makanan.

“Agar pertumbuhan optimal, sajikan makanan dengan komposisi nutrisi yang lengkap. Membiasakan anak-anak makan sayur sejak dini itu penting, karena sayuran banyak mengandung nutrisi yang diperlukan tubuh.”

1000 Hari Pertama Kehidupan

 

Ibu yang sangat peduli dengan nutrisi, akan menjaga kesehatan keluarganya. Agar anak sehat dan cerdas, penuhi nutrisinya sepanjang hidup.

 

Kesehatan Jangka Panjang di 1000 Hari Pertama Kehidupan, Apa Saja Sih?

Narasumber kedua di Talkshow Sari Husada ini adalah seorang bidan yang juga sangat peduli dengan kebutuhan nutrisi untuk masa depan bangsa, yaitu Nunik Endang S, SST, SH, M.Sc, yang merupakan Ketua PD IBI (Ikatan Bidan Indonesia) DIY.

Dalam masa kehamilan yang terkait dengan 1000 hari pertama kehidupan, ibu hamil harus rutin memeriksakan kesehatan dan perkembangan janinnya.

“Dalam masa kehamilan, bumil memeriksakan kesehatannya minimal 4 kali. Setiap bulannya, 1 kali periksa kehamilan, dan saat menjelang kelahiran, biasanya menjadi seminggu sekali sampai lahir,” urai bidan Nunik.

Kehamilan yang baik adalah yang diinginkan dan direncanakan melalui pemenuhan gizi yang baik dan juga kondisi psikis. Dukungan keluarga sangat penting untuk bumil dalam 1000 hari pertama kehidupan. Itulah pentingnya dukungan calon ayah bagi ibu hamil. Kondisi psikis ibu hamil yang berubah-ubah harus dipahami oleh suami atau calon ayah. Ibu hamil harus dikondisikan untuk bahagia dan tenang.

Ibu hamil yang tidak stres sangat berpengaruh dalam 1000 hari pertama kehidupan. Dan jangan lupa, untuk melaksanakan kegiatan Inisiasi Menyusu Dini atau IMD.

“Menyusu dini ya, bukan menyusui. Karena IMD itu bayi yang melakukannya. Begitu lahir, bayi diajarkan untuk menyusu langsung dari ibunya,” papar bidan Nunik.

 

Lengkapi Kebutuhan Nutrisi

Bicara tentang kebutuhan nutrisi ibu dan anak memang tak ada habisnya. Pastinya juga, untuk memenuhi kelengkapan nutrisinya berasal dari makanan-makanan yang dikonsumsi.

Di talkshow Nutrisi Bangsa ini, ditampilkan demo memasak (cooking demo) dengan mengolahnya dari bahan-bahan yang mengandung vitamin untuk kebutuhan ibu dan anak.

 

1000 Hari Pertama Kehidupan

 

Menu sehat yang disajikan ke peserta talkshow adalah Roti Puding Vanilla dengan bahan utama susu SGM rasa vanilla. Ada juga menu-menu bergizi yang diberikan oleh Chef Risa, dari Master Chef Indonesia. Resep-resep dengan bahan utama daun kelor dan daun katuk, yang pastinya sering dikonsumsi Bumil, karena berpengaruh pada kelancaran menyusui dan kesehatan tubuh.

Yaaay, senang banget lah hadir di talkshow kesehatan dengan tema Menyediakan Gizi Terbaik dalam Periode 1000 Hari Pertama Kehidupan ini. Nutrisi terbaik bagi anak diberikan pada masa-masa kehamilan, menyusui dan dalam proses tumbuh kembangnya hingga usia 2 tahun. Nutrisi yang lengkap itu berpengaruh pada masa depan anak-anak.

Yuks, jangan lupa memberikan nutrisi terbaik untuk anak-anak!

20 Comments

  1. ipung December 10, 2018
  2. renidwiastuti March 1, 2018
  3. Kang Nata February 22, 2018
    • indahjuli February 22, 2018
  4. Bunda Erysha February 20, 2018
  5. Raisa Hakim February 20, 2018
  6. Mas Kris | www.maskris.co.id February 20, 2018
  7. Sulis February 19, 2018
  8. Fanny Fristhika Nila February 19, 2018
  9. lianny hendrawati February 19, 2018
  10. Herva Yulyanti February 19, 2018
  11. Turis Cantik February 19, 2018
  12. Rahmah February 19, 2018
  13. Damar Aisyah February 19, 2018
  14. Lusi February 19, 2018
    • indahjuli February 19, 2018
  15. Maya Siswadi February 19, 2018
    • indahjuli February 19, 2018
  16. HM Zwan February 19, 2018
    • indahjuli February 19, 2018

Leave a Reply